Kamini.id / Sisir / Yuk Ketahui 10 Macam Sisir dan Kegunaannya Masing-Masing

Yuk Ketahui 10 Macam Sisir dan Kegunaannya Masing-Masing

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sisir merupakan alat yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa sisir, rambut bisa acak-acakan. Tak terbayangkan kamu pergi ke kantor atau ke sekolah dengan rambut yang kusut.

Tapi, tahukah kamu bahwa sisir ternyata memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk tahu beragam jenis sisir yang dijual di pasaran, baca terus artikel di bawah ini, ya.

Sejarah Sisir

Sisir

* sumber: commons.wikimedia.org

Sisir merupakan salah satu alat tertua yang ditemukan oleh para arkeolog. Sisir yang berasal dari 2500 SM, yaitu sisir paling awal, ditemukan di Swedia dan sisir tersebut digunakan sebagai hiasan. Yang menjadi bahan pembuatan sisir adalah perunggu dan tulang berasal dari 1800-500 SM.

Kemudian sisir berubah bentuk menjadi bentuk bulan sabit dan dibuat dari besi selama zaman besi awal. Pada akhir zaman besi, bentuk sisir menjadi lebih menciut. Selama abad pertengahan, pembuat sisir menggunakan bahan kayu atau tulang rusa atau tanduk rusa untuk membuat sisir.

Pada awal abad ke-19, sisir dibuat dari bahan kulit kura-kura dan tanduk. Pada akhir abad ke-19, dua bersaudara Yesaya dan John Hyatt, membuat terobosan ketika mereka berhasil mengembangkan seluloid sebagai pengganti untuk gading. Sisir pun kemudian dibuat secara masal, menjadi industri sisir.

Macam-Macam Sisir

Jika kamu perhatikan ketika berada di toko atau swalayan, kamu akan menemukan beragam bentuk sisir. Tiap macam itu memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini macam-macam sisir yang bisa kamu temukan di pasaran.

1. Natural Bristle

Natural Bristle

Cek Harga di Lazada

Sisir ini merupakan sisir yang sangat berguna untuk memijat serta mengaktifkan sirkulasi darah kulit kepala. Bulu pada sisir ini menggunakan rambut babi hutan. Jika jenis rambutmu fleksibel dan pendek, sisir ini merupakan sisir yang ideal karena bulu yang lembut dan bulat tidak akan menganiaya rambutmu.

Natural brush atau bulu alami pada sisir ini membuat rambut kamu menjadi teratur, halus, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan menghilangkan setiap residu rambut. Kamu bisa menyisir rambut tiga kali sehari dengan sisir ini, dengan cara yang tidak terlalu banyak menarik rambut.

Mungkin tidak semua bulu pada jenis sisir ini berasal dari babi hutan. Jadi, bagi yang Muslim mohon perhatikan bahan bulu yang digunakan jika hendak menggunakan sisir ini.

2. Sisir Serbaguna

Sisir Serbaguna

Cek Harga di Lazada

Sisir serbaguna, seperti namanya, bisa melakukan pekerjaan membereskan rambut untuk pria, wanita, dan anak-anak. Ekstra kokoh membuat sisir ini bisa digunakan untuk rambut tipis dan tebal, dan melakukan semuanya mulai dari menyisir cepat hingga memastikan rambutmu terlihat bagus.

Selain itu, sisir serbaguna juga mempunyai bermacam warna juga panjang. Umumnya sisir serbaguna memiliki panjang tujuh inci. Akan tetapi, sisir ini cenderung lebih panjang dibandingkan kebanyakan jenis sisir lainnya, sehingga biasanya sisir hanya digunakan di rumah saja.

3. Paddle Brush

Paddle Brush

Cek Harga di Lazada

Sisir ini mempunyai desain yang lebih luas dan giginya memiliki jarak yang sempurna. Paddle brush membuat menyisir rambut bergelombang menjadi menyenangkan. Pegangannya yang nyaman membantumu memegangnya dengan kuat.

Gigi sisir yang terbuat dari nilon memungkinkanmu untuk menyisir rambut tanpa menggores atau tanpa merasa gatal saat kamu menggerakkan sisir di sepanjang kulit kepala. Paddle brush dengan panjang 10 inci dapat menyisir lebih banyak rambut dan rambut bisa lurus dengan cepat.

Bulu atau gigi sisirnya yang lembut ini dirancang khusus untuk mengurai rambutmu dan memberikan rambutmu pengalaman menyisir yang halus dan nyaman. Cobalah sekali dan kamu akan jatuh cinta dengan bantalan sisirnya yang halus.

4. Teasing Comb

Teasing Comb

Cek Harga di Lazada

Rambut yang tipis mungkin memiliki pilihan gaya rambut yang terbatas. Jika demikian dan ingin terlihat memiliki rambut yang bertekstur dan berbentuk, sisir teasing comb memiliki fungsi untuk menambah volume rambut seperti contohnya saat kamu ingin menyasak rambut.

Teasing comb digunakan dengan cara mengambil sehelai rambut kemudian memegangnya lurus ke atas. Sisir rambut kamu dengan teasing comb enam sampai sepuluh kali. Lakukan ini pada untaian rambut sebanyak yang kamu suka. Agar efektif, kamu harus memiliki rambut yang cukup panjang.

5. Thermal Brush

Thermal Brush

Cek Harga di Lazada

Jenis sisir ini sangat baik untuk menangani rambut halus atau lurus, seperti bristle brush atau sisir dengan bulu yang halus. Sisir ini juga menstimulasi kulit kepala. Dianjurkan untuk menggunakannya pada rambut lurus karena pada jenis rambut lainnya dapat menyebabkan keriting atau ikal.

Sisir ini mempunyai lapisan yang mengandung logam yang bagus jika kamu ingin terlihat memiliki rambut yang curly. Meskipun tidak disarankan untuk menyisir rambut basah, tapi sisir ini bisa digunakan untuk rambut kering atau basah.

6. Barber Comb

Barber Comb

Cek Harga di Lazada

Barber comb ini lebih akrab bagi pria dibandingkan wanita, karena sisir ini merupakan jenis sisir tukang cukur yang paling sering digunakan. Dengan sisir ini, kamu bisa memotong dan meratakan rambut tanpa terlalu dekat dengan kepala, dan jenis sisir ini mempunyai bagian gigi-gigi halus dan lebar.

Jenis sisir ini juga mempunyai bagian yang meruncing, yang lebih lebar di satu ujung daripada yang lain. Umumnya jenis sisir seperti itu berfungsi sebagai guard sehingga tukang cukur tidak merusak kulit kepala. Sisir ini tidak selalu mudah ditemukan seperti jenis sisir lain, tapi kamu bisa membelinya di toko peralatan kecantikan yang bagus.

7. Wide Tooth Comb

Wide Tooth Comb

Cek Harga di Lazada

Ketika kamu keluar dari kamar mandi dan mulai menyisir rambutmu, hal yang paling menjengkelkan yang sering terjadi adalah rambut kamu menjadi kusut. Itu disebabkan karena rambut basah, terutama yang rambut keriting atau ikal, saling bertautan kuat saat terkena air.

Pendekatan pertama yang harus dilakukan adalah mengurai rambut yang kusut ini sesegera mungkin. Jangan gunakan sisir bristle untuk menyisirnya karena mungkin akan membuat pangkal rambutmu jadi lebih lemah.

Coba gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau wide tooth comb yang tidak akan membuat rambut kamu menjadi berantakan dan menarik-narik kulit kepalamu. Memiliki gigi yang lebih lebar dan ujung yang membulat, wide tooth comb merupakan alternatif yang bagus.

8. Double Detangler Comb

Double Detangler Comb

Cek Harga di Lazada

Menyisir rambut keriting merupakan pekerjaan yang sulit jika menggunakan sisir biasa. Siapa pun yang memiliki rambut ikal atau keriting akan takut sisir tersangkut saat menggerakkan sisir di antara rambut-rambutmu.

Double detangler comb memberikanmu pilihan yang andal untuk menyisir rambut. Sisir ini memiliki gigi bundar yang bagus di tepinya. Sisir ini memungkinkan pengguna untuk menyisir rambut tanpa menarik atau mencabut rambut.

Memiliki desain yang sempurna, sisir ini bisa digunakan saat mandi atau saat kamu menggunakan conditioner pada rambutmu untuk membuat rambut lebih bersinar. Tidak hanya itu, double detangler comb juga mempunyai berbagai fitur lain untuk rambut keriting.

9. Pick Comb

Pick Comb

Cek Harga di Lazada

Pick comb, yang mirip dengan rake comb, dibuat khusus untuk mengangkat rambut, dan sisir ini berfungsi dengan baik untuk orang yang menyukai tampilan afro. Sisir ini biasanya memiliki gigi lebar dan pegangan pendek, dan sisir ini juga dapat digunakan untuk sebagian atau menyasak rambut.

Sisir jenis ini dapat terbuat dari logam atau plastik, dan tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Sisir ini bagus untuk orang-orang dengan rambut keriting atau tebal, dan sisir ini biasanya cukup kecil untuk muat di saku atau dompetmu.

10. Pocket Comb

Pocket Comb

Cek Harga di Lazada

Sisir saku atau pocket comb hanyalah sisir kecil yang dimaksudkan agar bisa masuk ke sakumu. Sisir ini biasanya memiliki sisi gigi lebar dan sisi gigi halus untuk mengakomodasi semua jenis rambut, tapi karakteristik utamanya adalah ukurannya yang kecil.

Hal lain yang membuat sisir ini berbeda adalah sisir ini lebih tahan lama, sebagian karena sisir ini dimaksudkan untuk ditempatkan di dalam saku. Pocket comb sangat mudah ditemukan, murah, dan dibuat tahan lama. Kebanyakan pocket comb cenderung berwarna hitam dan terlihat sangat standar.

Sisir ternyata memiliki banyak bentuk dan kegunaannya. Untuk tiap jenis rambut tersedia jenis sisirnya masing-masing. Jadi, rambut ikal atau lurus semua bisa disisir dengan baik tanpa menyakiti kulit kepala dan merusak rambutmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020