kamini.id

Inilah Macam-Macam Warna Biru yang Sering Ditemui

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 16 Februari 2021

Bila ditanya warna apa yang mendominasi dunia ini, tak lengkap rasanya bila tidak menyebutkan warna biru. Bukan hanya menjadi warna utama langit dan laut, warna biru juga dapat kita lihat pada pelangi, tumbuhan, hewan dan masih banyak lagi.

Biru juga merupakan salah satu warna yang cukup vibrant namun tetap terkesan kalem dan damai. Tak heran, warna satu ini menjadi warna yang paling banyak disukai oleh pria. Bahkan warna biru juga sering digunakan sebagai warna yang mewakili para pria.

Menurut sejarah, biru merupakan salah satu pigmen warna yang paling mahal bagi pelukis. Hal ini diyakini karena warna biru seringnya digunakan hanya untuk subjek-subjek penting. Sama seperti warna-warna lainnya, warna yang juga memiliki filosofi loyalitas ini sudah memiliki banyak macam. Dari yang tone-nya paling muda hingga paling gelap. Berikut adalah macam-macam warna biru.

1. Biru Dongker

* sumber: www.cabinetmakerwarehouse.com

Salah satu warna biru dengan shade sangat gelap ini pertama kali digunakan oleh Perwira Angkatan Laut (Navy) Inggris pada tahun 1748 pada seragamnya. Seragam ini menjadi sangat populer hingga akhirnya warna biru dongker digunakan oleh seluruh angkatan laut di seluruh dunia.

Karena sejarahnya, warna gelap dari biru ini sangat sering diasosiasikan dengan militer. Tak hanya itu, warna biru dongker juga dapat mengingatkan kita pada samudra biru yang dalam serta luar angkasa. Kode hex dari warna biru dongker adalah #000080.

2. Biru Azure

macam-macam warna biru_azure (Copy)

* sumber: www.mimicvinyl.com

Azure adalah warna antara biru dan cyan yang cerah. Nama azure sendiri diambil dari mineral azurite yang memiliki warna serupa. Warna ini sering digambarkan sebagai warna langit pada hari yang cerah. Azure juga sering merepresentasikan ketenangan, kestabilan dan kekayaan.

3. Midnight Blue atau Prussian Blue

* sumber: www.ulsterceramicspotterysupplies.co.uk

Sering tertukar dengan biru dongker, warna ini nyatanya sama-sama merupakan shade yang sangat tua dari warna biru. Tapi bila ditinjau dari kode hex, midnight blue nyatanya memiliki kode yang berbeda dengan biru dongker yaitu #191970. Bukan itu saja, midnight blue atau prussian blue juga sebenarnya memiliki shade yang lebih tua dibandingkan dongker.

Warna ini didapatkan dengan menyampurkan sedikit warna hitam dengan warna biru dasar. Dalam psikologi warna, midnight blue dikaitkan dengan kecerdasan dan kehandalan. Selain itu, karena termasuk warna biru gelap, midnight blue juga merepresentasikan keanggunan.

4. Turquoise atau Toska

* sumber: www.color-hex.com

Warna yang satu ini berada di antara warna biru dan hijau pada roda warna (color wheel), turquoise merupakan warna hasil campuran atara biru dengan sedikit kuning atau biru muda dengan hijau.

Nama warna ini diambil dari nama batu permata yang dinamai turquoise atau merupakan istilah untuk menyebutkan bahasa Turki dalam bahasa Prancis. Warna ini merepresentasikan ketenangan, kebahagiaan dan keramahan. Dalam bahasa Indonesia sendiri warna ini populer dengan nama toska.

5. Biru Muda

macam-macam warna biru_muda (Copy)

* sumber: www.schemecolor.com

Istilah biru muda sebenarnya merujuk pada kelompok warna-warna biru yang memiliki shade muda ataupun pucat. Kelompok warna ini dapat dibuat dengan menyampurkan warna biru dengan putih, menciptakan warna biru dengan rona yang lebih lembut. Warna-warna yang masuk dalam kelompok ini adalah biru langit, baby blue, biru pastel dan powder blue.

6. Electric Blue

macam-macam warna biru_Electric (Copy)

* sumber: www.solidbackgrounds.com

Merupakan warna biru yang cerah dan berani. Warna ini juga termasuk dalam shade terang dari biru sama seperti cyan dan turquoise. Electric blue sangat populer digunakan pada pakaian pria karena dinilai sebagai salah satu warna cerah dengan kesan maskulin.

Nama dari warna ini sendiri diambil dari warna kilau udara terionisasi yang dihasilkan oleh muatan listrik. Karena itulah warna ini memiliki filosofi energi, aksi dan kegembiraan. Electric blue memiliki kode hex #7DF9FF.

7. Biru Safir

macam-macam warna biru_safir (Copy)

* sumber: society6.com

Warna yang satu ini sepertinya sudah tidak terdengar asing di Indonesia. Warna yang namanya diambil dari nama batu permata dengan warna sama ini merupakan salah satu warna biru dengan tingkat saturasi yang tinggi. Biru safir seringkali diartikan sebagai simbol cinta, kebijaksanaan dan kekuasaan. Warna ini juga memiliki tempat khusus terutama bagi para keluarga kerajaan.

8. Cyan

macam-macam warna biru_cyan (Copy)

* sumber: www.redbubble.com

Merupakan kerabat dari warna toska. Tapi jangan sampai tertukar, bila keduanya disandingkan, cyan akan menunjukan kesan biru terang yang lebih kental dibandingkan toska walaupun keduanya sama-sama merupakan perpaduan antara biru dan hijau.

9. Steel Blue

macam-macam warna biru_steel (Copy)

* sumber: www.homedepot.com

Merupakan warna biru dengan kesan keabuan. Steel blue merupakan warna yang mirip dengan keadaan dimana baja diproses menggunakan panas hingga menghasilkan warna biru keabuan sebagai perlindungan terhadap karat.

10. Cornflower Blue

macam-macam warna biru_Cornflower (Copy)

* sumber: colorcodes.io

Warna biru sedang hingga muda yang memiliki hint hijau sedikit. Warna ini tetap mempertahankan karakteristik biru namun terkesan lebih santai dibandingkan warna biru biasa. Conrnflower sendiri diambil dari nama bunga dengan warna serupa. Warna ini dipercaya akan menghasilkan kesejukan dan ketenangan alami bila digunakan dalam desain.

Biru cornflower akan memberikan kesan yang tenang bila dikombinasikan dengan warna biru muda lainnya. Namun bila ingin memberikan warna pada aksen yang digunakan dalam lukisan dengan background biru cornflower, warna oranye, kuning atau hijau mint adalah pilihan terbaik.

11. Egyptian Blue

macam-macam warna biru_egyptian (Copy)

* sumber: graf1x.com

Nama egyptian blue sebenarnya diambil dari pigmen biru sintetis yang merupakan campuran atara silika, kapur, basa dan tembaga. Pigmen ini memiliki warna biru dengan shade gelap. Egyptian blue sering digunakan pada lukisan-lukisan mesir kuno. Tak hanya sekedar warna, egyptian blue merupakan simbol atas kesuburan, kelahiran, kehidupan serta biasanya digunakan untuk melambangkan air dan langit.

12. Yale Blue

macam-macam warna biru_Yale (Copy)

* sumber: news.yale.edu

Merupakan warna biru azur tua yang sering dihubungkan dengan Universitas Yale. Warna ini memang merupakan warna yang diadaptasi oleh perguruan tinggi tersebut pada seragam khas universitas sejak tahun 1850an.

13. Royal Blue

macam-macam warna biru_royal (Copy)

* sumber: hommcps.com

Kalau mendengar nama warna ini kamu mungkin akan menembak bahwa royal blue diambil dari nama yang berhubungan dengan keluarga kerajaan. Tepat sekali, warna yang merupakan shade gelap dari biru namun lebih muda dari biru dongker ini dibuat oleh pedagang pakaian dari Somerset yang memenangkan kompetisi membuat pakaian untuk Ratu Charlotte, permaisuri Raja George II.

Sekilas warna royal blue memang mirip seperti biru dongker, namun bila diamati seksama warna ini memiliki saturasi yang lebih tinggi. Meski begitu, kedua warna tersebut bila dipasangkan akan membuat kombinasi warna analog atau warna yang memiliki kemiripan paling dekat. Royal blue sendiri dapat memberikan kesan yang menangkan.

Itulah, 13 warna biru yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Warna-warna ini tentu saja dapat kamu jadikan referensi untuk memilih warna biru yang akan kamu gunakan untuk membuat desain pakaian, interior, dan desain lainnya. Dari 13 warna tersebut, mana yang menjadi warna favoritmu? Share jawabanmu dengan pembaca lain pada kolom komentar yang telah disediakan, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram