kamini.id
Kamini.id / Fashion / Pakaian / Ladies, Ini Dia 12 Jenis Rok yang Wajib Banget Kamu Ketahui

Ladies, Ini Dia 12 Jenis Rok yang Wajib Banget Kamu Ketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 November 2020

Rok merupakan bagian dari pakaian yang mungkin sering kamu kenakan pada momen-momen tertentu. Ada begitu banyak jenis rok yang dapat kamu gunakan sesuai dengan acara yang kamu datangi. Kamu dapat memilih rok yang tepat untuk memberikan kesan yang berbeda. Berikut ini ulasan tentang beberapa jenis rok yang mesti kamu tahu.

1. Rok A-Line

Rok A-Line

* sumber: ciaraodoherty.com

Rok dengan bentuk A-Line ini biasanya memiliki panjang selutut dengan bentuknya yang menyerupai huruf A. Jenis rok dengan bentuk ini lebih mudah untuk dijahit, selain itu jenis A-Line cocok untuk semua jenis kain. Bentuk A-Line ini biasanya melebar dengan perlahan dan tidak menempel di pinggul.

Bentuk yang seperti ini tidak memerlukan belahan di samping atau dibelakang untuk memudahkanmu berjalan, karena bagian bawahnya melebar. Bagian rok yang mengembang atau melebar seperti ini cocok untuk orang dengan perawakan mungil karena kan memberikan volume pada tubuh mungilnya.

2. Rok Bell Shaped

Rok Bell Shaped

* sumber: www.lyst.com

Rok ini memiliki bentuk yang menyerupai lonceng, bentuk ini biasanya melebar dari pinggang tetapi jatuh dalam garis lurus hingga ke lutut dan akhirnya melebar. Untuk membuat rok dengan bentuk lonceng biasanya digunakan bahan yang lebih tebal. Bahan yang tebal akan menahan bentuknya.

Seorang yang sering menggunakan rok dengan jenis ini adalah Jackie Kennedy. Beliau sering menggunakan rok dengan tipe lonceng yang memberikan efek glamor. Rok dengan jenis lonceng ini paling pas digunakan untuk kegiatan formal pada malam hari dengan atasan yang pas.

3. Rok Circle

Rok Circle

* sumber: www.merricksart.com

Rok circle seperti namanya merupakan rok dengan bentuk melingkar. Rok ini biasanya dipotong dengan bentuk bawahnya bulat dengan ukuran yang panjang ataupun ukuran yang pendek. Rok dengan bentuk seperti ini akan memerlukan banyak bahan dalam pembuatannya.

Rok yang dipotong dengan bentuk melingkar ini membebaskan orang yang menggunakannya dalam bergerak. Hal ini membuat rok jenis ini menjadi sangat populer. Rok ini jenis ini biasanya digunakan oleh para penari karena membuat si pengguna mudah dalam bermobilitas.

4. Rok Pleated

Rok Pleated

Rok Pleated merupakan rok yang memiliki efek lipit, dengan efek lipit yang beragam. Lipatannya biasanya biasa sejajar dan rata. Efek lipitan pada rok ini biasanya dimulai pada bagian pinggang. Rok lipit dengan bentuknya yang seperti akordion, biasanya rok lipit yang dibuat dengan mesin.

Rok lipit biasanya dibuat dengan bahan sintetis yang di buat dengan mesin, dengan tujuan agar pada saat dicuci lipitan pada roknya tidak hilang. Ukuran pada lipitannya bisa dibuat besar atau pun kecil dengan ukuran panjang ataupun pendek. Model rok lipit ini cukup populer ditahun 1920 - 1950-an.

5. Rok Pensil

Rok Pensil

* sumber: mamainheels.com

Rok pensil merupakan rok yang memiliki potongan lurus yang biasanya meruncing ke bagian lutut. Bentuknya berbeda dengan rok lurus. Rok dengan potongan pensil merupakan potongan yang banyak disukai oleh para wanita yang bergelut di dunia bisnis karena memberikan kesan profesional.

Bahan yang bagus untuk rok dengan potongan ini adalah elastis. Jika tidak menggunakan bahan yang elastis, biasanya rok ini akan memiliki belahan pada bagian belakang atau pada bagian samping. Tanpa belahan pada rok akan menyulitkan penggunanya untuk berjalan apabila menggunakan hak tinggi.

6. Rok Gored

Rok Gored

* sumber: www.thelittlebazaar.com

Rok Gored merupakan jenis rok dengan potongan A-Line. Tetapi potongannya tidak satu bagian seperti potongan A-Line yang klasik yang hanya terdapat potongan depan dan belakang saja. Beberapa potongan bahan A-line yang dijahit menjadi satu sehingga akan memberikan kesan seperti lonceng.

Kesan penuh dari rok yang mengembangnya biasanya dimulai dari pada atau juga lutut. Rok ini biasanya dibuat dari empat hingga dua puluh bagian. Rok bentuk ini cocok dengan semua bentuk tubuh. Rok ini pas di bagian pinggang dan melebar kebawah sehingga dapat leluasa bergerak.

Rok jenis ini merupakan jenis rok yang berasal dari abad ke-14 dan menjadi sangat populer pada akhir 1860-an, pertengahan 1890-an, 1930-an dan 1940-an. Rok ini saat ini dikenal dengan gaya rok klasik. Semua bahan dapat digunakan untuk rok jenis ini, tetapi lebih baik jika bahannya yang bebas kerut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Model Rok Panjang untuk Pesta Terbaru

7. Rok Wrap

Rok Wrap

* sumber: www.lyst.com

Rok Wrap adalah rok yang tampak seperti membungkus tubuh. Rok ini hanya terdiri dari satu potong kain yang dililit kan atau dibungkuskan dengan ditumpuk lalu diikat, untuk mengikatnya dapat kamu gunakan ikatan atau juga dengan kancing pada bagian pinggang. Rok jenis ini memiliki ukuran beragam.

Untuk membuat rok dengan potongan ini kamu memerlukan banyak bahan, tetapi dari segi penjahitan terbilang lebih mudah, dan dapat dilakukan oleh penjahit pemula. Rok jenis ini pertama kali ditemukan di sekitar tahun 2.130 sebelum masehi pada zaman Mesir Kuno yang dikenakan para pria.

Para pria pada zaman mesir kuno biasanya menggunakan rok dengan potongan sampul yang diberi nama shendyt. Pakaian dengan bentuk persegi panjang tersebut biasanya dililitkan dipinggang dan diikat pada bagian depan. Pada karya seni Mesir, shendyt tampak digunakan oleh semua kalangan.

8. Rok Broomstick

Rok Broomstick

* sumber: www.shopexile.com

Rok dengan potongan broomstick merupakan jenis potongan rok panjang yang paling populer. Rok ini biasa disebut dengan beragam nama, dari rok gipsi, rok hippie, rok petani hingga rok India. Rok ini dikenal karena memiliki banyak kerutan dan juga memiliki beberapa lapisan dan terlihat kasual.

Kerutan yang menjadi ciri khas dari rok ini membuatnya tampak seperti sebuah sapu, sehingga diberi nama broomstick. Rok ini mudah perawatannya, kamu tidak perlu menyetrikanya karena kerutan pada rok ini adalah ciri khasnya. kamu hanya cukup mencucinya lalu menjemurnya saja.

Rok broomstick ini merupakan jenis rok yang cukup populer di kalangan wanita Navajo. Selain itu rok ini juga terdapat di jaman Renaisans walaupun gayanya agak lebih berbeda. Rok ini biasanya menggunakan bahan kain yang bertekstur ringan sehingga sangat cocok digunakan di musim panas.

9. Rok Asimetris

Rok Asimetris

* sumber: fashionisers.com

Rok asimetris merupakan jenis rok dengan potongan yang berbeda pada kain maupun kelimannya. Biasanya rok ini dipotong secara diagonal, berbeda dari potongan rok high-low yang biasanya tidak simetris pada bagian depan dan belakang. Rok ini dapat dibuat pas dengan tubuh ataupun melebar.

Rok asimetris memberikan tampilan elegan pada yang menggunakannya. Bahan apapun dapat digunakan untuk membuat rok dengan bentuk asimetris ini. Rok dengan bentuk asimetris ini cukup unik, karena kamu dapat menonjolkan bagian yang tubuhmu yang terbaik.

10. Rok Mermaid atau Fish Tail

Rok Mermaid atau Fish Tail

Rok mermaid atau rok putri duyung ini karena potongan dari roknya seperti bentuk dari ekor ikan. Rok ini biasanya dibuat dengan pas pada bagian pinggang, lalu sedikit melebar di bagian pinggul dan mengecil di bagian lutut. Setelah meramping dibagian lutut roknya melebar ke bagan bawah.

Rok dengan potongan jenis ini biasanya lebih sering digunakan untuk acara-acara formal. Kamu sering melihat potongan seperti ini pada gaun-gaun pengantin, potongan rok seperti lebih cocok jika kamu padukan dengan atasan korset sehingga model roknya akan terlihat menonjol.

11. Rok Flared

Rok Flared

* sumber: founditgreat.com

Rok Flared merupakan rok yang tampak seperti rok A-Line tetapi berbeda, rok flared memiliki bagian bawah yang lebih melebar jika dibandingkan dengan rok A-Line. Rok dengan potongan ini biasanya memiliki panjang yang berbeda-beda, dari panjang selutut, diatas lutut, hingga di bagian betis.

Rok jenis ini dapat kamu gunakan agar tampilanmu lebih terlihat formal selain juga nyaman. Rok ini memberikan kesan lebih elegan pada saat orang yang menggunakannya berjalan. Tetapi terlihat sederhana dan polos saat si penggunanya sedang diam. Rok ini cocok  juga dikenakan saat bekerja.

12. Rok Sarung

Rok Sarung

* sumber: www.holleyday.com

Rok dengan potongan sarung ini biasanya digunakan pada saat kamu liburan di pantai. Rok ini dikenakan dengan cara mengikatkan kain disekitar pinggang di sebelah samping. Rok ini biasanya terbuat dari bahan katun atau serat alami dan juga memiliki panjang kain yang beragam .

Rok ini biasanya memiliki belahan yang menunjukan satu belahan kaki. Roknya tampak seperti sedang melilitkan sebuah syal. Rok jenis ini bisanya digunakan untuk berlibur terutama saat pergi ke pantai. Rok jenis ini menjadi barang yang wajib kamu bawa saat kamu berlibur ke daerah beriklim tropis.

Kamu dapat memilih rok sesuai dengan kebutuhanmu sehingga kamu dapat menonjolkan kesan yang kamu inginkan. Selain itu kamu dapat memilih rok yang tepat untuk situasi yang formal atau non formal. Sehingga kamu dapat merasa nyaman dan juga merasa senang mengenakannya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram