Kamini.id / Jam Tangan / 10 Jenis Jam Tangan yang Cocok untuk Memaksimalkan Gayamu

10 Jenis Jam Tangan yang Cocok untuk Memaksimalkan Gayamu

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juli 2019

Jam merupakan alat pengukur waktu yang biasa manusia gunakan dalam menentukan patokan waktu baik itu pagi, siang, sore, maupun malam. Jam sendiri terdapat beberapa jenis yaitu jam dinding, jam weker, dan jam tangan yang biasa dikenakan pada lengan.

Tak hanya itu, sebenarnya masih sangat banyak sekali jenis jam di dunia ini sehingga tak sedikit orang yang menjadi jam kolektor. Salah satu jenis jam yang sering dikoleksi oleh para pecinta jam yaitu jam tangan karena merupakan jam yang paling praktis dan mudah dibawa. Selain itu, jam tangan memiliki banyak sekali jenis sehingga menjadi barang yang cocok untuk dikoleksi.

Menjadi salah satu aksesoris penunjang penampilan, jam tangan ini banyak mengalami upgrade hingga tercipta beberapa tampilan atau jenis yang baru. Kira-kira apa saja sih jenis jam tangan itu? Kamini sudah merangkum berbagai jenis jam tangan yang wajib kamu ketahui, nihHappy reading!

1. Analog

Jenis jam tangan yang pertama ada analog. Jam tangan jenis analog ini merupakan jenis jam tangan yang paling banyak dikenakan oleh orang-orang pada umumnya sebagai penentu waktu.

Jam tangan analog ini biasanya memiliki 3 jarum jam sebagai penentu jam, menit, dan detik. Biasanya analog dijual tak terlalu mahal sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan meskipun terdapat beberapa jenis analog watch yang memiliki harga jutaan rupiah.

Selain digunakan sebagai penentu waktu, jam tangan analog ini biasanya memiliki tampilan sederhana sehingga sangat cocok dipadukan dengan berbagai outfit agar terlihat lebih modis dan bergaya. Kamu bisa membeli jam tangan analog di Bukalapak melalui link ini.

2. Digital

Digital adalah jam tangan yang menunjukkan waktu dengan bentuk digit angka yang biasanya menggunakan sistem Liquid Crystal Display atau LCD. Selain menunjukkan jam, biasanya jam tangan ini juga dilengkapi fitur hari dan alarm yang bisa kita manfaatkan untuk mengingatkan suatu schedule.

Tak hanya itu, biasanya arloji digital juga memiliki fitur light yaitu sebuah tombol yang bisa kita manfaatkan ketika kita berada pada sebuah tempat yang gelap agar jam menyala.

Jam tangan jenis digital ini juga banyak disukai oleh orang-orang dari remaja hingga dewasa. Hal ini karena tampilan dari jam tangan digital cukup simple namun tetap trendi. Tertarik memberi arloji digital? Kunjungi link ini untuk membelinya di Bukalapak.

3. Analog Digital

Seperti namanya, jam tangan jenis analog digital merupakan perpaduan antara jam tangan jenis analog dan jenis digital. Pada jam tangan ini terdapat jarum jam yang berputar menunjukkan waktu dan juga jam dalam bentuk digit angka dalam satu ruang yang sama.

Meskipun jam tangan jenis analog digital atau yang biasa disebut ana dig ini terkesan agak ramai atau tidak simple, akan tetapi jam tangan jenis ini tetap memiliki banyak peminat karena dinilai lebih lengkap fitur-fitur yang dimilikinya. Beli jam tangan analog digital sekarang juga hanya di Bukalapak melalui link ini.

4. Water Resistant

Water resistant artinya adalah tahan air. Ya, begitu pula dengan jam tangan jenis water resistant ini. Jam tangan yang satu ini memiliki kelebihan untuk dapat bertahan meski terkena air atau terjatuh pada sebuah tempat berisi air sehingga tak perlu khawatir akan rusak atau mati.

Akan tetapi, perlu menjadi catatan bahwa setiap jam tangan tahan air memiliki batasannya masing-masing seperti misalnya batas kedalaman air hingga tingkat kecepatan debit air.

Batasan tersebut dapat kamu lihat pada buku panduan atau pada area tertentu dalam jam tangan itu sendiri. Selain itu agar kamu paham lebih dalam, kamu juga bisa bertanya pada seller jam tangan tersebut. Kini, kamu bisa membeli jam tangan water resistant melalui Bukalapak lewat link ini.

5. Sport

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas berolahraga tetapi tetap ingin tampil fashionable dengan jam tangan, kamu bisa menggunakan jam tangan sport yang didesain khusus untuk berolahraga. Sport watch ini juga dilengkapi fitur-fitur penunjang olahraga, lho!

Jenis jam tangan ini juga beragam tergantung fitur yang dimilikinya. Salah satu jenis jam tangan sport yaitu diver, sebuah sport watch yang dikhususkan bagi para penyelam karena dilengkapi fitur water resistant.

Fitur-fitur lain dari sport watch ini diantaranya adalah timer, alarm, perkiraan cuaca, dan masih banyak lagi. Dijamin deh kegiatan olahragamu akan lebih maksimal dengan bantuan sport watch ini. Karena fitur-fitur yang dimiliki arloji sport ini sangatlah lengkap, maka tak heran jika harganya juga agak sedikit mahal. Beli jam tangan sport dari berbagai merk melalui Bukalapak via link ini.

6. Chronograph

Jenis jam tangan yang selanjutnya ada Chronograph atau kronograf. Jam ini dibuat khusus sebagai stopwatch atau penghitung waktu yang dikombinasikan dalam tampilan jam . Biasanya jam ini digunakan dalam sebuah perlombaan yang memerlukan batasan waktu.

Jam ini dilengkapi beberapa tombol khusus untuk memulai penghitungan waktu, menghentikan, dan mereset waktu ke 0. Bukan hanya itu, sebagaimana fungsi jam pada umumnya, chronograph watch ini juga memiliki 3 jarum jam sebagai penentu jam, menit, dan detik. Dapatkan jam tangan chronograph dengan harga terjangkau di Bukalapak lewat link ini.

7. Quartz

Quartz watch adalah jenis jam tangan yang memanfaatkan kristal quartz sebagai sumber energinya. Jam tangan quartz ini dikenal sebagai jam yang paling akurat dalam menentukan waktu karena frekuensi getarannya relatif stabil.

Meskipun arloji ini dinilai kurang artistik, akan tetapi fitur-fitur yang dimilikinya sangatlah lengkap dan tidak ketinggalan zaman. Beberapa fitur yang dimilikinya antara lain adalah kompas dan MP3. Selain itu, quartz watch juga dinilai sebagai jam dengan harga yang cukup terjangkau, lho! Temukan jam tangan quartz di Bukalapak dengan klik di link ini.

8. Automatic

Automatic watch atau yang memiliki sebutan lain self winding watch merupakan sebuah jam tangan mekanik yang tak memerlukan baterai sebagai sumber energinya. Energi untuk menggerakkan jam tangan otomatis ini berasal dari gerak pemakainya.

Gerakan tersebut akan mempengaruhi gerak sebuah komponen bernama rotor yang kemudian menghasilkan sebuah energi dan menyimpannya pada sebuah komponen bernama per. Jadi jam tangan automatic ini akan selalu hidup ketika dipakai karena pengaruh energi dari gerakan. Kini, jam tangan automatic dapat dibeli secara online di Bukalapak melalui link ini.

9. Luxury

Luxury watch dikenal sebagai jenis jam tangan yang sangat mewah dan hanya bisa dimiliki oleh golongan tertentu saja. Biasanya jam tangan ini dibanderol dengan harga yang begitu tinggi karena bahan yang digunakan merupakan bahan yang bernilai tinggi seperti emas, perak, dan berlian.

Desainnya pun dibuat secantik mungkin agar konsumen merasa puas. Luxury watch ini biasanya juga dilengkapi dengan surat-surat kepemilikan saat dibeli karena merupakan barang mewah sama halnya dengan perhiasan.

10. Classic

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai tampilan jam yang yang penuh dengan hiasan karena dinilai terlalu berlebihan, maka jam tangan klasik ini sangat direkomendasikan untukmu karena tampilannya yang sangat simple jika dibandingkan dengan jenis jam tangan yang lainnnya.

Arloji klasik ini biasanya tak memiliki banyak fitur, hanya terdapat jarum jam dan digit angka yang sederhana saja. Classic watch ini sangat cocok bagi kamu yang kerap tampil dengan outfit sederhana namun tetap ingin memiliki nilai fashion yang tinggi.

Itu dia beberapa jenis jam tangan yang ada di dunia dan biasa digunakan sebagai aksesoris penunjang penampilan. Bagi kamu yang sering kebingungan saat membeli jam tangan karena belum tahu jenis-jenis serta fungsinya, mulai saat ini kamu tak akan lagi kebingungan apalagi salah membeli jam tangan.

Cari tahu juga informasi seputar merk jam yang sudah Kamini rangkum dalam artikel merk jam tangan mewah dan terkenal ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar