Kamini.id / Haid / Inilah 10 Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Haid

Inilah 10 Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Haid

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Menstruasi adalah hal yang umum dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Setiap sebulan sekali, wanita pasti mengalami menstruasi atau haid. Terkadang, menstruasi juga disertai dengan beberapa gejala, seperti nyeri. Bahkan, rasa nyeri akibat menstruasi terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa jenis minuman dan makanan ternyata dapat memperparah rasa nyeri saat sedang haid. Meskipun Anda termasuk salah satu wanita yang tidak pernah mengalami nyeri saat haid, Anda tetap harus menghindari sejumlah minuman dan makanan yang dilarang saat haid. Pasalnya, sejumlah makanan ini dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang yang sedang haid.

Apa jenis minuman dan makanan yang dilarang saat haid? Mengapa sejumlah makanan tersebut harus dihindari saat haid? Kamini akan memberikan penjelasan selengkapnya di sini.

10 Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Haid

1. Minuman Berkafein

Minuman Berkafein Makanan yang Dilarang Saat Haid

Apakah Anda memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari? Nampaknya Anda harus menghindari minuman tersebut saat haid karena kopi mengandung kafein. Perlu Anda ketahui bahwa kafein dapat menyebabkan perasaan gelisah, cemas, dan susah tidur. Selain itu, kafein juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang berujung pada dehidrasi.

Efek yang ditimbulkan kafein ini tentu saja akan memperburuk suasana hati dan kondisi tubuh saat Anda sedang haid. Alangkah lebih baik jika Anda menghindari minuman dan makanan berkafein sampai menstruasi Anda selesai.

2. Mie Instan

Mie Instan

Siapa yang tidak suka menyantap mie instan? Apalagi Indonesia memiliki sebuah merk mie instan paling enak yang kelezatannya sudah terkenal hingga ke negara lain. Sayangnya, saat sedang haid Anda harus menghindari mie instan.

Kandungan MSG di dalam mie instan dapat mempengaruhi proses menstruasi wanita. MSG dapat membuat nyeri haid yang Anda rasakan semakin parah. Bahkan, terlalu banyak mengonsumsi mie instan saat haid dapat menyebabkan sakit kepala dan kembung.

Mengingat mie instan adalah salah satu makanan yang dilarang saat haid, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi mie instan jenis apapun selama haid. Cobalah untuk mengonsumsi makanan fresh yang dimasak sendiri.

3. Makanan Tinggi Garam

Makanan Tinggi Garam

Suka menyantap makanan asin? Kali ini Anda harus benar-benar mengurangi konsumsi garam selama menstruasi. Bahkan menjelang haid, Anda harus membatasi asupan makanan yang tinggi garam. Kandungan garam yang tinggi dalam makanan yang Anda konsumsi akan menyebabkan Anda mengalami gejala kembung dan retensi cairan.

Yang lebih parah lagi, wanita haid yang terlalu banyak mengonsumsi garam dapat merasakan sakit kepala, lemas, dan kehausan yang parah. Untuk sementara waktu, sebaiknya ganti garam dengan rempah-rempah alami lainnya agar rasa makanan yang Anda konsumsi tetap terasa sedap.

4. Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Dari sekian banyak jenis minuman dan makanan yang dilarang saat haid, minuman yang satu ini harus benar-benar Anda hindari ketika sedang menstruasi. Ya, minuman beralkohol sebaiknya memang harus dihindari ketika Anda sedang haid.

Alkohol diklaim dapat memperburuk gejala PMS yang dirasakan oleh wanita haid. Pasalnya, alkohol dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis sehingga wanita jadi lebih sensitif, mudah marah, gelisah, dan kelelahan. Yang lebih buruk lagi, alkohol dapat membuat wanita yang sedang datang bulan jadi mudah sakit kepala.

5. Makanan Tinggi Gula

Makanan Tinggi Gula

Cake, ice cream, kue kering, dan kembang gula adalah makanan yang harus dihindari ketika haid. Semua makanan yang disebutkan itu memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Makanan dengan kalori yang sangat tinggi dapat menyebabkan gangguan haid karena mengganggu kinerja hormon estrogen yang bertugas untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Boleh saja mengonsumsi makanan manis saat sedang menstruasi, tetapi jangan terlalu manis. Batasi asupan gula Anda sehari-hari agar menstruasi Anda tetap terasa nyaman. Bila perlu, ganti gula biasa dengan gula yang lebih rendah kalori.

6. Minuman Dingin

Minuman Dingin

Pernah mendengar mitos bahwa minuman dingin dapat membekukan darah menstruasi? Pada kenyataannya, minuman dingin memang masuk dalam daftar minuman yang harus dihindari saat haid. Namun, bukan mitos tersebut yang menjadi alasannya. Konsumsi minuman dingin saat haid akan memberikan efek kembung pada perut.

Tak hanya itu saja, wanita yang sering mengalami kram saat haid juga akan merasakan kram yang semakin parah setelah minum minuman dingin. Selain itu, minuman dingin dapat menyebabkan peradangan yang menghambat kelancaran darah menstruasi. Alangkah lebih baik Anda menjauhi segala jenis minuman dingin ketika sedang datang bulan.

7. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan Berlemak Tinggi

Tak ada yang bisa menolak steak daging sapi apalagi yang masih disertai dengan lemak yang gurih. Makanan berlemak tinggi memang nikmat, tapi wanita yang sedang haid harus menghindari makanan tersebut. Mengapa makanan berlemak tinggi masuk dalam daftar makanan yang dilarang saat haid?

Makanan dengan kandungan lemak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan perut kembung. Memiliki perut kembung saat sedang menstruasi tentu saja akan membuat wanita merasa sangat tidak nyaman. Selain itu, makanan berlemak dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Hormon ini akan menyebabkan rasa kram di perut.

8. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Minuman bersoda selalu menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Akan tetapi, minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi. Jika saat haid wanita harus menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi, maka wanita juga harus menjauhi minuman tinggi gula, seperti soda.

Gula yang tinggi dapat membuat tubuh jadi mudah lemas. Selain itu, kalori yang tinggi di dalam minuman bersoda akan memperburuk PMS yang dialami wanita haid karena mereka jadi mudah emosi dan tersinggung.

9. Makanan Pedas

Makanan Pedas

Ada sejumlah orang yang mengaku tidak bisa makan jika makanannya tidak pedas. Kecintaan orang terhadap makanan pedas memang tidak dapat disalahkan. Namun, mau tidak mau, wanita yang gemar menyantap makanan pedas harus menghindari makanan favoritnya itu saat sedang haid.

Makanan yang terlalu pedas dapat mengganggu sistem pencernaan. Anda jadi berpotensi mengalami diare, kembung, dan nyeri perut. Kombinasi antara masalah pada sistem pencernaan dan gejala PMS tentu saja akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.

10. Produk Susu

Produk Susu

Yang dimaksud produk susu adalah susu cair, keju, yogurt, dan mentega. Ketika sedang haid, Anda harus menjauhi makanan dan minuman yang mengandung produk susu. Semua makanan dan minuman yang terbuat dari susu mengandung asam arakidonat.

Sekedar informasi, asam arakidonat adalah asam lemak omega-6 cair yang dapat memicu kram haid. Kalau tidak ingin rasa sakit di perut semakin parah, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan mengonsumsi produk susu saat tamu bulanan Anda datang.

10 minuman dan makanan yang dilarang saat haid ini mungkin sudah biasa Anda konsumsi setiap hari. Akan tetapi, untuk kenyamanan Anda saat menstruasi memang sebaiknya Anda menghindari konsumsi jenis-jenis makanan ini. Kalau Anda ingin meredakan nyeri haid yang mengganggu, Anda bisa mencoba 3 sikap yoga berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. selamat malam…
    mau tanya…
    bila hed yang berlebihan mksdnya sellau keluar darah ketka batas dah terlewat…
    apakah ada makann yang berlevihan.apa gmna..
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *