kamini.id

8 Konsep Sweet Seventeen yang Sederhana Namun Berkesan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Usia 17 merupakan usia transisi dari remaja ke dewasa. Banyak orang yang menganggap bahwa usia tersebut menandakan usia terakhir seseorang untuk bersenang-senang. Pasalnya setelah usia 17, ia akan dihadapkan pada rupa-rupa tanggung jawab sebagai manusia dewasa. Tak jarang orang tua berdompet tebal membuatkan pesta ulang tahun ke-17 yang sangat berkesan bagi anaknya. 

Tidak hanya bagi anaknya, melainkan bagi teman-teman di sekitarnya. Untuk kamu yang akan menginjak usia 17, Kamini punya konsep sweet seventeen sederhana yang unik tapi mengesankan. Tema-tema unik berikut ini bisa jadi tabungan ide perayaan sepanjang tahun ke depan. Nah, ini dia beberapa konsep menarik yang berhasil Kamini rangkum dan bisa kamu terapkan. Simak baik-baik ya!

1. Cosplay Karakter Film

konsep sweet seventeen sederhana_Cosplay Karakter Film

Anak usia 17 biasanya mempunyai idola atau figur yang dikagumi. Anak yang gemar menonton film biasanya terinspirasi untuk bergaya ala figur favorit mereka. Ide cosplay tokoh-tokoh film bisa jadi menarik lho untuk pesta ulang tahun yang ke-17. 

Pilih figur favoritmu dan ikuti gaya berpakaian serta makeup mereka. Kamu bisa manfaatkan media sosial dan platform lainnya untuk mencari referensi gaya yang akan kamu tiru. 

Dekorasi yang dibutuhkan tidak perlu meriah. Karena kamu hanya perlu mempersiapkan dekorasi yang penting-pentingnya saja. Pasalnya poin utama dari pesta ini adalah kemeriahan gaya berpakaian para tamu yang berpenampilan seperti figur film. 

2. Konsep Look Like K-Pop Idol 

konsep sweet seventeen sederhana_Konsep Look Like Kpop Idol

Kalau di dunia kompetisi ada yang disebut dengan istilah Cover Dance, yakni sebuah kompetisi tari yang meniru idol kpop mulai dari gaya panggung, pakaian dan makeup. Salah satu kategori penilaian cover dance adalah tingkat kemiripan peserta dengan idol mereka.

Nah, konsep seperti ini bisa kamu adaptasi pesta sweet seventeen-mu. Tamu-tamu yang hadir diharuskan mengenakan kostum atau gaya berpakaian ala penyanyi idol Kpop. Kamu tidak perlu membuat acara meriah dengan dana besar untuk menciptakan pesta dengan konsep ini. 

Pasalnya kehadiran tamu-tamu yang berpakaian mirip idol Kpop memberikan nuansa berbeda. Rasanya pesta ulang tahunmu jadi mirip ajang penghargaan industri hiburan Korea, karena dihadiri oleh artis-artis Korea papan atas. 

3. Black and White Ball 

Tahun 60-an silam konsep hitam putih ala Truman Capote menjadi pesta terbaik yang pernah diadakan. Tamu-tamu yang hadir mengenakan pakaian hitam dan putih dengan pola dan gaya yang berbeda-beda. Ini menjadikan nuansa pesta yang lebih elegan. 

Tambahkan dekorasi warna serupa agar kesan elegan semakin terasa. Konsep Black and White ini menjadi konsep pesta yang sederhana. Inti dari konsep ini adalah pencahayaan yang pas. 

Beri pencahayaan di beberapa titik penting seperti dekorasi tulisan selamat ulang tahun, meja inti dan balon hiasan berwarna hitam putih yang diletakan di lantai. Sedangkan lampu yang lebih terang bisa dinyalakan ketika acara puncak, misalnya tiup lilin dan potong kue. 

4. Pajamas Party 

Kata siapa piyama hanya dipakai untuk tidur? Piyama bisa lho dikenakan untuk menghadiri pesta ulang tahun. Nah, konsep pajamas party ini bisa kamu gunakan untuk membuat pesta ulang tahun ke-17 yang menarik dan tidak membosankan. 

Pilih piyama yang super lucu sehingga pajamas party akan lebih seru dan berkesan. Selain itu, dekor ruangan yang akan dijadikan tempat pesta semenarik mungkin. Kamu tidak perlu gunakan dekorasi yang terlalu banyak properti agar tidak ribet dan biaya membengkak.

Sediakan bantal, boneka dan beberapa selimut sebagai properti pesta. Benda-benda tersebut akan menjadi pengganti kursi, sehingga para tamu akan merasa nyaman dan suasana kamar jadi lebih terasa. 

5. Games Night Party 

konsep sweet seventeen sederhana_Games Night PartySumber: Pinterest.com/Debbie Smith Ledford

Untuk kamu yang suka games, konsep Games Night Party akan jadi tema pesta yang menarik bagi anak usia belasan tahun. Bahkan orang dewasa pun bisa terhibur dengan konsep seperti ini. 

Games Night Party akan menjadi pesta meriah tapi hemat, karena tidak akan mengeluarkan banyak biaya dekorasi. Ada dua jenis dekorasi Games Night Party yang bisa kamu pilih, yaitu dekorasi yang dicetak dan games night party yang difokuskan pada satu figur. 

Games Night Party lebih praktis dan hemat karena semua dekorasi bisa kamu dapatkan melalui proses cetak. Tema ini pun bisa kamu buat lebih personal. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa item games, setelah itu kamu bisa berfokus pada menu dan hidangan lainnya. 

Ada banyak ide games yang bisa kamu pilih, di antaranya permainan papan yang biasa dimainkan oleh banyak orang, permainan kartu, dan lain-lain. Jenis permainan tradisional pun bukan ide yang buruk untuk dijadikan pilihan permaianan. Semua permainan tersebut akan membuat pesta lebih seru. 

6. Jersey Party atau Sport Party 

konsep sweet seventeen sederhana_Jersey Party atau Sport PartySumber: rfs.co.th

Konsep berikut ini sangat cocok untuk kamu hobi berolahraga. Jersey Party merupakan sebuah konsep pesta kasual dengan budget minimal. Yang menjadi inti dari pesta ini adalah kostum yang dikenakan oleh para tamu, sama dengan konsep pesta cosplay dan cover idol kpop.

Beragam jenis jersey yang dikenakan tamu sudah membuat heboh suasana pesta. Para tamu boleh mengenakan berbagai jersey dari cabang olahraga mana pun, seperti sepak bola, bola basket, voli dan lain-lain. 

Agar suasana Jersey Party lebih kental, kamu bisa gunakan dekorasi dengan tema olahraga dan item yang lekat dengan tema tersebut. Item-item tersebut sangat mudah didapatkan. Jadi, untuk mewujudkan tema jersey tidak terlalu sulit, ‘kan?

7. Konsep Flower Power 

Selain konsep pesta dengan tema hitam dan putih yang hits karena digunakan oleh penulis Hollywood, Truman Capote, di tahun tersebut ada pula konsep pesta ulang tahun yang banyak digemari, yaitu konsep Flower Power

Meskipun Flower Power merupakan sebuah simbol perlawanan pasif dan non kekerasaan yang berakar pada perang Vietnam, namun konsep Flower Power menyajikan kesan romantis dan lembut. Konsep flower power juga akan menampilkan kesan lebih feminim.

Konsep Flower Power Party akan banyak menggunakan warna cerah dengan banyak bunga-bunga di dalam dekorasi ruangannya. Kamu bisa memesan kue dengan konsep serupa pada pembuatan kue yang kamu pilih. 

Kue ulang tahun bertema Flower Power akan menambah nuansa romantis dan dan kesan girly pada pesta ulang tahun ke-17 yang kamu adakan. 

8. Masquerade

Masquerade atau pesta topeng juga merupakan sebuah konsep menarik untuk sebuah pesta ulang tahun. Di wilayah asalnya, Venezia, pesta topeng diadakan secara meriah dan megah. Para tamu hadir dengan pakaian terbaik mereka sambil membawa topeng yang mereka buat. 

Namun, konsep masquerade khas Italia bisa kamu adaptasikan dalam konsep yang lebih sederhana. Para tamu boleh menggunakan kostum dan berkreasi membuat model topeng sendiri. Ide membuat topeng yang unik tersedia banyak di internet, dan kamu bisa buat topeng yang unik. 

Pesta topeng membuat pesta jadi lebih meriah. Topeng yang menutupi muka akan menggelitik rasa penasaranmu untuk menebak siapa orang di balik topeng tersebut. 

Nah, itulah 8 konsep sweet seventeen sederhana yang menarik untuk buat. Meskipun sederhana, konsep-konsep tersebut terasa lebih personal dan intim. Kamu dan sahabatmu bisa menikmati waktu di hari istimewa tersebut sambil membuat memori indah di usia yang penting. 

Sebelum kamu menghadapi dunia orang dewasa, tidak salahnya kamu menciptakan waktu yang akan kamu kenang selama hidupmu. Dengan menuangkan ide-ide kreatif untuk pesta ulang tahun ke-17, pestamu akan sangat lebih berkesan. Ide-ide konsep pestanya sudah Kamini paparkan di atas. Ada yang membuatmu tertarik? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram