10 Macam Warna Merah yang Paling Sering Digunakan

Ditulis oleh Suci Maharani R
• Diperbaharui 30-05-2024

Warna merah, atau dikenal sebagai red dalam bahasa Inggris, adalah salah satu warna yang paling umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 

Identik dengan kesan penuh energi dan semangat, warna merah sering menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Namun, terdapat beragam variasi dari warna merah yang jarang disadari oleh banyak orang. 

Lantas, jenis-jenis warna merah apa saja yang sering kita lihat dan apa saja namanya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

1. Merah

Macam-macam warna merah - Merah_

Dari beragam warna yang mencolok, warna merah memang yang paling mencuri perhatian. Keberadaannya tidak pernah lekang oleh waktu, karena warna merah selalu mampu menciptakan penampilan yang menakjubkan dan mewah. 

Sebagai contoh sederhana, lipstik merah selalu bisa menjadi pusat perhatian. Warna merah pada lipstik dapat meningkatkan rasa percaya diri, baik saat digunakan dengan makeup yang minimalis maupun yang bold

Selain itu, lipstik atau pakaian dengan warna merah juga cocok untuk berbagai jenis skintone. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk tampil lebih berani dengan bibir atau pakaian berwarna merah yang mencolok.

2. Ruby Red

Macam-macam warna merah - Ruby Red_

Salah satu varian populer dari warna merah adalah merah ruby atau yang lebih dikenal dengan sebutan ruby red. Keanggunan warna ini terpancar dari paduan pink gelap yang diselipi dengan nuansa keunguan. 

Sebagaimana namanya, ruby red identik dengan kemewahan perhiasan seperti anting-anting dan kalung. Keanggunan yang dipancarkan oleh perhiasan ini terlihat cukup mencolok dengan pesona yang begitu kuat. 

Seperti halnya warna merah, ruby red cocok dengan berbagai skintone. Namun, penampilan yang paling memikat biasanya terlihat pada kulit kuning langsat dan pucat. 

3. Merah Marun

Macam-macam warna merah - Merah Marun_

Warna merah yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita semua. Bagaimana tidak, warna ini merupakan warna yang banyak disukai orang-orang dan sering kita jumpai sehari-hari. Ya, apalagi kalau bukan warna merah marun.

Untuk kamu yang berkulit sawo matang, merah marun menjadi pilihan yang sangat tepat. Warna ini dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan bersih, dengan sentuhan yang hangat.

Sebagai contoh, padu-padan kaos merah marun dengan celana jeans hitam mampu menciptakan tampilan kasual yang stunning. Tidak hanya itu, penggunaan aksesori seperti tas atau sepatu dengan warna serupa juga dapat menjadi item pelengkap yang mengesankan dalam penampilanmu.

4. Merah Cabai

Macam-macam warna merah - Merah Cabai_

Kode warna untuk merah cabai adalah #E23D28. Meskipun pada pandangan awal terlihat mirip dengan oranye, namun ada perbedaan yang jelas ketika diperhatikan dengan seksama. Merah cabai memiliki kecerahan yang khas dan mampu memberikan energi segar kepada siapa pun yang melihatnya.

Termasuk dalam kategori warna yang mencolok, tidak mengherankan jika banyak wanita enggan untuk memakainya. Apalagi mix and match pakaian dengan warna merah cabai memang bukan hal yang mudah, karena kesalahan sedikit saja dapat membuat penampilan terlihat ‘fail.’

Meskipun demikian, merah cabai dapat menjadi pilihan yang menakjubkan bagi mereka yang memiliki warna kulit medium hingga gelap. Warna ini mampu membuat kulit terlihat lebih sehat dan hidup, terkesan sangat eksotis dan khas wanita Indonesia.

5. Mahogan Red

Macam-macam warna merah - Mahogany Red_

Warna mungkin identik dengan cat rambut khas ulzzang girl atau doll hair, apalagi kalau bukan mahogany red. Mahogany red merupakan perpaduan antara warna merah dengan sentuhan pigmen cokelat kayu. Keanggunan warna ini terletak pada nuansa alami yang kaya dan elegan.

Mahogany red sangat cocok bagi mereka yang menginginkan tampilan dengan merah namun dalam sentuhan yang lebih tenang. Warna ini cocok dengan berbagai skintone, hanya perlu menyesuaikan shade-nya agar tidak terlalu mencolok.

Bagi para penggemar gaya K-Pop atau Douyin, rambut berwarna mahogany red tentu bukan hal yang asing. Selain sebagai pilihan warna rambut, outfit dengan warna mahogany red juga dapat menciptakan tampilan yang elegan dan menenangkan.

6. Cherry Red

Macam-macam warna merah - Cherry Red_

Cherry red merupakan salah satu warna merah yang populer. Sering dijumpai dalam produk kosmetik seperti lipstik, eye shadow, hingga blush on, macam warna merah satu ini memang mencuri perhatian.

Seperti halnya warna merah lainnya, cherry red cocok untuk berbagai skintone. Warna ini memberikan kesan classy pada kulit pucat dan kuning langsat, sementara pada kulit sawo matang dan gelap, cherry red memberikan kesan yang menyegarkan. Singkatnya, warna ini pas untuk individu dengan cool undertone.

Dalam konteks pakaian, warna cherry red cocok bagi mereka yang ingin menampilkan kesan girly yang lebih mendalam. Jadi, tertarik untuk memakai warna cherry red? 

7. Merah Indian

Macam-macam warna merah - Indian Red_

Satu lagi macam warna merah yang menarik perhatian adalah merah Indian. Namanya sedikit unik, bukan? Merah Indian merupakan warna merah yang memiliki nuansa kecokelatan. Dalam bahasa Inggris, warna ini juga dikenal dengan sebutan Indian red dan memiliki kode warna #CD5C5C.

Fyi, istilah "Indian red" tidak mengacu pada warna merah suku Indian, melainkan merujuk pada warna tanah yang ditemukan di India. Dengan kesan lembut, Indian red termasuk dalam kategori warna merah yang menenangkan tapi tetap playful.

Dengan shade yang sedikit lebih pucat dibandingkan warna merah pada umumnya, Indian red cocok digunakan sebagai warna pakaian sehari-hari. Misalnya, padukan blouse berwarna Indian red dengan celana hitam untuk menciptakan tampilan yang elegan namun tetap santai.

8. Salmon Red

Mungkin beberapa dari kita terkejut melihat warna salmon dalam daftar ini. Namun sebenarnya, ini adalah hal yang wajar karena jarang disadari bahwa salmon merupakan salah satu turunan dari warna merah.

Salmon red adalah hasil perpaduan warna merah dengan sentuhan oranye. Dalam dunia fashion dan kecantikan, salmon red dikenal dengan julukan "everyone skin tone." Hal ini dikarenakan salmon red ini terlihat cocok untuk berbagai warna kulit, dengan catatan memperhatikan shade dan tone yang digunakan. 

Misalnya, kamu bisa memakai warna salmon red versi pastel yang membuat kulit pucat terlihat lebih stunning. Sementara untuk kulit cerah hingga gelap, warna salmon red versi cerah lebih cocok untuk digunakan.

9. Coral Red

Macam-macam warna merah - Salmon Red_

Mari kita bahas tentang merah coral. Warna ini terinspirasi dari warna coral atau karang laut, namun dengan kecerahan yang lebih tinggi dan saturasi yang lebih kuat. 

Ada banyak shade coral red yang beredar dipasaran, tapi yang sering kita temui adalah coral pink, dengan nuansa pastelnya yang lembut. Inilah yang menjadikan warna coral sebagai tren warna kosmetik dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam dunia fashion, coral red identik dengan busana musim dingin. Kecerahan warnanya dapat memberikan tampilan yang lebih energik. Pertanyaannya, apakah kamu lebih suka versi cerah atau pastel dari coral red?

10. Burgundy

Macam-macam warna merah - Burgundy_

Variasi warna merah terakhir yang kita bahas adalah warna burgundy, yang merupakan perpaduan antara warna merah gelap dan pigmen warna violet. Umumnya burgundy dikenal sebagai warna wine yang elegan dan klasik. 

Burgundy termasuk dalam kategori warna yang serbaguna. Artinya, kamu dapat memilih tone warna burgundy yang sesuai dengan warna kulit.

Contohnya, kamu ingin mewarnai rambut dengan warna burgundy namun khawatir warna tersebut membuat kulit terlihat kusam?  Untuk kulit pucat dan cerah, disarankan untuk memilih shade burgundy yang lebih gelap. Sedangkan untuk kulit gelap, pilihlah burgundy dengan pigmen warna merah yang lebih kuat yang stunning.

Itulah beberapa variasi dan jenis warna merah yang populer dan sering kita lihat sehari-hari. Sebenarnya masih banyak turunan warna merah lain yang tidak kalah menarik dan cantik. Hal yang perlu diperhatikan, pilihlah warna merah yang pas dengan warna kulit agar hasilnya terlihat memukau.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram