Kamini.id / Softlens / Sebelum Beli, Yuk Ketahui Macam-Macam Ukuran Softlens Ini!

Sebelum Beli, Yuk Ketahui Macam-Macam Ukuran Softlens Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juni 2019

Jika dulu penggunaan lensa kontak hanya sebatas untuk kesehatan saja, dalam hal ini untuk mempermudah pengguna kacamata yang ingin tampil menarik dengan melepas kacamatanya, kini penggunaan lensa kontak juga sudah menjamur di kalangan masyarakat yang tidak menderita rabun jauh, atau juga yang memiliki masalah lainnya pada mata.

Saat ini, softlens juga banyak digunakan untuk memperindah penampilan. Ada banyak warna-warna softlens yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari cokelat hingga warna merah.

Nah, ternyata selain memiliki banyak jenis dan warna, softlens juga punya beragam ukuran. Pada kesempatan kali ini, kamini akan berbagi informasi mengenai macam-macam ukuran softlens agar kamu bisa memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran matamu. Setiap merk softlens biasanya memiliki berbagai macam ukuran ini.

Selain itu, kamini juga akan berbagi tips untuk menjaga kesehatan mata bagi para pengguna softlens, agar mata tetap aman dan cantik. Penasaran? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Macam-Macam Ukuran Softlens

1. Ukuran Besar

Bola Mata Kiri

Softlens berukuran besar biasanya memiliki diameter di kisaran 15 hingga 22 mm. Softlens berukuran besar ini tentu saja cocok untuk digunakan oleh kamu yang punya mata besar. Nah, softlens yang punya ukuran besar ini dapat melindungi kornea matamu dari debu serta kotoran. Sehingga matamu tetap aman dan sehat.

Softlensx2 berbagi tips membeli softlens berdiameter besar, untuk kamu yang memiliki mata berukuran besar. Mata berukuran besar tentu punya ukuran pupil dan kornea mata yang besar. Jika kamu hendak memilih warna softlensnya, pilihlah softlens yang punya warna natural agar tidak terlihat terlalu berlebihan saat dipakai.

Selain itu, perhatikan pula softlens yang punya kadar air yang tidak terlalu tinggi, agar mata dapat dengan mudah menyerap air mata.

2. Ukuran Standar

Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, ada softlens dengan ukuran standar. Ukuran standar ini biasanya memiliki diameter 14 mm. Softlens dengan ukuran standar ini paling banyak dipakai. Di luar sana, ada banyak softlens dengan ukuran standar atau normal yang dijual. Salah satunya dari brand softlens terkenal, Acuvue.

Produk-produk softlens Acuvue ini rata-rata memiliki ukuran standar, 14 mm. Untuk produk yang dikhususkan bagi penderita Rabun jauh, misalnya. Produk yang dinamakan Acuvue Moist ini punya ukuran diameter 14.2 mm.

3. Ukuran Kecil

Alis Mata Kiri

Next, ada softlens ukuran kecil yang umumnya memiliki diameter di bawah 14 mm. Softlens dengan ukuran kecil ini tentu sangat cocok bila dikenakan oleh kamu yang memiliki ukuran mata kecil. Nah, jadi kalau kamu memiliki mata berukuran kecil, pilihlah softlens dengan ukuran diameter yang juga kecil agar terlihat sesuai.

Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Pengguna Softlens

1. Bersihkan Softlens

Jaga Kebersihan Totak Softlens

* sumber: makeupandbeauty.com

Menjaga kebersihan softlens tentu sangat penting, agar mata tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Gunakan cairan softlens untuk membersihkan softlens setelah digunakan. Rendamlah softlens dengan cairan pembersih khusus softlens saat tidak sedang dipakai.

Nah, jika kamu ingin mengetahui merk cairan softlens apa saja yang punya kualitas bagus dan aman untuk mata, silakan baca artikel 10 Merk Cairan Softlens Terbaik dari kamini ini.

Oh ya, jangan lupa untuk mengganti cairan khusus softlens secara rutin. Menurut Halodoc, pengguna softlens harus mengganti cairannya setiap tiga hari sekali, supaya kebersihan softlens tetap terjaga dengan baik.

2. Jangan Gunakan Softlens Saat Tidur

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Agar mata tetap aman dan sehat, hindari penggunaan softlens ketika sedang tidur. Sebelum tidur, usahakan untuk melepas softlens dan menyimpannya kembali di tempat khusus yang telah diisi cairan khusus softlens.

Perlu diketahui, mengenakan softlens saat tidur dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan pada mata, seperti iritasi, infeksi, alergi dan yang paling buruk, dapat menyebabkan kebutaan.

3. Jaga Kelembaban Mata

Hindari softlens beraneka motif

Halodoc menyebutkan, penggunaan softlens dalam jangka waktu lama akan menyebabkan softlens mengering. Jika sudah kering, softlens akan mudah robek dan dapat menimbulkan iritasi pada mata.

Nah, untuk itu, Halodoc menganjurkan agar kamu yang menggunakan softlens tetap menjaga kelembaban mata indahmu, sehingga mata dan softlens tidak mudah kering. Caranya gampang, cukup teteskan cairan khusus softlens ke mata kamu setiap dua jam sekali dalam sehari.

4. Jaga Kebersihan Tangan

Cuci Tangan cara merawat softlens yang jarang dipakai

Halodoc juga menuturkan, menjaga kebersihan tangan untuk para pengguna softlens adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Karena jika tangan kamu dalam keadaan kotor saat hendak memasang softlens, kuman-kuman yang ada pada tangan dapat berpindah ke softlens tersebut. Jadi, pastikan tanganmu tetap bersih sebelum melakukan pemasangan atau ketika hendak melepas softlens, ya.

5. Pastikan Kukumu Tetap Pendek

Gosok Menggunakan Kuku

Selain memastikan kebersihan tangan yang akan digunakan untuk pemasangan softlens, kamu juga harus memerhatikan soal kuku tangan. Jika kuku tanganmu Panjang, jangan lupa untuk memotongnya terlebih dulu sebelum melakukan pemasangan atau melepas softlens, agar kuku jarimu tak menusuk mata kamu.

6. Jaga Kebersihan Tempat Softlens

Rutin Mengganti Tempat Softlens

Menjaga kebersihan tempat menyimpan softlens juga adalah hal yang sangat penting. Tempat softlens yang kotor bisa membuat softlensmu menjadi sarang kuman. Jika softlens sudah terkotori dan banyak kuman yang menempel, tentu bisa mengganggu kesehatan mata kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat menyimpan softlens kamu.

7. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Catat Tanggal Kadaluarsa

* sumber: www.opsm.com.au

Agar tidak menimbulkan hal yang tak diinginkan, jangan lupa untuk memperhatikan dan mengecek tanggal kadaluwarsa dari softlens sebelum kamu membelinya. Jika kamu menggunakan softlens yang telah kadaluwarsa, tentu sangat tidak aman dan dapat menimbulkan bahaya bagi mata kamu. Silakan simak ciri-ciri softlens kadaluarsa ini agar Anda tidak salah memakai softlens.

8. Konsultasi dengan Dokter Mata

Konsultasi pada Dokter cara mengonsumsi minyak biji rami

Jika ingin menggunakan softlens, terutama untuk kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dan memeriksa mata kamu terlebih dahulu. Mengapa? Alasannya karena setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda-beda.

Dilansir dari CNNIndonesia, ada orang yang sanggup memakai lensa kontak alias softlens hingga 6 jam, ada pula yang bisa menggunakannya sampai 12 jam lamanya. Nah, jika softlens dipakai melebihi batas waktu dari kemampuan mata kamu, dikhawatirkan matamu akan menjadi rusak. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter mata terlebih dulu.

Nah, itulah pembahasan mengenai macam-macam ukuran softlens dan juga beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata, bagi kamu yang menggunakannya.

Bagaimana, sekarang sudah tahu, kan, macam-macam ukuran softlens yang bisa kamu pilih? Nah, jadi  kamu yang baru ingin memakai softlens dapat menyesuaikan ukuran softlens dengan ukuran mata kamu, agar tetap terlihat bagus dan natural.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, jangan lupa perhatikan pemilihan warna untuk softlens yang akan digunakan. Jangan sampai salah memilih warna hingga mengganggu penampilan.

Usahakan juga untuk memanfaatkan tips di atas agar mata kamu tetap terjaga kesehatannya. Jangan sampai kamu menggunakan softlens secara sembarangan, karena dapat membahayakan matamu sendiri.

Jika kamu memiliki informasi mengenai ukuran serta tips lainnya untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna softlens, silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang ada di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar