Kamini.id / Lip Tint / Girls, Kenali Jenis-Jenis Lip Tint Ini Sebelum Membelinya

Girls, Kenali Jenis-Jenis Lip Tint Ini Sebelum Membelinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2019

Kalau kamu sering memperhatikan make up natural ala wanita-wanita Korea, kamu pasti sudah familiar dengan riasan bibirnya yang selalu menggunakan warna-warna soft. Ya, produk pewarna bibir yang dipakai oleh sebagian besar wanita Korea namanya lip tint. Produk ini punya perbedaan yang cukup signifikan dengan lipstik konvensional.

Lip tint dan lipstik sama-sama merupakan pewarna bibir. Namun, ketahuilah bahwa warna yang ditawarkan lip tint tidak sepekat lipstik. Dengan warna yang cenderung soft, sudah dapat dipastikan bahwa lip tint tidak bisa memberikan coverage yang baik untuk menutupi warna alami bibir.

Bagi pemilik bibir kering, lip tint adalah produk yang sangat tepat. Pasalnya, lip tint bersifat melembabkan bibir dan tidak membuat permukaan bibir menjadi kering seperti lipstik matte. Nah, apakah kamu berencana membeli lip tint? Jika ya, kenali dulu jenis-jenis lip tint ini sebelum membeli.

Jenis Lip Tint Sesuai Kandungannya

Sama seperti lipstik, lip tint juga terdiri dalam beberapa jenis. Kali ini, Kamini akan mengulas satu persatu jenis lip tint sesuai dengan bahan kandungan di dalamnya. Yuk, cari tahu lebih jauh mengenai jenis lip tint di sini.

1. Water Type

Lip tint yang berbasis air mampu menghasilkan tampilan yang lebih berkilau alami ketika dipoleskan di permukaan bibir. Kamu akan mendapatkan tampilan glossy yang lebih natural dan tampak tidak berminyak sama sekali.

Walaupun berbasis air, water type lip tint ini tetap mampu memberikan hasil warna yang pekat. Bahkan, ada juga produk yang menjanjikan hasil akhir matte. Kalau kamu ingin memperoleh hasil akhir matte tapi tidak mau bibir terasa sangat kering, tambahkan saja sedikit lip gloss.

2. Gel Type

Selain berbasis air, ada juga jenis lip tint yang berbasis gel. Tekstur produk ini tidak terlalu cair dan cenderung lebih berpigmen. Sayangnya, gel type lip tint ini hanya cocok dipakai oleh pemilik bibir yang cerah, bukan yang gelap.

Hasil yang ditawarkan jenis ini sejatinya jauh lebih mengkilap dibanding lip tint yang berbasis air. Namun, kilau yang ditawarkan lip tint ini tidak dalam jangka waktu lama. Berminat untuk coba merias bibirmu dengan lip tint berbasis gel?

3. Oil Type

Meskipun tergolong jenis lip tint yang paling baru, tetapi lip tint berbasis minyak memang sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati para konsumen. Bagaimana tidak, oil type lip tint merupakan jenis lip tint yang paling bagus untuk pemilik bibir kering. Bahkan, jika bibirmu termasuk sensitif, kamu tetap bisa menggunakan produk ini.

Sifat dari lip tint berbasis minyak adalah efek berkilaunya justru mudah hilang. Walaupun efek kilaunya hilang, warna yang dihasilkan dari lip tint ini tidak akan luntur kok. Kamu juga tidak perlu menambahkan penggunaan lip gloss lagi ketika sudah memakai lip tint berbasis minyak.

4. Creamy Type

Yang satu ini boleh dibilang sebagai jenis lip tint terbaik. Mengapa disebut terbaik? Karena creamy type lip tint menawarkan warna yang pigmented dan daya tahan yang cukup baik. Kalau jenis lip tint lainnya tidak memiliki daya tahan yang awet, creamy type lip tintini menawarkan daya tahan yang lebih baik.

Produsen lip tint jenis ini nampaknya banyak menambahkan pelembab di dalam produk ini. Alhasil, lip tint yang satu ini memang benar-benar cocok banget dipakai oleh pemilik bibir kering. Tampilan yang ditawarkan juga tidak terlalu glossy sehingga kamu masih bisa memperoleh kesan natural ketika mengaplikasikan lip tint ini.

Jenis Lip Tint Sesuai Tekstur

Serupa dengan lipstik, lip tint juga tersedia dalam tekstur yang berbeda-beda, mulai dari cair (liquid), peel off, sampai dengan matte. Nah, pemilihan tekstur lip tint ini memang berdasarkan selera pengguna masing-masing. Pasalnya, setiap orang pasti memiliki tekstur lip tint favoritnya tersendiri.

Ingin membeli lip tint tapi masih bingung dengan tekstur-tekstur yang tersedia? Yuk, kenali daftarnya di bawah ini!

  • Cair (Liquid)

Dari sekian banyak jenis lip tint, tentu saja lip tint cair adalah jenis yang paling banyak dipakai. Teksturnya yang cair ini membuat produsen harus menyediakan kuas aplikator untuk memudahkan penggunanya mengaplikasikan lip tint di seluruh permukaan bibir. Hasil polesan lip tint jadi terlihat lebih rata jika kamu menggunakan aplikator tersebut.

Lip tint cair tidak secair yang kamu bayangkan kok. Cairan lip tint tidak akan menetes ketika kamu memoleskannya di seluruh permukaan bibir. Pokoknya, lip tint jenis cair ini merupakan yang paling favorit dan mudah dipakai!

  • Peel Off

* sumber: www.shefinds.com

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ada lip tint yang hadir dalam bentuk peel off. Ya, cara pemakaian lip tint yang satu ini sama seperti ketika kamu memakai lipstik. Yang membedakan, setelah 10 menit kamu wajib mengelupas lapisan lip tint yang telah mengering. Ketika dikelupas, bibirmu akan nampak berwarna alami sesuai dengan warna lip tint yang dipakai.

Hanya dengan membiarkan peel off lip tint ini melekat pada bibirmu selama 10 menit, kamu akan memperoleh bibir yang berwarna hingga 12 jam, lho. Warna lip tint meresap hingga ke bibir dan memberikan tampilan yang lebih natural.

  • Padat (Tint Stick)

Selanjutnya, ada jenis lip tint padat yang nampak mirip dengan lip balm. Meskipun bentuknya padat, lip tint jenis ini tetap menghadirkan tekstur yang creamy. Produsen memasukkan lebih banyak pelembab ke dalam lip tint berbentuk padat.

Menariknya, jenis lip tint yang satu ini tidak memberikan hasil akhir berupa bibir yang berminyak. Jadi, warna lip tint pun lebih tahan lama melekat di bibirmu.

  • Matte

Tren lipstik matte memang banyak digandrungi di mana-mana, tak terkecuali di Indonesia. Banyak produsen lipstik yang berlomba-lomba membuat lipstik matte dengan beragam keunggulan. Untuk mengimbangi hal ini, produsen lip tint juga menggagas produk lip tint yang memberikan hasil matte.

Jenis lip tint ini bisa dipakai oleh siapapun, termasuk pemilik bibir kering. Lip tint ini memang memberikan hasil yang matte, tapi tidak akan membuat permukaan bibir jadi kering atau berkerut. So, matte lip tint memang merupakan pilihan yang tepat untuk merias bibir.

Dari sejumlah jenis lip tint ini, manakah jenis lip tint yang menjadi favoritmu? Tentu saja setiap jenis lip tint memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apabila kamu butuh rekomendasi lain sebelum membeli lip tint, kunjungi artikel merk lip tint yang bagus ini, yuk.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar