Jenis dan Arti dari Warna Cokelat yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Kopi, tanah, kayu adalah beberapa benda yang mempunyai warna cokelat. Namun, apakah benar benda-benda tersebut benar berwarna cokelat? Nah, berangkat dari rasa penasaran tersebut kami akan membahasnya lebih lanjut mengenai warna cokelat ini. Sebab warna cokelat itu ternyata tidak hanya satu. Ada beragam warna turunannya yang masih satu keluarga dengan warna ini.

Keluarga warna cokelat mempunyai kode tersendiri dan tentu saja mempunyai namanya masing-masing sehingga menjadi pembeda antara warna cokelat yang satu dengan warna cokelat lainnya. Penjelasan lengkapnya akan kamu temukan di dalam artikel di bawah ini.

Warna Cokelat Zaman Dahulu Kala

Warna Cokelat Zaman Dahulu Kala_

Warna cokelat merupakan warna komposit yang sudah dikenal oleh umat manusia sejak zaman kuno. Warna ini adalah salah satu warna yang paling banyak digunakan di dunia seni. Warna ini pula merupakan warna yang belakangan banyak digunakan dalam dunia mode karena kesan yang hangat dan menyejukan.

Kata brown yang berarti cokelat berasal dari bahasa Inggris kuno “brun”. Kata ini sering digunakan untuk menyebut warna gelap dan warna kehitaman. Warna cokelat mewakili kesederhanaan, kesehatan dan ketergantungan meskipun sebagian orang menganggap warna ini sebagai warna yang kusam.

Warna cokelat telah digunakan di dalam dunia seni sejak zaman dulu. Warna ini didapat dari warna alami pigmen tanah liat yang berisi oksidasi besi dan oksidasi mangan. Penggunaan pigmen ini kemudian disebabkan karena munculnya beragam corak dalam seni.

Dan di Mesir kuno warna cokelat merupakan warna yang paling sering digunakan dalam kesenian bangsa mereka. Para pria Mesir kuno banyak menggunakan warna cokelat kemerahan, sementara para wanitanya menggunakan kuning untuk menggambarkan warna kulit.

Orang Mesir juga banyak menggunakan warna cokelat untuk membuat lukisan di dalam makam dalam konteks yang berbeda untuk menggambarkan warna kulit.

Sementara itu Yunani dan Romawi kuno menghasilkan sepia yang merupakan tinta cokelat kemerahan halus yang dibuat dari berbagai tinta sotong. Perlu kamu ketahui bahwa sepia merupakan warna yang masih sering dikaitkan dengan zaman kuno.

Pada era Renaissance, Leonardo da Vinci menggunakan tinta sepia untuk menulis dan menggambar karyanya. Sayangnya, pada pakaian warna cokelat identik dengan kemiskinan dan status sosial rendah. Ini terjadi pada zaman Roma kuno.

Pada masa itu ada literatur yang menyebutkan bahwa pakaian cokelat adalah pakaian orang dari kelas bawah atau orang barbar. Orang miskin kota yang disebut dengan kampungan mengenakan pakaian berwarna cokelat. Secara harfiah orang kampungan disebut dengan “pullati”, yaitu orang yang berpakaian cokelat.

Macam-Macam Warna Cokelat dan Kodenya

Macam-Macam Warna Cokelat dan Kodenya_

Warna cokelat adalah warna yang umum digunakan yang terdiri dari warna kuning gelap, warna merah dan oranye yang diikuti pencerahaan relatif pada objek atau sinar warna putih. Warna ini erat kaitannya dengan kepribadian dan karakteristik seseorang yang menjadikan warna cokelat sebagai warna favorit.

Selain itu, dalam warna cokelat ada campuran warna hitam, kuning dan merah. Kode standar warna cokelat adalah hex #964B00. Ada beberapa warna cokelat lain yang masih satu kelompok. Berikut ini daftarnya.

Warna Cokelat dan Artinya

Setiap unsur yang ada di dunia ini selalu menarik untuk diketahui. Pun termasuk dengan unsur warna. Kali ini kita akan berkenalan dengan arti warna cokelat dan makna warna cokelat yang kini beberapa tahun belakangan ini bayak digunakan di dunia mode dan desain.

Beberapa bidang ilmu menggali makna dari warna cokelat yang katanya pelambang kesahajaan ini. menariknya warna pun memberikan ciri karakter tertentu pada orang yang menyukainya.

Arti Warna Cokelat Secara Umum

Arti Warna Cokelat Secara Umum_

Warna-warna cokelat di seitar kita selama ini ternyata mempunyai makna tersenciri. Warna cokelat identik dengan warna kayu, tanah dan batu. Ini adalah sebagai petunjuk bahwa warna cokelat adalah salah satu warna alami.

Warna cokelat adalah salah satu warna netral dan ia memberikan kesan yang anggun dan elegan. Arti dari warna ini cukup beragam, bergantung pada jenis warna apa yang dicampurkan untuk menciptakan warna cokelat.

Kombinasi warna cokelat bisa terdiri dari warna hitam, kuning, abu-abu, oranye, ungu, pink dan hijau. Masing-masing warna ini menambah varias makna warna cokelat yang dikandungnya.

Di negara-negara barat, warna cokelat, kuning dan oranye merupakan warna yang paling sedikit digunakan dalam berbagai bidang. Ini disebabkan karena warna tersebut dianggap sebagai warna yang paling membosankan sehingga jarang yang tertarik dengan warna tersebut.

Namun, perlu kamu ketahui bawah warna cokelat yang digunakan sebagai warna sebuah ruangan akan menghadirkan kesan sederhana dan kelihatan menawan.

Arti Warna Cokelat Menurut Feng Shui

Arti Warna Cokelat Menurut Feng Shui_

Salah satu unsur yang dikaji dalam ilmu feng shui adalah unsur warna. Dan menurut perspektif ilmu ini warna cokelat merupakan warna yang melambangkan keamanan dan stabilitas. Karakter dari warna ini pun elegan.

Untuk ruangan yang membutuhkan tingkat konsentrasi lebih seperti ruangan yang dipergunakan untuk ruang kerja dan ruang belajar, warna cokelat adalah warna yang disarankan untuk digunakan.

Namun, bagi ruangan keluarga dan kamar tidur, hindari warna ini. Pasalnya warna cokelat dapat mengganggu tubuh untuk merasa rileks.

Arti Warna Cokelat Menurut Psikologi

Arti Warna Cokelat Menurut Psikologi_

Dilihat dari sisi psikologi warna cokelat mempunyai arti tersendiri. Bidang ilmu ini melihat warna cokelat sebagai warna yang memberikan sensasi teduh kepada siapapun yang melihatnya. Oleh sebab itulah orang cenderung akan mendekat saat melihat warna cokelat.

Orang yang tergolong suka dengan warna ini mempunyai kecenderungan sifat ramah dan mudah didekati. Sama dengan orang yang menyukai warna oranye. Orang yang menyukai warna-warna ini memiliki kehangatan dan keramahan sehingga membuat orang nyaman berada di sekitarnya.

Ini berlaku pada makanan. Melihat warna cokelat akan merangsang nafsu makan. Namun, ada pula orang yang merasa bosan ketika melihat warna ini. Itu sebabnya restoran lebih banyak menggunakan warna oranye ketimbang warna cokelat. Sebab warna oranye tidak memberikan efek bosan.

Oh ya, warna cokelat pun mempengaruhi pikiran. Warna ini memberi kesan kebaikan, damai dan kestabilan. Kesan stabil yang ditimbulkannya memunculkan perasaat fit pada tubuh.

Karakter Pencinta Warna Cokelat

Karakter Pencinta Warna Cokelat_

Karakter seseorang dapat diketahui dari warna yang dia suka. Bagi kamu yang menyukai warna alami ini, disinyalir tipikal orang yang mengutamakan keluarga dan sangat mencintai keluarga. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Selainn itu, ia adalah orang yang supel dan tidak suka dengan hal-hal yang ribet sehingga ia lebih suka berpikir praktis. Kepribadian penyuka warna cokelat ini tercermin dari penampilan mereka. Mereka cenderung lebih suka dandanan sederhana dan tidak menggunakan beragam aksesoris.

Namun, orang yang menyukai warna cokelat mempunyai pendirian yang teguh. Emosinya stabil dan suasana hatinya pun tidak gampang berubah drastis. Plus, orang ini bisa diandalkan.

Nah, Itulah informasi mengenai macam-macam warna cokelat dengan kode dan warna turunannya plus latar penggunaan warna cokelat zaman dahulu kala.

Ternyata warna yang termasuk golongan warna bumi ini menjadi menarik sebab ia mengandung makna tertentu yang dilihat dari bidang ilmu yang berbeda. Buat kamu yang menyukai warna cokelat, bagaimana? Apakah sesuai dengan karaktermu?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram