10 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Setelah Putus dari Kekasih

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juni 2021

Menjalin hubungan dengan seseorang memang menyenangkan dan menenangkan, apalagi jika dia adalah orang yang dirasa tepat. Saling memberi dan mendapat perhatian, kebutuhan terhadap afeksi yang terpenuhi misalnya merasa dicintai dan dilindungi adalah hal-hal yang bersifat candu. Setiap orang mendambakannya karena secara naluri manusia diciptakan untuk mengasihi dan dikasihi.

Sayangnya, berbagai masalah menjadi ancaman tersendiri yang tidak bisa disepelekan sekecil apa pun bentuknya. Jika tidak mampu melewati itu, ia bisa membuat hubunganmu terganggu bahkan hancur berantakan. Hubungan yang semula baik-baik saja, menjadi tidak nyaman.

Pada akhirnya, keputusan untuk mengakhiri hubungan pun dipilih sebagai jalan tengah agar tak ada lagi yang merasa tersakiti. Nah! Jika kamu baru saja mengalami putus cinta, tidak usah khawatir karena sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan setelah putus! Hal-hal tersebut sedikit banyak dapat membantumu melalui masa sulit setelah patah hati. Apa saja kah itu?

1. Cari Cara untuk Menumpahkan Perasaan

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Cari Cara untuk Menumpahkan Perasaan

Pertama! Hal yang bisa dilakukan setelah putus adalah mencari cara untuk menumpahkan perasaan sedih dan kecewa. Setiap orang punya cara dan media berbeda untuk mengeluarkan isi hatinya. Jika kamu lebih suka bercerita, cari teman terdekat dan minta waktunya agar bisa bercerita. Teman yang mengerti pasti akan menyediakan waktu untuk mendengarkan kesedihan temannya. 

Setelah bercerita, kamu boleh mengajak seorang teman pergi ke satu tempat yang tidak terlalu ramai orang, lalu berteriak sambil memaki sepuasnya di sana atau lakukan apa saja yang menyenangkan. Apabila lebih suka menulis, luapkan emosimu melalui tulisan. Lakukan apa pun, yang positif, untuk mengeluarkan kesedihan itu. 

2. Mulai Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Mulai Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Bagian tersulit dari putus cinta adalah tetap berpikir positif dan berhenti menyalahkan diri sendiri, terutama jika dalam hal ini kamu diputuskan, bukan putus karena disepakati bersama. Perasaan dicampakkan tidak sesederhana itu karena ia akan membekas dan menjadi racun yang bisa membuat rasa percaya diri turun drastis.

Kamu bisa-bisa kesulitan untuk berhenti membenci diri sendiri. Kamu rentan dihinggapi perasaan bersalah karena merasa memiliki banyak kekurangan ketika menjadi pasangannya, sehingga membuat dia memutuskan hubungan. Jika sudah begini, kamu benar-benar butuh berhenti dari menyalahkan dan membenci diri sendiri.

Hal yang dirasa sulit tersebut bukan mustahil untuk dilakukan terutama bila sudah sangat merugikan diri sendiri. Pikirkan bahwa kurang dan salah adalah hal lumrah yang dimiliki manusia. Kalau kamu bisa salah, pasangan juga.

Perkara siapa memutuskan hubungan lebih dulu tidak ada hubungannya dengan kualitas diri. Lagipula sebagai manusia kamu tentu ada kurangnya, tapi bukan berarti tidak punya hal baik yang bisa dibanggakan. 

3. Hindari Apa pun yang Mengingatkan pada Mantan

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Hindari Apa pun yang Mengingatkan pada Mantan

Selanjutnya, hal yang bisa dilakukan setelah putus adalah menghindari apa pun yang mengingatkanmu pada mantan kekasih. Jangan sesekali stalking untuk sekadar memuaskan ego dan penasaran, hapus pesan teks dan segala macam foto dan video atau post di media sosial yang memuat dirinya. Cara ini bagi sebagian orang terdengar kekanakan, tapi sebenarnya tidak.

Ini adalah sikap yang paling masuk akal dan bijak untuk melindungi diri dari 'residu-residu' mantan dan segala macam kenangan.

Namun, jika kamu merasa cukup mampu melalui kesedihan pasca putus tanpa harus melakukan hal ini, lanjutkan. Hanya, kekuatan setiap orang dalam menampung kecewanya kadang tidak bisa diprediksi. Daripada terus terjebak di dalam kenangan, lebih baik lakukan hal tersebut sebagai pencegahan.

4. Lakukan Kegiatan Baru dan Menyenangkan

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Lakukan Kegiatan Baru dan Menyenangkan

Memiliki pasangan kadang membuat banyak waktu tersita. Kamu tidak sempat melakukan banyak hal lainnya karena waktu yang dimiliki habis untuk kerja/kuliah dan pacaran. Maka dari itu, status jomblo tidak selamanya buruk karena kamu bisa melakukan banyak kegiatan baru yang menyenangkan.  

Bersedih setelah putus sungguh tidak perlu lama-lama. Sayangi waktumu jika hanya terus-menerus menangis dan menyesali.

Untuk memulainya, lakukan hal-hal bermanfaat dan baru yang selama ini diinginkan, misalnya menjadi relawan untuk kegiatan amal atau menginisiasi sebuah gerakan positif. Selain kegiatannya yang baru, bukan tidak mungkin hal ini akan mempertemukanmu dengan orang baru juga.

5. Ubah Penampilan

10 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Setelah Putus dari Kekasih 5

Mengubah penampilan seperti mengganti gaya rambut bisa memberikan efek segar bagi diri sendiri sekaligus yang melihatnya. Keluar dari salon dengan potongan rambut baru rasanya seperti lahir kembali. Selain terlihat segar, mengganti gaya rambut biasanya memang dianggap sebagai simbol buang sial atau buang hal-hal lama yang tidak menguntungkan. 

Setelah potong rambut, lanjutkan dengan ganti gaya berpakaian. Selama punya pacar, beberapa orang kerap cenderung cuek dengan penampilan karena merasa sudah ‘laku’, jadi tak perlu tampil cantik atau rapi lagi.

Padahal penampilan yang selalu rapi dan cantik bisa memberi kesan tambahan yang membuat pasangan semakin mengagumimu secara pribadi. Sementara berpakaian cuek apalagi lusuh, lama-lama bisa membuat pasangan bosan.

6. Tambah Kemampuan dan Keahlian

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Tambah Kemampuan dan Keahlian

Menambah kemampuan dan keahlian menjadi hal yang bisa dilakukan setelah putus. Alihkan kesedihanmu pada sesuatu yang bermanfaat, seperti kegiatan yang bisa menambah kemampuan dan keahlian. Sederhananya, mulai ikuti kursus-kursus atau seminar seperti kursus bahasa asing yang sekiranya memiliki prospek bagus di masa depan.

Pilihan lainnya kamu bisa mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan emosi, belajar fotografi, belajar masak atau lain sebagainya.

Selain itu, jika kamu suka dengan kegiatan yang membutuhkan banyak bergerak, bisa ikuti pelatihan seperti pelatihan menyelam, berkuda, atau panahan. Semua kegiatan tersebut dapat menambah kemampuan, keahlian atau paling tidak pengetahuan baru sekaligus membuatmu lebih banyak berpikir positif. 

7. Bergabung dengan Komunitas Baru

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Bergabung dengan Komunitas BaruSumber: bikepgh.org

Bergabung dengan sebuah komunitas baru akan jadi agenda menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan setelah putus. Tentu saja pilih komunitas sesuai ketertarikanmu. Misalnya komunitas baca, komunitas film, fotografi, komunitas bersepeda, komunitas berkebun, komunitas jalan-jalan malam mengunjungi tempat angker dan sebagainya.  

Bila di kotamu komunitas tersebut tidak ada, ikuti saja komunitas online yang saat ini sudah banyak tersebar di internet. Jangan lupa tetap selektif untuk ikut bergabung bersama komunitas tersebut. Intinya, libatkan diri pada sebuah lingkungan baru. Di sana, bukan mustahil kamu akan bertemu dengan orang baru yang memiliki ketertarikan atau hobi sama. Seru, kan?

8. Solo Traveling

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Solo Traveling

Solo traveling jadi hal yang bisa dilakukan setelah putus, terutama kalau kamu suka sekali jalan-jalan mengunjungi tempat baru. Hanya ingat, jangan mengunjungi tempat yang pernah dikunjungi bersama mantan ya! Hal itu hanya akan membuat ingatanmu kembali ke sana, ke tempat yang sudah tidak dihuni siapa-siapa.

Pilih kota-kota yang sekiranya aman dikunjungi seorang diri, terutama jika kamu perempuan. Pastikan persiapkan segala macamnya, termasuk itinerary dan uang. Kamu bisa memulai ber-solo traveling ke kota tetangga terdekat sebelum berencana liburan ke kota yang jauh. Manfaatkan momen solo traveling ini untuk introspeksi, mengevaluasi dan memaafkan diri sendiri.

9. Mulai Menabung dan Investasi

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Mulai Menabung dan Investasi

Punya pasangan harus diakui membuat anggaran menjadi boros, karena ada biaya tambahan untuk jalan-jalan atau kencan. Banyak hal rela dilakukan untuk menyenangkan pacar, termasuk mengeluarkan banyak uang. Rutinitas seperti makan di luar, nonton bioskop, jalan-jalan sudah pasti menghabiskan uang, baik dari dompetmu atau pasangan.

Nah! Setelah putus, kegiatan tersebut otomatis juga berhenti, kan? Kamu bisa menggunakan ‘anggaran berpacaran’ tersebut untuk mulai berinvestasi atau rutin menabung lagi. Dari ratusan ribu ia bisa menjadi berjuta-juta jika kamu mengelola uangnya dengan baik. Lagipula, seseorang yang mapan dan mandiri secara finansial pasti punya nilai plus di mata lawan jenis. Setuju?

10. Menikmati Kebebasan

hal yang bisa dilakukan setelah putus_Menikmati Kebebasan

Terakhir, hal yang bisa dilakukan setelah putus adalah menikmati kebebasan. Bagi orang-orang berpacaran, kebebasan jadi semacam berkah yang tidak disadari. Hari-hari dipenuhi dengan membagi kabar, membagi cerita, membagi jadwal kerja, tentu melelahkan walau memang menyenangkan. Namun, sebagai manusia, kamu pasti sesekali merasa jenuh dan ingin bebas dari rutinitas tersebut.

Oleh karena itu, pasca putus kali ini, jangan terlalu tenggelam dalam kesedihan. Kamu bisa mulai menikmati kebebasan yang diidamkan selama pacaran. Kamu bebas menentukan kegiatan di hari libur tanpa terikat janji bertemu atau jalan ke satu tempat, bebas makan apa pun tanpa takut dikomentari oleh pasangan, dan bebas lainnya.

Sepuluh hal yang bisa dilakukan setelah putus yang termuat dalam artikel ini bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu masing-masing. Tujuannya hanya satu, yaitu membantumu kembali ‘hidup’ dan menghargai diri sendiri pasca patah hati sehingga jadi jomblo yang berkualitas. Semoga bermanfaat ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram