kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / 10 Ucapan Lebaran yang Bisa Kamu Berikan pada Sesama Muslim

10 Ucapan Lebaran yang Bisa Kamu Berikan pada Sesama Muslim

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 16 April 2021

Lebaran adalah momen yang tepat untuk saling mengucapkan maaf. Selain menyiapkan hidangan khas yang akan di santap saat lebaran, orang-orang juga biasanya menyiapkan kata-kata yang indah untuk diberikan pada sesama muslim. Meskipun itu terlihat mudah, namun masih saja ada orang yang kesulitan dalam melakukannya. 

Memberi ucapan memang menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan saat lebaran. Nah, jika kamu bingung memilih kata yang tepat saat lebaran, maka artikel yang telah Kamini siapkan untuk kamu di bawah bisa menjadi referensi yang menarik. Seperti apa itu? Berikut adalah penjelasannya. 

1. Meminta Maaf 

ide ucapan lebaran_minta maaf

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Sebagai manusia, kita memang kerap melakukan kesalahan, baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Meski demikian, sebagai umat muslim yang baik kita memang harus saling memaafkan atas segala kesalahan yang diperbuat. Idul fitri sendiri kerap dijadikan momen untuk meminta maaf. 

Nah, ide ucapan lebaran pertama yang bisa kamu ucapkan adalah seperti berikut. "Jika ada kata-kata dan perbuatan buruk yang telah menorehkan luka di hati, semoga kata maaf bisa menghapuskan luka tersebut. Selamat hari raya Idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

2. Kembali Fitrah

ide ucapan lebaran_Kembali fitrah

Idul Fitri memang memiliki arti penting bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. Idul Fitri sering kali dimaknai sebagai kembalinya seseorang pada keadaan suci, atau terbebas dari segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat ibarat bayi yang baru saja lahir. Salah satu contoh ucapan lebaran yang bisa kamu gunakan terkait hal tersebut adalah sebagai berikut. 

"Suara takbir berkumandang menyambut kemenangan. Semoga ibadah yang telah kita jalankan di bulan Ramadhan dapat membawa kita kembali ke fitrah. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

3. Menyambung Silaturahmi 

ide ucapan lebaran_Menyambung silaturahmi

Lebaran adalah momen bahagia bagi setiap muslim yang telah menjalankan ibadah puasa. Lebaran sendiri kerap membawa sukacita bagi setiap orang. Doa dan harapan terbaik kerap dipanjatkan oleh setiap muslim untuk keluarga maupun karib kerabat di hari istimewa ini. Nah, contoh ide ucapan lebaran yang bisa kamu berikan untuk saudara atau kerabat yang jauh adalah sebagai berikut. 

"Meski wajah tidak mampu saling berjumpa, tangan tidak bisa saling menjabat, tetapi semoga kalimat sederhana ini mampu menjadi jembatan penghubung silaturahmi di hari penuh kebahagiaan ini. Selamat hari lebaran. Mohon maaf lahir batin."

4. Meraih Keridhoan-Nya

ide ucapan lebaran_Meraih keridhoan-Nya

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim. Meskipun bagi sebagian orang berpuasa adalah hal yang berat, tetapi aktivitas puasa masih tetap dikerjakan muslim sebagai bentuk kepatuhan terhadap sang pencipta. Nah, kamu juga bisa memberi ucapan selamat sekaligus memanjatkan doa bagi saudara atau sahabat dengan kalimat seperti berikut. 

"Setelah sebulan penuh menahan diri dari lapar dan hawa nafsu. Tibalah hari kemenangan untuk kita semua. Semoga Allah SWT meridhoi setiap langkah yang telah kita tempuh. Selamat hara raya Idul fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin." 

5. Mengakui Segala Kekhilafan

ide ucapan lebaran_Mengakui segala kekhilafan

Meminta maaf adalah hal sederhana, tetapi berat untuk dilakukan. Meski demikian, sebagai seorang muslim kita memang wajib saling memaafkan bila melakukan kesalahan. Ucapan di bawah ini bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa kamu gunakan untuk meminta maaf dan mengakui segala kesalahan yang telah diperbuat. 

"Mulut sering kali salah berucap, hati sering kali berprasangka. Di hari yang penuh berkah ini, dengan hati yang tulus dan ikhlas, saya ucapkan memohon maaf atas segala kekhilafan. Semoga Allah SWT mengampuni segala kesalahan yang telah kita perbuat. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin".

6. Membuka Lembaran Baru

ide ucapan lebaran_Membuka lembaran baru

Puasa memang memiliki banyak hikmah dan manfaat bagi kehidupan kita. Selain dapat mengubah kita menjadi pribadi yang lebih berempati, puasa juga dapat melatih kesabaran dan ketulusan dalam menjalankan ibadah. Sifat-sifat buruk yang sebelumnya ada pada diri seseorang mungkin akan berubah setelah menjalani puasa. 

Nah, senada dengan itu, ide ucapan lebaran yang ada di bawah ini bisa menjadi pilihan yang bisa kamu gunakan saat lebaran. "Selamat hari raya Idul Fitri. Minal aidin walfaizin. Semoga hari kemenangan ini menjadi langkah awal bagi kita untuk membuka lembaran baru dalam meraih keridhoan-Nya." 

7. Saling Memaafkan

ide ucapan lebaran_Saling memaafkan

Islam memang mengajarkan setiap umatnya untuk saling memaafkan bila terjadi kesalahan. Meskipun hal tersebut sangat dianjurkan, tetapi masih banyak pula yang enggan melakukannya karena satu dan lain hal. Jika kamu bingung untuk memilih kata, contoh ucapan di bawah ini bisa kamu gunakan saat lebaran nanti. 

"Dengan segala kerendahan hati, saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya atas segala perbuatan menyakitkan yang mungkin disengaja maupun tidak disengaja. Semoga kita bisa saling memaafkan dan menyambut hari esok dengan penuh senyuman. Selamat idul fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

8. Kemenangan untuk Kita Semua 

ide ucapan lebaran_Kemenangan untuk kita semua

Idul Fitri adalah hari yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Pada hari tersebut, setiap kata yang terucap merupakan rasa syukur kepada Allah SWT. Hari raya Idul Fitri sendiri merupakan hari perayaan atas keberhasilan kita melawan segala hawa nafsu saat berpuasa. Nah, sebagai bentuk kebahagiaan karena telah berhasil menjalani puasa. 

Ucapan di bawah bisa kamu gunakan saat lebaran tiba. "Segala puji dan syukur pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah dilimpahkan pada kita. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

9. Tulus dan Ikhlas

ide ucapan lebaran_Tulus dan ikhlas

Di hari yang penuh ampunan ini. Sudah seharusnya kita membebaskan diri dari segala amarah yang tersimpan dalam hari. Tidak ada kata yang lebih indah, selain kata yang diucapkan dengan tulus dan ikhlas. Ide ucapan berikutnya yang bisa kamu pakai saat lebaran adalah sebagai berikut. 

"Salah tidak bisa dicegah, dendam tidak akan memberi manfaat. Dengan hati yang tulus dan ikhlas, izinkan saya untuk memohon maaf atas segala tindakan dan ucapan yang mungkin menorehkan luka. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

10. Dipertemukan Kembali dengan Bulan Ramadhan 

ide ucapan lebaran_Dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan istimewa. Ramadhan sendiri adalah kesempatan bagi setiap muslim untuk melakukan perbaikan diri seraya mendekatkan diri pada Allah SWT. Perpisahan dengan bukan Ramadhan adalah hal yang sangat menyedihkan, terutama bagian setiap muslim yang memahami makna dan hikmah bukan Ramadhan. 

Nah, contoh ucapan lainnya yang bisa kamu pakai saat lebaran adalah seperti berikut. "Waktu mengalir bagaikan air. Ramadhan yang penuh berkah akan segera berakhir. Semoga tahun depan kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramdhan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. "

Demikian 10 Ide ucapan lebaran yang bisa kamu berikan pada sesama muslim yang telah Kamini rangkum untuk kamu. Setiap kata yang terucap pada hari lebaran tentu memiliki makna yang indah dan penuh harapan. Nah, apakah kamu sudah menyiapkan kata-kata untuk lebaran? Tulis komentarmu di bawah, ya! 

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram