Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Mei 2021

Ada banyak jenis warna di dunia ini. Dalam penggunaan umum bahasa Inggris, warna ungu adalah perpaduan dari warna biru dan merah. Dalam teori warna, warna ungu adalah warna apapun yang ada pada diagram kromatisitas CIE atau istilahnya warna yang bisa diturunkan dari warna pada garis ungu. Warna ungu pertama kali dicatat sebagai salah satu warna pada tahun 975.

Sebenarnya tidak ada definisi mutlak untuk menerjemahkan warna ungu. Jika kita perhatikan warna ungu adalah adalah warna yang langka. Sebab di dunia ini jarang sekali ada elemen yang menggunakan warna ungu. Bunga-bunga pun jarang ada yang berwarna ungu. Nah, kita akan cari tahu macam-macam warna yang dalam bahasa Latin disebut dengan purpura ini.

Sejarah Warna Ungu

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 1Sumber: charliestephen6.medium.com

Nama lain dari warna ungu adalah ungu kerajaan, ungu kekaisaran dan nama ungu sendiri awalnya mendominasi warna purpura tertentu. Purpura itu sendiri adalah pewarna yang diambil dari moluska yang ditemukan di tepi kota Tiru Phoenicia kuno yang waktu itu masih merupakan wilayah Lebanon.

Warna dari moluska tersebutlah yang nantinya dikenal sebagai warna ungu Tyrian. Warna tersebut berasal dari spesies siput laut yang dikenal dengan nama Bolinus brandaris. Siput ini sangat langka sehingga satu siput ini bobotnya dihargai sama dengan emas.

Untuk memanen siput ini, pembuat warna harus membuka cangkang siput dan mengekstrak lendir penghasil warna ungu untuk selanjutnya dipaparkan pada sinar matahari dalam waktu yang lama. Untuk menghasilkan satu ons warna ungu, pembuat warna memerlukan sekitar 250.000 siput Bolinus brandaris.

Pada masa itu warna tersebut adalah simbol kerajaan dan otoritas politik sebab hanya kalangan bangsawan dan orang kaya saja yang bisa membeli warna tersebut, termasuk sang kaisar. Oleh sebab itu, warna ungu Tyrian disebut sebagai warna ungu kekaisaran dan rakyat kecil dilarang menggunakan warna tersebut. Jika membangkang, ganjarannya adalah hukuman mati.

Warna ungu kemungkinan ditemukan di awal peradaban Minoan, peradaban di Kreta, sebuah pulau yang terletak di dekat daratan Yunani. Saat memberikan audiensi, Alexander Agung, Kaisar Makedonia dan kaisar dari Kekaisaran Seleukia beserta Raja Ptolemeus Mesir mengenakan pakaian berwarna ungu Tyrian.

Jubah kaisar Romawi saat itu berwarna ungu Tyrian dan dipangkas dengan benang yang emas berwarna emas metalik. Warna ungu selanjutnya terus digunakan oleh kekaisaran romawi Timur sampai keruntuhannya di tahun 1435.

Pada masa kerajaan dunia kuno, warna ungu dianggap sebagai warna yang berani dan merupakan warna khas orang dengan status sosial tinggi. Raja Persia Cyrus mengadopsi tunik ungu sebagai warna bagi seragam kerajaannya.

Para penguasa Byzantium pun mengenakan jubah berwarna ungu yang melambai. Warna tinta yang digunakan saat menandatangani dekrit pun berwarna serupa, ungu. Yang lebih uniknya lagi, anak-anak mereka yang lahir di masa itu digambarkan sebagai anak yang lahir dalam warna ungu.

Makna Warna Ungu

Pada dasarnya warna ungu adalah perpaduan warna merah dan biru yang diatur gelap dan terangnya dengan menggunakan warna hitam dan putih. Warna ungu sering dikaitkan dengan loyalitas, kemuliaan, kekuatan, ambisi dan kemewahan.

Ungu merupakan warna yang merepresentasikan energi, feminism, kelezatan, perasaaan romantis dan nostalgia. Di militer Amerika Serikat, warna ungu adalah tanda bagi prajurit yang terluka. Makna dari warna ungu ini tidak sedikit. Beragam sudut pandang mempunyai penjelasan terkait warna ini.

1. Arti Warna Ungu Secara Umum

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 3Sumber: unsplash.com

Warna ungu secara umum diartikan sebagai warna yang unik. Warna satu ini mempunyai makna yang berkaitan dengan hal-hal megah seperti kekuatan spiritual simbol kerajaan, aspirasi tinggi, simbol kebangsaan, simbol misteri dan simbol keajaiban.

Ungu pun merupakan perlambang sesuatu yang agung. Orang yang berpakaian ungu akan terlihat menarik dan memancarkan pesona tersendiri. Sedangkan orang yang menyukai warna ini memiliki empati yang tinggi dan cenderung senang mendahulukan kepentingan orang lain.

2. Arti Warna Ungu Menurut Feng Shui

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 5Sumber: unsplash.com

Menurut pandangan feng shui, warna ungu adalah warna yang impresif. Hal ini terkait dengan Sesuatu hal yang bersifat spiritual yang tinggi. Kamu bisa gunakan warna ungu untuk warna cat tembok kamar tidur dan ruangan mediasi.

Sebaliknya, hindari warna ungu untuk ruangan kamar mandi dan ruang dapur. Berdasarkan sudut pandang feng shui, warna ungu sangat tidak cocok digunakan pada dua ruangan tersebut. ungu dalam pandangan feng shui mempunyai makna:

  • Pengaruh
  • Pandangan ketiga
  • Simbol kekuatan spiritual
  • Simbol kerajaan
  • Misteri
  • Simbol kebangsaan
  • Keajaiban
  • Harga atau nilai

Feng shui melihat bahwa orang yang menyukai warna ini adalah orang yang mempunyai kesiapan menghadapi masa depan. Ia adalah seseorang yang mengikuti perkembangan zaman dan tren.

Selain itu, feng shui melihat penyuka warna ungu adalah orang yang meyakini jika ia melakukan sesuatu maka ia akan mendapatkan hal yang paling baik Oh ya, warna ini dianggap sebagai warna yang dapat mencegah kita dari suatu yang buruk yang tunjukan dengan ungkapan “purple is against bad ideas.”

3. Arti Warna Ungu Menurut Psikologi

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 7Sumber: unsplash.com

Berdasarkan kacamata psikologi, warna ungu adalah warna yang mempunyai pengaruh kuat terhadap suasana hati seseorang dan kondisi perasaan. Laman Verrywell.com menyebutkan bahwa ungu adalah warna yang bisa membawa seseorang terhadap berbagai perasaan yang berbeda.

Pada dasarnya warna ungu dinilai sebagai warna yang menunjukan kepribadian. Dari segi sosiologi, warna ungu muda dikenal sebagai warna seseorang yang misterius dan imajinatif. Sementara warna ungu tua adalah warna yang mempunyai arti orang yang lekat dengan kekayaan atau kemewahan. Dan, warna ungu lavender menggambarkan orang yang cukup feminism, nostalgis dan sentimental.

Dalam pandangan psikologi, warna ungu mempunyai macam-macam arti. Misalnya, ungu adalah melambangkan wanita kaya yang berkelas, pribadi yang unik dan langka, teman yang loyal dan menunjukan ketenangan jiwa namun cukup misterius.

4. Warna Ungu Dalam Emosi

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 9Sumber: unsplash.com

Yang unik dari warna ungu adalah warna ini menjembatani dua warna antara warna hangat dan warna dingin. Ini merupakan hasil pencampuran dari warna merah dan biru. Warna ungu merupakan corak introspektif yang mampu menghubungkan manusia dengan benak yang lebih dalam.

Dalam keluarga ungu (purple) terdiri dari dua jenis warna ungu, yakni warna ungu (purple/ungu merah) dan nila (violet/ungu biru). Perbandingan ungu tersebut dengan nila terlihat dari spektrum cahayanya. Sedangkan ungu hanyalah suatu kombinasi corak merah dan biru.

Dilihat dari getaran spektrumnya nila mempunyai getaran yang lebih tinggi. Kedua warna ini mempunyai tenaga serta kekuatan merah dengan tenaga spiritual serta integritas biru. Perpaduan ungu serta nila ibarat perpaduan tubuh dan jiwa yang menghasilkan penyeimbang antara spiritual serta tenaga rohani manusia.

Keseimbangan Warna Ungu

Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui 11Sumber: unsplash.com

Penggunaan warna ungu harus seimbang. Ini disebabkan karena warna ungu terdiri dari dua warna yang terbilang berlawanan, yaitu warna merah yang panas dan biru yang dingin. Terlalu banyak unsur ungu memunculkan sifat yang sensitif, mudah tersinggung, sombong dan tidak sabaran.

Sebaliknya, terlalu sedikit warna ungu malah akan memunculkan sifat tidak berdaya dan perasaan negatif serta apatis. Ini harus disesuaikan agar memunculkan warna yang berkesan positif seperti memunculkan penciptaan dan kreativitas serta imajinasi yang baik.

Demikianlah macam-macam warna ungu mulai dari sejarah, makna dan kode warnanya. Sekarang sudah bisa membedakan masing-masing warna ungu dan turunannya, bukan?

Jadi jika kelak kamu melihat warna ungu pastikan warna ungu apakah itu. Pasalnya seperti yang telah kami paparkan bahwa warna ungu mempunyai jenis-jenis dan warnanya sendiri. Dan ternyata warna ungu mempunyai artinya sendiri.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram