Ingin Memulai LDR? Pikirkan Dulu 8 Hal Penting Ini

Jika Anda hendak memulai sebuah hubungan jarak jauh, mungkin banyak orang yang berkata: “Selamat, Anda baru saja memasuki tahap tersulit dan paling membuat frustasi dalam hidup Anda!” Kenyataannya memang seperti itu. Anda harus mulai mencari tahu seperti apa hubungan jarak jauh dan bagaimana nanti Anda akan menyikapinya.

Tapi perlu Anda ingat, menjalin sebuah hubungan jarak jauh tidak perlu membuat Anda takut. Dengan menjalani hubungan seperti ini, Anda telah menunjukkan hal terpenting, yaitu keseriusan Anda untuk menjalani hubungan ini dengan pasangan. Hal ini juga berarti bahwa Anda siap untuk menerima kenyataannya yang buruk dan mulai merencanakan cara terbaik untuk mengatasinya.

Melihat begitu banyaknya kemungkinan yang berpotensi untuk mengganggu sebuah hubungan jarak jauh, Kamini mencoba untuk memberikan secuil informasi dengan harapan agar Anda dapat mempersiapkan diri. Inilah beberapa kenyataan yang akan Anda hadapi dalam sebuah hubungan jarak jauh.

8 Hal Penting Sebelum Memulai LDR

1. Memberikan Pengalaman yang Emosional

Memberikan Pengalaman yang Emosional

* sumber: whatsupksa.com

Di awal hubungan jarak jauh Anda, mungkin segalanya terlihat lancar. Aktivitas Anda bersama teman dan keluarga berjalan dengan baik dan bahkan kencan daring bersama pasangan pun terlihat baik-baik saja.

Di waktu yang lain, saat Anda merasa jenuh dengan pekerjaan Anda dan tidak ada seseorang yang menghibur Anda tentunya akan menambah beban pikiran Anda. Dalam situasi seperti ini, sangatlah mungkin emosi Anda akan terpicu dan memulai pertengkaran dengan pasangan Anda.

Jika Anda sampai bersikap seperti itu, pasangan Anda mungkin akan merasa khawatir dan mungkin mulai muncul keraguan tentang komitmen yang sudah Anda berdua sepakati di awal. Anda mungkin juga akan bersikap seolah tidak ada masalah. Tapi hal ini juga akan memicu ketidakpercayaan diantara kalian berdua.

Namun ada cara untuk keluar dari masalah ini. Kunci utamanya adalah komunikasi yang lancar dan saling terbuka satu sama lain. Jangan jadikan pasangan Anda sebagai objek pelampiasan kekesalan Anda. Ada baiknya untuk menjadikannya tempat Anda curhat. Dengan melakukannya, akan terbangun kepercayaan yang lebih kuat diantara kalian.

2. Pertengkaran Pasti Akan Terjadi

Pertengkaran Pasti Akan Terjadi

* sumber: www.businessinsider.sg

Sulitnya menjaga komunikasi saat pasangan sedang jauh memang sulit. Akan ada masa dimana kalian berdua mengalami masalah pribadi yang akan mempengaruhi hubungan kalian. Akan terjadi kesalahpahaman yang dapat memicu emosi diantara Anda dan pasangan. Bahkan mungkin sekali Anda melampiaskan kekesalan Anda padanya.

Jika bibit pertengkaran mulai muncul, cobalah untuk melihat kembali sebab masalah tersebut. Seringkali masalah besar disebabkan oleh hal yang sederhana, yang mungkin tidak perlu dipertengkarkan sama sekali. Cobalah untuk mengambil pelajaran dari pertengkaran kalian. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan kepala dingin.

3. Kurangnya Istirahat yang Cukup

Kurangnya Istirahat yang Cukup

* sumber: www.mattressworldnorthwest.com

Padatnya aktivitas di siang hari akan membuat Anda memiliki waktu luang di malam hari untuk berkomunikasi dengan pasangan. Keadaan ini bisa lebih parah jika pasangan Anda berada di kota dengan zona waktu yang berbeda. Perlahan Anda akan mulai kurang istirahat demi bisa berbicara dengan pasangan.

Lalu bagaimana dengan aktivitas Anda keesokan pagi? Segelas kopi mungkin bisa menjadi jalan keluar sementara. Tapi tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup dan hal ini tidak dapat digantikan hanya oleh kopi saja.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan merencanakan jadwal untuk berkomunikasi. Pastikan masing-masing dari kalian memiliki waktu istirahat yang cukup setelah berkomunikasi. Salah satu diantara kalian mungkin harus berkorban waktu, tapi itulah yang harus dilakukan agar kegiatan Anda tidak terlalu terganggu dengan status hubungan jarak jauh kalian.

4. Kehidupan Sosial Akan Terpengaruh

Kehidupan Sosial Akan Terpengaruh

* sumber: www.edgehill.ac.uk

Waktu yang habis untuk menjaga komunikasi Anda dengan pasangan tentunya akan berpengaruh pada berkurangnya waktu Anda bersama teman dan keluarga. Kondisi ini mungkin pada awalnya sulit untuk dihindari. Tapi seiring waktu, Anda akan bisa mengatur kegiatan Anda agar seimbang.

Bicarakan masalah ini bersama pasangan Anda. Ada baiknya untuk mengorbankan sedikit waktu agar kalian berdua dapat menjalani kehidupan sosial masing masing. Bagaimanapun juga hubungan sosial jangan sampai terputus hanya karena hubungan jarak jauh yang sedang kalian berdua jalani.

5. Dukungan Sepertinya Sulit Didapatkan

Dukungan Sepertinya Sulit Didapatkan

* sumber: www.bcmhsus.ca

Ada masa dimana Anda akan kesulitan mendapatkan orang orang yang mendukung hubungan Anda bersama pasangan yang terpisah jarak dan waktu. Mungkin beberapa orang akan mendukung keputusan Anda. Sedangkan yang lain justru akan menjadikannya sebagai bahan candaan.

Jika Anda dihadapkan pada situasi ini, sebaiknya Anda mulai untuk lebih selektif. Cobalah untuk memilah anggapan anggapan negatif yang mungkin dapat mempengaruhi hubungan Anda. Dengarkan saja pendapat positif dan tutup telinga untuk hal-hal berbau negatif yang tidak mendukung keputusan Anda dalam menjalani hubungan jarak jauh.

6. Waspada Serangan Kecemburuan

Waspada Serangan Kecemburuan

* sumber: www.momjunction.com

Anda mungkin akan merasakan cemburu saat melihat pasangan lain yang bisa menghabiskan waktu bersama atau memikirkan bagaimana pasangan Anda bisa menghabiskan waktu bersama teman-temannya tanpa Anda.

Satu satunya cara untuk menghadapi hal ini adalah dengan bersabar. Akan tiba waktunya Anda bisa menghabiskan waktu bersama belahan hati Anda seperti pasangan lainnya. Anda juga tidak perlu cemburu dengan kegiatannya bersama teman-temannya karena Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk mengisi waktu.

Sifat cemburu dibutuhkan jika dalam tingkat yang wajar. Tapi jika rasa cemburu tidak terkendali, hasilnya tidak pernah berjalan dengan baik dalam suatu hubungan, bahkan untuk kehidupan pribadi Anda sendiri.

7. Mulailah Berhemat

Mulailah Berhemat

* sumber: www.i95mdtravelplazas.com

Jika Anda sedang menjalani hubungan jarak jauh, Anda harus mulai berhemat. Setiap beberapa saat Anda mungkin membutuhkan dana untuk melakukan perjalanan untuk mengunjungi pasangan Anda

Jarak yang jauh tentunya akan membutuhkan biaya perjalanan yang tidak sedikit. Anda mungkin harus mengorbankan dana untuk bersenang-senang bersama teman-teman Anda. Awalnya mungkin sedikit sulit tapi ingatlah tujuan Anda berhemat adalah untuk menemui pasangan Anda di kota lain.

8. Walau Sulit Tapi Layak Diperjuangkan

Walau Sulit Tapi Layak Diperjuangkan

* sumber: inspiringtips.com

Memperjuangkan hubungan jarak jauh memang sulit dilakukan awalnya. Anda akan menemui berbagai masalah yang dapat mengancam hubungan Anda bersama pasangan. Tapi jika Anda berusaha dengan keras dan terus menjaga komunikasi serta saling percaya satu sama lain, Anda dapat mengatasinya.

Yakinkan dalam hati bahwa setiap kesulitan yang kalian hadapi bersama akan memperkuat hubungan Anda dan pasangan. Pengorbanan yang Anda lakukan juga menunjukkan bahwa Anda serius dalam menjalani hubungan bersama pasangan.

Nah, sudah mantap untuk menjalani LDR? LDR tidak selamanya memberikan dampak negatif terhadap hubungan Anda dan pasangan, lho. Ada juga sejumlah manfaat yang bisa Anda baca dalam artikel keuntungan menjalin hubungan jarak jauh.

Sekarang giliran Anda. Saran apa yang akan Anda berikan untuk pasangan di luar sana yang sedang mencoba hubungan jarak jauh dan bagaimana Anda mengatasi masalah yang muncul selama menjalaninya.

Silakan bagi saran dan jawaban Anda melalui komentar dibawah ini. Pengalaman Anda dapat membantu memberikan gambaran tentang apa yang akan dihadapi saat menjalani hubungan jarak jauh.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram