Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2018

Siapa, sih, yang tak mengenal selfie? Hampir semua orang tentu saja sudah tak asing dengan kata tersebut karena selfie bukanlah suatu kegiatan yang baru populer dilakukan. Selfie merupakan kegiatan berfoto narsis yang biasanya diambil menggunakan kamera dan dilakukan sendiri. Namun, kegiatan selfie ini rupanya tak hanya bisa dilakukan seorang diri tetapi juga berkelompok.

Bagi sebagian orang berselfie adalah kegiatan menyenangkan sehingga menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan. Apalagi jika hasil berselfie tersebut membuahkan hasil foto yang bagus dan menarik. Bukan hanya untuk mengabadikan moment pribadi, biasanya orang-orang juga membagikan hasil foto selfie mereka pada sosial media pribadinya seperti Instagram, facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Para penggemar selfie ini tak mengenal usia. Tua hingga muda, laki-laki atau perempuan semuanya pasti pernah berselfie, bukan? Akan tetapi, beberapa orang memiliki problem dalam berselfie yaitu sering kali kebingungan gaya yang foto kekinian dan konsep berfoto selfie. Untuk itu, di bawah ini kami akan memaparkan beberapa gaya selfie kekinian yang bisa kamu terapkan saat berselfie.

Bukan hanya gaya kekiniannya, tetapi juga konsep berselfie yang sedang hits saat ini akan kami paparkan juga. Mau tahu apa saja itu? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

10 Gaya Foto Selfie yang Kekinian

1. Mirror Selfie

Mirror selfie

* sumber: weheartit.com

Seperti namanya, pasti kamu sudah terbayang, bukan, bagaimana konsep berfoto selfie ini? Ya, gaya selfie kekinian yang pertama adalah mirror selfie yang tak lain bergaya berhadapan dengan cermin atau kaca. Caranya cukup simple, kamu tinggal bergaya di hadapan cermin dan memotret bayangan pada cermin tersebut menggunakan kamera andalanmu.

Trend selfie ini mencapai puncak kepopuleran sejak tahun 2010 dan tak pernah padam hingga saat ini. Gaya selfie dengan cermin ini dipercaya dapat menghasilkan foto yang bagus dan meningkatkan kepercaya dirian. Beberapa tempat yang sering digunakan untuk mirror selfie adalah toilet, ruang ganti baju, mall, dan kaca pada lemari.

2. Wide Angel Selfie

Photo wide angel

* sumber: ultraweit-verwinkelt.de

Gaya selfie selanjutnya yaitu menggunakan konsep berfoto wide angle. Gaya selfie wide angle ini yaitu gaya berselfie menggunakan kamera cembung. Kamera cembung bisa kamu temukan pada action cam yang tengah populer. Selain pada action cam, kamu juga bisa mendapatkan foto wide angle menggunakan aksesoris selfie berupa fish eye.

Keuntungan berselfie dengan gaya ini yaitu mampu memotret secara lebih luas sehingga cocok digunakan saat berselfie dengan pemandangan yang luas nan indah. Selain itu, konsep berselfie dengan gaya ini juga cocok digunakan untuk berfoto secara berkelompok karena mampu memotret lebih luas dengan jarak yang dekat berkat lensa cembungnya.

3. No Make Up Selfie

No make up selfie

* sumber: www.scoopnest.com

Sesuai dengan namanya, gaya selfie no make up adalah sebuah gaya selfie kekinian yang menampilkan kenaturalan wajah tanpa campur tangan make up. Biasanya foto dengan gaya no make up ini diambil ketika bangun tidur agar terlihat jelas kenaturalan yang dipancarkan.

Selfie dengan gaya no make up ini menjadi gaya yang banyak dilakukan oleh banyak orang di Instagram tak terkecuali mereka yang berasal dari kalangan artis.

4. Under Water Selfie

Under water selfie

* sumber: www.youworkforthem.com

Ada lagi gaya selfie kekinian yang tak kalah menarik dengan gaya selfie lainnya yaitu under water selfie. Gaya under water selfie ini memiliki keunikan tersendiri karena diambil dari bawah air yang tentu saja anti mainstream. Karena keunikannya, tak sedikit orang yang berburu foto selfie dengan gaya under water selfie ini.

Tempat yang cocok untuk melakukan selfie bawah air ini yaitu di sekitar laut dangkal atau kolam renang. Dimana pun tempat berselfie, pastikan tempat tersebut aman tanpa berpotensi menimbulkan bahaya.

5. Wefie

Wefie

* sumber: pngimage.net

Berselfie sendirian memang menyenangkan, akan tetapi akan lebih jauh menyenangkan jika berselfie dilakukan secara bersama-sama dengan orang terkasih, seperti teman, sahabat, keluarga, atau kekasih. Gaya berselfie yang dilakukan secara bersama-sama ini sering kali disebut wefie atau we selfie yang artinya kita berfoto.

Wefie bisa kamu lakukan dalam mengabadikan momen yang kamu lakukan secara beramai-ramai seperti sedang kumpul keluarga, arisan, reunian, dan kegiatan lain sebagainya. Sangat menyenangkan, ya!

6. High Angle Selfie

Selfie high angel

* sumber: www.hipwee.com

Berselfie memang harus dengan angle atau titik pengambilan gambar yang pas sehingga menghasilkan gambar yang baik dan tepat sasaran. Salah satu gaya selfie yang kekinian adalah high angle selfie yaitu kegiatan berselfie dengan teknik pengambilan dari atas dan menghadap ke bawah.

Gaya berselfie seperti ini sangat cocok kamu gunakan saat hendak mengabadikan keindahan alam dari dataran yang lebih tinggi, seperti di atas gunung saat melakukan pendakian atau berselfie dari atas gedung. Gaya berselfie seperti ini pernah dijadikan challenge oleh sebagian orang yaitu mengabadikan momen dari tempat-tempat yang sangat tinggi.

7. Siluet Selfie

Siluet selfie

Meng-explore gaya berselfie memang tak ada habisnya, seperti yang satu ini adalah gaya selfie kekinian yang sangat populer digunakan saat berselfie. Siluet selfie merupakan gaya berselfie membelakangi cahaya sehingga objek yaitu dirimu tak terlihat dan hanya menampilkan bentuk yang gelap karena melawan cahaya.

Meskipun tak nampak jelas dan hanya menampilkan bentuk yang gelap dari objek, gaya selfie ini tak pernah mati dan selalu digunakan oleh sebagian besar orang. Tempat yang cocok digunakan untuk berselfie dengan gaya ini adalah pantai ketika sunset atau bukit ketika sunrise. Hasil foto ini biasanya menarik dan sangat menakjubkan, lho.

8. Pose Konyol

Pose konyol

* sumber: jadiberita.com

Jika bergaya selfie secara biasa sudah mainstream, maka pose konyol ini bisa kamu gunakan saat berselfie. Gaya ini juga cukup populer digunakan oleh orang-orang ketika berselfie terutama oleh para remaja. Pose pada gaya ini menampilkan wajah konyol atau aneh yang bisa membuat tawa atau kejenakaan.

Pose gaya ini disarankan kamu lakukan bersama-sama karena lebih seru dan lucu. Gaya konyol yang bisa kamu gunakan antara lain duck face atau yang lebih populer yaitu gaya menirukan emoji pada keyboard handphone-mu.

9. Photo Box Selfie

Photo box selfie

* sumber: thegorbalsla.com

Selfie dengan gaya photo box sudah populer sejak lama karena gaya ini memberikan kesan simple namun tetap elegan. Photo box selfie ini bisa kamu lakukan seorang diri atau bersama rekan-rekanmu. Selfie dengan gaya ini biasanya dilakukan di studio khusus yang ada di daerahmu.

Bukan hanya di studio, kamu juga bisa menciptakan selfie dengan gaya ini dirumah dengan sederhana karena gaya photo box ini tak terlalu rumit dilakukan.

10. Sunshine Selfie

* sumber: grazia.com.au

Gaya selfie kekinian yang terakhir adalah sunshine selfie. Ya, selfie dengan gaya ini tak asing lagi bagi para pencinta selfie terutama kaum wanita. Sunshine selfie ini merupakan jenis gaya selfie yang memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan utama.

Beberapa keuntungan bisa kamu dapatkan dalam berselfie dengan gaya ini yaitu mendapatkan pencahayaan yang baik dan mendapatkan look yang lebih natural.

Bagaimana? Sudah siap berselfie dengan gaya-gaya seperti yang telah kami paparkan di atas? Perlu kamu ketahui untuk menghasilkan kualitas selfie yang baik kamu harus pintar memilih gaya yang sesuai dengan konsep foto yang digunakan, ya! Jangan sampai ketinggalan trend selfie yang sedang populer saat ini. Yuk, berselfie dan abadikan setiap moment berhargamu!