Kamini.id / Lamaran / Ketahui Makna yang Terkandung dari Beragam Hantaran Lamaran

Ketahui Makna yang Terkandung dari Beragam Hantaran Lamaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Menikah adalah dambaan setiap orang. Pernikahan merupakan momen sakral yang di dalamnya berisi sebuah janji kedua belah pihak untuk saling mencintai dalam ikatan yang sah hingga akhir hayat. Menikah menjadi awal dari sebuah kehidupan baru yang indah yaitu berkeluarga, membangun masa depan yang bahagia bersama pasangan dan buah hati.

Sebelum menikah, biasanya sebuah pasangan melangsungkan prosesi pra nikah atau yang biasa disebut lamaran. Lamaran sendiri yaitu suatu proses dimana sang mempelai pria menghadap kepada pihak mempelai wanita untuk meminang sang mempelai wanita. Lamaran ini berfungsi sebagai pengikat antara kedua mempelai juga sebagai wadah untuk berdiskusi kedua belah pihak tentang pernikahan.

Lamaran sendiri memiliki perbedaan tradisi di setiap daerahnya disesuaikan dengan kebudayaan setempat. Biasanya pada momen lamaran ini, pihak mempelai pria membawa sederet hantaran khas untuk sang mempelai wanita. Tak semata-mata hanya hantaran belaka, akan tetapi hantaran lamaran tersebut tentu merupakan simbol yang dipenuhi makna-makna yang indah.

Penasaran apa saja makna yang terkandung pada hantaran lamaran yang biasa dibawa pada momen lamaran? Yuk, ketahui jawabannya di bawah ini!

1. Seperangkat Alat Shalat dan Al-quran

Seperangkat Alat Shalat dan Al-quran

* sumber: www.wajibbaca.com

Bagi masing-masing mempelai yang beragama Islam mungkin seserahan berupa alat shalat dan Al-quran merupakan pilihan nomor satu. Alat shalat dan al-quran ini tak hanya merupakan benda belaka namun memiliki makna yang tersirat di dalamnya khususnya dari sisi religi.

Seperangkat alat shalat biasanya terdiri dari beberapa benda di dalamnya seperti mukena, sajadah, dan tasbih. Benda-benda tersebut memiliki arti dan makna tersendiri bagi sebuah pernikahan yang mana sang suami harus bertanggung jawab sepenuhnya atas segala amalan-amalan yang diperbuat istrinya.

Sang suami mengemban tugas membimbing istrinya untuk selalu taat dalam beribadah dan menyembah Allah agar kelak mendapatkan surgaNya. Begitu pula sang istri yang memiliki tanggung jawab terhadap seperangkat alat shalat tersebut untuk menggunakannya sebagaimana yang seharusnya.

2. Cincin Pernikahan

Cincin Pernikahan

* sumber: nazuragulfira.blogspot.com

Dalam prosesi lamaran juga biasanya terdapat seserahan berupa sepasang cincin pernikahan yang dikemas sedemikian rupa dengan balutan keindahan. Sepasang cincin ini juga memiliki makna yang indah tentang perjalanan panjang sebuah pernikahan.

Sepasang cincin memiliki makna yang sangat luas diantaranya adalah sebagai tanda dari kebersamaan mempelai yang selalu abadi hingga maut memisahkan. Menjadi simbol kekuatan sepasang suami istri dalam menghadapi berbagai ujian yang melanda dalam bahtera rumah tangga , juga menjadi sebuah bukti cinta dan komitmen tanpa akhir.

3. Sejumlah Perhiasan

Sejumlah Perhiasan

* sumber: id.pinterest.com

Tak hanya cincin pernikahan, biasanya seperangkat perhiasan juga ikut menjadi barang seserahan dalam prosesi lamaran. Perhiasan yang dipilih pun beragam baik berupa kalung, gelang, hingga anting. Material dari perhiasan pun bisa dipilih sesuai kebutuhan namun yang paling banyak dipilih adalah emas.

Perhiasan ini melambangkan suatu ikatan cinta yang indah dengan harapan suatu pernikahan dapat berjalan baik dan bersinar selalu. Khususnya bagi sang pemakai yaitu mempelai wanita, dengan adanya sejumlah perhiasan ini diharapkan dapat selalu berbahagia dan terus memiliki kehidupan yang bersinar laksana perhiasan.

4. Perlengkapan Kecantikan

Perlengkapan Kecantikan

* sumber: id.pinterest.com

Skin care atau berbagai alat make up dan sejenisnya menjadi salah satu hantaran yang biasa dibawa mempelai pria kepada sang mempelai wanita. Perlengkapan kecantikan tersebut memiliki berbagai macam isian di dalamnya salah satunya adalah bedak dengan sederet peralatan penunjang kecantikan lainnya.

Dalam menentukan perlengkapan kecantikan ini biasanya sang mempelai pria harus mengatur koordinasi terlebih dahulu dengan sang mempelai wanita agar perlengkapan kecantikan yang dihantarkan dapat sesuai kebutuhan.

Tak semata-mata perlengkapan penunjang kecantikan, benda hantaran yang satu ini juga memiliki makna tersendiri, lho. Perlengkapan kecantikan ini bermakna bahwa kelak sang istri diharapkan dapat selalu tampil cantik dan menawan di hadapan sang suami agar keluarga tetap harmonis dan bahagia.

5. Set Pakaian Wanita

Set Pakaian Wanita

* sumber: istricaaantik.com

Seperangkat atau satu set pakaian juga biasanya dijadikan sebagai salah satu benda seserahan pada acara lamaran. Pakaian yang dihantarkan tersebut disesuaikan dengan adat dan budaya setempat. Pakaian yang dimaksud cukup beragam baik pakaian berbentuk kain ataupun produk jadi seperti baju, celana, dan yang lainnya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Set pakaian ini memiliki makna sebagai penyimpan rahasia atau diharapkan adanya kemampuan untuk bisa menyimpan rahasia rumah tangga sebaik mungkin. Jangan sampai rahasia rumah tangga yang menjadi masalah pribadi menjadi masalah yang diketahui secara umum.

Dengan adanya kemampuan menjaga rahasia rumah tangga dengan baik ini, rumah tangga akan berjalan dengan baik pula dan penuh kebahagiaan.

6. Rangkaian Buah-buahan

Rangkaian Buah-buahan

* sumber: kakanaskitchen.blogspot.com

Rangkaian buah-buahan segar dan cantik juga selalu hadir sebagai pelengkap hantaran untuk acara lamaran. Buah-buahan yang biasa digunakan sebagai hantaran ini antara lain adalah pisang, apel, anggur, dan jeruk. Buah-buahan juga merupakan simbol yang menyiratkan banyak makna di dalamnya.

Buah-buahan yang ditata rapi dengan tambahan ornamen-ornamen sebagai hiasannya ini bermakna sebagai rejeki yang luas dan lancar. Setelah menikah nanti, diharapkan kedua mempelai hidup dengan rejeki yang melimpah dan cukup. Tak hanya dapat dirasakan oleh kedua mempelai saja, tetapi rejeki tersebut diharapkan dapat dirasakan oleh orang sekitar.

7. Makanan Tradisional

Makanan Tradisional

* sumber: www.cakemall.co.id

Sebagai Negara yang kaya akan warisan budaya termasuk dari segi kuliner, makanan tradisional juga sering digandeng sebagai hantaran dalam acara lamaran. Makanan tradisional ini sendiri berbeda-beda sesuai adat dan budaya daerahnya masing-masing. Makanan tradisional yang paling sering dipakai adalah kue lapis dan bugis.

Makanan tradisional ini menjadi doa dan harapan tersendiri bagi kedua mempelai agar selalu menjaga tali persaudaraan kedua belah pihak dengan baik. Adapun makna tersendiri dari makanan tradisional berbahan dasar beras ketan yaitu agar hubungan pernikahan selalu lengket hingga akhir hayat selengket beras ketan yang telah dimasak.

8. Suruh Ayu atau Daun Sirih

Suruh Ayu atau Daun Sirih

* sumber: www.wajibbaca.com

Daun sirih memang bukan sebuah kebutuhan pokok bagi masing-masing mempelai. Akan tetapi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, daun sirih atau yang biasa disebut suruh ayu selalu dibawa sebagai hantaran dalam acara lamaran. Ya, tentu saja hal ini dikarenakan makna besar yang tersirat pada benda ini secara turun-temurun.

Daun sirih atau suruh ayu menjadi lambang keselamatan sekaligus menjadi doa agar kedua mempelai selalu dalam keselamatan dan keberkahan hidup. Agar para kedua mempelai selalu selamat dalam menjalani kehidupan baru yang dipenuhi lika-liku kehidupan rumah tangga.

9. Tas Wanita

Tas Wanita

* sumber: nakita.grid.id

Tas juga menjadi daftar hantaran yang banyak dipilih orang dalam acara lamaran. Biasanya tas ini dimasukkan dalam satu tray bersamaan dengan sepatu. Meski demikian, tak sedikit pula orang-orang memisahkan antara tas dengan sepatu dalam tray yang berbeda.

Tas yang menjadi hantaran lamaran ini sebagai simbol kesanggupan sang mempelai pria dalam memenuhi segala kebutuhan istrinya. Dengan adanya hantaran berupa tas ini diharapkan sang mempelai pria dapat bertanggung jawab penuh atas keinginan serta kebutuhan sang istri kelak ketika berumah tangga.

10. Alas Kaki Wanita

Alas Kaki Wanita

* sumber: wolipop.detik.com

Hantaran lamaran yang terakhir ada alas kaki wanita yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan mulai dari high heels, wedges, dan lain-lain sesuai kebutuhan dan keinginan. Alas kaki tersebut memiliki sebuah arti tersendiri di dalamnya.

Alas kaki seperti sepatu atau sandal melambangkan kesanggupan kedua mempelai dalam menjalani kehidupan rumah tangga bersama-sama. Menapaki berbagai rintangan dalam rumah tangga secara beriringan seperti sepasang alas kaki yang selalu berdampingan yang tentu saja dalam jalan yang lurus.

Itu dia sederet hantaran lamaran yang biasa kita temui dilingkungan sekitar dengan beragam makna yang terkandung di dalamnya. Jadi, hantaran lamaran tersebut tak hanya berfungsi sebagai hadiah semata akan tetapi merupakan benda-benda yang penuh makna dan harapan terbaik di dalamnya.

Semoga informasi mengenai makna hantaran lamaran sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Khususnya bagi kamu yang hendak melangsungkan prosesi lamaran, kamu jadi lebih tahu beragam makna yang terkandung dari hantaran-hantaran tersebut yang juga berfungsi sebagai harapan dan doa pernikahan.

Jika ingin mempersiapkan pernikahan, baca juga artikel hal yang perlu disiapkan sebelum menikah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *