Kamini.id / Primer / 9 Fungsi dan Manfaat Primer yang Wajib Kamu Ketahui

9 Fungsi dan Manfaat Primer yang Wajib Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalo kamu sering menonton makeup tutorial di YouTube atau Instagram, kamu pasti sering melihat beauty influencer mengunakan primer sebelum mengunakan produk makeup lainnya. Sebagaian dari kalian mungkin bertanya-tanya, apakah perlu mengunakan primer sebelum makeup? Memangnya apa saja fungsi dan manfaat primer?

Sebelum kita membahas fungsi dan manfaat dari primer lebih mendalam. Mari kita bahas terlebih dahulu primer secara general!

Primer merupakan produk hybrid dari skincare dan makeup yang biasanya berupa gel atau cream. Primer memilki kemampuan untuk mempersiapkan wajah agar siap untuk dipolesi makeup serta memberikan efek permukaan kulit yang halus dan rata. Kemampuannya yang seakan-akan membentuk lapisan antara kulit dan makeup dapat membantu makeup menjadi lebih tahan lama.

Lalu bagaimana fungsi dan manfaat primer lainnya? Yuk, kita bahas lebih detail lagi!

1. Memperhalus Permukaan Wajah

Primer Makeup

* sumber: www.bustle.com

Ketika kamu akan melukis, kamu membutuhkan permukaan kanvas yang halus. Hal ini juga berlaku pada makeup. Sebelum kamu mengaplikasikan foundation pada wajah, kamu harus memastikan permukaan wajah halus dan siap untuk ditimpa makeup. Karena foundation dan makeup lainnya akan mempertegas tekstur wajah.

Menggunakan primer diawal step makeup akan membantu kamu untuk menyamarkan tekstur di wajah kamu. Serta membantu permukaan wajah kamu terlihat halus dan membuat makeup lebih mudah untuk diratakan. Sehingga wajah jadi siap untuk dipolesi produk makeup lainnya.

2. Menyamarkan Tampilan Pori

Menyamarkan Tampilan Pori

* sumber: www.freepik.com

Selain dapat memperhalus permukaan wajah, primer juga memiliki kemampuan untuk menghalau dilema yang dialami banyak orang, yaitu pori-pori. Salah satu fungsi dan manfaat terbesar primer adalah kemampuannya dalam menyamarkan tampilan pori-pori.

Lalu apa yang membuat primer dapat menyamarkan pori-pori? Jawabannya adalah silicone. Banyak orang yang skeptis dengan bahan yang satu ini karena banyak rumor-rumor tidak sedap yang bermunculan mengenai silicone. Namun, silicone sebenarnya bukan bahan yang berbahaya dan dia juga tergolong bahan yang non-comedogenic yang artinya tidak menyumbat pori-pori.

Silicone bekerja seakan membuat lapisan pada kulit. Dia memastikan bahan atau produk lain mudah untuk diratakan. Serta membuat tampilan kulit halus namun tidak mengintervensi makeup atau block pori-pori kamu. Namun, jika kamu masih masih ragu untuk menggunakan silicone based primer, kamu bisa mencoba water-based primer.

3. Membuat Tampilan Lebih Muda

Membuat Tampilan Lebih Muda

* sumber: unsplash.com

Foundation dapat membuat tampilan garis-garis halus dan keriput menjadi lebih jelas. Salah satu cara untuk mencegah makeup mempertegas tampilan garis halus dan keriput adalah dengan mengaplikasikan primer pada wajah sebelum mengunakan foundation dan makeup lainnya.

Sehingga semakin bertambahnya umur, mengunakan serum dan anti-aging moisturizer serta menambahkan primer pada step pertama makeup menjadi hal yang sulit untuk dilewatkan. Karena, makeup primer berfungsi untuk membuat permukaan kulit tampak halus dan memberikan hidrasi ekstra sekaligus menyamarkan tampilan garis-garis halus dan keriput pada wajah.

4. Membuat Makeup Jadi Lebih Matte

Membuat Makeup Jadi Lebih Matte

* sumber: unsplash.com

Foundation matte yang kamu punya tidak terlalu ampuh menahan minyak di wajah? Ini tandanya kamu harus step up your makeup game dengan mengunakan mattifying primer.  Jenis primer ini akan membantu mengurangi tampilan minyak pada wajah serta mengontrol sebum. Sehingga dapat mencegah munculnya minyak berlebih yang dapat mengganggu tampilan makeup kamu.

5. Menambah Kelembapan Kulit

Menambah Kelembapan Kulit

* sumber: unsplash.com

Salah satu permasalahan yang sering dialami pemilik kulit kering adalah makeup yang sulit menempel dengan baik serta dry patches yang makin terlihat jelas dengan makeup. Salah satu solusi selain mengunakan moisturizer yang occlusive adalah menggunakan primer yang mengandung moisturizing agent seperti Hyaluronic Acid atau Glycerin.

Bahan-bahan tersebut dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit sekaligus memperhalus permukaan kulit seperti primer pada umumnya. Permukaan kulit yang lembab dan halus akan membuat wajah siap untuk dipolesi makeup dan mempermudah makeup untuk menyatu dengan baik. Serta membuat makeup menjadi tahan lama dan tidak mudah pecah.

5. Membantu Menetralkan Warna Kulit

Membantu Menetralkan Warna Kulit

* sumber: unsplash.com

Jika kamu memiliki banyak merah-merah atau banyak bercak-bercak noda di wajah atau kulit kamu sangat kusam. Dan kamu bingung ketika mengaplikasikan foundation, di beberapa area wajah terlihat abu-abu atau tone wajah masih tidak terlihat rata meskipun kamu sudah menambah layer foundation.

Kalo itu semua permasalahan kamu, tandanya kamu membutuhkan color correct primer. Primer jenis ini berfungsi untuk menetralkan warna kulit. Contohnya, color correct primer warna hijau dapat membantu menetralkan kemerahan pada wajah. Dan primer berwarna peach yang dapat menyamarkan noda-noda gelap. Kamu tinggal mencocokan dengan warna yang bersebrangan dengan color wheel.

7. Membuat Wajah Terlihat Glowing

Membuat Wajah Terlihat Glowing

* sumber: www.freepik.com

Makeup glowing hingga sekarang masih menjadi makeup look andalan bagi banyak orang. Dan salah satu cara untuk mendapatkan complexion yang glowing adalah dengan menambahkan illuminating primer pada step awal makeup.

Illuminating primer merupakan primer yang ideal untuk menambahkan efek glowing dari dalam yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan natural dewy complexion. Kalo kamu suka tampilan makeup yang glowing tapi tidak begitu suka dengan highlighter kamu bisa menambahkannya lagi di area-area yang ingin kamu tonjolkan seperti tulang pipi ataupun batang hidung.

8. Membuat Makeup Lebih Awet

Membuat Makeup Lebih Awet

* sumber: unsplash.com

Salah satu fungsi dan manfaat utama primer adalah membuat makeup menjadi jauh lebih tahan lama. Apapun formulasi primer yang kamu gunakan, primer sepatutnya menambah keawetan makeup yang kamu pakai.

Minyak alami yang ada pada wajah kita dapat berpotensi untuk melunturkan makeup bahkan ketika menggunakan long-wearing foundation. Karena primer dapat membuat permukaan kulit kamu halus dan rata. Mengaplikasikan primer sebelum foundation dapat membantu makeup menempel dengan baik dan tidak cepat luntur. Sehingga kamu tidak perlu sering-sering touch up.

Supaya primer dapat bekerja dengan baik jangan lupa untuk mencocokkan jenis primer dengan jenis foundation. Contohnya, jika kamu memakai water based foundation pakai juga water based primer.

9. Produk Multifungsi

Produk Multifungsi

* sumber: www.adorebeauty.com.au

Selain fungsi utama primer sebagai base makeup yang membantu makeup menjadi lebih tahan lama. Tidak sedikit primer yang menambahkan berbagai macam skincare benefit di dalamnya. Contohnya Farsali Unicorn Essence Antioxidant Serum Primer yang yang men-infused berbagai super fruits sebagai antioksidan yang dapat menjaga kulit dari radikal bebas.

Sekarang juga banyak primer yang mengandung sun protection dengan SPF yang cukup tinggi. Sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Beberapa primer bahkan diformulasikan juga untuk memproteksi kulit dari paparan sinar blue light seperti Moonlight Primer dari Make beauty.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, illuminating primer juga dapat digunakan sebagai pengganti highlighter yang dapat memberikan efek glowing yang subtle.  Primer juga bisa digunakan sendiri tanpa foundation jika kamu ingin tampil lebih natural. Primer akan membantu warna kulit lebih rata serta blurring imperfections. Jika ada noda yang bandel kamu tinggal tambahkan concealer diatasnya.

Nah itu dia 9 fungsi dan manfaat primer yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin mendapatkan tampilan complexion yang halus dan ingin makeup menjadi lebih awet, maka primer layak untuk dipertimbangkan. Kamu tinggal mencocokan skin type kamu dengan jenis primer. Dan kamu akan mendapatkan berbagai macam fungsi dan manfaat primer yang membuat tampilan makeup menjadi lebih flawless.

Bagaimana tertarik untuk memasukan primer ke dalam makeup routine kamu? Atau mungkin kamu sudah pernah memakai primer? Fungsi dan manfaat apa saja yang sudah kamu rasakan? Silakahkan komen dibawah ya! Kunjungi artikel macam-macam primer ini untuk mengetahui lebih lanjut seputar base makeup ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *