Kamini.id / Pernikahan / Ingin Menikah? Kenali 10 Jenis Kertas Undangan Ini

Ingin Menikah? Kenali 10 Jenis Kertas Undangan Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika ingin melaksanakan pernikahan, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan undangan pernikahan. Ada berbagai jenis undangan pernikahan yang bisa kamu pilih, mulai dari yang bergaya klasik, vintage, hingga modern.

Tidak hanya jenis undangannya saja, ternyata jenis kertas undangan juga menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Apalagi di zaman sekarang, semua orang yang akan menikah berlomba-lomba unjuk kreatifitas lewat undangan pernikahan yang mereka sebar.

Jika kamu datang ke sebuah percetakan atau event organizer, mereka tentunya akan memberikan berbagai pilihan jenis kertas untuk kamu pilih sebagai bahan dari undangan pernikahan kamu. Semakin bagus jenis kertas, undangan pernikahan kamu akan semakin elegan dipandang mata.

Namun, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk datang ke percetakan atau EO, artikel satu ini bisa menjadi rekomendasi kamu untuk memilih jenis kertas undangan pernikahan. Berikut adalah jenis-jenis kertas undangan pernikahan yang biasa digunakan, disimak ya!

1. Kertas Art Paper

Kertas Art Paper

* sumber: www.hipwee.com

Kertas satu ini pasti sudah enggak asing lagi buat kamu, yup, kertas art paper. Art paper merupakan salah satu jenis kertas yang biasa digunakan dalam bidang percetakan, mulai dari brosur, flyer, poster hingga kalender menggunakan jenis kertas ini.

Nah, untuk kamu yang punya budget minim tapi ingin undangan pernikahan terlihat bagus, kamu bisa banget gunakan kertas jenis ini.

Kertas art paper memiliki terkstur permukaan kertas yang halus, mengkilap, dan memiliki gramatur kertas mulai dari 100, 120, 150, 210, 230, sampai 310. Jika ingin hasil undangan kamu lebih bagus, kamu bisa melapisi art paper dengan laminasi doff, glossy, atau UV.

2. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton

Selanjutnya, salah satu kertas populer di kalangan cetak mencetak, yaitu art carton. Kertas jenis ini bisa dibilang hampir sama dengan art paper. Namun, yang membedakannya adalah kertas art carton lebih tebal daripada kertas art paper.

Hal itu bisa dilihat dari varian gramatur kertas art carton, yakni 190, 210, 230, 260, 310, sampai 400. Sama seperti art paper, kamu juga bisa menambahkan laminasi saat proses pencetakan.

Kertas art carton juga biasa digunakan untuk kertas undangan pernikahan, dengan desain-desain unik dan menarik.

3. Kertas Matt Paper

Kertas Matt Paper

* sumber: www.hipwee.com

Sekilas, kertas matt paper memang mirip dengan art paper dan art carton. Namun, jika dilihat lebih dekat, ternyata ketiganya berbeda. Matt paper merupakan jenis kertas yang memiliki permukaan halus, tidak glossy, dan lebih cepat menyerap tinta.

Jika dibandingkan antara art paper, art carton, dan matt paper, orang-orang tentu akan memilih matt paper, karena memiliki harga yang tidak beda jauh dan mempunyai kualitas kertas yang lebih bagus.

Kalau kamu menggunakan kertas jenis ini, undangan pernikahan kamu akan terlihat lebih elegan tentunya dengan desain yang menarik. Kamu juga bisa memilih varian gramatur kertas matt paper mulai dari 85, 100, 120, dan 150.

4. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine

* sumber: uprint.id

Untuk kamu yang suka dengan hal-hal terkesan mewah, jenis kertas Jasmine cocok untuk menjadi pilihan bahan undangan pernikahanmu. Dengan memiliki tekstur bergliter,  kertas jamine bisa menjadikan kertas undangan kamu menjadi mewah dengan berbagai warna yang indah.

Namun, kertas jenis ini hanya bisa menggunakan pencetakan dengan teknik emboss dan deboss. Jika menggunakan tinta, kertas ini memerlukan waktu yang lama dalam proses pengeringan.

Kertas yang memiliki gramatur 200 gram ini,  biasanya dipadukan dengan jenis kertas lainnya untuk menjadi undangan pernikahan. Tak heran jika kertas ini memiliki harga yang cukup mahal.

5. Kertas Ivory

Kertas Ivory

* sumber: ragamfashion.com

Ketika kamu bingung memilih antara jenis kertas art paper, art carton, atau matt paper, jawabannya ada pada kertas Ivory. Kertas ini merupakan perpaduan dari ketiga kertas tersebut, yang tentunya itu menjadi hal yang menarik.

Permukaan kertas Ivory memiliki serat yang tidak beraturan. Jika kamu suka dengan hal-hal berbau klasik, jenis kertas ini cocok untuk dijadikan bahan undangan pernikahanmu.

Kertas ivory tentunya mempunyai beragam gramatur, yaitu 190, 210, 230, 260, 310, dan 400 gram. Dari semua varian gramatur, kertas ivory 260 gram lah yang biasa dipilih untuk jadi undangan pernikahan.

6. Kertas Concorde

Kertas Concorde

* sumber: kristinprinting.com

Hampir sama dengan kertas ivory, kertas concorde juga memiliki permukaan yang berserat. Biasanya, kertas ini dijadikan sebagai bahan untuk mencetak kartu nama dan sertifikat, namun seiring berkembangnya zaman, kertas concorde juga digunakan untuk undangan pernikahan.

Kerta ini memiliki kekurangan, yaitu saat dilipat. Ya, lipatan pada kertas ini akan sangat terlihat serat lipatannya dan membuat undangan menjadi kurang bagus. Maka dari itu, biasanya kertas concorde juga dipadukan dengan kertas lainnya.

Agar undangan pernikahan kamu semakin bagus, sangat disarankan untuk menggunakan kertas concorde yang tebal agar hasilnya terlihat maksimal.

7. Kertas Samson Kraft

Kertas Samson Kraft

Mungkin jenis kertas ini sangat terdengar asing di telinga kamu. Namun, kertas ini ternyata bukan kertas biasa. Kertas samson kraft merupakan kertas hasil dari daur ulang.

Dengan memiliki warna coklat, kertas samson kraft mempunyai tekstur kertas yang terasa ada pasirnya jika diraba.

Kertas jenis ini memang jarang digunakan untuk menjadi bahan undangan pernikahan. Akan tetapi kalau kamu menggunakannya, itu artinya kamu mendukung gerakan cinta lingkungan. Apakah kamu tertarik?

8. Kertas Linen

Kertas Linen

* sumber: pasberita.com

Tidak hanya digunakan untuk kartu nama dan sertifikat saja, kertas linen juga bisa digunakan sebagai bahan undangan pernikahan, lho! Kertas ini memiliki tekstur yang kasar dengan permukaan garis-garis, dan fleksibel saat dicetak.

Kertas linen bisa menggunakan metode cetak apa saja, baik secara manual maupun digital. Hal itu tentunya mempermudah kamu, bukan? Kertas ini juga dipilih karena kelebihannya yang kuat dan tidak mudah sobek. Kalau kamu tertarik dengan kertas linen, silakan memilih dua varian gramatur yang ada, mulai dari 150 gram dan 230 gram.

9. Kertas Aster

Kertas Aster

* sumber: masnid.com

Dalam acara pernikahan, biasanya mempelai menyediakan pilihan undangan eksklusif. Kalau kamu melakukan hal demikian, maka pilihlah jenis kertas Aster. Meskipun jenis kertas ini tergolong mahal, namun kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Selain untuk undangan pernikahan, kertas ini juga biasa digunakan sebagai bahan pencetakan sertifikat, piagam, dan kartu nama. Kertas aster mempunyai tekstur dan permukaan yang halus, serta terdapat berbagai pilihan yang warna yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep pernikahanmu.

10. Kertas Akasia

Kertas Akasia

* sumber: masnid.com

Terakhir ada jenis kertas Akasia. Kertas jenis ini biasa digunakan dalam mencetak piagam, sertifikat, dan foto. Enggak Cuma itu, kertas akasia juga bisa menjadi bahan untuk undangan pernikahan. Dengan memiliki tekstur kertas yang bergaris-garis menyerupai tenunan, kertas jenis ini akan membuat undangan pernikahan kamu terkesan mewah dan elegan.

Hindari mencetak warna blok pada kertas akasia karena akan menimbulkan hasil yang tidak solid. Kamu tentunya tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Nah, itulah 10 jenis kertas undangan yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai bahan undangan pernikahan kamu nanti. Dalam memilih, kamu tentunya harus memikirkan kelebihan dan kekurangan kertas tersebut supaya hasil yang didapat bisa lebih berkualitas. Sudah tentukan pilihanmu? Intip juga artikel bentuk undangan pernikahan unik ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *