Kamini.id / Bra / Ladies, Inilah Jenis-jenis Bra yang Nyaman Digunakan

Ladies, Inilah Jenis-jenis Bra yang Nyaman Digunakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Pernahkah Anda tidak jadi menggunakan baju karena tidak punya bra yang tepat? Seperti ketika akan menggunakan tube top tapi Anda cuma punya bra yang bertali karena sebelumnya Anda berpikir satu macam bra saja sudah cukup. Atau, mungkin karena Anda belum tahu macam-macam bra?

Apakah Anda seorang remaja yang merasa kewalahan oleh banyak bra untuk perempuan dewasa? Atau apakah Anda seorang calon pengantin yang ingin tampil ekstra seksi? Kamini telah memecah semua jenis gaya bra yang ada untuk membantu Anda menemukan yang tepat. Semua bra ini cocok untuk pakaian, acara, preferensi desain atau anggaran apapun juga!

1. Push Up Bra

Bra push-up, atau dikenal juga sebagai bra lift-up, melakukan persis seperti namanya. Jenis bra ini akan mendorong payudara Anda ke atas dengan lembut dan membuatnya berdekatan, untuk memberikan tampilan belahan dada yang seksi. Ciri khas bra ini adalah adanya pad (bantalan) berbahan gel silikon atau busa di bagian bawah cup.

2. Demi Bra

Kata “demi” diterjemahkan menjadi “setengah” dalam bahasa Prancis. So, cup pada bra ini hanya menutupi sekitar setengah dari payudara Anda. Biasanya, bra demi hanya berukuran sekitar satu inci hingga satu setengah inci di atas garis puting. Selain itu, tali bahunya biasanya diatur agak lebih lebar.

3. T-shirt Bra

Kayaknya hampir semua wanita punya bra yang satu ini walaupun tidak tahu jenisnya. Namanya adalah T-shirt bra. Merupakan bra yang sangat nyaman digunakan sehari-hari karena bantalannya tipis, sehingga menjadi tak terlihat di balik T-shirt ketat sekalipun.

4. Strapless Bra

Sesuai namanya, strapless bra adalah bra tanpa tali (strap). Tenang saja, bra ini tidak akan jatuh, kok!  Bra ini ditopang oleh wired under band (tali/kawat di sepanjang bawah bra). Karenanya, sangat penting untuk memakai strapless bra yang pas, jangan terlalu ketat dan jangan juga terlalu longgar. Ada juga strapless bra yang datang dengan tali terpisah, jadi Anda bisa menggunakannya strapless maupun dengan strap.

5. Convertible Bra

* sumber: www.davidsbridal.com

Bra convertible memiliki banyak gaya untuk dipilih, karenanya bra ini juga dikenal sebagai bra multi-arah. Muncul dengan tali lepas yang dapat diatur ulang dalam berbagai cara dengan mengaitkannya ke slot yang berbeda (baik di bagian depan atau belakang!). Sekarang Anda dapat memiliki satu bra untuk berbagai macam pakaian. Mau one-strap, two-strap yang standar, strapless, cross-back, semuanya bisa!

6. Bralette

Bralette adalah bra yang sangat cantik, anti-ribet, dan nyaman. Biasanya bralette tidak bergaris, tidak ada busanya, bebas kawat, intinya dibuat untuk kenyamanan semua wanita. Uniknya lagi, bralette bisa digunakan sebagai pakaian dalam maupun pakaian luar! Padukan bralette dengan atasan longgar yang mengintip dengan garis leher rendah, beri cardigan untuk tampilan lebih casual, atau padukan dengan leather jacket untuk look yang lebih cool.

7. Stick-On Bra

Salah satu jenis strapless bra adalah stick-on bra. Jenis bra ini merupakan yang paling sempurna untuk pakaian backless dan sheer-back. Berbeda dengan strapless, bra ini ada perekatnya. Didesain dengan adhesive yang lembut, bra ini akan merekat sempurna di payudara Anda.

8. Sport Bra

Suka berolahraga? Pasti tahu, dong, kalau olahraga pakai bra standar bagaimana rasanya? Sudah sakit karena terganggu dengan kawat dan strap, pergerakan pun jadi terbatas. Beberapa bra pun tidak terlalu bisa menyerap keringat. Makanya, untuk olahraga gunakanlah sport bra.

Walaupun tidak memiliki kawat, strap, dan karet yang kencang, sport bra lebih kokoh dari bra sehari-hari. Bra olahraga dirancang untuk memberikan dukungan pada payudara selama Anda workout. Dibuat untuk mencegah bouncing dan menahan payudara dengan kuat selama pergerakan yang berat.

9. Minimizer Bra

Mungkin tidak semua orang mencari bra ini. Minimizer bra dibuat khusus untuk “memperkecil” tampilan bra dari luar pakaian. Bra ini dibuat untuk wanita-wanita yang merasa kesulitan menemukan bra yang mendukung payudara yang besar dan berat. Jika dipersingkat, bra ini merupakan kebalikan dari push-up bra yang bertujuan untuk membuat dada terlihat lebih padat.

Bra ini dirancang untuk secara visual mengurangi proyeksi dan keliling dada. Bagaimana bisa? Bra ini mendistribusikan kembali jaringan payudara untuk menciptakan tampilan payudara yang lebih kecil. Mereka juga memberikan manfaat tambahan berupa dukungan ekstra dan pembentuk untuk tampilan yang proporsional.

10. Plunge Bra

Plunge bra, atau bra terjun, dirancang untuk memamerkan belahan dada di bawah pakaian deep-neck. Dengan gore tengah yang dalam dan cup yang terpotong di sisi-sisinya, bra ini dapat dengan mudah membentuk payudara sambil mempertontonkan bagian tengahnya untuk tampilan yang lebih seksi lagi.

11. Comfort Bra

Pernahkah Anda merasa tersiksa dengan bra yang berkawat, atau yang talinya terlalu kencang, atau terlalu ketat hingga membuat napas tercekik? Mungkin sudah waktunya Anda tidak terlalu memperhatikan penampilan dan lebih mementingkan kenyamanan. Comfort bra biasanya dibuat dengan kain yang lembut dan halus seperti sutra, dirancang untuk menjadi bra yang paling nyaman.

12. Longline Bra

Baik gaya dan fungsional, bra garis panjang memberikan cakupan yang luas dari di bawah payudara hingga beberapa inci di atas pusar. Ada juga yang bertujuan untuk menopang dan membentuk pinggang. Karena bagian bawahnya cukup panjang, bra ini akan memberikan sexy look bahkan membuat Anda terlihat lebih langsing.

13. Maternity Bra

Maternity bra adalah bra bersalin/menyusui. Dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan dukungan ekstra. Dibuat dengan moulded cups of elastane fabric untuk mengakomodasi perubahan bentuk dan ukuran payudara selama kehamilan dan menyusui. Beberapa bra menyusui juga menampilkan cup yang dibuat dengan cermat, dilengkapi dengan flap yang mudah dilepas untuk menyusui dengan nyaman.

14. Mastectomy Bra

Mastektomi adalah istilah medis untuk operasi pengangkatan sebagian atau seluruhnya (satu atau kedua payudara). Mastektomi biasanya dilakukan untuk mengobati kanker payudara. Dalam beberapa kasus, orang yang diyakini berisiko tinggi terkena kanker payudara melakukan operasi ini sebagai tindakan pencegahan.

Nah, mastectomy bras ini didesain dirancang untuk wanita yang menjalani mastektomi tanpa rekonstruksi payudara. Mereka dirancang dengan sangat seksama. Dilengkapi dengan kantong silikon prostesis di setiap cup dan kain feather-soft yang memiliki lapisan anti-mikroba, menjadikannya pilihan yang nyaman sekaligus praktis.

15. Teenager Bra

Terakhir, ada miniset, itulah yang orang-orang Indonesia sebut sebagai teenager bra. Yup, tidak hanya wanita dewasa saja yang butuh bra, tapi anak-anak yang baru beranjak dewasa juga sudah harus mulai dikenalkan dengan bra. Biasanya ABG merasakan kegalauan ketika payudara mulai tumbuh. Ada rasa semangat, malu, dan risih karena sudah mulai ada tonjolan dada di balik pakaian.

Kalau Anda punya anak, adik, atau saudara yang sedang mengalami fase ini sebaiknya diajak diskusi dan belanja miniset sesegera mungkin karena rata-rata mereka merasa malu untuk membawa obrolan ini duluan. Usia rata-rata anak perempuan mulai memakai bra adalah 11 tahun. Tapi, ada juga yang sudah mulai dari usia 8 tahun, atau bahkan ada yang belum membutuhkannya sampai usia 14 tahun. Ingat, bentuk tubuh dan pertumbuhan setiap perempuan itu berbeda.

Wanita mengalami banyak sekali perubahan tubuh, pertama-tama adalah ketika ABG, lalu kalau berat badan naik ataupun turun (apalagi kalau drastis), lalu saat hamil dan menyusui. Jadi, jangan kaget kalau ukuran bra Anda berubah-ubah. Lalu, Kamini sarankan untuk tidak stuck pada satu macam bra saja, tapi coba juga jenis-jenis lainnya untuk mengetahui manakah jenis bra yang paling pas buat Anda.

Bingung memilih bra yang bagus? Tidak perlu bingung, ya, karena Anda bisa cari tahu selengkapnya dalam artikel 10 Merk Bra yang Bagus dan Nyaman Dipakai ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar