Hati-Hati, Inilah 9 Kebiasaan Pagi yang Buruk Bagi Kulit!

Hari seseorang dapat dipengaruhi dari apa yang ia lakukan sejak bangun pagi. Bila orang tersebut memiliki kebiasaan pagi yang baik, ia akan menjalani harinya dengan baik pula. Begitupun sebaliknya. Tak heran banyak orang sukses di luar sana yang ternyata memiliki rutinitas pagi yang sangat baik baik bagi mental maupun tubuh mereka.

Hal ini juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bila kamu memiliki kebiasaan baik untuk kulit sejak kamu membuka mata di pagi hari, maka kulitmu akan semakin kecil terkena resiko paparan kotoran, polusi, dan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, berkomedo ataupun berjerawat.

Nah, sebelum menanamkan kebiasan baik yang dapat kamu lakukan untuk kulit, kamu juga harus menghilangkan kebiasaan buruk yang mungkin tak pernah disadari dapat membahayakan kesehatan kulitmu. Berikut ini adalah kebiasan-kebiasaan pada pagi hari yang cukup berbahaya untuk kulitmu. Segera hilangkan, ya!

1. Membenamkan Kembali Wajah di Bantal

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Membenamkan kembali wajah pada bantal (Copy)

* sumber: www.glasgowlive.co.uk

Ketika alarm berbunyi kita terpaksa harus membuka mata dan membagunkan tubuh dari tempat tidur, entah untuk mematikan suara bising dari alarm atau hanya untuk menekan tombol “snooze” dengan harapan kita memiliki waktu untuk beristirahat kembali walau hanya lima menit. Meskipun begitu, pastikan kamu tidak membenamkan kembali wajahmu di bantal, kasur, guling ataupun selimutmu.

Sebab, baik kasur, bantal, guling ataupun selimut  bisa jadi merupakan sarang bakteri dan jamur. Terlebih bila kamu sudah tak mengganti sarung bantal dan sprei lebih dari 2 minggu. Kebiasaan ini bisa mengantarkan permasalahan bakteri pada wajah, benar, jerawat. Jadi, hati-hati, ya!

2. Menggosok Mata Terlalu Keras

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Menggosok mata terlalu keras (Copy)

* sumber: www.healthline.com

Kebiasaan menggosok mata adalah cara yang umum untuk membangunkan mata yang masih terasa berat. Namun, ternyata kebiasaan menggosok mata ini bila dilakukan terlalu keras malah akan mengantarkan kamu pada area mata yang menghitam bahkan menyebabkan garis-garis halus.

Hal ini dikarenakan kulit sekitar mata merupakan area dengan lapisan kulit paling tipis dan sensitif dibandingkan kulit pada area tubuh lainnya.  Untuk meminimalisir kebiasaan buruk tersebut, basuhlah wajah segera dengan air agar kamu bisa terbangun sekaligus tidak membahayakan kulit sekitar matamu.

3. Menyentuh Wajah

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Menyentuh wajah (Copy)

*

Kebiasaan menyentuh wajah adalah hal yang mungkin paling tidak mungkin untuk dihindari. Akan tetapi kebiasaan ini harus segera diminimalisir. Sudah banyak ahli yang menganjurkan kita untuk tidak menyentuh wajah tertutama bila kita belum mencuci tangan.

Jangan coba-coba menyentuh wajah ketika kamu baru bangun dari tidurmu. Karena kita tidak menyadari aktivitas apa saja yang tangan kita lakukan selama tertidur. Bisa jadi saat tidur tangan kita menggaruk area hidung, rambut ataupun telinga, serta area lain yang mengandung bakteri.

4. Mandi Terlalu Lama dengan Air Terlalu Panas

mandi air panas

* sumber: www.nhscs.org

Hot Shower pada pagi yang sangat dingin memiliki kenikmatan tersendiri. Namun, jika kamu ingin menikmati hot shower pastikan kamu tidak membasuh tubuh dengan air yang terlalu panas dengan waktu yang terlalu lama. Air panas dapat mengangkat minyak alami yang dihasilkan kulit pada skin barrier.

Padahal minyak ini dapat mencegah penuaan dan dapat membuat kulit kita berkilau alami. Bila kulit terlalu banyak kehilangan minyak alami ini, kita akan merasa kulit menjadi kering. Minyak pada skin barrier ini juga merupakan pelindung alami bagi kulit, lho.

5. Melewatkan Basic Skincare

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Melewatkan basic skin care (Copy)

* sumber: mykittybeauty.com

Basic Skincare is a must! Walau kamu terlambat bangun dari tidurmu ataupun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah, melewatkan basic skin care seperti pencuci wajah dan pelembab bukanlah kebiasaan yang baik.

Selama tidur, poduksi minyak di kulit berlangsung terus-menerus tanpa kita sadari. Bila tidak dibersihkan, kelebihan minyak ini akan bersatu dengan debu dan kotoran tak kasat mata yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pori membentuk komedo atau jerawat.

Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan minyak setelah mencuci wajah, kamu harus mengaplikasikan pelembab tak peduli seberapa kering atau lembabnya udara sekitarmu saat itu.

6. Melewatkan Sun Protection

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Melewatkan sun protection (Copy)

* sumber: qsun.co

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah kewajiban bagi semua orang. Tak mengenal jenis kelamin dan umur. Paparan sinar matahari selain dapat menyebabkan penuaan juga dapat menyebabkan kanker pada kulit.

Bila kamu beripikir kandungan SPF dalam produk makeup atau perawatan kulit lain sudah cukup dalam mengatasi penetrasi sinar UV ke dalam kulit, kamu salah besar. Kandungan SPF dalam makeup atau pelembab nyatanya tidak cukup untuk memblokir jalannya sinar UV pada lapisan epidermis. Karena itu gunakanlah produk sun protection terpisah agar kamu mendapatkan efek yang optimal.

7. Lupa dengan Bibir

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Lupa dengan bibir (Copy)

* sumber: www.everydayhealth.com

Pernahkah kamu menyadari ketika bangun tidur kamu merasa tenggorokan kering? Bahkan bibirmu juga? Ini terjadi karena selama tidur tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal tubuh masih aktif bermetabolisme.

Karena itu, tubuh akan mengalami dehidrasi. Inilah alasan mengapa kita sering merasakan haus pada pagi hari. Dehidrasi  juga menyebabkan beberapa bagian kulit kita terasa kering, salah satunya adalah bibir.

Pastikan untuk selalu melembabkan bibir dengan lip-balm sebelum kamu mengaplikasikan liptik, terutama lipstick matte. Tentu saja lembabkan pula bibirmu dari dalam dengan mengonsumsi air yang cukup.

8. Melewatkan Sarapan

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Melewatkan sarapan (Copy)

* sumber: www.insider.com

Jangan pernah menyepelekan manfaat sarapan pagi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang tak melewatkan sarapan pagi cenderung lebih berenergi sepanjang hari dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapannya.

Tak hanya itu, melewatkan sarapan pagi juga membuat kita merasakan lapar yang berlebihan di siang hari sehingga kita akan cenderung mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih. Tentu saja tak ada sarapan pagi juga berarti tak ada asupan nutrisi seperti vitamin dan protein untuk kulit kita.

Jadi jangan pernah lewatkan sarapan agar kulitmu tetap ternutrisi sejak pagi hari. Pilih juga menu sarapan yang kaya protein dan vitamin yang akan membantu kulitmu menjadi sehat dan berkilau.

9. Tak Pakai Makeup Bukan Berarti Tak Pakai Skincare

kebiasaan pada pagi hari yang berbahaya untuk kulit_Tak pakai makeup bukan berarti tak pakai skin care (Copy)

* sumber: www.joycelauofficial.com

Sudah punya rangkaian perawatan kulit khusus tetapi tidak memiliki waktu pada pagi hari untuk mengaplikasikannya? Jangan jadikan alasan! Bila kamu tak sempat menggunakan makeup pada pagi hari, hal ini bisa dimaklumi. Namun bila kamu tidak mengaplikasikan rangkaian perawatan kulit, kulitmu tidak dapat mentoleransi.

Rangkaian perawatan kulit khusus dibuat sesuai dengan kebutuhan penggunanya, tentu sudah pula menyesuaikan waktu dan seberapa banyak perawatan ini harus digunakan. Jika kamu tidak konsisten menggunakan perawatan kulitmu pada pagi hari, jangan heran bila tidak ada perubahan signifikan pada kulitmu.

Itulah beberapa kebiasaan buruk pada pagi hari yang dapat membahayakan kesehatan kulitmu. Mulai sekarang, kurangilah kebiasaan-kebiasaan tersebut demi kesehatan dan kecantikan kulitmu. Sebab, akan percuma bila kamu banyak menggunakan produk perawatan namun tidak menumbuhkan kebiasaan baik dan tidak menghilangkan kebiasaan buruk untuk kulit. So, let's be mindful to our own skin!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram