Inilah Macam-Macam Kuas Makeup yang Harus Dimiliki

Kurang afdol rasanya kalau Anda coba-coba makeup-an, apalagi kalau berkeinginan untuk jadi penata rias, tapi tidak tahu menahu tentang makeup brush. Anda tidak perlu merasa berkecil hati, karena makeup brush ada banyak sekali macamnya.

Kadang, memilih makeup brush yang cocok digunakan untuk keperluan tertentu juga sulit. Misalnya ada angled blush brush yang bisa Anda pakai sebagai contour atau highlighter brush juga. Jika Anda masih awam tentunya bingung dengan hal ini, bukan?

Makeup brush juga membingungkan karena mereka hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, panjang, hingga kepadatan bulunya. Dan tidak berhenti sampai di situ saja. Ada beberapa produk yang hanya mencantumkan angka (contoh: MORPHE M439 Deluxe Buffer) sehingga kurang jelas fungsinya apa kalau Anda tidak mencari tahunya lebih lanjut.

Anda mungkin dipusingkan juga dengan makeup brush set yang bisa berisi hingga 20 buah lebih kuas. Sudah setiap brush-nya mirip-mirip, terus fungsinya juga tidak terlalu jauh berbeda. Nah, daripada Anda kebingungan dan malah overbought, beli brush yang sebenarnya tidak penting, Kamini hadir untuk membantu Anda.

1. Foundation Brush

FENTY BEAUTY Full Bodied Foundation Brush 110

Foundation brush menjadi favorit banyak orang karena dapat mengaplikasikan foundation dengan hasil yang lembut dan flawless. Kuas ini dapat digunakan untuk meratakan foundation liquid maupun cream tanpa goresan sama sekali. Mulailah pada tengah wajah Anda lalu baurkan foundation ke arah luar untuk mencegah garis-garis di sekitar tepi wajah Anda.

Tips: sebaiknya basahi bulu kuas terlebih dahulu dengan air hangat atau semprot dengan toner agar bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih rata. Atau, jika mau menggunakan brush dalam keadaan kering, tap-tap wajah Anda menggunakan spons yang lembab agar foundation jadi lebih terlihat smooth. 

Penggunaan alternatif: bisa digunakan sebagai under-eye concealer brush. Cara pakainya di tap-tap, ya, bukan digeser.

2. Stippling Brush

colourpop STIPPLING BRUSH

Brush yang sebaiknya Anda beli selanjutnya adalah stippling brush. Kuas ini cukup sempurna untuk mengaplikasikan base makeup agar memudahkan pengapliksian foundation ke kulit wajah kemudian. Jadi, sebelum pakai foundation brush Anda bisa pakai stippling brush dulu untuk menggunakan primer, pelembab, dll.

Untuk kulit yang lebih mulus dan warnanya merata, stippling brush dapat Anda gunakan juga untuk mengaplikasikan concealer (bahkan blush on juga). Kuas stippling bisa digunakan untuk meratakan produk liquid maupun cream. Kelebihan lain dari kuas ini adalah serat-seratnya sangat sempurna untuk mencapai efek airbrush.

3. Powder Brush

 Powder Brush morphe Jaclyn Hill JH01

Fungsi utama dari kuas bedak adalah untuk membubuhkan wajah Anda dengan loose atau pun compact powder tanpa membuat wajah terlihat seperti hantu. Powder brush yang baik akan memungkinkan Anda memoles dan mengatur riasan yang Anda inginkan, tanpa merusak warna dan menggeser makeup yang sudah menempel pada kulit Anda.

Penggunaan alternatif: bisa dijadikan blush on brush! Tapi hati-hati dalam menggunakannya karena powder brush jauh lebih besar daripada blush on brush pada umumnya.

4. Concealer Brush

Concealer Brush

* sumber: raemorris.com

Concealer brush merupakan kuas untuk aplikasi semua concealer, terutama concealer bawah mata. Brush ini sangat bagus digunakan untuk meng-cover area yang membutuhkan perhatian ekstra seperti noda bekas jerawat misalnya. Brush concealer juga sangat cocok untuk membersihkan lipstik dan eyeliner yang berantakan.

Penggunaan alternatif: concealer brush berfungsi ganda untuk aplikasi eye shadow berbasis cairan atau minyak. Dapat digunakan juga sebagai lip brush.

5. Blush On Brush

Blush On Brush

* sumber: www.elle.com

Selanjutnya ada blush on brush. Pada dasarnya kuas ini hampir sama dengan powder brush, akan tetapi, blush on brush lebih bisa digunakan untuk mengangkat warna blush on. Ciri khas brush on blush adalah memiliki bulu kuas yang bulat, tapi ada juga yang pencampuran antara bulu kuas bulat dengan ujung lancip seperti angled blush brush.

Kalau angled blush brush lebih multifungsi lagi karena bisa dipakai untuk blush on dan contour juga. Lalu, hasil blush on Anda juga akan jadi lebih mulus karena nge-blend secara sempurna dengan contour Anda. Bentuk bulu yang miring memudahkan untuk menerapkan blush on dengan hasil akhir lebih mulus.

6. Bronzer Brush

The Makeup Shack T35 BRONZER/BLUSH Brush

Bronzer kurang lebih sama dengan shading dan contour. Fungsi bronzer adalah untuk meniruskan pipi, memancungkan hidung, menyempitkan dahi lebar, intinya adalah untuk memberikan dimensi pada wajah Anda.

Dengan bentuknya yang bulat, kuas ini memungkinkan riasan yang diinginkan lebih merata. Bentuk bulu yang dimiliki brush ini dapat mengambil jumlah warna bronzer yang tepat untuk diterapkan dengan sempurna pada kulit. Ada pula kuas bronzer yang bentuknya miring seperti gambar di atas, fungsinya lebih banyak lagi yaitu bisa untuk bronzer, contour, dan blush on.

Jangan lupa tap-tap brush Anda sebelum membubuhkan bronzer pada wajah agar hasilnya tidak mblog-mblogan, ya.

7. Face Contour Brush

docolor Face Contour Brush

Tadi Kamini sempat menyebutkan kuas yang bisa dipakai untuk contour, kan? Nah, kalau yang satu ini benar-benar berfungsi untuk meng-contour wajah. Seperti namanya, kuas makeup ini digunakan untuk membentuk kontur wajah seperti sudut tulang pipi Anda. Kuas ini adalah alat yang sempurna untuk membantu memfokuskan area wajah yang ingin Anda kontur dan bentuk.

8. Fan Brush

Fan Brush

* sumber: www.boots.com

Bulunya yang menyerupai kipas dibuat khusus untuk digunakan dengan makeup yang berbentuk loose powder. Kuas ini menyapu aneka loose powder dengan ringan pada kulit, menghasilkan efek yang lembut dengan hasil akhir velvet.

Kuas ini sangat cocok jika Anda bertujuan untuk menaburkan bedak dalam skala minimal atau untuk menyapu bedak yang terlalu banyak Anda bubuhkan sebelumnya. Jadi, bisa dipakai untuk membubuhkan bedak dan menghilangkannya juga, ya.

Penggunaan alternatif: gunakan sebagai highlighter brush. Bisa juga dipakai sebagai pengganti maskara (jika Anda ingin tampilan no makeup-makeup look). Caranya adalah dengan melapisi brush dengan sedikit maskara lalu aplikasikan ke bulu mata.

9. Eyeshadow Brush

Sekarang kita masuk ke eyeshadow brush. Apalah makeup tanpa eyeshadow yang bagus? Untuk mendapatkan tampilan riasan mata yang diinginkan, Anda membutuhkan brush yang mumpuni dan benar-benar bekerja.

  • Blending Brush

Blending Brush

Eyeshadow blending brush adalah salah satu yang harus Anda miliki. Gunanya adalah mem-blend eyeshadow seperti profesional. Bentuk bulu kuasnya membulat, sehingga blending pun akan jadi lebih mudah.

Hasil akhir yang diidam-idamkan, yaitu efek lembut dan buram, tanpa garis yang patah-patah dan jelek. Gunakan bulu halusnya untuk meratakan eyeshadow pada lipatan mata Anda, atau gunakan untuk memadukan beberapa warna eyeshadow secara bersamaan.

Penggunaan alternatif: bisa dipakai untuk mem-blend highlighter di tulang pipi, tulang alis, dan cupid's bow.

  • Smudger Brush

Smudger Brush

Eyeshadow brush lainnya yang perlu Anda miliki adalah smudger brush. Gunakan kuas ini untuk melembutkan eyeliner agar riasan mata smoky Anda semakin merona.

Penggunaan alternatif: bisa dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow pada sekeliling mata Anda, seperti sudut dalam dan luar.

  • Angled Eyeliner Brush

Angled Eyeliner Brush e.l.f

Dan apalah eyeshadow jika tidak ditutup dengan segaris eyeliner yang rapi? Sebenarnya riasan mata tidak selalu wajib menggunakan eyeliner, tapi jika Anda ingin tampilan yang lebih dramatis maka Anda membutuhkannya. Sayangnya, memakai eyeliner merupakan tugas yang berat. Tak jarang eyeliner menggagalkan semua, tidak hanya eyeshadow tapi semua makeup Anda.

Makanya, gunakan kuas yang enak dipakai supaya eyeliner tidak gagal lagi. Walaupun semua kembali kepada preferensi, Kamini merekomendasikan angled eyeliner brush. Kuas ini berperan sangat penting dan sangat efektif jika ingin menambahkan paduan warna yang sempurna pada mata Anda.

Kuas Ini dirancang untuk mengikuti lipatan alami rongga mata sehingga Anda dapat menambahkan eyeliner yang mendalam. Meskipun dirancang untuk rongga mata, kuas ini juga dapat digunakan pada alis dan eyeliner. Brush ini didesain dengan ujung yang tajam sehingga memudahkan Anda untuk mengisi dan menggambar alis (dan/atau eyeliner) sesuai keinginan dengan mudah.

10. Lash/Brow Comb/Brush

Lash/Brow Comb/Brush

Di daftar macam-macam kuas makeup yang perlu Anda miliki selanjutnya ada lash/brow comb/brush. Sebenarnya ada produk terpisah dari brush ini, Bayangkan brush ini terbagi dua. Tapi, buat apa punya dua benda kalau satu gagang saja Anda sudah dapat dua kelebihan seperti ini?

Kuas ini bisa disebut juga sebagai 2-in-1 defining brush. Ada dua macam defining brush sebenarnya, yang seperti pada gambar, dan yang satu lagi merupakan perpaduan spoolie (sikat bundar) dan angled brush untuk mengaplikasikan alis atau eyeliner.

11. Kabuki Brush

Inilah Macam-Macam Kuas Makeup yang Harus Dimiliki 61

Kalau Anda rajin menonton video makeup tutorial di YouTube pasti pernah melihat dan mendengar apa itu kabuki brush. Kuas ini memiliki bulu yang banyak dan padat. Bulu-bulunya sangat lembut, sehingga cocok untuk mengaplikasikan bedak maupun bronzer. Tidak hanya untuk wajah, kabuki brush bisa Anda pakai untuk mendistribusikan makeup pada tubuh juga.

12. Lip Brush

Lip Brush

Makeup brush terakhir yang sebaiknya Anda miliki adalah kuas bibir. Kenapa? Kalau dipikir-pikir pakai lipstik ya tinggal dipakai saja, bukan? Apalagi kalau Anda pakai lip cream yang jelas-jelas ada aplikatornya. Akan tetapi, lip brush dapat membantu Anda mengaplikasikan lipstik sehingga warna dan kilaunya lebih keluar. Bibir juga lebih terdefinisi karena lipstik jauh lebih rapi dibandingkan jika Anda langsung memakainya begitu saja.

Ya, itulah daftar kuas makeup yang sebaiknya Anda miliki untuk mendapatkan riasan wajah yang mumpuni. Ada berbagai macam makeup brush di toko online. Dengan beragam merek, tipe, dan perbedaan harga, Anda mungkin akan kebingungan dalam memilih merek yang Anda butuhkan.

Tips untuk membeli makeup brush adalah, secara umum, Anda harus merasakan kuasnya. Pastikan makeup brush berbulu lembut, sehingga akan terasa nyaman di kulit Anda.

Anda juga harus memeriksa berat dan panjang gagang kuas untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan alat yang ada pegang. Jangan karena kuasnya terlihat menggemaskan lalu Anda langsung membelinya tanpa pikir panjang lagi.

Ingatlah, Anda harus memperhatikan perbedaan bulu kuas, karena mereka mempunyai kegunaan yang berbeda. Bulu alami memberikan hasil akhir yang baik, sementara bulu sintetis bekerja dengan baik untuk makeup cair.

Bulu kuas yang padat bekerja dengan efektif untuk mengaplikasikan makeup yang membutuhkan banyak warna (seperti eyeshadow, foundation, lipstik). Sedangkan bulu kuas yang longgar ideal untuk dipakai mengaplikasikan makeup yang lebih ringan seperti bedak dan highlighter.

Penting! Selalu cuci kuas makeup Anda setidaknya dua minggu sekali untuk menjaga kuas Anda tetap bersih dan terbebas dari penyebaran bakteri. Untuk itu, carilah kuas yang mudah dibersihkan, jangan beli yang gagangnya aneh-aneh apalagi yang bulu kuasnya terlalu padat hingga susah dibersihkan. Tidak perlu beli yang mahal, tapi beli yang berkualitas.

Akan tetapi, pada praktiknya, kita tidak perlu terlalu memperdulikan jenis brush apa yang digunakan selama efek yang diinginkan sudah tercapai. Jadi, kalau Anda merasa cocok menggunakan foundation brush sebagai contour brush, kenapa tidak? Selama itu hasil yang Anda inginkan. Jadi, jangan terlalu diambil pusing harus menggunakan brush A untuk makeup A, dan seterusnya. Selamat berdandan!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram