Kamini.id / Jerawat / Waspada, 10 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Jerawat, Lho!

Waspada, 10 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Jerawat, Lho!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Makanan yang kita konsumsi tidak hanya sekadar menentukan kesehatan organ bagian dalam tubuh saja, tetapi juga kesehatan kulit. Ada beberapa makanan yang justru bisa menimbulkan masalah kulit, salah satunya jerawat. Semakin banyak kita mengkonsumsi makanan penyebab jerawat tersebut, semakin besar pula risiko kulit mudah berjerawat.

Agar kamu bisa menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, Kamini akan membahas satu persatu makanan apa saja yang bisa meningkatkan risiko jerawat di kulitmu. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

10 Makanan Penyebab Jerawat

1. Makanan Berminyak

Makanan Berminyak

* sumber: www.thespruceeats.com

Siapa yang bisa menolak kelezatan gorengan? Masyarakat Indonesia memang sangat gemar menyantap makanan yang digoreng atau berlemak. Tapi sayangnya, makanan yang berminyak merupakan jenis makanan penyebab jerawat.

Minyak yang kita konsumsi akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Ketika jumlah minyak yang disimpan sudah terlalu banyak, tubuh akan mengeluarkannya dari pori-pori. Kulit wajah adalah salah satu tempat untuk mengeluarkan kelebihan minyak di dalam tubuh. Alhasil, kulit wajahmu jadi lebih berminyak dan sangat rentan berjerawat.

2. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu

* sumber: www.yourhealth.net.au

Produk olahan susu seperti keju dan yogurt memang tinggi kalsium. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu bisa menyebabkan timbulnya jerawat, lho. Mengapa bisa begitu?

Perlu kamu ketahui bahwa produk olahan susu berasal dari susu sapi hamil yang tubuhnya penuh dengan hormon. Ketika hormon tersebut turut masuk ke tubuh manusia, maka hormon itu akan diubah menjadi dihydrotestosteron (DHT). Zat inilah yang memicu timbulnya jerawat-jerawat baru. Kalau tak bisa menghindari produk olahan susu, minimal jangan konsumsi secara berlebihan, ya!

3. Makanan Manis

Makanan Manis

* sumber: www.lifeoftrends.com

Makanan manis sejenis cokelat, es krim, dan cake memang susah untuk dihindari, terutama bagi kamu yang tergolong sweet tooth. Bahkan, makanan manis digadang-gadang sebagai makanan yang bisa meredakan stres. Alhasil, banyak orang dewasa yang juga gemar menyantap makanan manis ini.

Namun, makanan manis mengandung gula yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi penyebab jerawat. Kandungan glukosa yang tinggi pada makanan manis akan meningkatkan kadar insulin yang secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap pertumbuhan jerawat. Insulin akan membuat kelenjar minyak bekerja lebih aktif sehingga mengeluarkan sebum yang meningkatkan risiko jerawat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

* sumber: foodrevolution.org

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan hubungan antara kacang-kacangan dengan jerawat, tapi makanan yang satu ini sering dituduh sebagai penyebab jerawat. Namun, ada yang menjelaskan bahwa kacang mengandung asam lemak omega-6, agglutinin dan aflatoxin. Konon, aflatoxin inilah yang menimbulkan jamur di kulit sehingga jerawat bermunculan.

Konsumsi produk olahan kacang seperti kue kacang maupun selai kacang akan semakin meningkatkan risiko kulit berjerawat. Pasalnya, makanan-makanan tersebut juga diperkaya dengan gula yang tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui, gula dapat meningkatkan insulin yang membuat kelenjar minyak semakin aktif menghasilkan sebum.

5. Bayam

Bayam

* sumber: www.vegetariantimes.com

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa sayuran hijau seperti bayam bisa masuk dalam daftar makanan penyebab jerawat. Selama ini, sayur selalu dianggap sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan, bukan?

Sayur bayam mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat besi memang baik untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, bayam juga mengandung iodium yang bisa menyebabkan jerawat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Intinya, kamu tetap boleh mengkonsumsi bayam asalkan dalam porsi yang sewajarnya.

6. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

* sumber: www.inc.com

Minuman bersoda memang segar ketika diminum saat cuaca panas. Namun, hindari konsumsi minuman bersoda terlalu banyak jika kamu tidak ingin punya kulit yang berjerawat.

Ya, soda adalah minuman yang memiliki kandungan gula tinggi. Dampak yang diberikan minuman bersoda sama dengan makanan manis lainnya. Semakin banyak kamu mengkonsumsi gula, semakin tinggi pula insulinmu. Jika insulin sangat tinggi, kelenjar minyak akan aktif memproduksi sebum yang bisa menyumbat pori-pori kulit hingga berkembang menjadi jerawat.

7. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

* sumber: www.healthifyme.com

Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Indonesia gemar menyantap karbohidrat dalam jumlah banyak. Kentang goreng, roti, dan mie adalah sumber karbohidrat favorit bagi kita semua. Bahkan, kita kerap kali merasa masih lapar jika tidak mengkonsumsi karbohidrat.

Sayangnya, makanan berkarbohidrat tinggi merupakan jenis makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Semakin tinggi indeks glikemik dalam sebuah makanan, tentu kadar insulin dan glukosa dalam darah juga meningkat. Nah, peningkatan insulin ini akan berimbas pada kulitmu yang jadi rentan berjerawat.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji

* sumber: www.taste.com.au

Pizza, hamburger, dan fried chicken merupakan makanan yang wajib kamu hindari jika kamu ingin memiliki kulit yang bebas jerawat. Hampir semua makanan cepat saji mengandung lemak dan glukosa yang sangat tinggi.

Lemak dalam makanan cepat saji akan disimpan oleh tubuh dan dikeluarkan melalui pori-pori, termasuk pori-pori kulit wajah. Selain itu, glukosa juga meningkatkan insulin yang akan mempengaruhi kinerja kelenjar minyak. Bisa kamu bayangkan betapa banyak minyak di wajahmu jika kamu mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan glukosa seperti ini, bukan?

Kulit wajah berminyak akan sangat rentan ditumbuhi jerawat. Jadi, cobalah mengurangi kegemaran mengkonsumsi makanan cepat saji, ladies!

9. Makanan dan Minuman Berkafein

Makanan dan Minuman Berkafein

* sumber: nypost.com

Kafein sudah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Kita sering mengkonsumsi kopi, teh, atau minuman berenergi yang sarat dengan kandungan kafein. Namun, tahukah kami jika kafein termasuk salah satu pemicu jerawat di kulit?

Penjelasannya adalah konsumsi kafein dapat meningkatkan hormon adrenalin, yang di mana hormon ini bisa menyebabkan seseorang menjadi stres. Stres memang bukan penyebab utama timbulnya jerawat. Akan tetapi, stres justru akan semakin memperparah kondisi kulitmu yang sudah berjerawat.

10. Whey Protein

Whey Protein

* sumber: examine.com

Dewasa ini, tren mengkonsumsi whey protein untuk meningkatkan massa otot semakin marak. Baik pria maupun wanita sama-sama tertarik mengkonsumsi whey protein untuk membentuk otot tubuhnya. Nah, di balik manfaat whey protein untuk meningkatkan massa otot, ternyata makanan ini turut berkontribusi dalam menimbulkan jerawat, lho.

Asam amino di dalam whey protein merangsang tubuh untuk menghasilkan insulin dengan kadar yang lebih banyak. Peningkatan insulin inilah yang juga berpengaruh pada pertumbuhan jerawat di kulitmu.

11. Cokelat

Cokelat

* sumber: cmujer.com.mx

Ada dua bahan yang sering dipakai untuk membuat cokelat, yakni gula tambahan dan susu. Itulah yang menyebabkan cokelat diklaim sebagai makanan penyebab jerawat. Seperti yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya, gula dan produk susu merupakan makanan pencetus jerawat.

Sejatinya, tidak ada hubungan antara cokelat dengan jerawat. Namun, itu jika kamu menyantap cokelat yang benar-benar murni tanpa tambahan susu atau gula. Faktanya, jaman sekarang sangat sulit menemukan cokelat yang tidak mengandung susu dan gula, bukan?

Selain menghindari makanan-makanan penyebab jerawat ini, kamu juga wajib menjaga kebersihan kulit wajahmu jika ingin terhindar dari masalah jerawat. Namun, jika wajahmu sudah terlanjur berjerawat, kunjungi artikel cara menghilangkan jerawat ini untuk menemukan solusi yang tepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar