Kamini.id / Hijab / Macam-Macam Hijab Terpopuler di Kalangan Muslimah Indonesia

Macam-Macam Hijab Terpopuler di Kalangan Muslimah Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebelum membahas macam-macam hijab, ada sedikit miskonsepsi mengenai pengertian hijab itu sendiri. Banyak orang yang masih mengartikan kerudung dan hijab sebagai satu benda yang sama. Sehingga, sampai saat ini masih banyak yang mengira kedua istilah tersebut merujuk pada suatu penutup kepala yang digunakan wanita muslim.

Padahal selain topi, penutup kepala ada berbagai jenis, beberapa diantaranya adalah yang terbuat dari kain. Kebanyakan memang penutup kepala kain yang menjuntai panjang ke bawah sering digunakan oleh wanita muslim.

Jenis Penutup Kepala dari Kain

Untuk menutup kepala, ada beberapa istilah yang bisa digunakan, seperti kerudung, hijab, hingga turban. Nah, setiap jenis penutup kepala ini punya fungsi dan kegunaannya masing-masing. Apa saja itu? Berikut simak ulasannya.

1. Kerudung

kerudung orthodox (Copy)

* sumber: blog.obitel-minsk.com

Adalah selendang yang dapat menutupi sebagian besar hingga seluruh bagian atas kepala dan rambut. Kerudung sendiri tidak sebatas diartikan dalam konteks agama saja dalam pemakaiannya. Bisa jadi karena kesopanan, kebersihan, faktor cuaca, dan alasan lainnya.

Istilah kerudung tak juga cuma merujuk pada penutup kepala yang digunakan wanita muslim. Para wanita Yahudi Ortodoks yang sudah menikah ternyata diwajibkan menggunakan kerudung yang disebut Snood atau Tiche.

Kerudung digunakan pula oleh wanita Katolik saat menghadiri perayaan Ekaristi atau Misa. Kerudung bahkan digunakan oleh wanita Mesopotamia Kuno dan kerajaan Yunani serta Persia sebagai tanda kehormatan dan status yang tinggi. Saat ini, kerudung sendiri sudah menjadi trend fashion tersendiri. Karena itulah kerudung konteksnya cukup luas.

2. Hijab

Pahami Hukum Hijab

* sumber: id.pinterest.com

Sama halnya dengan kerudung, hijab juga memiliki arti yang cukup luas. Dalam bahasa Arab, hijab diartikan secara harfiah sebagai penghalang atau penutup. Jadi, apapun yang digunakan untuk menutupi aurat wanita dapat disebut sebagai hijab. Aurat yang dimaksud juga bukan kepala dan rambut saja, melainkan seluruh aurat dari ujung kepala hingga kaki.

Sayangnya, di Indonesia hijab selalu dipersepsikan terbatas sebagai kain yang menutupi rambut, leher dan dada. Hijab juga seringkali dianggap sebagai trend fashion semata di Indonesia. Karena itulah masih banyak yang tak dapat membedakan antara hijab dan kerudung.

3. Shayla

shayla (Copy)

* sumber: halaal.market

Penutup kepala dan rambut ini sebenarnya adalah syal segi empat panjang yang digunakan dengan cara dililitkan pada bagian kepala lalu dilipat atau dikaitkan pada bagian bahu penggunanya. Shayla merupakan penutup kepala yang populer di negara-negara Teluk Arab.

4. Al-Amira

al-amira (Copy)

* sumber: hijabfactory.co.uk

Merupakan penutup kepala dan rambut yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah penutup rambut yang melekat di kepala atau yang beken disebut ciput. Lalu, ditambahkan kerudung luar instan dengan model seperti tabung.

5. Khimar

* sumber: www.ralali.com

Sedangkan Khimar adalah kerudung yang panjangnya tepat di atas pinggang. Khimar dapat menutupi rambut, leher, pundak, serta dada sepenuhnya. Tetapi khimar tetap menampilkan wajah penggunanya. Nama lain dari Khimar adalah Al-Maqani.

6. Chador

* sumber: en.wikipedia.org

Chador adalah busana yang sering digunakan oleh wanita Iran saat keluar rumah. Chador merupakan busana berbentuk  jubah yang dapat menutupi semua bagian tubuh penggunanya terkecuali bagian wajah. Terkadang chador juga dipadukan dengan kerudung yang lebih kecil di dalamnya.

7. Niqab

Niqab (Copy)

* sumber: theconversation.com

Sementara niqab merupakan kerudung dengan kain terpisah yang dapat menutupi sebagian besar area wajah terkecuali mata (cadar). Jadi tak hanya menutupi kepala dan rambut, niqab juga menutupi area wajah penggunanya. Mungkin niqab populer di Indonesia dengan nama cadar.

8. Burqa

Burka (Copy)

* sumber: www.cnnindonesia.com

Bisa dikatakan burqa memadukan chador dengan cadar. Tak hanya menutupi seluruh tubuh, burqa juga didesain menutupi wajah penggunanya. Bahkan bila cadar masih menyisakan bagian mata yang tetap terbuka, burqa didesain  benar-benar menutupi mata penggunanya.

Hanya saja, pada bagian mata, kain dibuat seperti jaring yang agak renggang sehingga mata pengguna masih dapat melihat dari bagian tersebut.

9. Turban

Turban (Copy)

* sumber: parenting.orami.co.id

Berbeda dengan pengertian penutup kepala lainnya, Turban diartikan sebagai penutup kepala yang terbuat dari kain panjang yang dililitkan pada kepala. Turban sendiri tak hanya digunakan oleh wanita, kaum pria pun bisa menggunakan penutup kepala ini. Turban juga menjadi identitas budaya bangsa-bangsa tertentu.

Macam-Macam Hijab yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui perbedaan hijab dan kerudung, saatnya untuk mengetahui macam-macam model hijab yang sudah banyak beredar di pasaran Indonesia. Ingat, dalam pembahasan ini, konteks hijab yang dimaksud adalah penutup kepala dan rambut yang panjangnya hingga menutupi seluruh bagian tubuh penggunanya terkecuali wajah.

1. Hijab Syiria

Hijab Syiria (Copy)

* sumber: hijabbatikmuslimah.blogspot.com

Salah satu model hijab yang banyak diminati wanita Indonesia adalah hijab instan. Yang membedakan hijab instan ini dengan hijab biasa tentu saja dari pemakaiannya. Hijab instan bisa langsung digunakan tanpa perlu menempelkan bagian-bagian kain menggunakan jarum pentul atau peniti.

Nah, salah satu jenis hijab instan yang populer digunakan adalah hijab syiria. Hijab syiria merupakan hijab instan tanpa tambahan bantalan busa berbentuk setengah lingkaran yang berada di tepi bagian kepala. Bantalan ini disebut sebagai pet yang berguna untuk menjaga hijab agar tetap rapi. Pet ini juga cukup berguna dalam menghadang sinar matahari mengenai bagian dahi.

2. Bergo

Hijab Bergo (Copy)

* sumber: www.blibli.com

Bergo juga merupakan jenis hijab instan. Bergo sendiri merupakan hijab yang cukup sering dipilih muslimah Indonesia. Bergo juga mirip dengan hijab syiria, tetapi bedanya adalah adanya pet pada hijab Bergo. Hijab ini banyak dipilih karena dinilai praktis dalam penggunaannya.

Hijab bergo juga sudah mengalami perkembangan, dari yang modelnya simple dan polos, hingga yang dilengkapi dengan detail cantik seperti payet atau bordir pada bagian pet. Ada pula yang dilengkapi dengan tali serut, atau lipit pada bagian bahu. Bergo juga mulai menggunakan berbagai kain bermotif dalam pembuatannya.

3. Hijab Segi Empat

* sumber: she.id

Cukup bayangkan hijab ini sebagai kain segi empat. Benar, hijab segi empat terbuat dari kain persegi dengan panjang keempat sisinya dibuat sama. Setiap bagian sisi tersebut kemudian dirapikan jahitannya dengan cara dijahit, obras, atau dineci.

Hijab segi empat juga sudah berkembang dari mulai panjang hijab, motif, hingga jenis bahan kain yang digunakan. Hijab segi empat dapat digunakan pula untuk berbagai macam gaya.

4. Hijab Pashmina

pashmina (Copy)

* sumber: hijabfactory.co.uk

Makna Pashmina sendiri sesungguhnya adalah benang yang dipintal dan dianyam menjadi kain dari pashm. Nah yang disebut phasm adalah bulu kambing kasmir asli dari daerah di India. kambing ini dinamakan juga kambing Changtangi. Bulu kambing ini memang memiliki karakteristik yang sangat lembut. Sejak dahulu, bulu kambing ini sering digunakan untuk membuat syal hingga kerudung.

Di Indonesia, istilah pashmina mengacu pada kerudung berbentuk persegi panjang. Miskonsepsi ini terjadi mungkin karena kebanyakan kerudung berbahan pashmina di Indonesia dibuat dengan bentuk persegi panjang. Sehingga menjadikan persepsi masyarakat Indonesia menggeneralisasi semua kerudung berbentuk persegi panjang adalah pashmina.

Hijab pashmina juga menjadi salah satu hijab non-instant yang cukup banyak digemari muslimah Indonesia. Apalagi hijab pashmina banyak sekali digunakan oleh para hijabers dalam gaya mereka. Sama seperti kerudung segi empat, pashmina juga memiliki banyak motif dan model.

5. Hijab Lengan

Hijab Lengan (Copy)

* sumber: elzattastore.com

Sesuai dengan namanya, hijab ini merupakan hiab yang menjuntai hingga bagian menutupi perut dan memiliki kain tambahan berbentuk lengan baju. Hijab lengan memadukan dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai kerudung dan sebagai baju.

Hijab ini juga masih merupakan hijab instant yang penggunaannya tidak repot. Sayangnya, hijab baju tidak terlalu memiliki banyak variasi. Tetapi bila kamu ingin tampil praktis, kamu bisa menggunakan hijab ini.

6. Hijab Sosor Twist

Hijab sosor twist (Copy)

* sumber: www.pricearea.com

Sosor twist merupakan model hijab yang memadukan hijab dengan bagian yang dibentuk seperti hoodie dalam satu kain yang sama. Benar, nama lain dari model hijab ini adalah hijab hoodie. Ketika digunakan, hijab ini akan memberikan statement seperti menggunakan hoodie. Jenis hijab ini sempat booming digunakan beberapa tahun silam.

7. Hijab Instan Modifikasi

* sumber: beautynesia.id

Hijab ini adalah hijab non-instant yang dimodifikasi menjadi hijab instant. Cukup membingungkan ya. Tetapi memang seperti itulah model hijab yang satu ini.

Hijab instant modifikasi adalah hijab segiempat atau pashmina yang didesain sehingga pemakaiannya tidak memerlukan jarum pentul atau peniti layaknya hijab instan. Model hijab ini sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan dan acara. Baik yang formal maupun kasual.

Nah itulah berbagai macam model hijab yang cukup populer di Indonesia. Model hijab tersebut dapat kamu pilih untuk melengkapi penampilan muslimahmu. Kamu juga bisa membaca padu padan warna hijab dengan outfit travelling pada artikel ini. Bila kamu memiliki rekomendasi hijab model lain yang belum disebutkan, silakan tinggalkan di kolom komentar, ya

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Mei 2020