Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari seduhan kelopak bunga mawar. Tak hanya sekadar wangi, air mawar memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Mengingat manfaatnya yang sangat banyak, maka banyak produsen kosmetik dan skin care yang menggunakan air mawar sebagai campuran untuk produknya.

Di zaman serba modern ini, kamu bisa mendapatkan minyak mawar yang siap pakai. Di pasaran, sudah banyak produk air mawar yang dijual bebas. Jadi, kamu pun tidak perlu repot membuat air mawar sendiri.

Sebelum mulai menggunakan air mawar untuk merawat kecantikan, kenali dulu sejumlah manfaat air mawar yang telah Kamini rangkum berikut ini.

1. Membersihkan Kulit Wajah

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 1

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Riasan yang melekat di wajah selama berjam-jam tentu bisa menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, kamu memang dianjurkan untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur. Proses pembersihan make up yang biasanya menggunakan cleanser, kini bisa diganti dengan memakai air mawar, lho.

Air mawar bisa menjadi make up remover darurat. Cukup campurkan air mawar dengan minyak kelapa, lalu usapkan ke kulit wajah dengan kapas. Kamu pun bisa menggunakan produk cleanser terlebih dahulu, lalu disusul dengan menggunakan air mawar untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Air mawar mampu mengangkat sisa make up yang masih tertinggal di pori-pori wajah.

2. Menyegarkan Wajah

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 3

* sumber: www.lorealparisusa.com

Toner berfungsi sebagai produk untuk menyegarkan kulit wajah. Kini, kamu bisa memakai air mawar sebagai toner alami, lho. Ya, air mawar dapat memberikan efek segar yang alami pada kulit wajahmu karena tidak mengandung alkohol.

Jika kamu adalah pemilih kulit sensitif yang tidak bisa menggunakan toner yang mengandung alkohol, coba saja untuk mengganti toner-mu dengan air mawar. Usapkan saja air mawar dengan bantuan kapas ke seluruh bagian wajah. Lakukan treatment ini sebelum tidur agar wajahmu lebih glowing di pagi harinya.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 5

* sumber: www.safeguard.ph

Punya tipe kulit yang mudah berjerawat? Jerawat memang tidak bisa dibiarkan begitu saja sih. Kamu harus mencari solusi untuk mengatasi jerawat agar penampilan tetap maksimal dan kulitmu pun jadi lebih sehat. Nah, salah satu solusi aman untuk mencegah dan mengatasi jerawat adalah melakukan perawatan alami dengan air mawar.

Air mawar mengandung antiseptik alami yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah. Mulailah menggunakan air mawar pada wajah setelah kamu mencuci wajah dengan sabun. Sebelum memakai skin care, pastikan dulu bahwa wajahmu sudah diusap dengan air mawar.

Perawatan sederhana dengan air mawar ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika kamu melakukan treatment ini setiap hari selama tiga minggu penuh, percayalah jerawat di wajahmu akan hilang seketika.

4. Menghidrasi Kulit dan Rambut

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 7

* sumber: www.mnn.com

Permasalahan kulit kering dan rambut kering ternyata bisa diatasi dengan bahan alami yang sama, yaitu air mawar. Air mawar memiliki sifat hidrasi yang cukup baik untuk kulit dan rambut. Hidrasi yang ditawarkan air mawar tidak akan menyebabkan kulit dan rambut jadi berminyak karena tidak ada kandungan minyak sama sekali pada air mawar.

Untuk menghidrasi kulit wajah yang kering, silakan gunakan air mawar ini sebagai toner di pagi dan malam hari ketika kamu sudah selesai mencuci muka. Sementara untuk menghidrasi rambut kering, teteskan air mawar pada shampoo yang kamu pakai, lalu keramas lah seperti biasa.

5. Meredakan Peradangan di Kulit

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 9

* sumber: hellosehat.com

Kulit jadi kemerahan karena mengalami peradangan? Yuk, jangan panik karena kamu bisa mengatasi masalah ini dengan air mawar. Perlu kamu ketahui bahwa air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit. Iritasi yang disebabkan karena jerawat atau penggunaan kosmetik/skin care yang tidak cocok bisa diatasi dengan air mawar.

Apabila kamu ingin mengatasi peradangan di kulit dengan air mawar, gunakan air mawar ini sebagai toner setelah kamu mencuci muka dengan sabun. Untuk sementara waktu, hentikan dulu pemakaian make up maupun skin care yang berlebihan untuk mempercepat proses pemulihan kulit yang meradang.

6. Menghilangkan Ketombe

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 11

* sumber: www.inovasee.com

Walaupun sepele, keberadaan ketombe di rambut memang cukup meresahkan. Bagaimana tidak, ketombe dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Apalagi jika ketombe tersebut rontok di pakaian kita yang berwarna gelap. Wah, kita jadi terkesan tidak menjaga kebersihan rambut meskipun pada kenyataannya kita sudah keramas secara teratur.

Tuntaskan masalah ketombe ini dengan perawatan alami yang memanfaatkan air mawar. Air mawar dapat dijadikan kondisioner untuk mengatasi ketombe. Setelah mencuci rambut dengan shampoo anti-ketombe, tuangkan air mawar ke kulit kepalamu dan beri pijatan ringan agar meresap ke dalam kulit kepala. Tak perlu dibilas lagi dengan air karena air mawar tidak meninggalkan residu apapun di kulit kepalamu.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 13

* sumber: www.shamelessfripperies.com

Siapa sih yang tidak ingin punya kulit wajah cerah merona? Meskipun tak harus memiliki kulit putih, tapi setiap orang pasti mendambakan kulit wajah yang cerah alami. Nah, untuk mencerahkan kulit wajah, kamu bisa memanfaatkan air mawar, lho.

Air mawar mengandung Vitamin A dan Vitamin E yang membantu eksfoliasi wajah secara alami. Di samping itu, antioksidan tinggi di dalam air mawar dapat memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan sel kulit mati. Alhasil, kulit wajah jadi lebih cerah alami dan terlihat glowing setiap saat.

8. Menghilangkan Kantung Hitam Bawah Mata

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 15

* sumber: www.ladiestory.id

Say no to “mata panda”! Stres atau kurang tidur memang bisa menyebabkan kantung hitam di bawah mata. Solusi untuk menghilangkan kantung hitam bawah mata sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa memulai perawatan alami dengan menggunakan air mawar.

Teteskan air mawar secukupnya ke kapas. Gunakan kapas tersebut untuk mengompres kedua matamu. Lakukan ini dengan mata terpejam agar air mawarnya tidak masuk ke dalam mata. Kompres kedua mata dengan air mawar selama 30 menit.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 17

* sumber: www.medichere.com

Tak perlu membeli krim anti-aging seharga jutaan rupiah untuk terlihat awet muda. Perawatan dengan air mawar juga bisa membuatmu nampak awet muda. Kandungan antioksidan di dalam air mawar bekerja untuk menangkal radikal bebas yang mempercepat penuaan dini. Jika kamu memakai toner dari air mawar secara teratur, maka kulit wajahmu akan terlihat lebih awet muda meskipun usia bertambah.

10. Meredakan Stres

Tak Hanya Wangi, Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 19

* sumber: www.baremetics.com

Percayakah kamu bahwa stres bisa mempercepat penuaan? Bahkan, stres bisa mengurangi aura kecantikan alamimu, lho. Air mawar bisa memberikan efek relaksasi untuk meredakan stresmu. Kamu bisa menuangkan beberapa tetes air mawar untuk air mandimu. Aroma harum air mawar juga dapat mengurangi stres psikismu.

Wah, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari air mawar, ya! Air mawar membuktikan bahwa untuk tampil cantik kamu tak harus mengeluarkan biaya yang mahal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram