Kamini.id / Romansa / 10 Ide Kejutan Ulang Tahun yang Berkesan untuk Pria  

10 Ide Kejutan Ulang Tahun yang Berkesan untuk Pria  

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Bingung nggak sih kalau mau kasih kejutan ulang tahun yang berkesan untuk pria? Kalau lihat di media, lebih banyak video kejutan ulang tahun untuk wanita, entah itu istri, pacar, atau sahabat. Sementara itu, kejutan ulang tahun untuk pria nggak sebanyak itu.

Kalau kamu tanya langsung sama kenalan pria tentang kejutan yang berkesan, kemungkinan besar dia nggak akan bisa jawab. Berbeda dengan wanita, kebanyakan pria nggak pernah memikirkan soal kejutan yang akan dia terima. Maka dari itu, di sini kami mau merekomendasikan beberapa kejutan yang berkesan untuk ulang tahun pria.

1. Makan Malam Spesial

Makan Malam Romantis

Kamu nggak perlu menyewa satu restoran buat bikin kejutan ulang tahun yang berkesan untuk pria. Kalau dia adalah pacar kamu, makan malam berdua di tempat yang belum pernah kalian datangi sebelumnya akan cukup berkesan.

Kalau dia bukan pacar, misalnya teman dekat, berikan kejutan dengan mengumpulkan orang-orang terdekatnya. Lalu, makan malam bersama. Nggak perlu menu yang mewah, masak sendiri dan seadanya pun nggak akan jadi masalah. Karena yang akan meninggalkan kesan bukan soal makanan tapi soal kebersamaan.

2. Tamasya

Paket Liburan

* sumber: utter.bewakoof.com

Buat seorang pria, sesuatu jadi berkesan karena rasanya nggak biasa. Ada perasaan nggak biasa yang menyenangkan waktu mengalaminya. Salah satu hal yang memancing perasaan itu adalah dengan mengajak dia ke tempat yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya.

Kalau kamu mau kasih dia kejutan, kamu pasti kenal dia cukup baik. Jadi, kamu cukup tahu tempat apa yang belum pernah dia datangi. Nggak perlu yang jauh, arena rekreasi yang ada di kota tempat tinggalmu juga nggak apa-apa. Mungkin di sana ada kebun binatang, taman wisata, atau tempat lain yang bisa dijadikan tempat bermain.

3. Mengumpulkan Teman Lama

Biarkan Dia Berkumpul Bersama Teman-temannya

* sumber: www.elitedaily.com

Kamu tahu kan kalau di kalangan pria itu ada yang disebut bromance? Biasanya hubungan itu terjalin cukup dalam karena waktu. Kebanyakan pria memang nggak berkomunikasi secara intens dengan sahabat mereka, tetapi hubungan mereka tetap terjalin dengan baik.

Kalau memungkinkan, mengumpulkan teman-teman lama dia untuk sama-sama merayakan ulang tahunnya pasti akan berkesan. Kamu nggak perlu menggelar pesta yang meriah, ngopi-ngopi lucu di halaman belakang rumah juga nggak masalah. Ini akan jadi hari yang menyenangkan buat dia dan tentu saja jadi kejutan ulang tahun yang berkesan.

4. Nostalgia

Beri Kejutan Kecil

Barangkali pria dikenal sebagai makhluk yang kurang peka. Namun percayalah, pria juga punya hati yang bisa disentuh. Salah satu cara paling ampuh untuk menyentuhnya adalah dengan bernostalgia. Selalu ada perasaan nyaman waktu bernostalgia, kayak kerinduan yang terbalaskan.

Kamu bisa mengajak dia ke tempat yang berkesan seperti tempat pertama kalian bertemu. Mungkin kantin sekolah? Atau warteg belakang kampus? Kalau memungkinkan, kamu juga bisa mencari tahu jajanan kesukaan dia waktu kecil. Kebanyakan pria akan lemah untuk hal-hal seperti ini.

5. Mewujudkan Keinginan Masa Kecil

Main Game

Seorang teman kuliah pernah bercerita kalau dia nggak pernah bermain di arena bermain yang biasanya ada di dalam mal. Itu loh, arena bermain yang pakai koin. Dia pernah ke sana, tapi cuma melihat tanpa pernah bermain karena faktor ekonomi. Waktu keadaan ekonominya membaik, dia keburu beranjak dewasa.

Pada hari ulang tahunnya teman-teman kampus sepakat kalau hari itu kami akan bermain sepuasnya di sana. Kami ajak dia bermain, mewujudkan keinginan masa kecilnya. Dia tampak bahagia waktu kami main bersama. Sepulang dari sana, kami makan bersama. Di sanalah air mata bahagianya tumpah.

Kebanyakan pria akan membawa keinginan yang nggak sempat dia wujudkan dari masa kecilnya. Makanya kamu sering lihat pria dewasa yang masih suka beli mobil-mobilan atau mainan lain. Kamu harus cukup dekat untuk tahu keinginan masa kecil apa yang belum sempat dia wujudkan. Mungkin mobil-mobilan? Atau berenang di waterboom? Coba cari tahu dulu, karena kalau kamu berhasil itu akan jadi kejutan ulang tahun yang berkesan buat dia.

6. Video Kompilasi

Video Kompilasi

*Sumber: https://unsplash.com/@kalvisuals

Kebanyakan pria nggak pernah berharap dapat hadiah yang bersifat materil. Bahkan mungkin dapat kado ulang tahun atau nggak pun dia nggak terlalu peduli. Agak jarang ada pria yang berharap dikasih kado. Karena itu, kalau kamu mau kasih kejutan ulang tahun yang berkesan jangan berpikiran sesuatu yang sifatnya materil.

Membuat video kompilasi akan lebih berkesan dibanding membeli sesuatu yang mahal. Kalau yang bersifat materil, kebanyakan pria lebih suka beli sendiri. Jadi, berilah yang sifatnya sentimentil seperti video kompilasi.

Kumpulkan video ucapan dan doa dari teman-teman dekatnya buat dia. Lalu, “jahit” semuanya menjadi sebuah video kompilasi yang dibuat khusus untuk dia. Kenapa berkesan? Karena yang akan dia bayangkan adalah betapa usahanya kamu menghubungi orang-orang di video itu satu demi satu dan membuat video itu untuk jadi kejutan ulang tahunnya.

7. Menyanyikan Sebuah Lagu Buat Dia

Bernyanyi

Ide ini butuh keberanian lebih karena yang akan menjadi kejutan adalah dirimu sendiri. Menyanyikan sebuah lagu buat dia lebih dari cukup untuk jadi kejutan ulang tahun yang berkesan. Ada berapa orang yang mau nyanyi buat dia? Suara kamu nggak merdu? Itu lebih baik, di situlah letak kejutannya.

Sebelumnya kamu belum pernah menyanyikan lagu buat dia, jadi bernyanyilah buat dia di hari ulang tahunnya. Ingat, kamu mau memberi kejutan bukan ikut lomba nyanyi. Nggak perlu berpikir suara kamu merdu atau nggak. Melihat kamu nyanyi buat dia pasti akan sangat berkesan, apalagi kalau suara kamu nggak ada merdu-merdunya.

8. Membuat Kumpulan Tulisan

Buat Tulisan Menarik

* sumber: www.boredart.com

Ide ini cuma butuh kesungguhan. Nggak akan menguras kantong kamu. Kamu cuma perlu kertas dan pena. Dimulai dari kamu sendiri yang menuliskan sesuatu buat dia. Entah itu ucapan selamat, pengakuan dosa, atau ungkapan kasih sayang.

Kalau memungkinkan, mintai orang-orang terdekatnya untuk ikut menulis. Kumpulan tulisan itu nggak perlu dibungkus kertas kado tapi langsung saja dibacakan di depan dia. Bagian itu yang akan jadi kejutan yang berkesan. Setelah makan malam bersama sepertinya waktu yang tepat untuk membacakan kumpulan tulisan itu.

9. Membuat Lukisan

lukisan

* sumber: pixabay.com

Untuk mewujudkan ini, kamu butuh waktu. Jadi usahakan jangan mendadak. Pakai alat-alat yang sekiranya bisa terjangkau. Mau itu cat air, cat akrilik, atau cat semprot. Buat sesuatu untuk dia, potret wajahnya, atau ilustrasi yang bercerita tentang dia.

Kejutan ulang tahun seperti ini akan meninggalkan kesan untuk waktu yang lama. Kamu nggak bisa menggambar atau melukis? Bagus, di situlah letak kejutannya. Kamu yang nggak bisa menggambar atau melukis, mencoba membuat sebuah lukisan khusus untuk dia.

10. Musikalisasi Puisi

* sumber: www.videoblocks.com

Kalau kamu nggak berani bernyanyi, mungkin berpuisi bisa jadi solusi. Kamu bisa menulis puisimu sendiri atau puisi orang lain yang sekiranya pas untuk dia. Lalu, kamu rekam dan tambahkan musik pengiring. Cara membuatnya nggak susah, kamu cuma perlu ponsel untuk merekam suaramu. Musiknya? Di internet banyak kok yang gratis.

Berikan ini di waktu yang tepat. Waktu ngopi sore-sore misalnya. Minta dia untuk mendengarkan itu di depan kamu. Hal-hal sesederhana ini sudah cukup meninggalkan kesan untuk pria. Jangan salah, kadang voicenote nggak penting pun disimpan dan didengarkan berkali-kali. Kalau yang mengirim adalah orang penting.

Demikian beberapa ide kejutan ulang tahun yang berkesan untuk pria. Kamu suka yang mana? Atau masih ragu buat memilih? Kamu boleh bercerita di kolom komentar. Kami akan senang mendengar ceritamu.

Kamu nggak perlu memilih satu, kalau memang memungkinkan kamu bisa memilih lebih dari satu loh. Jadi, dalam satu hari itu kamu memberi dia kejutan berkali-kali. Misalnya, pagi-pagi kamu kasih dia musikalisasi puisi, siangnya kamu ajak dia tamasya, sorenya ngopi bareng teman lama. Itu pasti akan jadi hari paling berkesan buat dia.

Punya ide lain untuk kejutan pria? Jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya. Tapi, kalau kamu butuh ide kado untuk istri, coba cari rekomendasinya di artikel 10 Kado Berkesan untuk Istri ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar