Yuk, Berkenalan dengan 10 Macam Warna Ungu dan Turunannya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Warna ungu adalah warna campuran dari warna merah dan biru, oleh sebab itu dua warna ini berada berdampingan pada roda warna (color wheel). Ungu punya beberapa variasi warna, seperti warna violet dan warna amethyst, warna batu kecubung. Ini bergantung pada proporsi dari dua warna utamanya.

Warna yang mempunyai kode hex #A020F0 ini mempunyai keseimbangan rangsangan warna merah dan warna biru yang menenangkan. Ungu sering dikaitkan dengan keluarga kerajaan, keagungan dan kemuliaan serta mempunyai kualitas spiritual dan kesan misterius.

Penasaran dengan warna ungu dan macam-macam warna turunannya? Luangkan waktumu untuk membaca artikel ini sampai akhir.

1. Lavender

Sumber: www.salesonline2021.com

Jenis warna ungu yang pertama adalah lavender. Kode hex untuk warna lavender adalah #B57EDC. Lavender adalah warna ungu terang. Warna ini digunakan pada warna tertentu dari bunga yang bernama sama.

Warna lavender bisa saja dideskripsikan sebagai warna ungu medium atau merah muda keungu-unguan. Warna ungu lavender pertama kali dicatat dalam bahasa Inggris tahun 1705. Ada dua warna yang menjadi komposisi penyusun warnanya, yakni warna merah dan biru yang paling pucat.

2. Thistle

Sumber: www.htmlcsscolor.com

Warna ungu thistle merupakan nama ungu yang diambil dari sejenis tanaman thistle, tanaman berbunga yang mempunyai duri tajam di bagian tepinya. Warna ungu thistle pertama kali ditemukan tahun 1892.

Warna ini sering diasosiasikan dengan negara Skotlandia sebab thistle merupakan bunga nasional dari negara yang beribu kota di Edinburgh ini. Selain itu, dekorasi negara paling tinggi Skotlandia adalah Order of Thistle.

3. Mauve

Sumber: line.17qq.com

Nah, kalau warna ini merupakan warna ungu netral dengan warna abu-abu. Kata mauve berasal dari bahasa Latin malva yang artinya tanaman berbunga yang menghasilkan bunga dengan kelopak berwarna ungu.

Malva kemudian berevolusi menjadi warna ungu muda Prancis, yang merujuk pada bunga yang sama yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bunga mallow. Menurut Oxford English Dictionary, pada akhir tahun 1700-an mauve menjadi nama warna.

Akan tetapi, meskipun mallow digunakan untuk menyebutkan warna ungu keabu-abuan ini, kata mauve tetaplah lebih populer untuk menyebutkan salah satu jenis warna yang termasuk ke dalam keluarga warna ungu ini.

4. Plum

Sumber: icolorpalette.com

Plum digunakan untuk menunjukan warna ungu dengan semburat warna abu kecokelatan, atau warna ungu kemerahan yang merupakan representasi yang dekat pada warna rata-rata buah plum.

Sebagai warna kuartener pada roda warna RYB (Red, Yellow, Blue) warna plum merupakan warna campuran yang setara dengan warna tersier russet dan batu tulis (slate).

Warna yang menggunakan kode hex #C2938D ini pertama kali digunakan pada tahun 1805. Ada beberapa jenis warna plum, di antaranya adalah plum crayola, dan plum Persia.

5. Magenta

Sumber: www.canva.com

Selanjutnya, ada warna ungu magenta. Warna satu ini merupakan warna yang didefinisikan sebagai warna merah keungu-unguan atau ungu muda-merah tua.

Dalam garis warna, magenta terletak di antara merah dan biru. Warna ini merupakan warna yang sudah berabad-abad memikat banyak orang. Magenta merupakan campuran warna ungu dan merah. Aspek yang paling menarik dari magenta adalah perdebatan akan keberadaannya yang sebenarnya.

Otak manusia merasakan panjang gelombang cahaya yang berbeda, namun karena magenta tidak mempunyai panjang gelombang sendiri, beberapa berargumen bahwa warna ini adalah warna buatan.

Di samping karena aspek metafisik akan keberadaan magenta, warna ini dikenal sebagai warna keseimbangan harmoni. Warna ini pula digunakan di feng shui dan dianggap sebagai warna spiritual.

6. Lilac

Sumber: www.eggradients.com

Jenis warna ungu selanjutnya ada yang disebut dengan warna lilac. Warna lilac atau dikenal juga sebagai warna violet pucat mewakili rata-rata warna pohon lilac. Warna ini bisa dijelaskan sebagai warna mauve tua atau biru muda.

Warna bunga lilac bisa juga dianggap setara dengan warna ungu tua, ungu muda dan ungu pucat. Namun, ada juga bunga lilac yang berwarna ungu-merah.

Di alam bebas warna lilac ini ada pada salah satu jenis burung lilac breasted roller yang tersebar di gurun Sub Sahara Afrika dan di Semenanjung Arab.

7. Orchid

Sumber: www.canva.com

Warna ungu lain yang keluarga ungu adalah orchid atau anggrek. Warna ungu anggrek ini adalah warna yang terang yang kaya akan warna ungu. Warna ini merepresentasikan bunga yang termasuk ke dalam keluarga tumbuhan orchidaceae.

Beberapa jenis warna ungu anggrek bisa bervariasi dari warna ungu ke abu-abuan, merah muda keungu-unguan sampai warna ungu kemerahan yang kuat. Sebagai tambahan informasi nih, kata orchid (anggrek) diambil dari bahasa Yunani yang artinya buah pelir.

8. Tyrian Purple

Sumber: www.htmlcsscolor.com

Berbicara tentang warna ungu, rasanya tidak afdol jika tidak membahas mengenai warna tyrian purple. Tyrian purple adalah salah satu warna dari keluarga ungu yang punya sejarah panjang. Sering dikaitkan sebagai warna raja atau kaisar karena warna ini hanya digunakan oleh raja dan kalangan bangsawan.

Warna ini pula disebut sebagai warna mahal. Ini disebabkan proses pembuatan warna ini membutuhkan proses yang lama dan sangat kompleks. Untuk mendapatkan warna ini pembuat warna membutuhkan sekitar 2.500 jenis siput yang menghasilkan lendir berwarna ungu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram