Kamini.id / Tips Kecantikan / Manfaat Ajaib Bibit Collagen, Kamu Sudah Tahu Belum?

Manfaat Ajaib Bibit Collagen, Kamu Sudah Tahu Belum?

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah dengar istilah collagen? Di dalam dunia kecantikan collagen terkenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit. Collagen digembar-gemborkan sebagai zat yang bagus untuk menghidrasi kulit, mengurangi kerutan di wajah, menyamarkan selulit serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pada dasarnya, manusia memproduksi collagen di dalam tubuh secara alami. Namun seiring usia bertambah jumlah collagennya semakin berkurang. Oleh sebab itu, kamu butuh asupan suplemen yang bisa membantu menjaga kebutuhan collagen terpenuhi.

Pengertian Collagen dan Bibit Collagen

Pengertian Collagen dan Bibit Collagen

* sumber: health.clevelandclinic.org

Collagen adalah sejenis protein berserat yang tidak larut. Dalam tubuh manusia terdapat jumlah collagen yang berlimpah. Collagen dapat ditemukan juga di pembuluh darah, kornea mata, dan gigi.

Selain itu collagen merupakan fondasi utama tulang, ligamen, urat dan kulit. Collagen diibaratkan seperti lem yang merekatkan tubuh menjadi satu kesatuan yang utuh. Konon, kata collagen itu sendiri diambil dari bahasa Yunani “Kolla” yang artinya lem.

Sedangkan, bibit collagen merupakan sejenis produk perawatan kulit yang berbentuk krim. Krim ini mengandung zat collagen dan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh kulitmu. Nutrisi yang terkandung di dalam bibit collagen dipercaya memiliki banyak manfaat.

Singkatnya, collagen dan bibit collagen merupakan dua hal yang manfaatnya sama-sama membuat kesehatan kulit dan tubuh tetap terjaga.

Manfaat Bibit Collagen untuk Kecantikan

Manfaat Bibit Collagen untuk Kecantikan

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Seiring bertambahnya usia, produksi collagen di dalam tubuh menjadi semakin berkurang. Tubuh yang kekurangan collagen berisiko terkena gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, penuaan dini dan peradangan sendi.

Makan-makanan bergizi dan mengkonsumsi suplemen dapat meningkatkan produksi collagen dalam tubuh. Ditambah olahraga, resiko terkena penyakit di usia lanjut semakin berkurang.

Untuk menjaga penampilan banyak orang yang menggunakan bibit collagen sebagai produk yang membantu menjaga kulit tetap sehat. Di samping karena manfaatnya, Kemasan bibit collagen yang rata-rata praktis membuat orang-orang tertarik menggunakannya.

Saat ini collagen dikemas dalam bentuk kemasan yang mempermudah penggunaan. Ada bibit collagen yang berbentuk krim dan lotion. Dua-duanya sangat mudah digunakan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

* sumber: stayyoungforevernow.com

Semakin tua, elastisitas kulit akan semakin berkurang. Hal tersebut menyebabkan kulit tidak lagi kencang. Namun, saat ini tidak hanya karena faktor usia saja yang menyebabkan timbulnya kulit keriput.

Sering terpapar sinar UV dan polusi udara bisa menyebabkan kulitmu mengendur loh. Ini yang disebut dengan istilah penuaan dini. Keriput di kulit menandakan kamu butuh asupan collagen lebih banyak agar tanda-tanda penuaan dini menghampiri kulitmu.

Agar kadar collagen dalam tubuh tetap terjaga kamu bisa menambah asupan collagen dengan cara mengkonsumsi suplemen collagen dan mengkonsumsi makanan seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu dan telur.

Untuk hasil lebih maksimal kamu bisa melengkapi kebutuhan collagen dengan bibit collagen berbentuk krim yang diaplikasikan pada kulit.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati

* sumber: www.berberstreat.com

Setiap 28-30 hari, kulit manusia beregenerasi. Sel kulit yang telah mati akan digantikan dengan sel kulit baru yang nanti akan keluar dan mendorong sel kulit mati. Kalau tidak segera dibersihkan, sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan gangguan kulit.

Timbulnya jerawat, pori-pori tersumbat, kulit kusam merupakan beberapa dari masalah kulit yang terjadi jika sel kulit mati tidak diangkat.

Bibit collagen dengan kandungannya kaya akan nutrisi untuk kulit mampu mengangkat sel kulit mati tubuhmu. Dengan begitu proses regenerasi kulit tidak akan terganggu. Kulit akan terlihat cerah, bebas minyak dan jerawat.

3. Menyamarkan Selulit

Menyamarkan Selulit

* sumber: www.skincare.com

Sering kesal dan tidak percaya diri memakai celana pendek karena selulit? Menghilangkan selulit memang tidak mudah. Tidak hanya karena prosesnya yang ribet, namun karena butuh waktu lama agar produk bisa menyamarkan selulit yang mengganggu.

Bibit collagen membantu mempercepat proses perbaikan kulit akibat jaringan lemak yang mendesak ke atas sehingga menembus lapisan teratas kulit. Rutin mengkonsumsi bibit collagen mampu meregenerasi serat di dalam kulit yang rusak.

Baca juga: 17 Varian Celebon Mask untuk Berbagai Permasalahan Kulit

4. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

* sumber: medimetry.com

Salah satu zat yang terkandung di dalam bibit collagen adalah Alpha Arbutin dan Whitening Extract yang mampu mencerahkan warna kulit. Kandungan-kandungan ini menyokong agar proses pemutihan pada kulit terjadi secara maksimal.

5. Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

* sumber: casualglobe.in

Kulit yang kekurangan nutrisi biasanya ditandai dengan tekstur kulit yang kering dan kasar. Salah satu faktor yang menyebabkan kulit kering dan kasar adalah karena collagen yang menghilang di dalam tubuh seiring semakin bertambahnya usia.

Agar masalah kulit tidak bertambah parah sebaiknya segera atasi masalah-masalah kulit. Bibit collagen dengan nutrisi di dalamnya yang terdiri dari berbagai ekstraksi vitamin dan bahan-bahan lain mampu membuat tekstur kulit membaik.

Kulit kering, kasar, keriput akan berkurang jika bibit collagen digunakan secara rutin dan sesuai dengan instruksi pemakaian. Selain itu, kondisi kulit yang kendor perlahan akan nampak lebih kencang.

6. Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar UV

Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar UV

* sumber: www.healthywomen.org

Sinar UV merupakan pancaran gelombang elektromagnetik yang bersumber dari matahari. Sinar jenis ini tidak mampu dilihat oleh mata. Akan tetapi beberapa jenis hewan seperti burung, lebah dan kupu-kupu mampu melihat sinar ini.

Sinar UV tidak semuanya bisa sampai di bumi. Karena beberapa lapisan atmosfer tidak dapat ditembus oleh sinar ini. Namun, jika ada lapisan tersebut bocor dan sinar UV sampai ke bumi, bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit seperti kulit terbakar.

Agar kulit terlindung dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, kamu bisa mengaplikasikan krim pelindung sinar UV yang bisa menangkal radiasinya. Salah satu manfaat dari bibit collagen adalah mampu menahan radiasi sinar UV.

Oleh karena itu, sebaiknya aplikasikan krim bibit collagen sebelum keluar rumah. Agar kulitmu terlindung dari polusi dan paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Cara Pakai Bibit Collagen

Cara menggunakan bibit collagen tidaklah sulit. Kamu bisa memakai produk ini dengan beberapa cara berikut ini:

  • Sebagai Masker
Sebagai Masker

* sumber: www.clartici.com

Untuk collagen yang diaplikasikan sebagai masker wajah dan tubuh, kamu hanya perlu mengoleskannya secara tipis-tipis. Oleskan secara merata. Setelah itu tunggu kurang lebih 15 menit sampai collagen mengering lalu, bilas dengan air bersih.

Kamu juga bisa kombinasikan bibit collagen dengan minyak zaitun, madu dan susu lalu, dan gunakan sebagai masker alami. Komposisi masing-masing produk tersebut mampu menjaga kulit agar tetap sehat.

  • Sebagai Lotion Harian
Sebagai Lotion Harian

* sumber: www.herbalsuite.com

Apabila kamu ingin menggunakan bibit collagen sebagai lotion harian, cukup campurkan body lotion-mu sebanyak 500 ml dengan bibit collagen sebanyak 150 ml. Semua varian aman dicampur aman dicampur dengan bibit collagen.

Oleskan campuran lotion dengan bibit collagen tersebut pada seluruh tubuh. Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali sehari.

Efek Samping Bibit Collagen

Efek Samping Bibit Collagen

* sumber: www.thehealthy.com

Dari segudang manfaat yang bisa didapat dari bibit collagen, krim perawatan kulit ini juga mempunyai efek samping yang wajib kamu waspadai. Meskipun efek samping ini tidak terjadi kepada setiap orang, namun ada baiknya kamu antisipasi kemungkinan terjadinya.

Efek samping bibit collagen yang paling umum adalah terjadinya alergi pada kulit dan nafsu makan berkurang. Alergi muncul dengan ditandai ruam-ruam merah dan jerawat. Yang paling berbahaya adalah masalah pernafasan terutama bagi kamu yang punya riwayat asma.

Jika terjadi demikian hentikan pemakaian bibit collagen dan lakukan detoksifikasi kulit untuk mencegah alergi semakin bertambah.

Itulah berbagai manfaat dan tentang bibit collagen yang perlu kamu ketahui. Hati-hati terhadap produk palsu yang bisa mengecoh kamu dalam membeli produk ini. Teliti sebelum membeli!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *