Kamini.id / Setrika / Inilah Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Inilah Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Setuju gak sih kalau pekerjaan rumahan yang paling banyak menyita waktu itu adalah menyetrika pakaian? Terlebih lagi pakaian yang harus disetrika itu menggunung. Haduh, melihatnya saja sudah terasa lelah tapi pada akhirnya tetap harus dikerjakan juga. Kira-kira apa solusi terbaik yang bisa membantu, ya?

Ternyata solusinya ada pada setrika uap lho. Memang tidak setiap pakaian wajib disetrika, namun seperti yang diketahui bahwa kegiatan menyetrika pakaian bertujuan untuk merapikan pakaian agar kembali ke bentuk semula dan tentu saja menjaga keindahan pakaian. Lalu, mengapa setrika uap?

Setrika uap adalah setrika yang menggunakan air sebagai medium untuk mengeringkan dan melicinkan pakaian. Ada dua jenis setrika uap yang umum digunakan nih, yakni setrika uap tenaga listrik dan gas (boiler). Supaya lebih jelas, yuk, simak bersama kelebihan dan kekurangan apa saja sih yang dimiliki setrika uap ini.

Kelebihan Setrika Uap

Nah, pertama kami akan membahas soal kelebihannya. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan setrika uap. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hemat waktu pekerjaan

Hemat waktu pekerjaan

Setrika uap bisa membantu menghemat waktu dalam menyetrika pakaian dibandingkan dengan setrika listrik. Ini karena uap air yang dihasilkan lebih menyebar secara cepat dan menjadikan kerutan di pakaian cepat hilang.

Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika pakaian relatif singkat. Selain itu, setrika uap juga dapat membantu mengeringkan pakaian. Kamu tidak perlu lagi berulang kali membolak-balik pakaian untuk digosok sampai licin.

2. Hemat penggunaan listrik

Hemat penggunaan listrik

Setrika uap memanfaatkan gas sebagai sumber energi panasnya, karena itulah setrika uap bisa terbilang hemat dalam penggunaan listrik. Ini merupakan poin utama ya, karena bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi penggunaan daya listrik setiap bulannya.

Apalagi jika digunakan untuk menyetrika pakaian dalam jumlah yang banyak (skala besar) seperti pada usaha laundry, tentu saja setrika uap ini akan sangat membantu.

3. Pakaian lebih rapi

Pakaian lebih rapi

Tetapi jangan salah lho, walaupun waktu yang dibutuhkan relatif singkat, hasil setrika tetap rapi kok. Bahkan, setrika uap bisa menjangkau bagian yang sulit disetrika dengan setrika listrik, seperti dibagian ketiak dan leher, serta bagian kerutan yang sulit dirapikan dengan setrika listrik.

4. Memudahkan menyetrika pakaian

Memudahkan menyetrika pakaian

Merasa kesulitan saat menyetrika dress, jas, baju berlengan panjang, celana panjang, hingga gorden? Setrika uap ini adalah solusi terbaik lho. Kamu hanya perlu menggantungkan pakaian atau bahan kain yang ingin rapikan lalu mulailah menyetrikanya.

Kamu juga bisa kok mulai menyetrikanya sesuai keinginan. Setrika jenis ini juga bisa membantu menghaluskan kaos sablon juga pakaian bermanik-manik milikmu.

5. Dapat digunakan di semua jenis pakaian

Dapat digunakan di semua jenis pakaian

Dari mulai bahan-bahan tipis, seperti pakaian sehari-hari ataupun seprai hingga bahan tebal seperti jaket dan berbagai gorden tebal, semua dapat dirapikan dengan mudah menggunakan setrika uap. Hal ini tentunya menjadi keunggulan lain yang dimiliki setrika uap, ya.

Jika menggunakan setrika biasa, kamu harus menunggu setrika lebih dingin atau panas saat menyetrika bahan dengan jenis kain berbeda. Tidak dengan setrika uap, kamu bisa langsung berpindah pada jenis kain manapun.

6. Bahan pakaian tidak mudah rusak

Bahan pakaian tidak mudah rusak

Setrika juga bisa berpengaruh pada kerusakan pakaian lho. Setrika memang berguna untuk melicinkan pakaian yang kusut, namun plat besi yang terdapat di setrika listrik bisa merusak elemen bahan kain pakaian. Karena itulah penggunaan setrika uap lebih disarankan.

Pasalnya, setrika uap itu dapat membuat elemen bahan pakaian menjadi lebih rileks, lembut, dan licin karena menggunakan uap air. Dijamin deh pakaian kesayangan kamu bakal awet dipakai bertahun-tahun.

7. Penggunaanya lebih aman

Penggunaanya lebih aman

Tenaga utama dari setrika uap adalah uap air itu sendiri, karenanya kecil kemungkinan terjadi kerusakan arus pendek seperti pada setrika listrik. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir pakaianmu akan gosong dan hitam sebagian jika ditinggalkan.

Seperti yang dikatakan, menggunakan setrika listrik berpotensi menimbulkan arus pendek ketika terlalu lama digunakan. Arus pendek dapat berakibat konslet listrik yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Namun, walaupun potensinya kecil pada setrika uap, kamu tetap perlu hati-hati menggunakannya agar tidak terjadi kebocoran gas ya.

Kekurangan Setrika Uap

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki setrika uap. Namun, tidak terlepas dari kelebihan tetap saja ada sisi kekurangan yang dimiliki setrika uap lho. Beberapa kekurangan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kebutuhan setrika mana yang lebih cocok kamu gunakan.

1. Harga terbilang mahal

Harga terbilang mahal

Ternyata harga dari setrika uap ini terbilang mahal lho. Untuk memperoleh satu setrika uap dibutuhkan uang yang cukup besar. Karena hal itulah setrika ini sering dijumpai di tempat-tempat laundry yang cukup besar, namun jika untuk modal awal membuat laundry sepertinya modal awal cukup besar, ya.

2. Tabung boiler terbilang besar

Tabung boiler terbilang besar

Bisa dibilang jika ukuran tabung boiler bisa terlampau besar. Untuk kenyamanan menyetrika sebaiknya kamu menyiapkan ruangan khusus untuk menyetrika pakaian. Karena tabung boiler yang terlampau besar ini kurang praktis untuk dipindah-pindahkan.

3. Butuh ruangan lebih

Butuh ruangan lebih

Tabung boiler merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan setrika uap. Ini wajib ada ketika setrika hendak digunakan. Setrika uap boiler pada umumnya memiliki perangkat tabung yang cukup besar dan tidak portable.

Itulah mengapa jenis setrika ini lebih sering digunakan di laundry yang memiliki satu ruang khusus untuk menyetrika. Istilah mudahnya adalah boros tempat.

4. Harus paham penggunaannya

Harus paham penggunaannya

Sebelum menggunakan setrika uap, ada baiknya memahami bagaimana cara penggunaan dan penyimpanan yang benar. Tidak seperti setrika pada umumnya, setrika uap ini memerlukan pemahaman lebih.

Mengapa demikian? Tentu untuk menghindari kesalahan penggunaan yang bisa berakibat kerusakan setrika. Gak mau kan setrikanya cepat rusak mengingat harga belinya yang terbilang mahal, ya.

5. Butuh perlakuan khusus

Butuh perlakuan khusus

Setelah pemakaian, setrika harus benar-benar dingin dengan sendirinya. Air yang tersisa dalam tangki juga harus dibuang, dan setrika baru bisa disimpan jika tangki sudah benar-benar kosong. Tangki juga perlu dibersihkan secara berkala agar kualitas hasil setrikaan tetap terjaga.

Beberapa kelebihan dan kekurangan setrika di atas mungkin bisa jadi pertimbangan kamu untuk lebih pintar memilih setrika yang ingin kamu gunakan. Sekarang ini sudah tersedia banyak sekali setrika uap dengan berbagai spesifikasi bentuk, harga termasuk watt yang dibutuhkan.

Mau pakai setrika listrik atau setrika uap yang penting jangan menunggu sampai pakaian yang perlu disetrika menggunung ya, itu sih sama saja boros listrik dan waktu pengerjaannya.

Kamu punya pengalaman yang ingin dibagikan mengenai setrika uap ini? Silakan tulis di kolom komentar ya, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari Kamini, ya. Tapi, kalau masih bingung milih setrika uap yang bagus, coba cari rekomendasinya di 9 Merk Setrika Uap Terbaik ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar