Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Warna coklat bisa terdiri dari perpaduan antara warna kuning, hitam dan merah, atau bisa pula merupakan kombinasi warna hitam dan oranye. Dalam model warna RGB biasanya warna coklat digunakan untuk membuat warna layar pada komputer dan televisi. Warna coklat dibuat dengan menggabungkan cahaya merah dan hijau pada intensitas yang berbeda.

Nama warna coklat sering kali tidak spesifik disebutkan. Beberapa jenis turunannya seperti beige bisa merujuk pada jenis warna yang lebih luas, misalnya seperti warna kuning atau merah. Di bawah ini akan dijelaskan 10 macam warna coklat dasar yang paling banyak digunakan.

1. Kobicha (Brown Nose)

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 1Sumber: hexcolor.co

Kobicha merupakan salah satu warna tradisional Jepang yang sudah digunakan sejak tahun 660 dalam berbagai penggunaan dan desain kimono. Penamaan kobicha diambil dari bahasa Jepang untuk menyebut warna teh rumput laut.

Namun, kata tersebut seringkali digunakan pula sebagai sinonim sebuah sanjungan yang dalam bahasa Inggris artinya brown nose. Warna kobicha pada dasarnya merupakan bagian dari keluarga warna coklat yang terdiri dari campuran warna coklat dan oranye.

2. Beaver

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 3Sumber: hexcolor.co

Warna coklat beaver merupakan warna yang mewakili bulu binatang berang-berang. Warna ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang zaman dulu.

Secara resmi warna coklat beaver dicatat pada tahun 1705. Secara etimologi, kata “brown” yang berarti coklat dan “beaver” yang dalam Bahasa Indonesia artinya berang-berang berasal dari akar bahasa yang sama.

3. Beige

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 5Sumber: pixels.com

Jenis warna coklat selanjutnya dinamai Beige. Warna ini merupakan warna alami dari wol yang belum diproses. Warna beige juga merupakan warna bulu rusa pucat.

Di Perancis, istiah beige sudah digunakan sejak tahun 1855-1860. Warna ini digunakan pada sebuah novel yang dirilis tahun 1877 karya penulis Edmond de Goncourt.

Secara sederhana, warna beige diartikan sebagai warna coklat kekuning-kuningan. Warna ini terdiri dari lebih dari satu warna. Umumnya beige digunakan untuk melukiskan beragam warna tanah yang berwarna kuning dan coklat.

Warna lembut ini disebut-sebut sebagai warna netral yang bersahaja dan konservatif. Kata beige terkadang digunakan sebagai metafora untuk keindahan konservatif yang tidak imajinatif.

Konotasi ini perlahan memudar seiring beige digunakan dalam desain kontemporer yang kurun waktu 1970-1980 merupakan warna umum untuk interior, furniture, mode dan peralatan elektronik.

4. Buff

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 7Sumber: www.crispedge.com

Buff atau dalam bahasa Latin disebut dengan bubalinus merupakan warna kuning kecoklatan yang diambil dari warna kulit kerbau. Seperti namanya, buff awalnya berasal dari buff coat, sejenis seragam yang berbentuk jas yang terbuat dari kulit binatang.

Jas tersebut dipakai oleh kavaleri dan perwira Eropa. Seragam yang berbentuk jas ini mempunyai tampilan warna kuning cerah.

Buff adalah kulit keras yang mampu melindungi pemakainya dari pedang. Warna buff mempunyai kesan klasik, dalam dan kaya. Dibandingkan dengan warna kuning lainnya, buff mempunyai tampilan warna yang lebih cerah dan lebih terang dibandingkan dengan warna coklat muda.

Berdasarkan catatan sejarah, buff kurang lebih dianggap sebagai warna kulit orang kulit putih. Inilah asal mula kosakata slang “in the buff” yang mengacu pada keadaan telanjang. Warna ini termasuk keluarga warna coklat. Kode hex untuk buff adalah #DAA06D.

5. Burnt Umber

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 9Sumber: www.beautycolorcode.com

Berikutnya ada warna burnt umber. Warna yang mempunyai kode hex #8a3324 ini awalnya dikembangkan di Italia pada masa Renaissance. Pada masa Leonardo da Vinci, burnt umber distandarisasi dengan warna seperti yang kita lihat sekarang.

Yang menarik dari warna ini adalah, zaman dulu Cennini, seorang pengrajin emas, pematung dan pelukis Italia hanya membicarakan warna Bumi merah dan kuning pada bukunya tentang praktek studio yang terbit tahun 1437.

Buku tersebut sama sekali tidak menyebutkan warna burnt umber atau burnt sienna di bagian pembahasan warna. Namun, lima puluh tahun kemudian warna ini ditetapkan sebagai warna standar di hampir semua palet dan dianggap sebagai warna yang tidak boleh dilupakan karena dianggap penting.

6. Chestnut

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 11Sumber: www.solidbackgrounds.com

Chestnut atau kastanyet merupakan warna perpaduan antara warna coklat kemerahan sedang. Nama warna ini diambil dari nama pohon kacang kastanye. Nama lain dari warna coklat chestnut atau kastanye adalah badious.

Warna coklat chestnut pertama kali dicatat sebagai jenis warna dalam bahasa Inggris tahun 1555. Chestnut mempunyai beberapa variasi warna, misalnya warna chestnut gelap. Di alam liar warna chestnut bisa kamu temukan ada bulu kuda, warna rambut manusia, burung pelatuk, dan masih banyak lagi.

7. Chocolate

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 13

Warna coklat (chocolate) ini merupakan warna brown gelap yang menyerupai warna makanan coklat yang terkenal dengan rasanya yang manis. Warna ini mewakili warna yang paling umum dari makanan coklat.

Secara etimologi, kata chocolate (coklat) pertama kali masuk ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Spanyol. Bagaimana kata ini bisa terserap ke dalam Bahasa Inggris memang masih belum begitu pasti. Pasalnya ada banyak penjelasan mengenai hal tersebut.

Di alam bebas, warna coklat (chocolate) bisa kamu temukan pada bulu anjing labrador retriever. Dilihat dari angka tahun warna ini ditemukan, warna chocolate ternyata merupakan warna yang cukup tua. Warna ini pertama kali dicatat sebagai salah satu warna yang ada di bumi sejak tahun 1925.

8. Dark Brown

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 15Sumber: www.rvinyl.com

Dark brown atau otter brown atau dalam Bahasa Indonesia disebut warna coklat tua dalam warna RGB mempunyai kode hex #654321. Warna ini terdiri dari warna merah, hijau, dan biru. Sedangkan pada ruang warna CMYK, dark brown terdiri dari 0% cyan, 33,7% magenta. 67,3% kuning dan 60,4% hitam.

Pada lukisan warna ini umumnya dibuat dengan menambahkan warna hitam dan oranye. Sementara di semesta ini warna coklat gelap seperti ini seringkali terlihat, misalnya saja warna tanah, warna rambut, mata dan pigmen kulit.

Warna coklat merupakan warna kayu tua atau tanah yang kaya akan mineral. Menurut Public Opinion Surveys yang diadakan di Eropa dan Amerika, warna coklat adalah warna yang paling tidak populer.

Warna ini sering diasosiasikan sebagai warna yang membosankan, warna kemiskinan dan warna kotoran. Namun, ada pula kesan positif yang disematkan pada warna ini, yaitu warna musim gugur, kehangatan, alam liar dan termasuk warna makanan yang dipanggang.

9. Desert Sand

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 17Sumber: futonland.com

Warna lain yang masih satu keluarga dengan warna coklat adalah warna desert sand. Desert sand merupakan warna kuning kemerahan yang sangat terang yang secara umum berhubungan dengan warna pasir. Desert sand pun dianggap sebagai warna beige gelap.

Warna desert sand digunakan oleh General Motors, sebuah perusahan otomotif yang memproduksi Chevrolet, GMC & Cadillac dan Buick, sebagai warna cat bagi mobil Cadillac di produksi pertamanya.

Warna ini merupakan warna paling pucat dalam seragam kamuflase gurun tiga warna dari angkatan bersenjata Amerika Serikat yang pada tahun 1990 mulai diganti dengan warna seragam pertempuran yang mempunyai enam warna.

Ada beberapa macam warna desert sand, di antaranya adalah sandy brown, earth yellow, sand, sand dune, field drab dan desert.

10. Khaki

Yuk, Kenalan dengan 10 Macam Warna Coklat yang Beragam 19Sumber: www.sunwardhobbies.ca

Warna khaki yang mempunyai kode hex #f0e68c merupakan warna bayangan coklat muda dengan semburat warna kekuningan. Khaki telah banyak digunakan oleh tentara di seluruh dunia sebagai seragam resmi mereka termasuk untuk seragam kamuflase.

Warna ini pertama kali dicatat tahun 1848. Kala itu khaki diperkenalkan sebagai seragam militer. Di dunia Barat warna ini merupakan warna standar untuk celana panjang kasual bagi warga sipil. Di Inggris dan negara persemakmuran lainnya, khaki bisa juga merujuk pada warna hijau yang dikenal sebagai olive drab di Amerika.

Dan jika dilihat berdasarkan asal usul katanya, khaki berasal dari bahasa Urdu yang berarti warna tanah, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Persia. Nah, pemakaian pertama kali warna ini adalah oleh prajurit pengawal yang tahun 1806-1857 dibentuk oleh Henry Lawrence, seorang residen di Lahore yang bertugas di perbatasan Barat Laut.

Awalnya prajurit ini mengenakan seragam asli wilayah tersebut. Seragam tersebut terdiri dari baju luar dan celana panjang model piyama berwarna putih yang terbuat dari kapas pintal rumahan yang teksturnya kasar. Prajurit ini menggunakan turban yang terbuat dari katun yang diikatkan mengelilingi kepala.

Tahun 1848 seragam khaki yang praktis mulai diperkenalkan. Akhirnya, semua resimen baik itu India atau Inggris, dalam melaksanakan tugasnya mengenakan seragam khaki baik untuk seragam musim panas ataupun untuk dinas sehari-hari.

Demikian informasi mengenai 10 macam warna coklat yang bisa kamu ketahui. Warna coklat dan seluruh warna yang ada di dunia ini tidak hanya indah. Warna-warna tersebut mempunyai makna-makna tersendiri. Apalagi ada beragam pendapat dan pemaknaan yang berasal dari sudut pandang beberapa cabang ilmu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram