Kamini.id / Foto / Inilah 10 Ide Konsep Foto Keluarga yang Keren dan Unik!

Inilah 10 Ide Konsep Foto Keluarga yang Keren dan Unik!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2019

Foto keluarga adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga. Foto keluarga yang nantinya akan dijadikan sebagai kenang-kenangan untuk generasi selanjutnya juga bisa menjadi pajangan di dalam rumah. Selain itu, foto keluarga tersebut merupakan simbol sebagai keluarga yang kompak.

Hari-hari besar seperti hari wisuda, hari raya, tahun baru juga sering kali menjadi pilihan keluarga sebagai hari yang pas untuk berfoto bersama. Namun banyak juga kok yang memilih di luar hari-hari besar, asal pastikan saja keluarga kamu sedang tidak dalam kondisi bekerja ya, hihi.

Biasanya, pemilihan tempat berfoto dilakukan di tempat foto studio. Selain tempatnya yang terjangkau, di sana juga ada pemandu untuk mengarahkan dan mengatur posisi agar terlihat bagus. Eits, tapi terkadang membentuk sebuah konsep foto keluarga memang perlu mencari referensi, lho! Penasaran konsep foto keluarga yang paling keren? Berikut konsep keren foto keluarga yang rekomendasi untuk kalian!

1. Monochrome Family Portrait

Monochrome Family Portrait

Foto keluarga ini sangat karismatik untuk dilihat. Pasalnya foto ini hanya fokus pada pengambilan area kepala saja, yang mana secara tidak sadar kita diarahkan untuk melihat ke area wajah. Mulai dari yang kecil diurutkan hingga dewasa dengan posisi badan menghadap ke kanan. Sangat pas untuk dijadikan konsep foto keluarga, kan?

Foto keluarga dengan konsep monochrome kerap kali membuat nuansa foto semakin memperkuat visualisasi. Selain itu, konsep foto keluarga ini memang pas untuk dijadikan sebuah seni fotografi yang indah.

Konsep satu ini patut dicoba bagi kalian yang ingin mempunyai nuansa white and black. Pasalnya foto keluarga dengan full colour sudah terlihat biasa. Namun dengan konsep satu ini terdapat kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Tertarik mencoba?

2. Natural

Natural

Foto keluarga tidak melulu bertempat di studio. Terkadang, berfoto di tempat yang alami bisa menjadi salah satu konsep foto yang bagus. Di area ladang dekat hutan bisa menjadi salah satu referensi untuk konsep foto keluarga seperti yang satu ini. Dengan gaya yang tidak muluk-muluk dan outfit yang sewarna membuat foto keluarga semakin kompak.

Konsep foto keluarga dengan alam bisa dijadikan referensi untuk foto keluarga kamu. Pasalnya foto akan terlihat lebih natural dan terbuka. Terlebih ada dedaunan kecil membuat efek foto lebih hidup untuk dipandang. Dijamin, foto dengan konsep natural tidak akan mengecewakan kalian, karena konsep foto natural sudah menjadi rekomendasi para fotografer.

3. Vertikal

Foto dengan konsep Vertikal

Konsep ini bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik kamu, nih! Karena konsepnya yang unik dan lucu membuat foto keluarga semakin cantik. Foto dengan konsep vertikal yang berurut dari bawah hingga atas ini memiliki bermacam-macam gaya. Ada yang secara berbaring, yang mana paling bawah mau gak mau ditindih oleh keluarganya seperti yang di atas hihi. Selain itu juga ada yang duduk secara memanjang juga dapat di foto dengan vertikal.

Kreasi unik konsep ini juga pastinya diambil dari jarak jauh karena bentuknya yang memanjang. Berbagai macam gaya, kostum, dan juga properti yang unik menambah foto dengan konsep vertikal ini semakin terlihat lucu.

4. Konsep Potret dari Atas

Konsep Potret Dari Atas

Konsep foto keluarga ini bisa juga dijadikan konsep menarik untuk kalian. Foto keluarga ini dipotret dengan memosisikan kamera di atas objek. Objek bisa berdiri ataupun duduk, namun biasanya untuk foto keluarga lebih tepat ketika posisi sedang berbaring. Konsep satu ini biasanya banyak dipakai untuk tema tidur, namun seperti gambar di atas konsep ini juga cocok untuk dijadikan tema menyenangkan.

Dengan pose melingkar dan kepala saling didekatkan membuat konsep foto keluarga ini terlihat rapi. Banyak macam pose untuk foto dengan top angle kamera ini, ada yang bersejajar, dan bahkan ada yang seperti tangga. Konsep ini memberikan visualisasi yang bagus dan lucu, membuat keluarga terlihat semakin kompak.

5. Foto dalam Bingkai

Foto Dalam Bingkai

Selanjutnya, foto keluarga satu ini sangat unik dan beda dari yang lain. Kalau biasanya foto keluarga berposisi sejajar dan berkerumun, namun di foto ini berbeda. Terlihat dari gambar di atas bahwa yang menjadi fokus utama dalam frame adalah si ayah yang memegang foto istrinya. Foto istrinya sedang memegang foto anaknya begitupun dengan anaknya yang sedang memegang foto adik perempuannya.

Terlihat unik memang karena terlihat seperti foto yang di dalamnya ada foto dan foto lagi. Apalagi kalau dalam satu keluarga terdapat banyak anggota, wah bisa menyebabkan ilusi mata. Foto ini menjadi trend foto keluarga masa kini, jadi jangan salah kalau ternyata konsep foto ini banyak memikat perhatian. Kreatif parah sih ini!

6. Gaya Formal

Gaya Formal

Konsep formal menjadi salah satu foto yang wajib keluarga punya. Pasalnya dalam konsep ini terlihat tegas dan lugas dalam visualisasinya. Konsep foto ini juga sangat pas dipajang di rumah apalagi biasanya banyak keluarga yang mencetak ukuran foto formalnya dalam ukuran yang besar.

Biasanya di dalam konsep formal outfitnya pun juga formal, seperti jas untuk pria dan dress untuk wanita. Posenya pun hanya bermain di mimik wajah saya. Apa kamu sudah punya foto keluarga berkonsep formal?

7. Matching Outfits!

Matching Outfits

foto keluarga ini bisa dijadikan rekomendasi untuk kalian. Pasalnya foto ini memang tidak terlalu banyak gaya dan editan namun terlihat bagus karena kekompakkannya. Konsep foto dengan outfit yang benar-benar sama menjadikan foto ini terlihat lucu.

Konsep ini pun bergaya casual dan kekinian, hingga banyak keluarga yang mengikuti trend foto modern ini. Tidak adanya dekorasi di dalam foto ini juga menandakan konsep foto yang minimalis. Properti yang digunakan hanya yang berhubungan dengan outfits saja, selebihnya tidak ada tambahan apapun. Benar-benar trendy ya!

8. Konsep dari Bawah

Konsep dari Bawah

Berbeda dengan potret dari atas, foto dengan konsep potret dari bawah juga tak kalah menarik. Foto ini memosisikan kamera tepat berada di bawah objek atau disebut dengan Bottom Angle. Biasanya foto ini diambil dalam posisi lingkaran. Foto ini terlihat menarik dan friendly. Foto dengan konsep seperti ini cocok untuk keluarga. Namun jangan sampai cahayanya terhalangi ya, karena itu akan membuat kamera menjadi gelap.

9. Konsep Elegan

Konsep Elegan

Apa yang kamu pikirkan setelah melihat foto ini? Yap! Terlihat elegan dan klasik bukan? Konsep dengan foto ini dapat mempertajam visualisasi. Dengan konsep yang cukup dibilang sederhana, seperti outfits yang sepadan dengan tema, hingga make up untuk menambah elegan dan memperkuat karakter. Foto ini juga diberikan effect khusus sebagai pendukung suasana si konsep. Bagi kalian yang ingin foto keluarga dengan konsep yang tidak biasa, bisa mencoba konsep dengan tema seperti ini, dark namun mewah dan elegan.

10. Close Up Faces!

Close Up Faces

Gaya foto ini menjadi gaya yang pernah dilakukan oleh serial tv f.r.i.e.n.d.s kemudian menjadi populer hingga sekarang. Gaya ini pun bukan hanya dilakukan di keluarga saja melainkan juga banyak dilakukan di kalangan remaja. Foto dengan gaya wajah tertumpuk ini terlihat lucu. Pasalnya gaya ini memang terlihat unik karena memang berfokus ke pada area wajah. Tertarik mencoba?

Itulah 10 konsep keren foto keluarga versi Kamini yang kami rekomendasi buat kalian. Konsep tersebut menjadi konsep gaya foto terpopuler ketika foto keluarga dan itu semua bisa menjadi rekomendasi kalian saat foto keluarga nanti. Jadi dari semua konsep foto di atas, menurut kalian mana yang paling lucu? Beri tanggapan kalian dengan mengomentari kolom di bawah ini ya!

Oh iya, kalau kamu suka banget selfie, coba deh ikuti beberapa gaya foto selfie yang pernah kami bahas dalam artikel 10 Gaya Selfie yang Tidak Membosankan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar