Kamini.id / Foundation / Yuk, Ketahui Macam-macam Foundation yang ada di Pasaran

Yuk, Ketahui Macam-macam Foundation yang ada di Pasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Suatu riasan wajah tidak akan bisa sempurna kalau tanpa pondasi. Foundation adalah pondasi dari makeup. Akan tetapi, foundation itu tidak cuma ada satu macam saja, melainkan bermacam-macam. Makanya orang yang belum akrab dengan makeup bisa dibuat kebingungan karenanya.

Jenis-jenis foundation bisa dipecah menjadi berdasarkan jenis kulit, material pembuatan, konsistensi, coverage, hingga pengaplikasiannya. Lalu, bagaimana supaya Anda tahu foundation yang tepat? Untuk itu, Kamini akan mengajak Anda berkenalan dengan macam-macam foundation yang ada di pasaran.

1. Liquid Foundation

Liquid foundation

Jenis foundation yang paling sering ditemui di pasaran adalah liquid (cair). Foundation cair populer bukan tidak ada alasannya, loh. Foundation jenis ini meluncur dengan mudah di kulit, sehingga orang yang kurang lihai berdandan juga tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Foundation ini cocok untuk semua jenis kulit, apalagi kulit kering dan kulit kombinasi.

Liquid foundation juga biasanya merupakan yang paling tinggi tingkat coverage-nya. Makanya, liquid foundation merupakan foundation wajib untuk makeup pengantin. Kerennya lagi, foundation cair bisa Anda aplikasikan dengan apa saja, ya, apa saja! Mau pakai spons, beauty blender, brush, silisponge, bahkan jari tangan pun bisa!

Tips: selalu kocok kemasan foundation cair sebelum digunakan, karena beberapa materialnya bisa terpisah (seperti kandungan air atau minyak di dalamnya, misalnya). Untuk mengetahui rekomendasi merk foundation cair yang bagus, baca artikel ini, ya.

2. Powder Foundation

Powder foundation

* sumber: www.getthegloss.com

Bedak. Sepertinya semua orang sudah familiar dengan jenis makeup yang satu ini, ya? Foundation juga ada yang berbentuk powder. Foundation berbentuk powder ini akan memberikan tampilan yang natural karena formulanya lebih ringan.

Kelebihan lainnya, foundation powder (yang compact) memiliki bentuk kemasan yang mudah dibawa ke mana-mana, sehingga memudahkan Anda untuk touch-up.

Kekurangannya, bedak ini formulasinya lebih kering dibandingkan jenis foundation mana pun juga. Sehingga agak kurang bagus diaplikasikan pada kulit kering. Yang cocok menggunakan powder foundation adalah orang dengan kulit oily. Konsistensi bedak ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu  dan compact powder.

  • Loose Powder Foundation

loose Powder foundationLoose powder foundation adalah bedak foundation berbentuk bubuk. Loose powder foundation merupakan foundation yang paling ringan yang pernah ada. Bedak tabur paling cocok untuk kulit berjerawat, kan? Begitu pula dengan loose powder foundation.

Pada umumnya, loose powder foundation dapat menyamarkan jerawat dengan lebih baik. Bahkan beberapa brand ada yang menambahkan “obat” jerawat seperti asam salisilat dan formula non-comedogenic. Sehingga, selain menyamarkan dapat menyamarkan, mengobati dan mencegah jerawat di kemudian hari.

Loose powder foundation biasanya dilengkapi dengan anti bakteri serta kandungan mineral seperti zinc, sulfur, dan kaolin clay yang bagus untuk membuat kulit menjadi hasil yang matte serta membersihkan pori-pori kulit. Foundation berbentuk bedak tabur memang banyak yang khusus diciptakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, makanya kandungannya benar-benar menjurus ke arah sana.

  • Compact Powder Foundation

Compact Powder foundation neutrogena

Selanjutnya ada compact powder. Sederhananya, bedak ini dibuat dari loose powder yang dipadatkan. Sama seperti loose powder-nya, foundation dengan bentuk bedak padat biasanya dilengkapi dengan kandungan mineral untuk membuat kulit nampak bercahaya alami. Bukan “bercahaya” karena kulit yang berminyak, ya. Karena kebanyakan foundation compact powder itu oil-free.

Sama juga seperti loose powder, foundation berbentuk bedak padat ini tidak akan memberikan efek “berat” di wajah Anda. Coverage-nya bermacam-macam, ada yang sheer, medium, bahkan full (walaupun jarang yang sampai full). Kelebihan foundation compact powder dari loose powder adalah, bentuknya lebih praktis, sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana untuk touch-up. Anda juga tidak perlu takut ketumpahan kalau bawa compact powder.

  • Two Way Cake Foundation

Two Way Cake foundation

Sebenarnya two way cake masih bisa dikategorikan dengan foundation compact powder. Tapi, kalau ditelusuri lagi pada hakikatnya kedua benda ini berbeda. Jika foundation compact powder benar-benar dibuat dari pure 100% foundation, kalau two way cake ini merupakan campuran antara foundation dengan bedak biasa. Lebih tepatnya, two way cake merupakan lebih banyak bedak dan sedikit foundation.

3. Cream Foundation

Cream foundation

* sumber: www.beautyholicsanonymous.com

Kalau Anda pernah belajar makeup pengantin pasti sudah kenal banget dengan jenis foundation yang satu ini, yaitu cream. Foundation cream merupakan foundation yang tingkat coverage-nya paling tinggi dan lebih berpigmen. Makanya ia sering dipakai untuk base makeup pengantin. Kalau cuma untuk makeup sehari-hari, sih, sebaiknya Anda tidak menggunakan foundation jenis krim. Kecuali jika formulanya ringan dan hasil akhirnya sheer to medium.

Biasanya cream foundation dikemas dalam packaging toples (jar), entah itu kaca atau plastik. Biasanya cream foundation yang di dalam jar bentuknya terbagi menjadi krim agak padat atau krim yang lebih empuk, mendekati tekstur mousse foundation. Tapi ada juga yang kemasannya berbentuk tube, namun biasanya cream foundation-nya mendekati liquid.

4. Stick Foundation

Stick foundation

Selanjutnya mari kenalan dengan foundation stick. Pernah mendengar foundation berbentuk stik? Ini sungguhan ada, kok. Kelebihan foundation stick adalah dapat menutupi noda pada kulit dengan lebih baik daripada foundation jenis lainnya. Sebenarnya foundation ini sama seperti cream foundation, hanya agak lebih padat dan kemasannya unik.

Foundation stick juga disukai karena bentuknya yang on-the-go, mudah dibawa dan tidak makan tempat. Pengaplikasiannya juga mudah dan tidak membuat tangan kotor. Tapi, karena konsistensinya creamy namun agak lebih tebal, makanya Anda harus bisa mem-blend foundation ini dengan baik agar tidak terlihat cakey. Selain itu, Anda juga perlu membeli foundation-nya dalam shade yang benar-benar ideal.

Stick foundation cocok dipakai oleh orang dengan kulit kering, karena biasanya sudah diberi tambahan kandungan oil, makanya teksturnya creamy. Selain digunakan langsung untuk jadi alas bedak, stick foundation bisa dipakai sebagai concealer untuk noda kulit yang lebih besar. Jadi, setelah Anda pakai foundation cair atau krim, gunakan stick foundation sebagai concealer setelahnya.

5. Mousse Foundation

maybelline-dream-matte-mousse-foundation

Mousse foundation, atau dikenal juga sebagai whipped foundation, disukai banyak orang karena formulanya sangat ringan dan aplikasinya halus. Foundation ini sangat mudah menyatu dengan kulit, makanya jenis foundation ini sering menjadi pilihan para pemula makeup.

6. Cushion Foundation

Cushion foundation

* sumber: www.scrooge.co.uk

BB cushion begitu digemari, sehingga membuat saudara sesama krim alas bedak pun ikut-ikutan mengeluarkan produk dengan kemasan yang sama. Memperkenalkan foundation cushion, sebuah foundation yang dikemas dalam compact dengan spons basah sebagai container foundation-nya.

Foundation cushion dibuat dari perpaduan liquid dan powder foundation. Makanya tingkat coverage foundation cushion mulai dari medium ke full, cocok buat dipakai setiap hari ataupun untuk special occasion. Foundation ini sudah dilengkapi dengan puff serta kaca, sehingga memudahkan Anda untuk langsung menggunakannya di mana saja kapan saja. Tapi, karena teksturnya basah, foundation ini tidak cocok untuk touch-up, ya.

7. Dewy Foundation

Dewy Foundation ysl

Selanjutnya, foundation bisa dibedakan dari hasil akhirnya juga. Ada yang matte dan ada yang dewy. Kita akan membahas yang dewy terlebih dahulu. Dewy foundation adalah alas bedak dengan hasil akhir seperti basah. Wajah Anda akan terlihat berkilau alami, bukan kilau yang annoying karena minyak berlebih, ya.

Makeup dewy dipopulerkan oleh makeup Korea yang identik dengan wajah segar dan youthful. Kalau sudah pakai dewy foundation, jadinya tidak perlu pakai highlighter banyak-banyak, deh. Untuk Anda yang kulitnya kering sangat disarankan pakai foundation dewy daripada matte, karena matte dapat mengeringkan kulit.

8. Matte Foundation

Matte Foundation fit me maybelline

Terakhir, ada matte foundation. Berbanding terbalik dengan yang dewy, matte foundation memiliki hasil akhir kering. Foundation yang sangat sempurna untuk jenis kulit berminyak dan normal. Foundation ini mengandung bahan-bahan yang dapat menahan produksi minyak agar tidak berlebihan. Foundation ini juga biasanya oil-free. Pemilik kulit kering bukannya tidak boleh pakai foundation ini, loh. Kalau mau, pakai moisturizer dan serum berbentuk oil agar wajah jadi tidak kering.

Itu dia macam-macam foundation yang ada di pasaran. Tentu masih ada beberapa macam foundation lagi yang belum dibahas, seperti foundation sesuai kandungannya (oil-based foundation, mineral foundation, dll). Kalau Anda paling suka pakai foundation yang mana?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar