Buttonscarves x RiaMiranda, Kolaborasi Epik Lewat The Xanadu Series

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 30 Juni 2021

Dua brand modest fashion lokal ternama, Buttonscarves dan RiaMiranda akhirnya berkolaborasi di musim panas tahun 2021 ini. Buttonscarves yang kental dengan nuansa earth tone dan bold vibes akhirnya bekerjasama dengan RiaMiranda yang kuat dengan pastel tone dan shabby chic style-nya dalam meluncurkan koleksi scarf yang dinamakan The Xanadu Series.

Penasaran bagaimana dua brand dengan DNA yang berbeda ini bisa menyatukan pandangan sehingga menghasilkan koleksi hijab scarf yang cantik? Jangan khawatir! Kamini berhasil merangkum informasi dibalik peluncuran koleksi kolaborasi antara Buttonscarves dan RiaMiranda yang dilaksanakan melalui virtual media gathering pada Selasa, 29 Juni.

The Xanadu Series: Keindahan yang Membuat Bahagia

kolaborasi ButterscarvesxRiaMiranda_launching the xanadu series

Istilah ‘Xanadu’ dalam bahasa inggris memiliki arti “tempat ideal penuh dengan kemegahan serta keindahan yang agung”. Istilah tersebut menginspirasi dua brand top modest fashion tanah air, RiaMiranda dan Buttonscarves untuk menciptakan koleksi scarf cantik yang terdiri dari 10 warna.

The Xanadu Series lahir dengan harapan agar siapapun pemakainya dapat merasakan kebahagiaan. Karena itulah dipilih berbagai ornamen dan warna yang bisa memancarkan kebahagiaan.

Ria Miranda yang merupakan creative director sekaligus co-founder RiaMiranda mengatakan, “The Xanadu Series memiliki makna ‘Deliver Happiness’. Kami harap siapapun yang menggunakannya akan menjadi bahagia dengan keindahan dari koleksi ini,”

Koleksi Xanadu tak hanya menggunakan 10 ragam warna, RiaMiranda dan Buttonscarve juga menambahkan desain print yang diadaptasi dari keindahan bawah laut. Menurut Ria, pemandangan bawah laut yang indah tersebut bisa membuat siapapun yang menyelam merasa bahagia.

“Desain yang kami gunakan terinspirasi dari keindahan bawah laut. Meski sebenarnya aku belum pernah menyelam langsung, namun menurut beberapa orang yang pernah melakukannya, keindahan bawah laut membuat mereka tenang dan bahagia. Itulah cerita yang kita angkat dibalik The Xanadu Series.” tambah wanita yang akrab disapa Uni ini.

Kolaborasi yang Tidak Direncanakan Sebelumnya

kolaborasi ButterscarvesxRiaMiranda_pemberdayaan wanita

Ketika ditanya mengenai siapa yang menginisiasi kolaborasi, Linda Anggrea selaku creative director Buttonscarves menjawab bahwa ide tersebut datang dari ketidaksengajaan setelah ia banyak berbincang perihal bisnis dan modest fashion di Indonesia bersama Ria. Modest fashion merupakan gaya berpakaian sederhana yang lebih mengedepankan kesopanan, sehingga pakaian dibuat menutupi sebagian besar tubuh.

Karena Ria dan Linda sama-sama menjajaki bisnis yang bergerak di industri modest fashion, tak heran keduanya pun menemukan banyak kesamaan. Perbincangan tersebut akhirnya mengantarkan mereka pada ide kolaborasi antara Buttonscarves dan RiaMiranda.

Linda bercerita, “Awalnya aku dan kak Ria cuma sharing-sharing biasa perihal bisnis dan modest fashion di Indonesia. Tapi lama-lama obrolan kami jadi semakin nyambung karena kami punya tujuan yang sama. Dari situlah akhirnya aku dan kak Ria memutuskan berkolaborasi sebagai awal dalam mencapai tujuan kami untuk memajukan industri modest fashion Indonesia.”

Kedua wanita berbakat ini juga berharap bahwa di waktu yang akan datang mereka bisa merangkul dan menyatukan lebih banyak brand serupa di Indonesia, agar industri modest fashion tanah air semakin berkembang. Hebat, ya?

Ide Kolaborasi yang Tidak Biasa

9

Kolaborasi sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia fashion. Selain untuk menarik lebih banyak peminat, kolaborasi juga ditujukan untuk menghasilkan inovasi baru tanpa menghilangkan karakteristik dari masing-masing brand.

Karena pada dasarnya memiliki DNA yang berbeda, Kolaborasi yang dilakukan Buttonscarves dan RiaMiranda sendiri terbilang mengejutkan. Tak heran kolaborasi ini sangat dinantikan baik oleh BS Lady: sebutan untuk para penggemar Buttonscarves dan RMLC (Ria Miranda Loyal Community).

Dua brand ini menuangkan ide mereka dalam beberapa signature yang bisa ditemukan dalam koleksi The Xanadu Series, salah satunya adalah desain monogram yang diadaptasi. Buttonscarves dan RiaMiranda berhasil meleburkan monogram mereka menjadi satu tanpa menghilangkan esensi dari masing-masing brand.

“Biasanya ketika dua brand berkolaborasi untuk menghasilkan scarf, brand satu akan menempelkan monogram dari brand yang lain. Untuk kolaborasi ini, kami memutuskan untuk meleburkan monogram masing-masing dan menjadikannya monogram baru yang masih punya DNA RiaMiranda maupun Buttonscarves,” ucap Linda.

Tak berhenti sampai disitu, setiap satu helai scarf dalam The Xanadu Series juga ditautkan 2 buckle logo, masing-masing RiaMiranda dan Buttonscarves. Komponen tersebut semakin menambah keunikan koleksi ini dibandingkan produk serupa yang beredar di pasaran. Pasalnya, produk hijab atau scarf biasanya hanya memiliki satu buckle logo saja.

Linda juga menambahkan,“The Xanadu Series tetap mempertahankan karakteristik kuat dari masing-masing brand, karena kita berharap agar koleksi ini bisa dikenang oleh masyarakat.”

Inspirasi Bagi Pemberdayaan Wanita

kolaborasi ButterscarvesxRiaMiranda_

Meski keduanya dikenal sebagai brand modest fashion lokal yang punya panggung besar, namun kerjasama yang dibangun antara RiaMiranda maupun Buttonscarves dalam mengerjakan The Xanadu Series terbilang sangat baik. Hanya dalam waktu 4 bulan saja dengan mayoritas pertemuan yang mereka lakukan digelar online, Buttonscarves dan RiaMiranda bisa menghasilkan koleksi inovasi scarf yang cantik.

Artinya, kedua brand tersebut bisa dengan mudah menyatukan pandangan mereka hingga menghasilkan karya hebat yang bisa dinikmati penggemar dan masyarakat. Padahal disaat yang bersamaan mereka tengah berkompetisi di bidang yang sama.

“Banyak yang kami pelajari lewat kolaborasi ini. RiaMiranda dan Buttonscarves punya karakter yang berbeda baik dari ciri khas produk, kerjasama tim dan lainnya. Tapi disinilah kami belajar untuk menurunkan ego, mengambil jalan tengah dan berbagi pandangan satu sama lain.” ungkap Ria ketika ditanya bagaimana cara kedua brand besar tersebut bisa mencapai kesepakatan.

Selain berkompetisi secara sehat lewat koleksi Xanadu, baik RiaMiranda maupun Buttonscarf berniat untuk menginspirasi wanita. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat pemberdayaan untuk bergandeng tangan dan bersama-sama memajukan industri modest fashion di tanah air.

Desain dan Warna The Xanadu Series yang Indah

8

Pada koleksi kali ini, Buttonscarves dan RiaMiranda memproduksi 10 warna scarf berbahan voal dengan desain print bertemakan keindahan laut. Pembagian tone yang dipilih sendiri terbagi ke dalam tiga kategori: bold tone, soft tone, dan in-between tone. Sementara sepuluh warna yang dimaksud adalah Jade, Cherry, Marine, Taffy, Dark Green, Honey, Midnight, Abalone, Lava, dan Marmalade.

Linda juga membocorkan bahwa dari kesepuluh warna tersebut terdapat 2 warna eksklusif Buttonscarves dan 2 warna eksklusif RiaMiranda, yang mana hanya bisa ditemukan di masing-masing store. Hal ini semakin menambah keistimewaan koleksi The Xanadu Series.

Tips Mix-and-Match The Xanadu Series

4

Sebagai seorang fashion designer, Ria Miranda membagikan tips untuk memadupadankan The Xanadu Series. Menurut Ria, tiap helai scarf dalam koleksi ini bisa dipadukan dengan 5 warna pakaian yang berbeda.

Tips ini didasarkan pada ornamen yang terdiri lebih dari 2 warna turunan pada tiap helai scarf. Namun perlu diingat, karena scarf ini penuh dengan ornamen, sebaiknya pakaian yang dipilih pun punya karakteristik cenderung polos.

Di sisi lain, Linda Anggrea yang namanya tak kalah tersohor di industri modest fashion Indonesia juga menyebutkan bahwa The Xanadu Series bisa digunakan untuk berbagai style hijab. Karakteristik ornamen yang tampak pun akan berbeda pada tiap style-nya. Menarik, bukan?

Tak hanya mengejutkan, kolaborasi dari dua brand modest fashion kebanggan tanah air ini juga penuh dengan inspirasi. Melalui The Xanadu Series, selain ingin membuat penggunanya bahagia, Ria Miranda dan Linda Anggrea juga mengajak para perempuan untuk berani berkreasi, berkolaborasi dan berkompetisi secara sehat dalam memajukan industri modest fashion di Indonesia.

Kolaborasi RiaMiranda dan Buttonscarves tidak hanya berhenti di sini. Ria dan Linda sempat menggoda bahwa akan ada kolaborasi selanjutnya lho, utamanya dalam kategori apparel. Wah, kira-kira akan seperti apa ya? Kita tunggu saja yuk kabar baik dari kedua brand kecintaan muslimah Indonesia ini!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram