10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 29 Maret 2021

Salah satu hal yang sering dipikirkan oleh orang-orang saat berpuasa adalah mencari ide menghabiskan waktu. Karena selama berpuasa biasanya waktu terasa berjalan lebih lambat, sehingga terkadang membuat bosan. Apalagi sekolah masih daring dan kerja pun terkadang WFH alhasil makin terasa lama sekali waktu berpuasa. 

Daripada bingung, kenapa tidak mencoba kegiatan sederhana yang tidak hanya bisa menghabiskan waktu tapi bermanfaat untuk kecantikan. Ada berbagai kegiatan kecantikan simpel yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulai dari masker wajah hingga waxing merupakan hal yang bisa membuat kamu melupakan waktu berpuasa dan sambil merawat diri.

Selain dua kegiatan di atas, kira-kira kegiatan apalagi sih yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka. Jawabannya ada di bawah ini.

1. Pijat Relaksasi

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 1Sumber: my.asiatatler.com

Berpuasa seharian di tambah beban pekerjaan atau tugas sekolah pasti membuat stres, maka dari itu kamu pasti membutuhkan pijatan untuk menghilangkannya. Kegiatan satu ini bisa kamu lakukan bersama teman atau adik dirumah atau datang ke spa. Jika dilakukan di rumah,  kamu hanya perlu menyiapkan aromaterapi, minyak pijat dan handuk hangat.

Kamu bisa melakukan memijat badan sambil mengikuti video tutorialnya yang banyak tersedia di YouTube. Mulai dari memijat tangan, kaki, leher hingga punggung agar tubuh yang awalnya terasa tegang bisa kembali rileks dan segar. Kamu bisa melakukan pijatan bergantian selama 10-20 menit dan memijat di area yang terasa pegal.

2. Scrubbing Wajah

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 3Sumber: productnation.co

Bagi para wanita melihat kulit yang kusam, kering atau berkomedo pasti membuat perasaan langsung jadi unmood. Daripada terus-terusan unmood lebih baik melakukan perawatan agar kulit bisa kembali cerah, lembut dan bebas dari sel kulit mati. Apalagi selama berpuasa tubuh kita akan mudah terkena dehidrasi yang membuat kulit makin mudah rusak.

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan eksfoliasi kulit atau scrubbing. Manfaat scrub tidak hanya itu lho, pasalnya dengan melakukan scrubbing peredaran darah mu juga akan tetap terjaga. Hasilnya kulit yang awal stres karena dehidrasi dan terpapar sinar matahari akan jadi lebih segar, lembut dan kulit kembali rileks.

3. Masker Wajah

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 5Sumber: mowanaspa.co.za

Selain scrubbing, kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap cantik selama berpuasa adalah masker wajah. memakai masker wajah akan membantu untuk membersihkan kotoran yang menempel hingga ke dalam pori-pori. Seperti yang kita tahu, pori-pori tersumbat dan penumpukan kotoran akan sangat mudah terjadi pada kulit kering dan dehidrasi.

Ada banyak jenis masker wajah yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajah. Mulai dari wash off mask, peel off mask, mud mask, clay mask, sheet mask dan lainnya sesuai kebutuhan. Kamu bisa memakai masker wajah secara rutin setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Hasilnya wajah kamu akan tetap segar, cerah dan bercahaya dan bebas dehidrasi meski sedang berpuasa sekalipun.

4. Eksfoliasi Bibir

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 7Sumber: scmedia.id

Sedang sibuk beraktivitas di luar tapi terganggu dengan keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah pasti mengesalkan. Apalagi kamu mengalami hal ini saat berpuasa, kebayang sudah dehidrasi ditambah paparan sinar UV makin bikin bibir kering dan pecah-pecah. Dari pada kesal terus mending kamu melakukan eksfoliasi sel kulit mati yang ada di bibir dengan scrub.

Kamu bisa membeli produk scrub bibir yang sudah tersedia atau meracik scrub bibir sendiri. Kamu bisa memakai madu, aloe vera dan gula ke bibir dengan gerakan melingkar perlahana. Hasilnya bibir akan terasa lebih lembut dan sel kulit mati berhasil terangkat dengan sempurna. Gunakan scrub bibir ini setidaknya satu kali seminggu secara teratur agar bibir tampak lebih cerah dan lembut. Tapi ingat jangan sampai scrub hingga masuk mulut apa lagi tertelan, bisa-bisa puasa kamu jadi batal.

5. Masker Rambut

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 9Sumber: medicalnewstoday.com

Sebagai mahkota, rambut juga salah satu penunjang penampilan baik bagi wanita maupun wanita. Bahkan meski kamu berhijab sekalipun, rambut yang bersih akan membuatmu lebih nyaman berhijab tanpa khawatir rambut rontok, berketombe dan gatal karena panas. Maka dari itu kamu bisa juga membersihkan rambut secara intensif dengan melakukan masker rambut.

Dengan memakai masker, rambut kamu akan terasa lebih lembab dan mengurangi resiko rambut rusak seperti bercabang dan rontok. Kamu bisa menghabiskan waktu menunggu buka puasa sambil merawat rambut agar tetap sehat. Hal terpenting kamu cukup melakukan masker rambut ini satu kali dalam seminggu, tapi jika rambut sudah rusak sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Tips Agar Wajah Tidak Mudah Berjerawat Selama Berpuasa

6. Waxing

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 11Sumber: me.popsugar.com

Memiliki bulu kaki, tangan dan ketiak terkadang membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri. Maka dari itu kamu bisa melakukan waxing di rumah sambil menghabiskan waktu berpuasa. Pasalnya ternyata dengan melakukan waxing secara teratur dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Alasannya karena selama melakukan waxing, sel kulit mati di kulit juga akan ikut terangkat.

Tak hanya itu, dengan melakukan waxing maka bulu yang akan tumbuh selanjutnya akan lebih halus. Waktu tumbuhnya bulu baru pun lebih lama dibanding dengan melakukan cukur bulu biasa. Kini sudah banyak toko kecantikan yang menjual produk waxing madu yang mudah untuk digunakan. Dijamin ketika sedang asik waxing, kamu akan melupakan mengenai berapa lama lagi waktu menuju berbuka.

7. Manikur dan Pedikur

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 13Sumber: twincitieskidsclub.com

Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan saat puasa yang bikin jam berpuasa terasa lebih cepat adalah manikur dan pedikur. Perawatan tangan dan kaki ini memang menjadi salah satu kegiatan favorit yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu. Kini sudah banyak cara melakukan meni-pedi di YouTube yang bisa kalian ikuti.

Kedua perawatan ini akan membuat tangan dan kaki menjadi lebih halus, bersih dan bebas dari penyakit. Kulit mati yang biasanya ada di bawah telapak kaki bisa hilang dengan menggosoknya memakai batu apung dan lotion. Kuku pun akan tampak lebih cantik, rapi dan tidak mudah rapuh karena bahan kimia.

8. Mewarnai Rambut

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 15Sumber: seventeen.com

Ingin tampil berbeda saat berlebaran nanti, mungkin kamu butuh mengubah warna rambutmu. Pasalnya dengan mengubah warna rambut, akan mempengaruhi pada tampilan terutama wajah. mewarnai rambut juga salah satu hal yang menyenangkan karena bisa bereksperimen untuk memilih warna dan gaya rambut yang berbeda.

Karena proses mewarnai rambut ini bisanya menghabiskan waktu 2-4 jam, tentu saja kegiatan ini cocok untuk menghabiskan waktu berpuasa mu. Pasalnya semakin rumit atau terang warna rambut yang kamu inginkan maka prosesnya semakin lama. Kamu bisa melakukan cat rambut dirumah atau di salon sesuai kebutuhan, yang penting jangan sampai fail.

9. Belajar Tutorial Makeup

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 17

Menjelang lebaran pasti banyak dari para wanita yang ingin tampil berbeda dengan bantuan makeup. Maka dari itu kamu bisa menghabiskan waktumu sambil belajar tutorial makeup dari banyak beauty YouTuber. Daripada kamu bengong sambil nunggu adzan maghrib, lebih baik kamu nonton tutorial makeup sederhana.

Biasanya nih banyak para remaja yang ingin tampil lebih fresh tapi tidak bisa memakai makeup. Dengan belajar tutorial, secara perlahan kemampuan makeup mu akan semakin baik. Kamu bisa mulai dengan makeup natural, cara memakai maskara, cara memakai eyeliner hingga makeup ala seleb. Selain itu menonton makeup tutorial membuat kamu mengetahui kekurangan di wajah dan cara mengatasinya.

10. Membersihkan Alat Makeup

10 Perawatan Kecantikan Sambil Menunggu Berbuka Puasa 19Sumber: allure.com

Setelah mencoba berbagai tutorial makeup, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan alat makeup. Pasalnya kebersihan alat makeup yang kamu pakai juga berpengaruh pada hasil dan kesehatan kulit. Jika kamu jarang membersihkan peralatan makeup, bisa-bisa alat makeup mu akan menempelkan bakteri dan iritasi di wajah.

Cara membersihkan alat makeup juga sangat mudah, cukup cuci di air hangat memakai sabun, shampoo atau olive oil. Kamu bisa menggosokkan brush ke sabun batang hingga brush bersih dari sisa makeup yang menempel. Untuk puff, kamu bisa menggosokkan sabun ke puff dalam air mengalir hingga bersih. Saat kamu sedang asik membersihkan alat makeup, waktu berpuasa mu pasti akan terasa lebih cepat.

Saat berpuasa memang hal yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang adalah letih dan lesu. Dibanding bermalas-malasan, kamu bisa menghabiskan waktu sambil melakukan perawatan. Hasilnya tidak hanya membuat makain cantik, tapi waktu berpuasa pun jadi tidak terasa.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram