Ketahui 10 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan Saat Pacaran

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 21 Juni 2021

Menjaga hubungan asmara tetap harmonis memang bukan perkara mudah. Terkadang kebiasaan yang dianggap lumrah oleh sebagian orang menjadi permasalahan yang serius bagi pasangan. Meskipun hal tersebut tidak selalu negatif, tetapi kebiasaan yang akan Kamini bahas kali ini bisa berdampak buruk bagi kelangsungan hubungan asmara. 

Nah, kebiasaan apa saja yang harus ditinggalkan saat pacaran? Biar kamu tahu, simak poin-poin di bawah ini!

1. Curhat pada Lawan Jenis

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Curhat pada Lawan Jenis

Mencurahkan permasalahan asmara pada orang lain memang sesuatu yang wajar. Meskipun demikian, hal tersebut juga kerap menimbulkan permasalahan yang jauh lebih pelik, terutama bila teman untuk mencurahkan isi hati adalah lawan jenis. Selain memicu perasaan cemburu pasangan, hal itu juga membuka peluang terjadinya perselingkuhan. 

Kedekatan emosional yang intens dengan lawan jenis memang menjadi salah satu alasan seseorang berselingkuh. So, untuk menghindari permasalahan serius karena hal tersebut, maka mulailah membatasi diri untuk mencurahkan isi hati pada lawan jenis. 

2. Gengsi Minta Maaf

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Gengsi Minta Maaf

Setiap hubungan pasti pernah mengalami permasalahan. Meskipun terkadang masalah timbul karena sesuatu hal yang sepele, tetapi banyak pula hubungan asmara yang harus berakhir karena sikap egois masing-masing yang tidak mau meminta maaf. Mereka enggan untuk meminta maaf dan lebih suka menyalahkan satu sama lain. 

Hal itulah yang terkadang membuat permasalahan semakin melebar dan rumit. Meminta maaf sendiri memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meski begitu, meminta maaf sangat diperlukan dalam komunikasi antar pasangan. Nah, bagi kamu yang masih gengsi meminta maaf, sebaiknya mulailah untuk mengubahnya secara perlahan. 

3. Perhitungan

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Perhitungan

Salah satu kebiasaan lain yang juga harus ditinggalkan saat pacaran adalah memiliki sifat perhitungan. Sifat perhitungan yang dimiliki seseorang memang kerap dianggap hal negatif. Beberapa orang terkadang menilai sifat perhitungan sama dengan sifat pelit. Meskipun sebenarnya, keduanya sendiri memang berbeda tipis. 

Sifat perhitungan berpotensi menimbulkan perselisihan yang mungkin berdampak pada hubungan asmara yang terjalin. Perhitungan sendiri tidak melulu mengenai uang, tapi waktu, dan juga tenaga. Nah, agar pasangan tidak berpikir bahwa apa yang kamu perhitungan jauh lebih penting dibanding dengan dirinya, maka sebaiknya buang jauh-jauh sifat tersebut. 

4. Laporan Setiap Saat

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Laporan Setiap Saat

Saling memberi kabar adalah sesuatu yang lumrah dilakukan oleh setiap pasangan. Meski demikian, hal tersebut juga dapat menimbulkan permasalahan serius, terlebih ketika itu dilakukan dengan sangat berlebihan. Menjaga komunikasi memang diperlukan oleh setiap pasangan. Namun, bukan berarti harus memberi laporan setiap saat pada pasangan. 

Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, hal tersebut juga dapat membuat pasangan merasa jenuh. Hidup berada di bawah pengawasan orang lain memang bukan hal yang menyenangkan walaupun itu dilakukan oleh pasangan. Nah, untuk mencegah konflik terjadi karena hal tersebut, maka biarkan pasanganmu memberi kabar tanpa harus dipaksa atau disudutkan dengan pertanyaan. 

5. Antar-Jemput  

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Antar-jemput

Salah satu kebiasaan lain yang harus ditinggalkan saat mulai berpacaran adalah kebiasaan untuk antar jemput pasangan. Mengorbankan waktu demi pasangan memang kerap dilakukan oleh seseorang. Meski terkadang menyebalkan, tetapi hal tersebut sering dilakukan oleh pasangan sebagai bentuk perasaan cintanya.

Hanya saja, kamu harus tahu bahwa banyak hubungan asmara yang harus berakhir karena melihat pasangan terlalu menggantungkan diri, sehingga terkesan kurang mandiri dan menyusahkan. Kamu tentu tidak ingin dianggap sebagai pasangan dengan citra negatif. Untuk itu, mulailah untuk bersikap mandiri. 

Selain itu, jangan sampai hanya karena ingin diantar jemput oleh pacar, membuat pacarmu mengalami kesulitan, baik itu di pekerjaan maupun kehidupan sosialnya. 

6. Membuat Cemburu

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Membuat Cemburu

Kecewa pada pasangan adalah hal yang wajar. Walaupun begitu, jangan sampai hal tersebut membuat kamu melakukan tindakan bodoh yang bisa memperburuk situasi bersama pasangan. Salah satunya adalah dengan membuat mereka cemburu. Meskipun terdengar menyenangkan, tetapi hal itu dapat merusak hubunganmu dengan pasangan. 

Cemburu memang bisa menjadi tanda cinta dari pasangan. Namun, memancing pasangan untuk cemburu bukan sesuatu yang bijak dilakukan. Seseorang yang sedang dilanda cemburu besar, terkadang bisa berbuat nekat. Bahkan terkadang tindakannya bisa jauh dari apa yang dibayangkan. Nah, jangan coba-coba memainkan perasaannya, ya! 

7. Bermain Ponsel Saat Bersama Pacar

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Bermain Ponsel Saat Bersama Pacar

Bermain ponsel saat bersama pacar memang terkadang dilakukan oleh setiap orang. Momen yang seharusnya menyenangkan bersama pasangan akan terganggu karena kamu terlalu sibuk memainkan ponsel. Selain membuat pasangan merasa tidak dihargai, pertemuan yang seharusnya memiliki kesan malah dapat memicu perasaan marah, kesal, bahkan benci dari pasangan. 

Kebiasaan bermain ponsel saat pertemuan memang terkadang membuat kita tidak sadar bahwa ada seseorang di hadapan kita. Situasi seperti itu tentu jauh dari kata menyenangkan, bahkan dapat menurunkan mood. Jadi, jangan heran bila pasanganmu tiba-tiba memintamu untuk cepat-cepat mengantarkannya pulang. Bisa jadi hal itu karena kebiasaanmu bermain ponsel. 

8. Pria Membayar Makanan 

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Pria Membayar Makanan

Makan bersama saat kencan adalah rutinitas yang sering dilakukan pasangan. Banyak orang menganggap bahwa seorang pria wajib membayarkan makanan ketika sedang jalan. Padahal, hal itu bukan sesuatu yang mesti dilakukan oleh seorang pria. Sebagai pasangan, kita memang harus saling pengertian dan tidak saling membebankan, terutama ketika itu berurusan dengan keuangan. 

Bergantian untuk membayarkan makanan bukanlah sesuatu hal yang buruk, bahkan menjadi sangat berarti bagi pasangan. Selain membiasakan diri untuk saling berbagi, hal itu juga sebagai bentuk kebersamaan sebagai sepasang kekasih.

9. Jalan dengan Lawan Jenis

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Jalan dengan Lawan Jenis

Saat masih single kita memang bebas untuk mengajak jalan siapa pun. Namun, saat memutuskan untuk berkomitmen dengan seseorang, sebaiknya mulailah untuk membatasi diri untuk jalan dengan lawan jenis. Hal itu untuk mencegah timbulnya kecemburuan dari pasangan. Jalan dengan lawan jenis sendiri bisa menjadi pintu pembuka untuk melakukan perselingkuhan. 

Nah, sebagai seorang yang telah memiliki pasangan, kamu harus bisa menjaga diri dan menghargai perasaan pasangan. Jangan sampai hubungan asmara yang telah kamu jalin lama harus berakhir karena kesalahpahaman karena hal tersebut. 

10. Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain 

kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran_Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Salah satu kebiasaan selanjutnya yang harus kamu tinggalkan saat pacaran adalah suka membandingkan pasangan dengan orang lain. Membandingkan pasangan dengan orang lain merupakan bentuk perasaan tidak puas pada pasangan. Membandingkan pasangan dengan orang lain bukanlah hal yang baik. 

Meskipun bagi beberapa orang hal tersebut dapat dijadikan motivasi yang kuat untuk memperbaiki diri, tetapi tak sedikit pula orang yang merasa kecewa dan marah. Hingga akhirnya mereka lebih memilih untuk memutuskan hubungan, ketimbang harus hidup tertekan dengan segala tuntutan yang kamu minta dari pasangan. 

Membandingkan pasangan dan orang lain juga bisa sangat menyakitkan karena dianggap menghina oleh sebagian orang. So, jangan pernah kamu melakukan hal tersebut, ya! 

Demikianlah 10 kebiasaan yang harus ditinggalkan saat pacaran versi Kamini. Menjaga hubungan tetap harmonis memang memerlukan perjuangan yang besar dari setiap pasangan. Setiap pribadi memiliki kebiasaan unik yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. 

Meskipun demikian, saling menghargai adalah langkah yang tepat untuk menjaga hubungan. Kamu tentu memiliki kebiasaan lain dengan pasangan. Jika ada, tulis komentarmu di kolom komentar, ya! 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram