Kamini.id / Hijab / Hijabers, Inilah 10 Macam Aksesoris Kerudung di Atas Kepala

Hijabers, Inilah 10 Macam Aksesoris Kerudung di Atas Kepala

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Kerudung merupakan item pakaian yang wajib dimiliki oleh wanita berhijab. Berbagai macam kerudung hadir dengan keberagaman bahan, warna, dan bentuknya. Beberapa tahun belakangan ini, berhijab menjadi salah satu tren yang banyak di pakai oleh wanita khususnya di Indonesia. Karena itulah semakin banyak desainer dalam negeri yang fokus memperkaya desain dan gaya berpakaian wanita berhijab.

Kerudung pun dibuat dengan berbagai macam aksesoris yang menyertainya. Aksesoris merupakan item pelengkap penampilan wanita, tak terkecuali bagi wanita yang menggunakan hijab. Selain mempercantik penampilan, aksesoris juga di desain dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Terasa ada yang kurang apabila wanita tidak menambahkan aksesoris pada setiap kesempatan. Karena fashion bukan hanya soal pakaian, namun ada aksesoris juga yang termasuk di dalamnya. Selain wanita dengan berbagai macam warna dan gaya rambut, aksesoris kepala juga bisa digunakan oleh wanita yang berhijab agar penampilan lebih menarik.

Nah, dari sekian banyak aksesoris kerudung yang beredar di pasaran, berikut 10 diantaranya. Semua aksesoris kerudung ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mempercantik penampilan. Mari kita simak bersama.

1. Mahkota

Mahkota

* sumber: weheartit.com

Dilihat dari sejarahnya, mahkota merupakan suatu simbol tradisional yang melambangkan kekuasaan, kehormatan, dan kemenangan. Dewasa ini mahkota banyak digunakan sebagai hiasan kepala untuk melengkapi penampilan bagi kaum wanita.

Hiasan ini paling sering digunakan oleh pengantin wanita. Selain memang terlihat cantik dan fancy, mahkota juga menambah kesan elegan pada penggunanya. Tak terkecuali bagi wanita atau pengantin berhijab. Mahkota menjadi salah satu aksesoris yang cukup banyak digemari.

2. Flower Crown

Flower Crown

* sumber: rowanca.makeeasydiy.xyz

Flower crown merupakan salah satu jenis mahkota yang dibentuk melingkar dengan hiasan bunga. Anda bisa membuatnya dengan bunga asli, bunga kain, ataupun bunga plastik yang sudah terbentuk. Berbeda dengan bentuk mahkota pada umumnya yang identik dengan hiasan pengantin, flower crown atau mahkota bunga lebih fleksibel dari segi penggunaannya.

Flower crown biasanya digunakan oleh wanita sebagai hiasan kepala saat melakukan photoshoot. Baik photoshoot untuk sekedar kebutuhan feeds instagram bersama teman-teman, maupun photoshoot yang lebih resmi seperti prewedding photoshoot.

3. Jepit Korea

Jepit Korea

* sumber: hijabified.com

Satu hal yang belakangan ini marak digemari kaum wanita adalah segala hal yang berbau korea. Mulai dari musik, film, drama, termasuk juga fashion. Banyak sekali yang menjadi ciri khas dari item fashion korea. Jika kita lihat contohnya seperti rok mini, sweater oversize, mini dress, dan aksesoris rambut.

Tidak ingin ketinggalan, bagi wanita berhijab menggunakan aksesoris ala korea juga bisa dilakukan. Ialah jepit korea yang bisa digunakan pada kerudung untuk mempercantik penampilan Anda. Biasanya aksesoris rambut ini digunakan disebelah kanan atau kiri di atas telinga atau di sematkan pada kerudung sejajar dengan alis.

4. Topi Baret

Topi Baret

* sumber: hijabified.com

Baret adalah sejenis topi yang bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita sesuai dengan jenisnya. Topi ini cocok menjadi pelengkap untuk penampilan casual. Selain cocok digunakan oleh wanita dengan berbagai gaya rambut, topi baret juga cocok digunakan oleh Anda yang berhijab.

Sesuaikan dengan outfit yang Anda gunakan. Karena tentu saja Anda tidak ingin terlihat “aneh” dengan penggunaan aksesoris ini. Topi baret cocok dipadukan dengan atasan blouse dan celana skinny jeans. Jika ingin terlihat lebih gaya lagi, Anda juga bisa gunakan jaket kulit atau blazer sebagai pelengkap.

5. Aksesoris Rantai

Aksesoris Rantai

* sumber: www.etsy.com

Mungkin seringkali kita lihat hiasan kepala berbentuk seperti rantai digunakan oleh wanita India saat acara pernikahan atau acara pesta lainnya. Hiasan kepala seperti ini memang sangat cocok digunakan untuk acara-acara besar yang sifatnya mewah.

Menggunakan hiasan ini membuat penampilan Anda terlihat lebih glamor. Hiasan kepala berantai biasanya digunakan melingkar di kepala bagian atas sekitar area dahi. Agar lebih stand out biasanya hiasan kepala ini dikenakan seluruhnya di atas lapisan kerudung.

6. Bandana

Bandana

* sumber: blogunik.com

Bandana biasanya digunakan oleh kaum wanita pada rambutnya agar terlihat imut dan manis. Namun jaman sekarang, wanita berhijab pun bisa menggunakan bandana ini diatas lapisan kerudungnya. Ada banyak model bandana yang ada saat ini. Pilihlah yang paling sesuai dengan selera Anda.

Aksesoris kepala ini hampir bisa digunakan kapanpun Anda menginginkannya. Tak perlu acara khusus, Anda bisa gunakan bandana saat pergi liburan ataupun sekedar hangout bersama teman-teman. Bandana yang paling diminati wanita berhijab biasanya bandana dengan karakter tokoh kartun dan bandana ikat biasa yang berbentuk seperti pita.

7. Headpiece Silver dan Gold

Headpiece Silver dan Gold

* sumber: etsy.me

Selain menggunakan hiasan kepala berantai untuk acara pesta, wanita berhijab juga bisa menggunakan hiasan kepala yang berwarna silver atau gold. Sama-sama menampilkan kesan mewah, hiasan kepala ini lebih terlihat simpel dari segi desain dan juga cara penggunaannya.

Jika hiasan kepala berantai digunakan melingkar di atas kepala, hiasan berwarna silver atau gold ini biasanya hanya digunakan pada salah satu sisi kepala saja. Bisa digunakan di sisi sebelah kiri atau kanan tergantung selera.

8. Hijab Pin

Hijab Pin

* sumber: www.etsy.com

Hijab pin memiliki bentuk seperti jarum pentul. Namun dari segi desain, hijab pin ini jauh terlihat lebih lucu dan manis. Jarum pentul yang biasa kita kenal hanya memiliki bulatan kecil di atas jarumnya. Berbeda dengan hijab pin, biasanya terdapat berbagai macam bentuk seperti bunga, binatang, atau simbol.

Selain terlihat manis, hijab pin juga menjadi aksesoris yang cocok digunakan sehari-hari dalam tampilan casual maupun untuk acara-acara formal. Biasanya hijab pin ini dijual satu set dengan desain yang serupa. Anda bisa temukan dengan mudah aksesoris hijab satu ini di berbagai online shop dan market place di Indonesia.

9. Safety Pin Brooch

Safety Pin Brooch

* sumber: www.vinted.co.uk

Safety pin atau yang kita kenal dengan nama peniti biasanya digunakan di bawah dagu, berfungsi untuk membuat kerudung tetap pada posisi yang seharusnya. Peniti membuat Anda bisa menggerakkan kepala dengan bebas, tanpa rasa khawatir posisi kerudung akan berubah dan terlepas.

Namun selain itu, ada pula desain peniti yang ditambahkan manik-manik yang bisa digunakan menjadi aksesoris kerudung di atas kepala. Peniti manik-manik ini terlihat lebih manis digunakan di atas kepala karena memiliki warna yang beragam. Anda bisa sesuaikan dengan outfit dan hijab yang Anda gunakan.

10. Headband Mutiara

Headband Mutiara

* sumber: www.outfittrends.com

Aksesoris kerudung yang terbuat dari gabungan mutiara biasanya dikenakan saat menghadiri acara pesta. Aksesoris yang sangat populer dikalangan wanita di negara Turki ini digunakan secara melingkar di kepala bagian atas.

Selain acara  pesta, hiasan mutiara di kepala ini juga cocok dikenakan saat perayaan Idul Fitri dan upacara pernikahan. Namun, jika Anda ingin menggunakan aksesoris mutiara ini untuk pergi ke mall untuk sekedar hangout bersama teman-teman juga tidak ada salahnya, loh.

Nah, itu dia 10 aksesoris kerudung yang bisa Anda coba dalam berbagai kesempatan. Perlu Anda perhatikan apakah aksesoris yang Anda gunakan cocok untuk acara yang dihadiri. Kemudian, jika mungkin ada aksesoris kerudung lain yang bisa menjadi pilihan, jangan ragu untuk membagikan rekomendasi Anda pada kolom komentar, ya. Ketahui juga model pashmina terbaru dalam artikel model kerudung pashmina terpopuler ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *