Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2019

Istilah “You are what you eat” bukan sebuah mitos belaka. Makanan yang kita makan memang mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Yang dimaksud kesehatan di sini bukan hanya organ tubuh bagian dalam saja, tetapi juga kulit maupun rambut. Jika kamu mengalami masalah kerontokan rambut, kamu harus menyantap makanan yang dapat menyuburkan rambut.

Makanan penyubur rambut tidak seburuk yang kamu bayangkan. Bahkan, mungkin kamu memang sering mengkonsumsi makanan-makanan ini dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak ulasan Kamini mengenai makanan penyubur rambut ini.

10 Makanan Penyubur Rambut

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon

* sumber: www.greatbritishchefs.com

Siapa yang tak suka makan ikan salmon? Ikan premium yang satu ini nikmat disantap dalam kondisi apapun, baik mentah maupun matang. Ikan salmon juga memberi banyak manfaat untuk rambut, lho. Bagaimana bisa?

Salmon mengandung asam lemak omega-3, di mana kandungan ini bermanfaat untuk menguatkan kulit kepala. Kekurangan asupan asam lemak omega-3 bisa membuat rambut mudah rontok. Di samping itu, salmon turut mengandung protein, vitamin B12, dan zat besi. Sekadar informasi, protein memang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

2. Telur

Telur

* sumber: www.myrecipes.com

Tahukah kamu bahwa sejatinya rambut terbuat dari protein? Oleh karena itu, jika kamu ingin menyuburkan rambut, kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Sebagaimana yang kita ketahui, telur adalah sumber protein yang sangat baik.

Penuhi kebutuhan proteinmu sehari-hari dengan mengkonsumsi telur. Kamu bebas menyantap telur yang dimasak dengan metode apapun, entah itu direbus atau digoreng.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

* sumber: www.cookinglight.com

Berbahagialah kamu yang suka ngemil kacang-kacangan karena makanan ini adalah salah satu makanan terbaik untuk menyuburkan rambut. Jenis kacang yang baik untuk  menyuburkan rambut bervariasi, mulai dari kacang almond, kacang hijau, kacang kedelai, sampai dengan kacang tanah.

Kacang-kacangan diklaim sebagai makanan penyubur rambut karena di dalamnya terdapat biotin. Biotin bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel-sel rambut baru sehingga rambutmu bisa tumbuh sangat lebat dalam waktu yang lebih cepat.

4. Daging Merah

Daging Merah

* sumber: www.henryfordlivewell.com

Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan, daging merah bisa menjadi makanan terbaik untuk menyuburkan rambut. Pasalnya, daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi, lho.

Zat besi tidak hanya dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah, tapi juga untuk memelihara kelenjar rambut dan akarnya. Tentu saja akar rambut yang sehat berkontribusi dalam menumbuhkan rambut yang lebat.

5. Blueberry

Blueberry

* sumber: thepioneerwoman.com

Buah premium yang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Blueberry adalah hair growth booster yang sangat ampuh. Meskipun harganya memang cenderung lebih mahal dibanding buah-buahan lokal lainnya, tetapi manfaat yang ditawarkan buah ini sangat besar.

Blueberry merupakan sumber Vitamin C terbaik untuk tubuh. Buah ini akan membantu produksi kolagen yang memperkuat kapiler untuk memasok darah ke batang rambut. Apabila peredaran darah di sekitar kepala lancar, tentu saja pertumbuhan rambut juga lebih subur dan cepat.

6. Daging Unggas

Daging Unggas

* sumber: www.meatandcleaver.com.au

Sudah menjadi rahasia umum jika daging unggas, terutama ayam, merupakan sumber protein yang sangat baik dan sehat. Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang ingin menaikkan massa otot selalu mengkonsumsi daging ayam sebagai sumber proteinnya.

Nah, untuk kamu yang ingin menyuburkan rambut juga bisa mengkonsumsi daging unggas, lho. Protein dibutuhkan oleh rambut untuk bertumbuh lebih cepat. Daging unggas juga mengandung zat besi dengan kadar bioavailabilitas yang tinggi untuk mempermudah tubuh menyerap protein dan nutrisi dari daging tersebut.

7. Alpukat

Alpukat

* sumber: www.foxnews.com

Alpukat tidak hanya bagus untuk merawat rambut dari luar, tetapi juga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar mampu merawat rambut dari dalam. Buah yang satu ini mengandung Vitamin B, Vitamin E, dan asam lemak tak jenuh. Nutrien inilah yang akan memperkuat akar rambut pada kulit kepala.

Tak sampai di situ saja, alpukat juga dapat mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Kombinasi perawatan rambut dari luar dan dalam menggunakan buah alpukat sudah tentu akan membuat rambutmu jadi lebih subur dan terhindar dari berbagai jenis kerusakan.

8. Tiram

Tiram

* sumber: www.foodandwine.com

Rambut yang sehat dapat tumbuh lebih subur dan kuat. Kekuatan rambut terdapat pada asupan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang mencukupi. Jika kamu banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, niscaya kamu pasti akan memiliki rambut kuat yang mampu tumbuh dengan subur.

Tiram merupakan makanan yang dapat menyediakan antioksidan yang dibutuhkan oleh rambutmu. Kandungan seng di dalam tiram akan berperan sebagai antioksidan untuk menyehatkan rambut. Jika rambut kekurangan asupan seng, tentu saja rambut akan lebih mudah rontok dan berketombe.

9. Tomat

Tomat

* sumber: thewcommunity.com

Beragam usaha bisa kamu lakukan untuk membuat rambut tumbuh lebat, salah satunya dengan menghidrasi rambut. Kamu butuh makanan yang dapat membantumu menghidrasi rambut, salah satunya tomat.

Kemampuan tomat dalam menghidrasi rambut didukung oleh kandungan lycopene di dalam buah ini. Lycopene tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit, tetapi juga untuk menghidrasi rambut dan menjaga kilau alami rambut.

10. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

* sumber: www.kisspng.com

Makanan yang satu ini memang sudah tak perlu lagi diragukan manfaatnya. Kita semua tahu jika sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan tumbuh. Bahkan, sayuran hijau juga dapat mencegah risiko berbagai penyakit yang mengancam tubuh. Namun, apa manfaat sayuran hijau untuk menyuburkan rambut?

Sayuran hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut secara menyeluruh. Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan Vitamin B, C, E, potasium, kalsium, zat besi, magnesium, dan omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan sayuran hijau dalam setiap menu makananmu sehari-hari.

11. Buncis

Buncis

* sumber: www.crystalvalleyfoods.com

Sumber protein tidak hanya bisa diperoleh dari makanan hewani saja, lho. Makanan seperti buncis pun turut menyediakan protein yang tinggi untuk menjaga kesuburan rambut.

Sama seperti tiram, buncis juga diperkaya dengan seng yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki kerusakan rambut. Di samping itu, sayuran ini juga mengandung zat besi, bioten, dan folat. Nutrien yang terkandung di dalam buncis ini memegang peranan penting untuk membantu kesuburan rambut.

12. Ubi Jalar

Ubi Jalar

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Kandungan beta karoten yang terdapat di dalam ubi jalar akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang dikaitkan sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A akan membantu produksi sebum agar rambut selalu sehat dan terhindar dari masalah kekeringan maupun kerontokan.

Tak cukup sampai di situ, Vitamin A yang berasal dari beta karoten dalam ubi jalar juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Alhasil, rambutmu akan tumbuh lebih subur dibanding sebelum kamu rutin mengkonsumsi ubi jalar.

Setiap orang tentu ingin memiliki rambut tebal yang terhindar dari berbagai masalah rambut. Apabila saat ini kamu memiliki rambut yang cenderung tipis, tak ada salahnya kamu mencoba rutin mengkonsumsi makanan-makanan di atas. Kamu pun bisa menggunakan shampo untuk menebalkan rambut sebagai usaha menyuburkan rambut. Selamat mencoba!