Kamini.id / Maybelline / Review Maybelline New York Sensational Liquid Matte

Review Maybelline New York Sensational Liquid Matte

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Brand makeup asal Amerika Serikat ini sangat populer secara global, termasuk di Indonesia. Kualitasnya yang mumpuni dibarengi harga yang terjangkau membuat siapa saja jatuh cinta dengan Maybelline. Produk-produknya pun sangat mudah ditemukan. Kamu bisa membelinya di mall, swalayan, mini market, apotek, dan juga e-commerce favoritmu. Biasanya produk yang menjadi best seller dari Maybelline adalah maskara, primer, concealer, dan foundation.

Tapi, akhir-akhir ini, Maybelline juga fokus memproduksi makeup untuk bibir. Seperti Super Stay Matte Ink, Lip Gradation, Lip Tint, dan ada yang menarik banget yang kebetulan mau aku bahas sekarang yaitu Sensational Liquid Matte.

Ini adalah lip cream-nya Maybelline yang harganya sangat terjangkau (nggak sampai 50 ribu!). Ini seperti versi murmer dari Super Stay Matte Ink yang sudah lebih dulu diperkenalkan. Yuk, kenalan lebih dalam dengan si mungil yang menjadi new favorite orang-orang ini!

Maybelline New York Sensational Liquid Matte

Maybelline New York Sensational Liquid Matte hadir dengan slogan “Matte Langsung Nyaman”. Ya, ini adalah lip cream dengan hasil akhir matte alias kering (bukan glossy). Jika kamu sudah pernah mencoba Super Stay Matte Ink, mungkin akan berharap bisa mendapatkan yang sama dari produk ini.

  • Klaim & Benefit Produk 

Lip cream terbaru dari Maybelline ini kurang lebih memiliki klaim yang sama dengan sister-nya, si Super Stay Matte Ink. Diantaranya adalah teksturnya yang ringan, formulanya yang nyaman, langsung matte dalam waktu 30 detik tak perlu menunggu lama untuk kering, tahan lama, dan transfer proof. Lip cream ini hadir dengan 11 shade warna yang cocok untuk warna kulit orang Indonesia. Jadi, kamu bisa gonta-ganti warna sesuai mood, karena pilihannya cukup banyak!

  • Cara Pemakaian 

Karena ini lipstik matte, sangat disarankan untuk meng-exfoliate bibir kamu terlebih dahulu dengan lip scrub. Karena, kalau tidak, beberapa jam kemudian kulit bibirmu akan semakin mengering dan lipstiknya terlihat tidak cantik lagi. Tapi, kalau kamu sudah punya kulit bibir yang moist, tinggal aplikasikan lipbalm atau petroleum jelly saja. Perhatian: langkah ini bisa dilewati, karena bisa saja membuat lipstiknya jadi kurang matte di bibir kamu.

Kamu bisa langsung aplikasikan lip cream-nya ke area bibir secara merata. Kalau kamu mau hasilnya ombre, pakai di tengah-tengah bibir saja lalu ratakan dengan kuas lipstik. Tunggu beberapa saat hingga formulanya matte sempurna, and you’re ready to go!

Packaging

Mini banget, kan? Maybelline New York Sensational Liquid Matte ini setengahnya dari Super Stay Matte Ink. Desain kemasannya simpel dengan bagian badan yang bening (jadi warna lip cream-nya kelihatan), tulisan merk berwarna hitam, dan tutupnya yang doff hitam juga. Terus, tepat di bawah tutup ada aksen berwarna hitam yang kelihatan glossy seperti botolnya. Jadinya bentuk lipstik cream ini mirip sekali dengan OFRA Long Lasting Liquid Lipstick.

Tulisan lainnya dari lipstik ini ada di bagian bawah kemasan, yaitu terdapat stiker putih berisi angka-angka yang merupakan tanggal produksi (jadi, kalau tanggalnya sudah lewat jangan kaget, karena itu bukan expired date), ada juga kode produk, terus nomor dan nama shade lipstik tersebut.

Sayangnya, lipstik ini nggak datang dengan kardus mini apalagi kemasan spesial, langsung botolnya saja. Hanya plastik pelapis bawaan saja yang menandakan kalau produk yang kamu beli masih baru. Terus, informasi tentang produk ini bisa kamu dapatkan di plastik sealer tersebut.

Info seperti komposisi, tanggal expired, BPOM, barcode, dll ada di plastik. Sangat disayangkan karena sulit dibaca dan kalau kamu mau pakai lipstiknya ya plastiknya harus dibuka, dan informasi itu tidak terbaca lagi. Jadi, kalau bisa kamu ingat-ingat atau catat tanggal kadaluwarsa lipstiknya, karena yang tertera di botol lip cream itu tanggal produksinya.

Aplicator Brush

Sama seperti lipstik cair pada umumnya, Maybelline New York Sensational Liquid Matte juga menggunakan doe foot applicator. Ini adalah tipe aplikator yang populer digunakan untuk lip gloss atau concealer. Sekarang, lipstik cair pun banyak yang menggunakan aplikator tipe ini. Ciri-ciri aplikator-nya itu agak empuk karena terbuat dari sponge yang berserat (ada bulu-bulunya).

Tapi, doe foot applicator juga ada tingkatannya, jadi kayak ada yang bagus dan nggak, semua tergantung harga produknya. Untuk Maybelline New York Sensational Liquid Matte yang harganya 50.000-an ini, aplikatornya terasa firm, tapi nggak keras banget juga, agak lentur sedikit.

Terus, ukuran aplikatornya cukup besar, jadi beberapa olesan juga sudah bisa mengcover seluruh bibir. Karena teksturnya yang firm dan ujungnya yang presisi, kamu bisa menjangkau semua sudut bibir dan membingkainya dengan rapi.

Ingredient List

Maybelline New York Sensational Liquid Matte

Si lipstik gemas ini ada berbagai macam bahan di dalamnya. Kandungan bahannya ada alkohol dan silica. Tapi, silica ini bukan silicone, ya, dan tentu saja tidak berbahaya. Untuk mengetahui bahan selengkapnya bisa cek di sini!

Full Ingredients

Isododecane, Polybutene, Disteardimonium Hectorite, Trimethylsiloxysilicate, Silica Dimethyl Silylate, Ethylhexyl Palmitate, Propylene Carbonate, Alumina, Caprylyl Glycol, Fragrance, Pentaerythrityl, Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Tocopheryl Acetate, Benzyl Alcohol

Key Ingredients 

Lip cream yang mungil ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti paraben, alkohol, atau sulfate, misalnya. Kalau kamu membaca ada kandungan silica di sana, ini berbeda dengan silicone.

Silica Dimethyl Silylate itu bekerja sebagai penjaga konsistensi lipstik agar tetap creamy, tidak caking, membuat lipstik jadi lebih tahan lama, dan warnanya jadi lebih pigmented juga. Panel Pakar Peninjau Bahan Kosmetik menyimpulkan bahwa silika dimetil sililat aman digunakan saat diformulasikan di dalam produk agar tidak menyebabkan iritasi atau kepekaaan pada saluran pernapasan.

Terus, Benzyl Alcohol juga berbeda dengan alkohol yang kita kenal. Ini bukan alkohol yang bersifat korosif, ketika terkena kulit jadi panas apalagi sampai menimbulkan luka bakar, loh. Benzyl Alkohol umumnya tidak berbahaya, meski memiliki efek samping. Ini adalah alkohol aromatik yang halal. Biasanya digunakan sebagai komponen pengawet, pelarut, penurun kekentalan, dan juga pewangi.

Lalu, ada juga Tokoferol asetat, atau dikenal juga sebagai vitamin E asetat. Ini adalah bentuk sintetis dari vitamin E. Kayaknya semua orang sudah tahu kalau vitamin E bekerja sebagai antioksidan untuk menjaga kulit bibir dari bahaya radiasi dan sinar ultra violet.

Shade

* sumber: www.lippielust.com

Sejauh ini, Maybelline merilis sebelas warna untuk lip cream ini. Diantaranya ada 03 Flush It Red (warna yang ku pakai), ini warna merah yang menyala, agak oren seperti batu bata. Lalu, ada 04 Easy Berry, kalau ada kata ‘berry’ biasanya warnanya pink atau ungu, dan yang ini memang pink yang terang gitu, cocok buat feminine look.

Selanjutnya ada 05 Keep It Mellow, warna coral pink yang terang dan ceria. Sedangkan 07 Barely Nude adalah shade yang tricky karena tidak cocok untuk semua skintone, beberapa orang mungkin terlihat terlampau pucat seperti orang sakit. Untuk mengakalinya, gunakan shade 07 sebagai base untuk ombre lips. Dan, sisa shade-nya bisa kamu lihat sendiri di gambar di atas dari Lippielust, ya.

Impresi

Lip cream ini memang memiliki formula yang benar-benar creamy, tapi tetap ringan. Tapi, rasanya agak kurang nyaman, seperti beludru di bibir aku. Mungkin faktor karena aku punya kulit yang kering, jadi kulit bibirku juga tergolong kering.

Padahal sebelumnya aku sudah pakai Oriflame Tender Care, loh. Terus, walaupun sudah set, bibirku masih terasa agak, agak sedikit sticky. Walaupun begitu, lip cream ini memang terasa melembapkan saat awal-awal diaplikasikan.

Untuk klaim instan matte-nya memang benar nyata. Tidak perlu menunggu 30 detik malah, baru beberapa saat dipulas saja langsung kering. Jadi, kalau kamu mau blend atau mau bikin ombre lips harus gerak cepat banget. Tapi, salut banget sama pigmentasinya. Aku memang niat untuk bikin full lips, karena aku yakin lip cream ini cocok untuk makeup look tersebut. Dan, benar saja. Nggak perlu banyak pulasan, bibirku merah merona secara merata.

Wangi

Oh ya, lip cream ini punya aroma wangi yang nggak terlalu kentara. Bahkan ketika dipulas aku nggak mencium aroma apa-apa. Cuma tadi iseng mengendus lip cream dari aplikatornya, karena ingin tahu ada aromanya tidak. Eh, ternyata ada. Aromanya enak, seperti vanili atau kue gitu, tapi nggak kenceng yang bikin mual, kok.

Daya Tahan & Performa 

Waktu awal-awal diaplikasikan, lipstik cair inni sama sekali nggak transfer ke gelas saat aku minum. Berarti transfer claim-nya bisa dibilang benar. Walaupun setelah beberapa jam pemakaian, lipstik agak sedikit menipis dan sedikit transfer ke masker.

Tapi, salut karena transfernya sedikit banget. Bahkan L’Oréal Paris Liquid Lipsticks Matte saja transfer-nya lebih banyak ke masker dan lebih cepat hilang di bibir. Padahal harganya 1/2 kali lebih mahal dari Maybelline New York Sensational Liquid Matte.

Sebenarnya alasan lain kenapa aku pilih full lips look karena aku offsite. Jadi, saat dipulaskan untuk garis bibir, lip cream-nya agak terlalu banyak di aplikator sehingga agak melenceng dari garis bibirku yang sebenarnya. Lip cream ini benar-benar cepat ngeset dan sangat pigmented, jadi kalau salah sedikit nggak bisa cuma diusap pakai jari terus hilang.

So, karena sulit dihapus (harus pakai lip makeup remover atau pembersih makeup yang oil based!), dan aku tidak mau merusak base makeup-ku, jadi aku hajar saja semuanya satu bibir (dan agak keluar batas sedikit). Mungkin di foto tidak terlalu kentara, tapi kalau dilihat secara langsung jelas banget, untung nggak keluar rumah jadi nggak malu-maluin (haha).

Jujur, aku lebih suka tekstur dan formula Super Stay Matte Ink. Karena, di bibirku terasa lebih melembapkan. Terus, hasilnya juga smooth, nggak clumpy, nggak seperti berpasir, dan nggak lengket juga seperti yang aku rasakan ketika memakai lip cream ini.

Aku menggunakan lipstik ini dari jam 10 pagi sampai 5 sore. Dan, inilah sisa lipstiknya! Masih banyak banget, kan? Malah, seperti tidak berkurang sama sekali. Hanya sedikit menipis di area tengah bibir saja, tapi tidak masalah, masih tercover dengan cukup menurut aku. Ini aku sudah minum, makan, wudhu, pakai masker, dan keluar rumah juga.

Memang, saat makan lip cream ini agak transfer ke makanannya, tapi sangat sedikit dibandingkan lip cream matte lainnya yang pernah aku coba. Keren banget, sih, ini lip cream yang paling tahan banting menurutku kalau untuk urusan smudge, water, dan transfer proof.

Jadi, lip cream ini memudar, tapi tetap terlihat cantik gitu loh? Beda dengan lip cream lainnya yang benar-benar habis di bagian tengah dan menyisakan lipstik di pinggiran bibir, kalau ini tuh masih blend aja. Ciamik banget.

Tips dan Trik

Karena bibirku super kering just like the rest of my skin, aku pakai pelembap dulu. Kamu yang punya masalah kulit sepertiku juga sebaiknya melakukan hal yang sama. Tenang saja, asal kamu pakainya nggak kebanyakan, lip balm, petroleum jelly, atau pelembap apapun yang kamu pakai nggak akan membuat lip matte ini jadi lip gloss, kok.

Terus, kalau kamu mau membuat ombre lips, harus siap-siapin warna lainnya dan kuas untuk meratakannya. Soalnya, lipstik ini beneran cepat ngeset, kalau nggak buru-buru tidak akan jadi ombre-nya. Terus, kalau diratakan pakai jari, nanti warnanya susah hilang. Kan nggak banget kalo jari kamu kelihatan ada noda lipstiknya pas kamu hangout, ngantor, atau ngampus, kan?

Harga & Tempat Pembelian

Sebenarnya kisaran harga produk ini bervariasi, entah bedanya apa padahal produknya sama. Dari online shop officialnya saja harganya Rp 38.700 – Rp 58.700. Pokoknya tidak sampai 60 ribu. Kalau kamu belinya saat sedang sale bisa lebih murah lagi.

Ini sangat terjangkau, sih, apalagi Maybelline tergolong punya nama dan kualitasnya juga terbukti sangat oke, diluar ketidaknyamanan untuk bibirku yang kering. Aku kalau beli di e-commerce favoritku, yaitu di Lazada atau Shopee. Kalau kamu mau beli juga di Lazada, klik link ini atau kalau mau beli di Shopee, klik link ini.

Kesimpulan 

Maybelline Sensational Liquid Matte punya formula yang creamy dan nggak bikin bibir kering walaupun hasilnya matte. Aku pakai berjam-jam pun nggak membuat kulit bibirku terkelupas saking keringnya, kok. Tapi, ya itu, aku merasa bibirku seperti berpasir, tidak smooth. Tapi, itu bukan masalah yang besar banget, sih, nggak bikin aku kapok pakai lip cream-nya.

Terus, lip cream ini juga hadir dalam berbagai warna menarik dengan range yang luas. Pigmentasinya juga sangat luar biasa. Aku tertarik untuk mencoba warna-warna lainnya. So, apakah aku bakal repurchase? Yes, tapi suatu hari, karena aku lebih suka coba-coba semua merk daripada stick to one brand and type.

Pros 

  • Lip cream cepat nge-set
  • Formulanya lumayan ringan dan nggak bikin bibir kering
  • Pigmentasi? DEWA!
  • Aku pakai selama 7 jam dan masih terlihat oke!!
  • Walaupun kemasannya mini, isinya cukup banyak, yaitu 7 ml
  • Hadir dalam 11 pilihan shade untuk semua skintone dan mood
  • Harga terjangkau dan kamu bisa membelinya secara offline ataupun online dengan mudah

Cons 

  • Lip cream terlalu pigmented, kalau offsite susah dibersihkan, jadi makainya harus ekstra hati-hati
  • Tidak bisa dilayer terlalu banyak karena nanti clumpy
  • Agak lengket, jadi kamu ‘sadar sedang pakai lipstik’. Kan ada tuh, lipstik yang formulanya sangat ringan sampai-sampai kamu nggak sadar kalau lagi pakai lipstik. Nah, kalau ini tuh kerasa banget di bibir. Jadi, formula lip cream ini nggak seringan yang diklaim
  • Aroma vanila-nya mungkin terlalu kuat untuk sebagian orang, walaupun wanginya akan memudar seiring waktu pemakaian
  • Saking pigmented-nya, walaupun sudah double cleansing tetap ada sisa-sisa warnanya di bibir, apalagi untuk bagian yang offsite dari bibir

Itu dia review aku buat Maybelline New York Sensational Liquid Matte. Note: bibir aku kering, ya! Jadi, mungkin hasilnya bakal berbeda kalau bibirmu normal atau cenderung oily. Kalau kamu mencari lipstik cair yang affordable, tahan lama, super pigmented, kemasannya compact enak dibawa ke mana-mana, ini pilihan yang tepat buat kamu. Kalau kamu mencari kenyamanan, ini agak kurang, sih. Kalau menurut kamu, lipstik ini worth it, nggak?


Sekarang Maybelline lagi ngasih diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop Maybelline New York biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Maybelline Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020