Para Pria Wajib tahu Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua Ini

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 November 2021

Jika sudah saling jatuh cinta, perbedaan usia bukan satu alasan yang memberatkan kaki sepasang kekasih melangkah ke jenjang yang lebih lanjut, termasuk jika calon istri punya umur yang lebih tua. Sayangnya budaya patriarki yang masih mengakar kuat di masyarakat Indonesia membuat keputusan tersebut terasa asing. Banyak anggapan bernada miring terlontar begitu saja, bahkan dari pihak keluarga.

Umumnya bagi budaya patriarki calon istri ideal adalah wanita yang berusia lebih muda, sementara pihak suami harus lebih tua agar dapat menjadi pemimpin untuk keluarga.

Kenyataannya kita tidak bisa mendikte kebutuhan orang lain terhadap kriteria pasangan idealnya. Tanpa disadari pula anggapan bahwa pemimpin keluarga harusnya lelaki yang lebih tua justru terasa meremehkan kemampuan lelaki yang lebih muda. 

Di luar itu semua, stigma buruk tentang wanita yang lebih tua dari pasangannya terus saja bergulir. Salah satu yang cukup dominan adalah pandangan bahwa wanita lebih tua akan mendominasi hubungan dan cenderung tak menghargai suaminya karena merasa lebih banyak pengalaman. Wanita yang lebih tua tak jarang dinilai lebih banyak memegang kendali pernikahan.

Selain itu kualitas kesehatan wanita yang lebih tua dalam satu pernikahan juga jadi pertimbangan. Belum lagi masalah kehamilan yang banyak dikhawatirkan, terlebih oleh pihak keluarga calon suami. Adanya hasil penelitian yang mengatakan bahwa wanita berusia 35 tahun ke atas rentan mengalami berbagai masalah pada kehamilan, memperparah ketakutan.

Pada akhirnya tak jarang rencana pernikahan pun tersandung restu ketika si anak bujang memilih wanita yang lebih dewasa darinya sebagai pendamping hidup. Padahal seperti hal lain di dunia ini, segala sesuatu pasti ada juga keuntungan atau keutamaannya. Lalu, apa saja sebenarnya kelebihan menikahi wanita lebih tua?

1. Lebih Dewasa

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_Lebih Dewasa_

Walau kedewasaan tak bisa diukur dengan usia, tetap saja wanita yang lebih tua cenderung punya pemikiran yang dewasa melebihi wanita di bawah usianya. Dengan kedewasaannya, dia tidak tertarik memperpanjang masalah kecil dan sepele. Dia akan memilih untuk mengerti, mencoba memahami lalu menerima.

Jika masalah yang kalian hadapi cukup besar, sebisa mungkin dia akan berusaha membuatnya jadi kecil dengan melihat hal-hal baik atau solusi terdekat dan paling realistis. Daripada sibuk berdrama, wanita yang lebih tua akan segera membenahi masalah tersebut.

Sebagai orang dewasa, dia juga tidak keras kepala atau kekanakan sehingga mau menerima nasihat dan masukan dari pasangannya. Dia cenderung paham kapan harus serius dan kapan bisa bermanja pada suaminya. Hubungan yang seperti ini relatif minim pertengkaran atau kesalahpahaman karena masalah dapat diatasi dengan cara yang dewasa.

2. Sudah Mandiri Secara Finansial

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_Sudah Mandiri Secara Finansial_

Salah satu kewajiban suami adalah menafkahi atau mencukupi kebutuhan istrinya. Bekerja juga bentuk tanggung jawab sekaligus harga diri lelaki sebagai suami. Hanya, tak bisa dipungkiri bahwa keadaan bisa saja berubah, yang semula lancar jadi tersendat. Sulit diprediksi kapan roda bisa tiba-tiba memosisikan dirimu berada di bawah.

Ketika calon istrimu adalah wanita yang lebih tua, dia punya kecenderungan sudah mandiri secara finansial. Umumnya mereka sudah mapan dari segi keuangan dan tak banyak mengandalkan uang dari orang tua.

Dengan hal ini, kamu bisa sedikit tenang. Bukan berarti mengandalkannya untuk jadi tulang punggung keluarga ya, hanya setidaknya kamu punya partner hidup yang bisa dimintai pertolongan sampai keadaan kembali membaik.

Baca juga: Keuntungan Pacaran dengan Wanita Mandiri yang Bikin Terkesan

3. Pribadi Penuh Kasih Sayang

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_Pribadi Penuh Kasih Sayang_

Sejalan dengan kedewasaan yang dimiliki, wanita lebih tua akan menghindari drama-drama tidak penting apalagi sampai harus bertengkar di depan umum. Mereka cenderung memilih bersabar serta penuh kasih sayang terhadap pasangannya. Saat berselisih paham, yang dia kedepankan bukan prasangka melainkan mendengarkan. 

Sifat sabar dan kasih sayang ini berlaku saat dia harus mengurus buah hatinya kelak. Mengasuh anak punya kesulitan yang sulit dibayangkan.

Ia justru kerap dianggap sebagai pekerjaan sepele karena seharian hanya main-main dengan anak, sehingga stres akibat hal tersebut tidak tampak. Padahal untuk membesarkan buah hati perlu kedewasaan, perlu sabar yang seolah tak boleh berbatas dan batin yang tenang serta seimbang.

Wanita yang sudah lebih dewasa relatif memiliki itu semua. Dia punya emosi tapi juga memiliki kesabaran serta kasih sayang, apalagi untuk buah hatinya. Dia mampu menyampaikan peraturan pada anak-anak secara tegas tapi tetap dengan kelembutan dan sikap kooperatifnya. 

4. Teman Tukar Pikiran yang Ideal

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_Teman Tukar Pikiran yang Ideal_

Pernikahan adalah perjalanan panjang yang menyenangkan tapi ada kalanya bisa membosankan dan melelahkan. Untuk melalui perjalanan itu kita membutuhkan teman terbaik yang dapat menemani dalam berbagai kondisi, teman terbaik yang juga bisa dimintai pendapat atau pertolongan. Jika kamu mencari teman hidup seperti itu, wanita yang lebih dewasa adalah pilihan tepat.

Memiliki pengalaman hidup yang relatif lebih banyak membuat wanita dewasa dapat menjadi teman tukar pikiran yang ideal dan bisa diandalkan.

Pendapat-pendapatnya relatif valid karena berdasarkan pengalaman hidup yang dilalui. Menikahi wanita yang lebih tua, kamu tak perlu takut kehilangan support system berkualitas. Dia bersedia menjadi teman diskusi yang memahami kondisimu tanpa menghakimi.

5. Realistis

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_Realistis_

Terbiasa menghadapi banyak hal di hidupnya, entah kabar baik atau buruk, membuat wanita dewasa atau yang usianya lebih tua relatif bisa menerima berbagai kemungkinan dan kenyataan. Dia akan cenderung realistis dan tidak ngawang-ngawang dalam menjalani kehidupan. Bagi mereka hidup bukan soal hal-hal manis saja, tapi juga kepahitan.

Sikap realistisnya ini bukan berarti pula dia condong pada sikap pesimis. Jika satu keadaan menurutnya tak bisa lagi dipertahankan atau berjalan dengan baik, segera cari alternatif. Mereka tak suka bergantung pada “seandainya” dan akan memilih untuk menyiapkan diri guna menghadapi berbagai realita. Sikapnya yang demikian membuat wanita yang lebih tua terlihat tegas sekaligus bijaksana.

6. Tidak Sulit Dipahami

Kelebihan Menikahi Wanita Lebih Tua_ Tidak Sulit Dipahami_

Wanita identik sebagai makhluk yang sulit dimengerti. Wanita kerap bermain kode atau merengek tanpa mengatakan dengan jelas keinginannya sampai-sampai membuat kaum lelaki kesulitan menebak dan serba salah. Pada wanita yang lebih tua, kejadian seperti bermain kuis ini cenderung lebih jarang terjadi.

Mereka akan senantiasa terbuka mengenai apa pun. Tidak pula gengsi menyampaikan keinginannya atau hal yang dirasa mengganggunya. Walau lebih suka terbuka, wanita yang lebih tua kadang juga punya rahasia.

Namun, jika hal tersebut membuat pasangannya mulai bingung, tanpa sungkan dia akan membicarakannya. Ini merupakan kelebihan menikahi wanita lebih tua yang akan membuat rumah tangga tidak sulit dijalani.

7. Pandai Menempatkan Diri

Kelebihan-Menikahi-Wanita-Lebih-Tua_Pandai-Menempatkan-Diri-dan-Antidrama_

Kelebihan menikahi wanita lebih tua selanjutnya yaitu dia pandai menempatkan diri dan tak suka berdrama. Dia tahu bagaimana bersikap di depan keluarga, di depan teman-temanmu, sampai di depan atasanmu di tempat kerja. Dia tidak akan merepotkan atau mempermalukanmu dengan sikapnya yang kikuk atau kurang luwes.

Menempatkan diri di sini juga berarti dia tahu kapan saatnya bermanja-manja, kapan me time, kapan pasangannya butuh waktu untuk sendiri dan yang pasti dia juga tahu kapan kamu membutuhkannya. Selain itu dengan sifat antidrama yang dimiliki, wanita yang lebih tua juga cenderung tidak akan mempermasalahkan hal kecil dalam rumah tangga kalian.

Beberapa point di atas merupakan hal-hal relatif atau kecenderungan yang bersifat baik saat kamu memutuskan untuk menikahi wanita berusia lebih dewasa. Hal yang perlu diingat adalah setiap pribadi pasti punya sisi baik dan buruk. Tidak berpatokan pada usia, kesalahan adalah milik siapa saja. Bagaimana? Apakah sudah tambah yakin menikahi kekasihmu yang berusia lebih matang?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram