kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tubuh / 7 Manfaat Bleaching Badan dan Tips Aman Melakukannya

7 Manfaat Bleaching Badan dan Tips Aman Melakukannya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Memiliki kulit yang cerah dan terlihat putih bagi sebagian perempuan adalah hal yang diidamkan. Kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan tak ayal lagi kamu akan terpapar sinar matahari sehingga kulitmu menjadi lebih gelap.

Selain melakukan perawatan kulit secara rutin memakai produk khusus, ada pilihan lain yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan melakukan bleaching. Proses ini bisa membuat kulitmu menjadi putih dalam waktu singkat. Hal ini karena bleaching mampu mengurangi pigmen berwarna gelap yang dihasilkan oleh sel melanin. Sebelum melakukan bleaching, ada baiknya kamu mengenal dahulu apa itu bleaching.

Apa Itu Bleaching?

Apa Itu Bleaching

* sumber: www.scmp.com

Bleaching kulit merupakan salah satu cara yang sangat populer untuk memutihkan kulit. Proses bleaching menggunakan bahan kimia seperti peroksida, mercury, vitamin C, amonia, hydroquinone, dan bahan kimia lainnya.

Fungsi bahan kimia tersebut untuk mengurangi dan bisa juga untuk menghilangkan pigmen warna gelap yang terdapat di kulit. Pigmen yang dapat membuat kulitmu bertambah gelap diproduksi oleh sel melanosit (melanin). Sebenarnya melanin sendiri memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Manfaat Bleaching Badan

Untuk kamu yang tertarik melakukan bleaching, berikut ini manfaat bleaching badan yang merupakan cara memutihkan tubuh yang disukai para perempuan. Simak, ya.

1. Memutihkan Kulit dengan Cepat

Memutihkan Kulit dengan Cepat

* sumber: miraclebeauty.net

Tentunya manfaat utama bleaching yaitu memutihkan kulit. Bleaching badan adalah pilihan yang pas untuk kamu yang menginginkan memiliki kulit yang putih dalam waktu yang singkat jika dibandingkan dengan memakai skin care pemutih biasa ataupun metode alami.

2. Bisa Memutihkan Hampir Seluruh Tubuh

Bisa Memutihkan Hampir Seluruh Tubuh

* sumber: slimspaonline.com

Biasanya sebagian produk pemutih hanya berfokus pada bagian tubuh tertentu saja. Umumnya produk tersebut hanya untuk memutihkan wajah. Selanjutnya manfaat lain dari bleaching badan adalah kamu akan mendapatkan seluruh tubuhmu menjadi putih, tidak hanya bagian tertentu saj+a.

3. Membuat Kulit Glowing

Membuat Kulit Glowing

Manfaat bleaching badan lainnya, yaitu kamu tak hanya akan mendapatkan kulit yang putih dan bersih, tapi juga akan membuat kulit jadi bercahaya. Tak hanya menjadi glowing, kulit kamu juga tentunya akan terasa lebih halus. Pasti kamu menginginkan kulit yang seperti ini bukan?

4. Membuat Bulu Tidak Terlihat

Membuat Bulu Tidak Terlihat

Apakah kamu termasuk salah satu perempuan yang tidak menyukai kulit yang berbulu? Ada berita bagus, nih. Krim bleaching memiliki kandungan hydrogen peroxide yang akan membuat bulu di kulitmu jadi berwarna pirang atau transparan.

5. Meminimalkan Bintik Hitam

Meminimalkan Bintik Hitam

* sumber: www.india.com

Perawatan pemutihan kulit dapat mengurangi flek hitam pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, penuaan, dan perubahan hormonal. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin meminimalkan perubahan warna kulit, seperti bintik-bintik penuaan, bintik matahari, atau melasma.

6. Mengurangi Munculnya Bekas Jerawat

Mengurangi Munculnya Bekas Jerawat

* sumber: www.india.com

Beberapa perawatan pemutihan dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Bleaching tidak akan membantu peradangan aktif dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, tetapi dapat mengurangi area merah atau gelap yang tertinggal setelah jerawat sembuh.

7. Meratakan Warna Kulit

Meratakan Warna Kulit

Bleaching badan dapat meratakan warna kulit dengan meminimalkan area hiperpigmentasi, seperti kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, bleaching juga dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik.

Baca juga: 10 Produk Bleaching Rambut yang Bagus dan Aman

Tips Melakukan Bleaching yang Aman

Jika kamu berminat untuk melakukan bleaching badan, pastikan produk yang akan digunakan tidak memiliki kandungan yang berbahaya. Jangan lupa untuk selalu pastikan bahwa prosedur yang akan kamu lakukan tersebut aman. Ini dia tips bleaching yang aman.

1. Baca Instruksi dan Lakukan Tes

Baca Instruksi dan Lakukan Tes

* sumber: www.unhas.ac.id

Sebelum melakukan bleaching badan, penting sekali untuk membaca secara detail instruksi pemakaian supaya tidak ada proses pemakaian yang dilewatkan. Dengan begini akan meminimalkan kesalahan fatal.

Selanjutnya, coba tes dulu produk yang akan digunakan dengan cara mengoleskan sedikit krim bleaching pada kulit kemudian lihat reaksinya selama 24 jam. Jika kulit kamu tidak terasa gatal atau tidak muncul rona kemerahan, maka produk yang kamu pilih tersebut tidak mengakibatkan alergi pada kulitmu.

Jika produk yang kamu akan gunakan terasa cocok di kulit, barulah mulai mengaplikasikannya di daerah yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu mengikuti instruksi yang tertera pada kemasan.

2. Hindari Pemakaian di Area Sensitif

Hindari Pemakaian di Area Sensitif

* sumber: review.bukalapak.com

Hindari pemakaian bleaching krim pada area yang sensitif di antaranya mata, lipatan hidung serta daerah kewanitaan lainnya. Hati-hati jangan sampai krim bleaching langsung mengenai kuku agar mencegah terasa perih dan kering.

Biasanya proses bleaching berlangsung sekitar 20 menit. Umumnya selama proses berlangsung akan timbul rasa gatal, jika terasa seperti itu, hentikan segera jika rasa gatal sudah melewati batas wajar kemudian bersihkan krim dengan air dan sabun. Kalau tidak gatal, berarti bleaching sedang bekerja.

3. Gunakan Sunscreen dan Produk Perawatan Kulit Lainnya

Gunakan Sunscreen dan Produk Perawatan Kulit Lainnya

* sumber: www.theherbwalker.ca

Segera gunakan sunscreen yang memiliki SPF lebih dari 30 sesudah krim bersih dari tubuh. Gunakan sunscreen secara menyeluruh pada kulit dikarenakan kulit yang sudah mengalami proses bleaching akan jadi lebih sensitif.

Secara rutin tetap harus gunakan produk perawatan kulit lainnya contohnya, moisturizing, toner, lotion dan jangan gunakan makeup yang berlebihan. Hal penting lainnya, yaitu tidak dianjurkan untuk memakai sabun batangan. Gunakanlah sabun cair yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

4. Hindari Keluar Rumah Setelah Bleaching

Hindari Keluar Rumah Setelah Bleaching

* sumber: wgna.com

Kamu juga dianjurkan selama 24 jam untuk tidak keluar rumah sesudah proses bleaching badan agar terhindar dari kontak secara langsung dengan sinar matahari supaya bleaching bisa bekerja sempurna. Penting untuk diketahui, kulit yang sudah dibleaching bisa menjadi lebih sensitif.

Oleh karenanya, kamu tidak boleh melakukan bleaching badan lebih dari sekali pada jangka waktu 2 minggu. Perawatan lanjutan dibutuhkan agar kondisi kulit kembali prima. Contohnya dengan mengaplikasikan pelembab apapun.

Pro and Kontra Bleaching

Bleaching badan memiliki pro dan kontranya. Tidak semua jenis kulit bisa menerima bleaching. Belum lagi bahan yang digunakan untuk bleaching ada yang berbahaya untuk kulit. Berikut ini pro dan kontra penggunaan bleaching.

  • Pro
Pro

* sumber: www.jolenbeauty.com

Prosesnya cepat. Seluruh proses mulai dari mencampur produk hingga mengeluarkannya tidak boleh lebih dari 15 menit. Setelah selesai, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Selain itu, tidak harus membuat janji kalau kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus ke salon atau spa.

Untuk melakukan bleaching cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus seperti untuk waxing atau sugaring, atau keahlian yang dibutuhkan mencukur untuk menghilangkan rambut di rumah. Bleaching sangat mudah dilakukan bahkan untuk dilakukan pada wajah atau tubuh sendiri.

Bleaching bisa menghindari beberapa efek samping, seperti penghilangan bulu. Karena rambut tidak terangkat, kamu tidak akan merasa kesakitan. Juga tidak ada risiko rambut tumbuh ke dalam, benjolan karena pisau cukur, luka bakar akibat pisau cukur, atau memar.

Bleaching juga tidak mahal. Krim pemutih dapat ditemukan di toko obat mana pun atau daring. Dengan krim tersebut kamu bisa melakukannya berulang-ulang dan hasilnya bisa bertahan beberapa lama, bleaching adalah opsi yang terjangkau.

  • Kontra
Kontra

* sumber: www.shape.com

Bleaching memutihkan rambut wajah dan tubuh tidak menjadikan permukaan kulit jadi halus dan tidak berbulu. Inilah alasan utama orang ingin menyingkirkan rambut karena mereka tidak ingin melihat atau merasakan ada bulu di kulit mereka.

Meskipun bulu tersamarkan menjadi lebih terang, namun tetap terlihat, terutama jika kamu berdiri di bawah sinar matahari atau ruangan yang terang. Selain itu, tidak semua jenis bulu rambut atau kulit bisa mendapatkan keuntungan dari bleaching. Sebagian kulit ada yang sensitif dengan bleaching.

Hasil bleaching juga tidak berumur panjang. Rambut di atas permukaan adalah satu-satunya bagian dari folikel bulu rambut yang mengalami pencerahan. Saat bulu tumbuh, kamu akan melihat warna yang lebih gelap dan alami. Kamu bisa melihat ini pada bagian tubuh dengan bulu yang hitam dan tebal.

Bleaching dapat mencerahkan warna kulit yang gelap untuk sementara waktu saja. Agen pemutih dapat mencerahkan warna kulit gelap dan dapat bertahan hingga tiga hari.

Untuk kamu yang ingin memiliki kulit yang lebih putih dengan proses yang cepat, kamu bisa memilih bleaching. Manfaat bleaching badan salah satunya adalah mendapatkan kulit lebih putih dengan proses yang tidak lama. Namun ada baiknya kamu cari tahu dulu apakah kulitmu cocok dengan bleaching atau tidak supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Juga lakukan tes sebelum melakukan bleaching.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram