Kamini.id / Haid / 10 Makanan yang Bisa Membantu Melancarkan Datang Bulan

10 Makanan yang Bisa Membantu Melancarkan Datang Bulan

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Agustus 2019

Tak sedikit wanita yang mengalami masalah haid tidak lancar. Ada yang berbulan-bulan tidak mendapatkan menstruasi, ada pula wanita yang setiap bulan menstruasi tetapi cairan yang keluar sangat sedikit. Masalah datang bulan tidak lancar ini bisa mempengaruhi kesehatan dan fertilitas. Jadi, cari tahu penyebab haid tidak lancar yang kamu alami sebelum mencari cara melancarkan haid.

Selain berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, kamu juga bisa melakukan usaha untuk melancarkan haid, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut ini Kamini akan membahas makanan-makanan yang dapat membantu melancarkan menstruasimu. Silakan disimak, ya!

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

* sumber: www.verywellfit.com

Sebelum mengeluh seputar haid yang tidak lancar, coba perhatikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Pasalnya, kekurangan zat besi juga berpotensi membuat haid tidak lancar. Oleh karena itu, penuhi asupan zat besi harian lewat makanan yang sehat, seperti sayuran hijau.

Sawi, bayam, kangkung, dan brokoli adalah sederet sayuran hijau yang kaya zat besi. Masukkan sayuran hijau ini dalam menu makananmu sehari-hari. Kamu pun bisa mengganti jenis sayurannya setiap hari agar tidak bosan. Tak hanya sekadar memenuhi zat besi, sayuran hijau juga mengandung Vitamin A, C, B6, E, kalsium, dan kalium yang mampu mengurangi gejala PMS, seperti kram perut.

2. Salmon

Salmon

* sumber: www.thespruceeats.com

Selama ini ikan salmon dianggap sebagai ikan eksklusif yang selalu dibanderol dengan harga mahal di sejumlah restoran. Namun, kalau kamu membeli salmon di pasar tradisional atau supermarket, harganya tidak semahal di restoran kok. Kamu bisa mengolah salmon sendiri untuk dikonsumsi sehari-hari.

Tahukah kamu bahwa salah satu manfaat salmon adalah untuk membantu melancarkan haid? Salmon mengandung Vitamin D dan kalsium yang berfungsi menstabilkan hormon, terutama hormon yang berperan penting dalam melancarkan haid.

Dengan mengonsumsi ikan salmon setiap hari, kamu sudah memenuhi kebutuhan Vitamin D dan kalsium secara optimal. Salmon juga kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Daging Merah

Daging Merah

* sumber: hararu.com

Daging merah selalu ‘dituduh’ sebagai makanan pemicu kolesterol. Padahal, jika dikonsumsi dengan bijaksana, daging merah dapat menjadi sumber protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar karena kekurangan zat besi, maka daging merah adalah salah satu makanan yang disarankan untuk melancarkan haid.

Wanita yang mengalami haid tidak lancar disertai gejala PMS berlebihan umumnya kekurangan asupan zat besi. Selain mengonsumsi sayuran hijau, bantu peningkatan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging merah. Agar kandungan kolesterolnya tidak terlalu tinggi, kamu bisa mengolah daging merah menjadi sup atau dipanggang tanpa menggunakan mentega.

4. Kacang Almond

Kacang Almond

* sumber: www.1health.id

Satu lagi makanan yang dapat membantumu memiliki siklus haid yang lebih teratur, yakni kacang almond. Kacang ini memang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Bahkan, sekalipun kamu adalah vegetarian, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein harian dengan mengonsumsi kacang almond.

Yang membuat kacang almond menjadi makanan pelancar haid adalah kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein dan serat dalam kacang almond akan membantu menyeimbangkan hormon-hormon di dalam tubuh. Jika kadar hormon pengatur siklus menstruasi ini seimbang, maka haid pun menjadi lebih teratur dan lancar.

5. Pare

Pare

* sumber: sukamasak.com

Pare adalah sayuran yang mungkin dihindari oleh sebagian orang karena rasanya yang pahit. Akan tetapi, sayur pahit ini justru bisa melancarkan siklus menstruasi, lho. Sejak dulu hingga sekarang pare dipercaya sebagai makanan peluruh haid.

Kandungan zat besi dan vitamin lain di dalam pare digadang-gadang sebagai bahan alami yang dapat melancarkan menstruasi. Terlepas benar atau tidaknya bahwa pare bisa menjadi makanan peluruh haid, tak ada salahnya jika kamu turut mencoba. Sayuran ini bisa langsung dimakan sebagai lalapan atau ditumis agar rasa pahitnya tidak terlalu kuat.

6. Telur

Telur

* sumber: www.onceuponachef.com

Tak hanya daging merah saja, telur juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Asalkan dikonsumsi dalam porsi yang normal, telur tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kok.

Kandungan protein, kalsium, dan vitamin yang terdapat dalam telur dapat menjaga sistem hormonal yang mempengaruhi stabilitas menstruasi wanita. Selain itu, kandungan di dalam telur juga bisa memberi tenaga bagi wanita yang mengalami PMS. Agar lebih sehat sebaiknya konsumsi telur dengan cara direbus ketimbang digoreng.

7. Pepaya

Pepaya

* sumber: www.brookstropicals.com

Di antara berbagai jenis buah-buahan sehat, hanya pepaya yang merupakan buah terjitu untuk melancarkan haid. Kandungan serat dalam buah pepaya memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan, kombinasi serat dan vitamin dari buah pepaya ini dapat merangsang sel telur pada dinding rahim agar lebih mudah luruh sehingga mempengaruhi siklus menstruasi.

Apabila kamu ingin mencoba pepaya sebagai makanan pelancar haid, konsumsi 150 gram pepaya setiap hari. Kamu bisa memakan buah ini langsung atau diolah menjadi jus segar.

8. Wortel

Wortel

* sumber: www.splendidtable.org

Sudah menjadi rahasia umum jika wortel dikenal sebagai makanan yang dapat memelihara kesehatan mata. Namun, manfaat wortel tidak hanya terbatas pada kesehatan mata saja, tetapi juga pada fertilitas dan siklus menstruasi.

Wortel yang kaya dengan Vitamin A dan serat alami ini dapat membantu memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Jika kamu ingin melancarkan haid dengan mengonsumsi wortel, buatlah jus wortel setiap hari. Rebus wortel terlebih dahulu, lalu blender atau masukkan ke slow juicer untuk dijadikan jus. Minumlah jus wortel ini dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang leboh optimal.

9. Wijen

Wijen

* sumber: www.wsj.com

Wijen sering kita jumpai pada sejumlah jenis kue. Di balik manfaatnya sebagai topping kue, wijen ternyata juga dapat melancarkan haidmu, lho. Kandungan protein dalam wijen lah yang nantinya akan menstabilkan hormon di dalam tubuh sehingga menstruasi jadi lebih lancar.

Kamu dapat mengonsumsi biji wijen secara langsung atau melalui minyak wijen yang diekstrak dari biji wijen. Meskipun mampu membantu melancarkan haid, sebaiknya batasi asupan wijen karena makanan ini dapat meningkatkan panas tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

10. Nanas

Nanas

* sumber: snaped.fns.usda.gov

Amat disayangkan jika nanas dianggap sebagai buah yang dapat menggugurkan kandungan. Tanpa penjelasan medis yang pasti banyak orang yang menduga bahwa buah ini dapat membuat wanita hamil keguguran. Terlepas dari mitos bahwa nanas adalah makanan untuk aborsi, buah ini memang dapat melancarkan haidmu yang tidak teratur.

Kandungan antioksidan di dalam nanas justru bisa mengurangi rasa sakit akibat PMS. Akan tetapi, meskipun diklaim sebagai makanan pelancar haid, sebaiknya konsumsi nanas secukupnya saja, tak perlu berlebihan.

10 makanan pelancar haid ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu, alangkah lebih baik jika kamu mengatasi masalah haid tidak teratur dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar