Kamini.id / Rumah Tangga / Ini 10 Perbedaan Gaya Hidup Sebelum dan Sesudah Menikah

Ini 10 Perbedaan Gaya Hidup Sebelum dan Sesudah Menikah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Menikah adalah hal yang menjadi dambaan setiap orang. Dengan menikah, seseorang berarti telah mantap untuk melepas masa kesendiriannya dan mulai memiliki beban baru yang harus diembannya. Menikah merupakan sebuah ikatan janji suci untuk terus selalu menyayangi satu sama lain dan selalu bersama melewati berbagai badai yang menerjang bahtera rumah tangga.

Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa menikah itu menyenangkan, terlebih jika dilalui secara ikhlas dan selalu bersama-sama melalui berbagai rintangan hidup yang melanda. Menikah tentu saja akan membawa perubahan besar dalam kehidupan. Mungkin bagi kamu yang telah menikah, sudah merasakan perubahan-perubahannya, ya?

Perubahan tersebut tentunya sangat bertentangan dengan kehidupanmu sebelum menikah karena beberapa faktor yang mempengaruhi seperti misalnya tanggung jawab yang meningkat, kebutuhan yang semakin banyak, dan berbagai faktor lainnya. Kamini akan mengajakmu mengenal lebih dalam seputar perbedaan gaya hidup sebelum dan sesudah menikah, nih! Disimak, ya!

1. Mengutamakan Kepentingan Keluarga

Mengutamakan Kepentingan Keluarga

* sumber: ryderandnicoleerickson.com

Jika sebelum menikah kamu hanya mementingkan kepentingan pribadimu, lain halnya ketika kamu sudah menikah. Setelah menikah, kamu harus membuang jauh rasa egomu dalam mementingkan kepentingan serta kesenangan individu karena kamu telah memiliki pasangan yang kepentingannya juga harus selalu diperhatikan.

Hal tersebut sangat bertolak belakang jika dibandingkan dengan gaya hidup sebelum menikah yang sebelumnya selalu melakukan apapun sesukamu tanpa harus berpikir panjang. Perubahan ini harus disikapi dengan kepala dingin karena jika tidak, keegoisan masing-masing akan membawa masalah dalam rumah tangga.

2. Traveling Bersama Keluarga Lebih Menyenangkan

Traveling Bersama Keluarga Lebih Meyenangkan

* sumber: ryderandnicoleerickson.com

Hampir semua orang mengatakan bahwa kehidupan setelah menikah itu jauh lebih menyenangkan. Ya, pernyataan tersebut memang benar adanya. Mengapa tidak? Karena setelah menikah kamu memiliki pendamping hidup yang bisa menemanimu kemana pun untuk bersenang-senang bersama seperti misalnya traveling.

Traveling atau jalan-jalan ini adalah kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan setiap orang kapanpun dan dimanapun. Jika sebelum menikah kamu melakukan traveling sendirian atau bersama rekan-rekanmu, maka setelah menikah hal tersebut akan semakin lengkap karena kamu bisa mengajak pasangan atau keluargamu untuk traveling bersama.

3. Menghabiskan Weekend Bersama

Menghabiskan Weekend Bersama

* sumber: www.sheknows.com

Weekend atau akhir pekan merupakan momen yang sangat ditunggu oleh para pekerja juga para pelajar. Mengapa demikian? Karena weekend menjadi suatu momen berharga yang bisa dimanfaatkan sebagai hari untuk beristirahat atau menghabiskannya dengan orang terkasih terutama keluarga.

Weekend yang kamu habiskan sebelum dan setelah menikah tentu saja sangat berbeda. Jika sebelum menikah kamu menghabiskan weekend seorang diri atau bersama orang terkasih seperti teman dan sahabat, maka setelah menikah kamu akan merasakan sensasi yang berbeda karena kamu bisa menghabiskannya dengan istri atau suami dan buah hati.

Lebih menyenangkan, bukan? Kamu bisa mengajak keluarga kecilmu untuk pergi jalan-jalan ke berbagai tempat wisata menyenangkan atau hanya bercengkerama di halaman rumah. Sesibuk apapun pekerjaanmu, sempatkan lah untuk melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan bersama keluarga khususnya pada akhir pekan.

4. Bertukar Argumen Bersama Pasangan

Bertukar Argumen Bersama Pasangan

* sumber: www.stocksy.com

Jika sebelum menikah kamu dihadapkan pada beberapa pilihan yang sulit dan menghadapinya seorang diri, hal tersebut tak berlaku lagi ketika kamu sudah menikah. Ketika dirimu dirundung beberapa pilihan yang harus kamu pilih seperti misalnya memilih nama sang buah hati, kamu bisa bertukar argumen dengan pasanganmu.

Tak hanya itu, beberapa hal lain dimulai dari hal-hal terkecil hingga hal yang sangat serius bisa kamu diskusikan dengan pasanganmu. Hal tersebut sangat efektif dan baik dilakukan oleh pasangan suami istri agar mendapatkan kesepakatan dan tujuan yang sama sesuai yang diharapkan.

5. Memiliki Teman Tidur yang Menyenangkan

Memiliki Teman Tidur yang Menyenangkan

* sumber: bobandsuewilliams.com

Perbedaan selanjutnya yaitu yang paling sering dibicarakan orang-orang di luar sana. Ya, apalagi kalau bukan teman tidur. Sebelum menikah, tentu saja seseorang akan tidur dan bangun sendirian tanpa ada yang menemani. Hal tersebut tentu saja tak berlaku lagi bagi kamu yang sudah menikah karena otomatis kamu telah memiliki teman tidur spesial.

Berbincang kecil ketika hendak tidur atau ucapan selamat pagi akan kamu dapatkan secara rutin ketika kamu telah menikah. Sungguh menyenangkan, ya.

6. Mendapat Perhatian Lebih

Mendapat Perhatian Lebih

* sumber: www.rawpixel.com

Mendapatkan perhatian khusus tentu merupakan suatu hal yang diimpi-impikan banyak orang. Tak hanya diperhatikan dalam menjaga kesehatan seperti mengatur pola makan, akan tetapi diperhatikan dari berbagai aspek. Hal tersebut bukan mimpi lagi bagi kamu yang telah menikah.

Setelah menikah, perhatian terhadapmu akan bertambah. Ya, dari siapa lagi kalau bukan dari pasanganmu. Baik suami maupun istri tentu saja sangat membutuhkan perhatian satu sama lain, maka dari itu bagi kamu yang sudah menikah tetaplah jaga keharmonisan rumah tanggamu dan saling memperlihatkan bentuk perhatian dari masing-masing.

7. Berat Badan Bertambah

Berat Badan Bertambah

* sumber: www.youworkforthem.com

Sudah bukan hal yang baru lagi jika seseorang mengalami peningkatan berat badan pasca menikah terutama wanita. Hal tersebut karena wanita mengalami proses kehamilan dan melahirkan yang biasanya menjadi salah satu sebab meningkatnya berat badan bagi wanita. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan rajinnya olahraga.

Akan tetapi, biasanya seorang wanita terutama ibu yang telah memiliki buah hati tak punya waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas demi memperoleh badan yang tetap langsing seperti gym atau berolahraga karena sibuknya kegiatan lain seperti mempersiapkan kebutuhan suami dan anak, memasak, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi.

8. Pikiran yang Terus Bercabang

Pikiran yang Terus Bercabang

* sumber: www.gloo.ng

Menikah memang menyenangkan, akan tetapi akan banyak sekali beban yang ditanggung sehingga membuat pikiran semakin bercabang jika dibandingkan dengan dahulu ketika belum menikah. Beberapa persoalan akan menghantui pikiranmu sehingga terkadang membuatmu tak bisa tidur.

Masalah tersebut bisa muncul dari berbagai faktor seperti kondisi keuangan yang memburuk, kesehatan menurun, hingga pikiran-pikiran yang membebani lainnya. akan tetapi jangan khawatir akan hal itu. Berpikirlah dengan positif dan selalu berlapang dada dalam menjalani prahara rumah tangga.

9. Lebih Pandai Mengatur Keuangan

Lebih Pandai Mengatur Keuangan

* sumber: thekrazycouponlady.com

Jika sebelum menikah kamu termasuk orang yang boros dan suka menghambur-hamburkan uang pada sesuatu yang tak terlalu penting, maka setelah menikah untuk menggunakan uang saja harus berpikir dua kali. Secara tidak sadar mungkin kamu yang telah menikah pernah merasakannya, ya?

Setelah menikah kebutuhan untuk memenuhi kehidupan akan semakin meningkat sehingga sulit untuk untuk mempergunakan uang demi kesenangan semata terlebih bagi kamu yang telah memiliki buah hati.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa dalam mengatur keuangan terutama bagi kamu seorang wanita yang nantinya akan menjadi bendahara dalam rumah tangga dan menjadikanmu pribadi yang lebih bijak dalam mengendalikan aliran kas di keluarga kecilmu.

10. Semakin Disiplin, Sabar dan Tanggung Jawab

Semakin Disiplin, Sabar dan Tanggung Jawab

* sumber: davepellowe.com

Beberapa perubahan setelah menikah memang membawamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jika sebelum menikah kamu seringkali telat bangun pagi, labil dalam menghadapi masalah sehingga terkadang lari dari tanggung jawab, maka setelah menikah hal tersebut akan secara otomatis terhenti.

Kedisiplinan akan secara refleks terasah terutama bagi kamu seorang calon ibu yang suatu hari nanti harus bersikeras bangun pagi untuk mempersiapkan kebutuhan rumah tangga seperti misalnya menghidangkan sarapan pagi dan menyiapkan beberapa pakaian kantor suamimu.

Selain itu rasa sabar dalam menghadapi berbagai terpaan ujian dalam rumah tangga juga akan semakin meningkat. Bukan hanya itu, bahkan rasa tanggung jawab pun akan semakin meningkat terutama bagi kamu seorang calon ayah yang harus bertanggung jawab penuh terhadap keluarga.

Nah itu dia beberapa perubahan serta perbedaan gaya hidup sebelum dan setelah menikah. Tentu saja perubahan tersebut membawa efek positif serta negatifnya masing-masing. Akan tetapi jangan khawatir, asalkan kamu mau menerima dan menjalaninya dengan penuh rasa bersyukur pasti akan terasa menyenangkan!

Bagi kamu yang masih berpikir berulang kali untuk menikah karena khawatir bahwa menikah akan lebih menyusahkan hidupmu, buang jauh-jauh pikiran tersebut karena pada kenyataannya menikah sangatlah menyenangkan tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Yuk, baca juga artikel cara menjaga keharmonisan rumah tangga ini biar hubunganmu dengan pasangan selalu adem ayem.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar