Kamini.id / Valentine / 11 Macam Cokelat Valentine yang Bikin Hubunganmu Romantis

11 Macam Cokelat Valentine yang Bikin Hubunganmu Romantis

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menjelang hari valentine biasanya mulai banyak toko-toko makanan yang menjual cokelat. mulai dari cokelat original sampai cokelat yang berwarna-warni mungkin akan menghiasi etalase toko-toko di pusat perbelanjaan.

Memberikan cokelat adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan. Walaupun menunjukkan kasih sayang tidak harus memberikan cokelat, tapi hari valentine sudah terlanjur identik dengan pemberian cokelat.

Nah buat kamu yang ingin memberikan cokelat kepada pasangan, kamu harus tahu dahulu nih beberapa jenis cokelat valentine. Supaya tidak salah dan tidak membuat pasanganmu kecewa, Yuk intip beberapa jenis cokelat valentine di bawah ini.

1. Cokelat Creamy

Cokelat Creamy

* sumber: sweets.seriouseats.com

Cokelat creamy terbuat dari campuran cokelat hitam, susu, dan cairan kental manis. Cokelat yang terdiri dari tiga bahan ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan meleleh di mulut. Umumnya, cokelat jenis ini berbentuk bar yang bisa disimpan selama beberapa bulan.

Karena bentuknya bar, cokelat creamy bisa dinikmati bersama.  Rasanya yang sangat manis ini bisa membangkitkan mood pasanganmu lho! Walaupun rasanya sangat manis, tetapi tidak akan terasa kemanisan.

2. Cokelat Kacang

Cokelat Kacang

* sumber: www.confessionsofachocoholic.com

Pecinta kacang pasti sudah tidak asing lagi dengan cokelat jenis ini. Cokelat yang dicampur dengan kacang memang bisa memberikan sensasi yang berbeda saat digigit. Biasanya kacang yang digunakan pada cokelat adalah kacang almond, kacang mede, kacang kenari, hingga kacang tanah.

Perpaduan rasa cokelat yang manis dan kacang yang gurih akan menambah kenikmatan tersendiri bagi pecinta cokelat. Jika kamu membeli cokelat kacang, sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas ya! Karena akan terasa sangat keras saat menggigit cokelat dan kacangnya.

3. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

* sumber: www.eatthis.com

Cokelat hitam dikenal sebagai cokelat yang sehat, karena cokelat hitam terbuat dari biji cokelat, cocoa butter dan umumnya tanpa pemanis berlebihan.

Jika kamu ingin membeli cokelat hitam untuk hari valentine, sebaiknya pilih cokelat hitam yang sehat dan mengandung bahan-bahan seperti, kandungan kakao yang tinggi, kadar gula rendah, dan tidak mengandung banyak bahan tambahan. Tidak hanya itu, cokelat hitam yang sehat juga tidak mengandung tambahan rasa dan tidak mengandung pengawet.

4. Cokelat Buah

Cokelat Buah

* sumber: keeprecipes.com

Jika kamu memiliki pasangan yang senang dengan aroma atau rasa buah, cokelat buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Cokelat yang manis dipadukan dengan rasa buah yang asam segar akan menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya.

Ada beberapa cokelat buah yang direkomendasikan seperti strawberry, jeruk, dan buah beri. Tapi cokelat juga enak digabungkan dengan buah-buahan yang manis seperti melon dan buah persik.Bahkan ada beberapa cokelat hitam yang dicampur dengan rasa buah-buahan untuk menetralkan rasanya.

5. Cokelat Bittersweet

Cokelat Bittersweet

* sumber: mobile-cuisine.com

Cokelat bittersweet juga disebut sebagai cokelat hitam. Warna dan rasanya pun biasanya lebih gelap dan kurang manis. Tapi gak semua cokelat bittersweet memiliki rasa yang kurang manis, karena tingkat kemanisan dan intensitas warna bervariasi tergantung pada produksi pabrik dan sumber biji kakao.

Mungkin kamu masih asing dengan jenis cokelat valentine yang satu ini. Tapi cokelat bittersweet bisa kamu coba untuk memberikan hadiah valentine yang unik.

6. Cokelat Eropa

Cokelat Eropa

* sumber: qz.com

Apakah kamu pernah mendengar tentang cokelat Eropa? Kabarnya, cokelat Eropa terasa lebih enak daripada cokelat Amerika. Karena cokelat Eropa terbuat dari bahan yang lebih alami untuk menjaga rasa biji kakao. Selain itu, cokelat jenis ini juga mengandung lebih banyak mentega kakao, yang membuat rasanya lebih kuat daripada permen.

Bahkan cokelat Eropa memiliki rasa-rasa yang unik seperti kemiri, caramel, hingga rasa kelapa. Cokelat Eropa memiliki harga yang sedikit lebih mahal, tetapi harganya sesuai dengan rasanya. Penasaran kan bagaimana rasanya?

7. Cokelat Putih

Cokelat Putih

* sumber: www.newsweek.com

Cokelat putih adalah salah satu cokelat terenak dan umumnya memiliki warna putih susu. Cokelat putih dibuat dengan menggabungkan mentega kakao, gula, susu padat, dan perasa vanilla.

Cokelat putih terbagi menjadi beberapa jenis seperti cokelat kacang, cokelat polos, dan bahkan ada beberapa yang memiliki rasa buah. Supaya bisa merasakan dua rasa sekaligus, kamu juga bisa membeli cokelat putih yang berisi cokelat hitam.

8. Cokelat Crunchy

Cokelat Crunchy

* sumber: www.allrecipes.com

Seperti namanya, cokelat crunchy memiliki tekstur yang renyah. Jika biasanya pecinta cokelat lebih menyukai tekstur yang halus, ada sebagian orang yang ingin makan cokelat dengan kerenyahan tersebut. Biasanya rasa renyah tersebut berasal dari kacang. Cokelat crunchy juga tersedia dalam bentuk bar atau bentuk seperti selai.

Bahkan, sebagian memiliki rasa yang bervariasi. Cokelat crunchy sangat cocok untuk camilan yang mengenyangkan karena teksturnya cenderung padat. Jika kamu ingin memberikan cokelat yang tidak biasa, kamu bisa memberikan cokelat crunchy dalam bentuk seperti selai untuk orang tersayang.

9. Cokelat Asin

Cokelat Asin

Mau coba rasa cokelat yang sangat berbeda dari biasanya? Kamu bisa membeli cokelat asin. Bukan berarti cokelat ini mengandung banyak garam, tetapi cokelat ini terbuat dari karamel asin. Salah satu brand yang menciptakan cokelat asin adalah cokelat Dove.

Dove menciptakan cokelat hitam karamel garam laut yang bertekstur halus seperti sutra dengan karamel dan kristal garam. Cokelat ini dikemas dengan bungkus dan seukuran gigitan. Sehingga cokelat ini mudah dibawa saat bepergian.  Karena bentuknya yang mungil, cokelat ini cocok untuk dibawa menonton film pada saat valentine dengan kekasihmu di bioskop.

10. Cokelat Mint

Cokelat Mint

* sumber: www.li-lacchocolates.com

Cokelat mint adalah jenis cokelat dengan rasa yang populer. Cokelat ini dibuat dengan menambahkan perasa mint, seperti peppermint, crème de menthe, atau spearmint ke dalam cokelatnya. Cokelat mint dapat ditemukan dalam berbagai macam produk yang dapat dimakan, seperti permen, kue, es krim, chip cokelat, cokelat panas, dan lainnya.

Bahkan ada sebagian cokelat mint yang dijual dalam bentuk yang tidak dapat dimakan sebagai produk kecantikan. Umumnya, cokelat mint akan mengeluarkan aroma mint yang sangat khas cokelat ini terdiri dari cokelat susu, cokelat hitam biasa, atau cokelat putih.

Karena cokelat mint tidak memiliki satu rasa khusus. Selain itu, jika cokelat mint dikombinasikan dengan cokelat lainnya, maka akan membuat rasanya semakin unik.

11. Cokelat Susu

Cokelat Susu

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Cokelat susu dibuat dari cokelat hitam dengan kandungan cokelat yang cenderung rendah dan memiliki kadar gula lebih tinggi ditambah produk susu. Susu yang mungkin digunakan adalah susu bubuk, susu kental, atau susu cair yang direbus.

Secara keseluruhan rasa cokelat susu lebih ringan dan lebih manis daripada cokelat hitam dan teksturnya lebih lembut. Jika kamu mau memilih cokelat susu dengan kualitas yang baik, pilihlah cokelat susu yang berwarna kilau.

Itulah beberapa jenis cokelat valentine yang bisa kamu berikan untuk orang tersayang. Sebaiknya pilih cokelat yang sesuai selera pasanganmu ya! Selain manis dan enak, memberikan cokelat juga bisa membuat pasanganmu senang. Jika kamu tahu jenis cokelat valentine lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Jangan lupa untuk membaca juga artikel hadiah Valentine unik ini jika kamu mau memberi pasangan sesuatu yang anti-mainstream.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020