10 Rekomendasi Busana Lebaran untuk Tampil Fashionable

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 16 April 2021

Saat menyambut lebaran, pasti semua orang sedang sibuk mempersiapkan berbagai masakan khas lebaran, bingkisan, hingga membersihkan rumah. Tapi ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan, yaitu mencari inspirasi busana yang akan digunakan saat berlebaran.

Seperti lagu Dhea Ananda di tahun 90-an “Baju Baru Alhamdulillah”, baju juga jadi satu hal yang tidak boleh terlewat untuk dipersiapkan. Meski memang tak melulu harus baju baru, baju lama juga pun bisa menjadi terlihat stylish saat lebaran.  

Kamu bisa saja memakai pakaian lama untuk merayakan hari lebaran lalu di-styling sebaik mungkin. Tapi, mencari gaya busana yang bisa kamu gunakan saat berlebaran tidaklah mudah. Karena biasanya di satu sisi, kita sangat ingin terlihat stylish sekaligus anti ribet. Selain itu, gaya yang digunakan tetap terlihat update meski baju yang digunakan adalah baju lama.

Kira-kira gaya seperti apa sih yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi berbusana saat berlebaran nanti? Intip rekomendasi busana berlebaran di bawah ini.

1. Kaftan

inspirasi busana lebaran wanita_Kaftan

Kaftan memang selalu menjadi andalan sebagai busana yang bisa membuat kamu tampil berbeda di hari Lebaran. Kaftan sendiri memang makin hits setelah banyak selebriti memakainya untuk tampil di berbagai acara bertema Ramadhan. Mulai dari Ayu Dewi, Luna Maya hingga penyanyi paling sensasional Indonesia Syahrini pun pernah membuat kaftan menjadi sangat trend.

Jika kamu ingin tampil memakai kaftan tapi ingin terlihat tetap muda dan elegan, kamu bisa memilih kaftan dengan warna yang soft, mulai dari warna pastel hingga tone yang warm. Selain itu kini varian kaftan juga semakin beraneka ragam. Mulai kaftan polos, kaftan motif, kaftan dengan aksen beads hingga kaftan bergaya bohemian, semua bisa kamu sesuaikan dengan tema yang ingin ditonjolkan.

2. Abaya

Setelah kaftan pasti selalu ada abaya. Kebanyakan orang menganggap kedua busana ini mirip, layaknya adik kakak. Padahal abaya sendiri sebenarnya masuk dalam busana khas Timur Tengah atau lebih dikenal sebagai 'gamisnya orang Arab'. Pada awalnya, abaya adalah busana muslim yang desainnya simple. Tapi dengan semakin berkembangnya fashion di Indonesia, abaya pun ikut berinovasi.

Kini abaya tidak hanya berupa kain polos satu warna saja, tapi juga bisa terdapat aksen-aksen lain di dalamnya. Mulai dari mute, renda, bordir hingga layer yang makin mempercantik tampilan abaya. Abaya dulu mungkin disebut sebagai busananya orang tua, tapi abaya masih bisa terlihat keren kok selama kamu jago styling. Kamu bisa tampil keren saat lebaran dengan abaya Syar’I berwarna bold, lalu dikombinasikan dengan aksesoris handbag dan sunglass.

3. Gamis

inspirasi busana lebaran wanita_GamisSumber: humairoh.com

Masih mirip dengan kaftan, gamis juga termasuk dalam busana yang dapat menutupi lekuk tubuh wanita. Dulunya gamis memiliki bentuk cenderung rata, dari atas sampai bawah potongannya lurus tanpa lekukan. Tapi semakin berkembangnya fashion hijab, gamis pun semakin punya banyak varian dan inovasi.

Para desainer hijab Indonesia berinovasi membuat berbagai macam tunik agar terlihat lebih modern dan stylish. Ada yang memakai tambahan manik-manik, tambahan ruffle, bordir dan lainnya yang membuat gamis menjadi friendly bagi wanita muda di Indonesia. Karena simple, gamis ini termasuk dalam busana yang nyaman untuk digunakan saat berlebaran lho.

4. Tunik

Tahu tidak kalau tunik yang kamu pakai dulunya adalah pakaian para pria? Ternyata tunik dulunya adalah pakaian bagi para pria Arab yang disebut Tunica. Bahkan tunic ini dulu pernah dipakai oleh bangsa Romawi Kuno dan kekaisaran Romawi Timur. Tunic sendiri adalah busana yang longgar dan panjang, biasanya panjang dari tunik bisa sampai menutupi lutut.

Setelah berkembang luas, kini tunik akhirnya menjadi salah satu busana bagi para muslimah. Karena kini perkembangan inovasi tunik modern semakin berkembang dan banyak disukai oleh orang-orang. Jika ingin tampil lebih ceria dan fresh, kamu bisa memilih tunik motif dengan warna-warna cerah dan nyentrik.

Memakai tunik saat berlebaran akan membuat kamu nyaman beraktivitas, apalagi sambil keliling silaturahmi ke rumah tetangga dan keluarga.

5. Kimono Outer

Ingin tampil lebih stylish, tapi tetap ada kesan elegan namun dengan gaya yang lebih modern? Kamu bisa mencoba memakai Kimono outer. Trend memakai Kimono outer memang banyak digunakan oleh muslimah yang tinggal di Eropa. Namun kini Kimono outer juga kerap digunakan oleh para selebgram Indonesia dan menjadi salah satu inspirasi berbusana keren untuk berlebaran.

Kimono outer sebenarnya sangat simple, tapi karena motifnya yang beraneka macam, membuat busana ini keren. Jika ingin tampil elegan dan casual, pilihlah nuansa warna yang soft warm, sedangkan jika ingin tampil lebih berani kamu bisa mencoba gaya artsy style. Bahkan Kimono outer juga sudah banyak yang memakai kain batik, jadi kamu bisa tampil lebih etnik namun tetap berkesan modern.

6. Wrap Dress

Perkembangan fashion hijab setiap tahunnya memang selalu menghadirkan banyak terobosan. Salah satu trend yang sedang digandrungi banyak wanita adalah dengan memakai wrap dress.

Umumnya wrap dress ini adalah gaun klasik berpotongan draperin yang diberikan tali yang diikat ke belakang pada bagian pinggang. Gaun yang dipopulerkan Diane von Furstenberg ini memang bisa menyembunyikan lekuk tubuh wanita.

Kini sudah banyak fashion designer yang memanfaatkan model baju yang punya kelebihan menyembunyikan lekuk tubuh untuk diaplikasikan pada para muslimah. Jadi wrap dress ini memang cocok untuk digunakan jika ingin tampil modis saat berlebaran nanti. Wrap dress kini juga sudah menjadi salah satu busana para hijabers yang hits dan bikin pemakainya terlihat elegan bak dewi.

7. Cut-Out Dress

inspirasi busana lebaran wanita_Cut-Out DressSumber: Instagram.com/@nissachair

Gaya busana unik lainnya yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk berbusana saat lebaran nanti adalah cut-out dress. Gaya satu ini memang sedang banyak ditiru dan digandrungi oleh para remaja yang ingin tampil modis dengan nuansa etnik. Biasanya sih di Indonesia sendiri orang-orang mengadaptasi cut-out dress memakai kain-kain tradisional.

Seperti memakai kain batik dan tenun yang dipadukan dengan busana dalaman yang polos dan berwarna dark. Alasannya agar kain yang kamu gunakan di luar bisa lebih menonjol dan dominan sehingga kamu akan terlihat kekinian. Cut-out dress versi hijab ini lebih menonjolkan corak dari dress dan bisa menutupi lekukan tubuh juga lho.  

8. Maxi Dress

Maxi dress memang selalu menjadi andalan untuk tampil simpel dan elegan bagi para wanita. Gaun terusan satu ini panjangnya dapat menutupi mata kaki dan bersiluet A. Agar tidak membosankan, kamu bisa mencari maxi dress dengan berbagai desain tambahan. Seperti tambahan puffy, renda, bordir, lengan lonceng, ruffle, neck tie hingga floral.

Yang penting adalah mencari dress yang dapat membuat kamu nyaman saat beraktivitas. Pilihlah kain yang terasa sejuk dan dingin jika kamu harus aktif beraktivitas seperti saat lebaran. Seperti kain chiffon, satin, Roberto Cavalli dan linen. Dimana bahannya halus dan terasa dingin, jadi meski kamu bepergian kemanapun selama lebaran tidak akan terganggu karena gerah dan gatal.

9. Tampil Tradisional Memakai Kebaya

Siapa bilang kebaya hanya bisa digunakan saat menghadiri pernikahan atau acara adat saja? Ternyata kebaya juga bisa menjadi busana berlebaran yang terlihat etnik dan unik. Berlebaran memakai kebaya adalah salah satu ciri khas dari keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dari tahun ke tahun, keluarga pak SBY selalu memakai kebaya saat melakukan prosesi sungkeman.

Apalagi sekarang ini sudah banyak model-model kebaya yang lebih modern. Kamu bisa mix and match kebaya dan kain batik atau songket dengan berbagai motif dan warna yang sedang trend. Kamu bisa memilih warna pastel jika ingin terlihat elegan, atau warna yang cerah untuk terlihat lebih ceria. Jadi kamu akan tetap tampil stylish tapi dengan sentuhan tradisional. Pasti akan terlihat berbeda dari yang lain!

10. Tampil Stylish ala Pakistan

inspirasi busana lebaran wanita_Tampil Stylish ala PakistanSumber: Instagram.com/@pakistanstreetstyle

Seiring dengan berkembangnya dunia fashion terutama hijab di Indonesia, semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk tampil stylish. Untuk bisa tampil stylish, tentu kamu perlu mencari berbagai inspirasi berpakaian. Salah satu gaya berpakaian yang cocok untuk digunakan saat berlebaran adalah model pakaian ala Pakistan.

Model pakaian Salwar Kameez ini memang terdiri dari dua pasang, yaitu atasan berupa dress dan bawahan berupa rok atau celana. Uniknya, gaya ala pakistan ini bisa terlihat elegan dan stylish karena desain kainnya yang sangat indah ditambah dengan adanya dupatta.

Belum lagi pemilihan warnanya yang beragam, membuat gaya berbusana ala Pakistan ini cocok untuk tampil fresh dan stylish saat berlebaran ke rumah sanak saudara.

Saat berlebaran tidak perlu selalu membeli pakaian-pakaian baru, pakaian lama pun sebenarnya tidak masalah. Agar tidak terlihat monoton, kamu harus bisa mix and match setiap pakaian yang sudah pernah dipakai agar terkesan baru.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram