Inilah 11 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki oleh Pria

Jangan abaikan sepatu. Sepatu memiliki peran penting bagi setiap pakaian. Alas kaki yang Anda gunakan dapat menambah nilai plus atau merusak penampilan Anda. Penting untuk memiliki sepatu yang tepat jika Anda ingin tampil gaya.

Jika Anda berpikir bahwa hanya wanita saja yang memiliki lebih banyak pilihan sepatu dibandingkan pria, Anda jelas harus banyak belajar. Ada banyak jenis sepatu pria. Sepatu bisa menjadi indikasi apakah Anda seseorang yang memiliki gaya atau tidak. Jika Anda biasa menggunakan sepatu kets ke mana-mana, mungkin ini saatnya Anda meng-upgrade koleksi sepatu Anda.

Sepatu tersedia untuk setiap kebutuhan, dari sepatu untuk ke kantor hingga untuk menghadiri pesta formal. Supaya Anda tidak bingung, ikuti penjelasan Kamini mengenai jenis-jenis sepatu pria berikut ini.

1. Oxford

Oxford

* sumber: onshopdeals.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Oxford adalah sepatu formal terbaik yang bisa digunakan para pria. Sepatu ini asalnya dari Skotlandia dan Irlandia. Oxford meraih kepopulerannya di Universitas Oxford ketika para siswa pemberontak memilih untuk mengenakan sepatu bot ini dibandingkan sepatu bot setinggi lutut dan setinggi pergelangan kaki.

Jenis sepatu ini adalah jenis sepatu paling formal yang hanya boleh digunakan dengan celana panjang. Warna paling umum dari sepatu Oxford adalah hitam dan cokelat karena kedua warna tersebut cocok dipadukan dengan warna apa saja.

Hitam bisa dikenakan dengan setelan warna apa saja asalkan Anda memakai kaus kaki hitam. Warna cokelat dapat dipakai dengan kaus kaki warna apa pun tetapi tidak cocok untuk dikenakan dengan jas hitam dalam situasi apapun. Kontras warna antara setelan dan sepatu akan menghancurkan penampilan Anda.

2. Loafer

Loafer

* sumber: www.amazon.in

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berada di antara batas antara sepatu kasual dan formal, loafer pada dasarnya adalah boat shoes dengan penampilang yang lebih bagus. Fungsi slip-on-nya dan fleksibilitas estetika loafer membuat sepatu ini menjadi terkenal di kalangan pengusaha yang beraktivitas di siang hari dan pengunjung pesta di malam hari.

Penampilan, kenyamanan, dan keserbagunaannya sepatu ini hanya dapat dibandingkan dengan  betapa mudahnya sepatu ini dipakai sehingga tak heran sepatu ini menjadi salah satu sepatu wajib yang harus ada di lemari sepatu pria mana pun. Sepatu ini bisa digunakan tanpa kaus kaki tetapi jika Anda ingin mengenakannya dengan kaus kaki, pilih warna kaus kaki apa pun kecuali hitam.

3. Sneakers / Sepatu Kets

Sneakers

* sumber: www.flipkart.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sneakers atau sepatu kets tampak sporty dan kasual tidak seperti sepatu lainnya yang terlihat formal. Jika Anda seorang penggila sneakers, Anda akan tahu bahwa Anda tidak bisa memiliki terlalu banyak stok sepatu olahraga. Sepatu sneakers warna putih cocok untuk dikenakan dengan pakaian apa pun. Sepatu retro unik akan membuat T-shirt dan celana jeans Anda terlihat lebih keren.

Sepatu sneakers modern tidak pernah bisa menandingi sensasi dari sneakers vintage seperti New Balance dan Chuck Taylors tetapi sepatu tak mengenal zaman ini adalah jenis sepatu yang dibutuhkan setiap pria di setiap tahap kehidupan mereka. Cari sneakers terbaik?

4. Moccasin

Moccasin

* sumber: www.unze.com.pk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Moccasin juga merupakan bagian tak terpisahkan dari busana pria abad ke-21 meskipun sepatu ini  lebih dikenal sebagai alas kaki asli penduduk asli Amerika. Moccasins mengesankan karena tingkat kenyamanan sepatu ini ketika dipakai yang sangat tinggi, selama  Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh.

5. Boat Shoes

Boat Shoes

* sumber: brobible.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Boat shoes tak hanya bisa digunakan di daerah berair tetapi sepatu ini juga digunakan di daerah kering sejak 1980-an. Hal ini tak mengherankan karena sepatu santai ini sangat ringan dan nyaman. Dapatkan sepatu boat dengan harga bersahabat di toko online.

6. Derby

Derby

* sumber: www.fashionbeans.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dibandingkan dengan Oxford sepatu Derby dianggap kurang formal tetapi sepatu ini masih termasuk dalam kategori sepatu formal atau sepatu yang dipakai dengan jas.

Yang membedakan sepatu Derby dengan sepatu sejenis lainya, yaitu Brogue, adalah sepatu Derby tak memiliki aksen lubang-lubang kecil di sisi atasnya. Derby memiliki facing yang terbuka yang dilengkapi dengan lubang tali sepatu dijahit ke bagian atas sepatu. Sepatu ini dapat dipakai dengan pakaian formal dan blazer dan bisa juga digunakan dengan pakaian yang lebih kasual.

7. Monk Shoes

Monk Shoes 

* sumber: www.flipkart.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Yang membedakan sepatu monk dengan sepatu-sepatu di atas adalah sepatu ini tidak memiliki tali. Biasanya sepatu ini memiliki gesper dan pengikat. Sepatu single monk memiliki satu gesper dan pengikat sementara itu double monk memiliki dua gesper dan pengikat. Triple monk juga ada namun tidak begitu terkenal.

Sepatu ini tidak lekang oleh waktu dan cocok dipakai untuk acara santai maupun resmi maka tak heran jika sepatu ini menjadi salah satu sepatu pilihan para pria. Berminat memiliki monk shoes?

8. Espadrilles

Espadrilles

* sumber: bespokeunit.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Espadrille adalah jenis sepatu tertua dan telah terkenal di Eropa sejak abad ke-14. Istilah espadrille berasal dari bahasa Prancis. Namun, asal-usulnya sepatu ini  dari esparto, istilah Yunani untuk jenis rumput Mediterania yang keras yang digunakan untuk membuat tali, keranjang, permadani, dan sol anyaman dari jenis sepatu ini.

Sepatu ini adalah jenis sepatu yang paling umum yang dapat dibeli dengan harga yang cukup murah di pasar di sekitar Eropa Selatan. Namun, espadrilles versi para desainer top tentu saja harganya mahal.

Dibandingkan dengan sandal jepit, espadrilles kokoh dan lebih kuat, cukup nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jarak pendek dan cocok untuk digunakan di pantai berpasir dan sekitarnya. Bagian atas espadrilles terbuat dari kanvas yang nyaman dan menutupi bagian depan kaki. Espadrilles cocok digunakan dengan pakaian pantai, linen, celana pendek, celana jins ringan, dan celana chino.

9. Brogue

Brogue

* sumber: www.fashionbeans.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seperti berbagai jenis sepatu formal, brogue zaman dahulu dianggap sebagai sepatu yang jauh lebih berguna dibandingkan dengan cara kita menggunakan sepatu tersebut sekarang ini. Lubang-lubang kecil pada sepatu brogues awalnya dibuat untuk membantu mengalirkan air setelah melintasi rawa berlumpur di Irlandia. Sekarang ini, kita menempatkan brogue sedikit lebih terhormat.

Pilihlah brogue berwarna cokelat gelap untuk acara formal dan brogue warna lembut untuk hari-hari santai. Brogue warna hitam paling cocok dipakai dengan setelan jas tapi jangan sampai memakainya untuk ke acara formal berjas.

10. Suede Chukka

Suede Chukka

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Chukka kembali melonjak popularitasnya selama beberapa tahun terakhir. Sepatu ini pertama kali dipopulerkan di tahun 40-an. Sepatu ini merupakan sepatu bot minimalis, menutupi jari-jari kaki, dan setinggi pergelangan kaki dengan dilengkapi dua atau tiga tali pengikat. Umumnya, sepatu ini hanya menampilkan dua panel di kanan dan kiri dan tidak terlalu menonjolkan ormamen hiasan.

Pilihlah suede chukka warna cokelat atau krem ​​sebagai tambahan koleksi sepatu Anda. Sepatu ini cocok dipakai untuk di acara kasual dan pilihan yang elegan sebagai pengganti sepatu kets. Untuk penampilan terbaik, padukan chukka dengan celana jins atau celana chino dan kemeja polo.  Anda juga bisa memadukan sepatu ini dengan jaket olahraga untuk terlihat lebih kasual.

11. Wingtip

Wingtip

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Secara resmi wingtip disebut sebagai Oxford dengan detail Brogue atau sepatu formal.  Lubang-lubang kecil awalnya ditambahkan untuk mengeluarkan air ketika orang Irlandia menggunakannya ketika melintasi rawa.  Meskipun dahulu sepatu tersebut digunakan untuk keperluan seperti itu, tak disarankan untuk memakai sepatu tersebut ketika scuba diving. Gunakanlah sepatu ini sebagai alternatif dari Oxford konvensional atau jika Anda ingin terlihat sedikit lebih kasual.

Sepatu, layaknya pakaian, memiliki jenis yang beragam dan digunakan pada kesempatan yang bermacam-macam. Jadi Anda disarankan untuk memiliki beberapa jenis sepatu yang bisa digunakan untuk beragam kesempatan. Apakah jenis-jenis sepatu di atas ada dalam lemari sepatu Anda? Kenali juga berbagai jenis bahan pembuatan sepatu pada artikel jenis-jenis bahan sepatu yang paling sering digunakan ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram