kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / 10 Macam Warna Merah yang Paling Sering Digunakan

10 Macam Warna Merah yang Paling Sering Digunakan

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 5 Juni 2021

Warna merah atau dalam bahasa Inggris disebut red merupakan salah satu warna yang paling sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Warna merah memiliki frekuensi cahaya paling rendah yang dapat dilihat oleh mata manusia. Warna merah juga menjadi bagian dari warna primer additif khususnya warna cyan atau biru kehijauan.

Warna merah identik dengan warna yang menggairahkan dan mampu membangkitkan semangat. Banyak orang-orang menjadikan warna merah ini sebagai warna favorit. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa warna merah terbagi menjadi beberapa macam? Meski sering kita gunakan sehari-hari, akan tetapi jarang di antara kita mengetahui macam-macam warna merah tersebut.

Penasaran kan apa saja sih macam-macam dari warna merah tersebut? Maka dari itu, jangan lewatkan artikelnya di bawah ini!

1. Merah Ruby

Sebagaimana namanya yaitu merah ruby, jenis warna merah yang satu ini diadaptasi dari warna batu ruby. Kode warna dari merah ruby ini adalah #E0115F. Merah ruby dapat kita temukan pada beberapa benda di sekeliling kita seperti misalnya cincin dengan batu ruby di atasnya.

Warna merah ruby biasanya terlihat lebih muda serta keunguan. Warnanya identik dengan sesuatu yang mengkilap sehingga cocok dijadikan perhiasan baik itu cincin, kalung, hingga gelang. Warna merah ruby ini cocok bagi kamu yang menyukai warna-warna cerah yang terkesan membangkitkan gairah.

2. Merah Marun

Warna merah yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita semua. Bagaimana tidak? Warna merah ini merupakan warna yang cukup banyak disukai orang-orang dan banyak kita jumpai sehari-hari. Ya, apalagi kalau bukan warna merah marun.

Merah marun menjadi salah satu warna yang paling banyak digunakan dalam pembuatan suatu barang. Salah satu barang yang paling sering menggunakan warna merah marun ini adalah pakaian. Warna yang terkesan lebih gelap ini memiliki kode #800000.

Nama lain dari merah marun adalah merah manggis, merah hati, dan merah pulasan. Jenis warna merah yang satu ini tergolong pada warna merah tua karena terlihat kehitaman.

3. Merah Cabai

Red chili atau merah cabai juga menjadi salah satu jenis warna merah. Warna merah cabai juga diadaptasi dari warna merah yang biasa kita temukan pada warna cabai. Meski identik dengan warna buah, akan tetapi merah cabai juga kerap kali dijadikan warna pakaian khususnya kaos polos dan jilbab.

Merah cabai memiliki kode #E23D28. Jika dilihat sekilas, warna merah cabai ini terlihat seperti warna oranye. Akan tetapi jika kita lihat secara saksama,  merah cabai ini berbeda dengan warna oranye. Warna merah cabai terlihat lebih cerah dan terkesan memberikan energi baru bagi siapa saja yang melihatnya.

4. Merah Darah

Siapa sih yang tak tahu warna dari darah? Tentunya hampir semua orang tahu bahwa darah merupakan cairan dengan warna merah yang khas. Merah pada darah ini menjadi salah satu macam warna merah yang ada. Warna merah darah biasa dikenal sebagai blood red dalam bahasa Inggris.

Warna merah darah diambil dari warna darah yang dihasilkan dari protein hemoglobin yang mengandung zat besi. Sekilas warna merah darah terlihat menyerupai warna merah yang terdapat pada batuan sinabar. Merah darah ini dilambangkan dengan kode #660000.

5. Merah Muda

Merah muda menjadi salah satu jenis warna merah yang paling banyak disukai orang-orang khususnya para wanita. Pasalnya, warna merah muda memiliki daya tarik tersendiri karena terkesan simple, soft, dan menggemaskan. Warna merah muda memiliki kode #FFC0CB.

Merah muda memiliki nama lain yaitu merah jambu atau pink. Banyak sekali benda-benda yang dibuat menggunakan warna merah muda ini karena menjadi salah satu warna yang memiliki banyak pencinta. Merah muda dihasilkan dari perpaduan antara warna merah dengan warna putih.

6. Merah Bata

Pernah melihat batu bata merah? Tentunya pernah, bukan? Karena batu bata merah adalah benda yang umum kita jumpai. Warna merah pada batu bata ini kemudian disebut merah bata. Warna merahnya terlihat agak oranye yang unik dan khas.

Warna merah bata juga menjadi warna favorit yang biasa digunakan dalam pembuatan pakaian. Kode warna merah bata ini adalah #B73239. Bukan hanya pakaian, warna merah bata juga biasa digunakan pada berbagai macam jenis kosmetik. Kosmetik yang umum menggunakan warna merah bata adalah lipstick.

7. Merah Indian

Jenis warna merah yang selanjutnya ada merah indian. Sedikit terdengar unik, bukan? Merah indian merupakan jenis warna merah yang kecokelatan. Istilah lain dari merah indian adalah red indian jika dalam bahasa Inggris. Kode warna merah indian ini adalah #CD5C5C.

Merah indian bukan berarti warna merah suku indian, akan tetapi merah India yang diambil dari warna tanah yang ada di India. Tanah yang dimaksudkan adalah tanah jenis laterit yang terkenal akan kandungan zat besi dan aluminiumnya yang tinggi.

8. Merah Salmon

Bagi kamu yang sering menyantap hidangan ikan salmon mentah, tentunya kamu sudah tak asing lagi bukan dengan warna daging ikan salmon? Ya, warna daging ikan salmon mentah adalah merah dengan sentuhan oranye. Warna merah yang terdapat pada daging ikan salmon tersebut akhirnya diadaptasi menjadi nama sebuah warna.

Ya, merah salmon namanya. Warna merah salmon yang khas ini terlihat lebih cerah dan lembut sebagaimana warna daging ikan salmon. Merah salmon dilambangkan dengan kode #FA8072. Warnanya yang cerah ini cocok diaplikasikan pada pakaian khususnya jilbab bagi para wanita .

9. Merah Coral

Selanjutnya ada merah coral. Jenis warna merah yang satu ini diadaptasi dari warna coral atau karang laut berwarna jingga. Merah coral memiliki kode warna #F08080. Jika dilihat sepintas, warnanya nyaris sama dengan warna merah salmon meski sebenarnya keduanya berbeda.

Jika diperhatikan lebih detail, warna merah coral terlihat sedikit lebih gelap dari pada warna merah salmon yang terlihat lebih cerah dan soft. Warna merah coral juga menjadi salah satu warna yang cukup trend beberapa tahun terakhir ini. Merah coral juga biasa dijadikan pilihan warna pada kosmetik.

10. Scarlet

Pernah mendengar kata scarlet? Scarlet merupakan salah satu jenis dari warna merah, lho! Warna scarlet sering kali disebut sebagai warna merah cerah. Terkadang, warna merah cerah ini terlihat sedikit oranye. Hal ini karena scarlet merupakan warna yang berada di antara merah menuju oranye.

Warna scarlet dilambangkan dengan kode #FF2400. Warna scarlet juga dikenal dengan sebutan lain yaitu warna kirmizi. Scarlet sering digunakan dalam pembuatan pakaian-pakaian tradisional Eropa. Bahkan beberapa kosmetik pun banyak menggunakan scarlet sebagai pilihan warnanya.

Itu dia macam-macam warna merah yang wajib kamu ketahui sebagai penambah wawasan dan pengetahuan. Wah, ternyata warna merah itu bukan hanya satu atau dua macam ya! Akan tetapi terdapat banyak sekali macam-macam warna merah yang biasa kita gunakan sehari-hari dengan nama-nama khususnya. Selain merah, Kamini juga punya artikel tentang macam-macam warna biru, lho.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram