9 Manfaat Daun Centella Asiatica yang Berguna untuk Kulit

Beberapa tahun belakangan ini, industri kosmetik gencar mengeluarkan produk kecantikan berbahan dasar Centella asiatica. Dimulai oleh industri kosmetik Negeri Ginseng, Korea Selatan, daun yang kita kenal dengan nama Pegagan ini menjadi populer sebagai bahan skincare. Banyak penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun ini punya banyak kandungan yang berguna untuk merawat kulit. 

Namun, sebetulnya jauh sebelum tanaman ini dikenal sebagai bahan skincare, Centella asiatica banyak digunakan dalam teknik pengobatan Tiongkok dan India. Sementara di Indonesia, daun ini banyak diolah untuk dijadikan campuran makanan, minuman dan teh. Untuk lebih jelasnya kita kenalan yuk dengan Centella asiatica dan manfaatnya bagi kulit! 

Centella Asiatica dan Karakteristiknya

manfaat-centella-asiatica-1_

Centella asiatica atau daun pegagan yang disebut juga sebagai Gotu kola, kodavan dan Asiatic pennywort ini sejatinya merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di daerah lembap, ladang, tepi jalan, perkebunan atau di pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah tropis seperti Asia Tenggara, Jepang, Cina dan Australia.

Lalu, kepopulerannya meluas ke negara-negara lain sampai akhirnya ia dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman yang disebut antanan oleh orang Sunda ini sering digunakan sebagai penutup tanah lantaran ia punya batang yang merambat dan punya banyak cabang. Cabang-cabang ini biasanya akan menjadi tumbuhan baru.

Daun Centella asiatica berbentuk seperti kipas bulat dengan ujung yang bergerigi. Ukuran daunnya kecil dan batang daunnya membentuk payung. Tanaman ini mempunyai bunga yang muncul di daerah ketiak daun. Biasanya dalam setiap daunnya terdapat 3 bunga yang berwarna jambon atau putih.

Tanaman ini punya buah juga lho. Ukurannya kecil-kecil dan berbentuk lonjong. Menyoal rasa, Centella asiatica ini memiliki rasa yang manis dan segar. Itulah kenapa selain digunakan sebagai obat herbal, daun ini juga dikonsumsi sebagai bahan makanan.

Beberapa Manfaat Daun Centella Asiatica

manfaat-centella-asiatica-2_

Daun Centella asiatica sering digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti maag, demam, asma dan batuk, wasir, sampai disentri. Kandungan di dalamnya juga berguna untuk menambah nafsu makan serta penyembuh luka yang efektif.

Lalu, apa saja manfaat lain yang dikandung tanaman ini untuk kulit? Penasaran ‘kan kenapa skincare Korea banyak menggunakan ekstrak Centella asiatica untuk berbagai produk kecantikan mereka? Informasi penting ini kami sajikan di bawah. Simak yuk!

1. Perawatan Anti-Aging Yang Baik

manfaat-centella-asiatica-3_

Manfaat pertama yang bisa diambil dari tanaman ini adalah untuk perawatan anti-aging. Sebuah penelitian yang terbit di Journal of Aryuveda and Integrative Medicine menerangkan bahwa Centella asiatica meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Bagi orang-orang yang sudah mencapai usia dewasa, produksi kolagennya tidak se-melimpah saat ia muda. Protein yang memproduksi kolagen menjadi berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, kolagen yang diproduksinya pun ikut berkurang.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kolagen adalah dengan mengkonsumsi suplemen daun Centella asiatica atau berupa daun mentahnya sendiri secara rutin. Selain itu, mengoleskan produk kecantikan yang mengandung ekstrak daun ini bisa menjadi solusi menjaga elastisitas kulit.

2. Mengatasi Selulit

manfaat-centella-asiatica-4_

Selulit adalah masalah kulit yang cukup mengganggu. Kemunculannya membuat kita jadi kurang percaya diri. Masalah kulit yang satu ini sederhananya adalah kondisi kulit yang bergelombang dan lesung-lesung kecil yang muncul karena timbunan lemak di bawah kulit. Bagian kulit yang biasanya terdapat selulit adalah perut, pinggul, paha dan bokong.

Sebuah penelitian di ncbi.nlm.nih.gov menyebutkan bahwa Centella asiatica mempunyai kandungan triterpenoid yang mampu mengurangi masalah selulit. Kandungan ini mampu mengatasi produksi kolagen sehingga memperbarui jaringan lemak di bawah kulit dan mencegah terbentuk selulit baru.

Untuk mengatasi selulit, caranya adalah dengan mengoleskan krim yang mengandung ekstrak pegagan di daerah yang terdapat selulit. Oleskan secara rutin sampai selulit di permukaan kulit memudar.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat-centella-asiatica-5_

Jangan sepelekan kulit kering apalagi sampai bersisik. Kalau terjadi demikian berarti kulit tidak sehat dan butuh perawatan yang intensif. Nah, salah satu yang wajib diperhatikan dalam langkah menjaga kesehatan kulit adalah menjaga kelembapannya.

Kita beruntung, di tanah tropis Indonesia ini tanaman Centella asiatica bisa tumbuh dengan subur. Pasalnya tanaman ini mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Saponin adalah zat yang berperan dalam menjaga kulit tetap lembap.

Zat ini mampu mencegah penguapan air dari dalam lapisan epidermis kulit sehingga mempertahankan air lebih lama di dalam kulit. Dengan begitu kulit akan tetap lembap dan tidak akan mengalami masalah kulit seperti keriput, dan munculnya garis halus di sekitar wajah.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat-centella-asiatica-6_

Dalam proses mempercepat penyembuhan luka, kandungan terpenoid di dalam Centella asiatica-lah yang menjadi aktor utamanya. Zat aktif di dalamnya ini meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

Zat tersebut mampu mengatasi berbagai jenis luka seperti luka bakar, luka robek, luka pasca operasi dan luka pada penderita diabetes. Penyembuhan luka ini dapat dilakukan dengan mengoleskan krim yang mengandung Centella asiatica atau minyak esensialnya pada luka tersebut.

5. Mencegah Kerusakan Kulit

manfaat-centella-asiatica-7_

Centella asiatica itu punya kandungan antioksidan yang kaya. Di dalamnya kita bisa menemukan phenolic acid dan flavonoid yang efektif mencegah kerusakan sel yang berpotensi menyebabkan penuaan dini.

Itulah kenapa Centella asiatica dipercaya mampu atasi kulit yang rusak akibat terpapar sinar UV yang berlebih, asap rokok, asap kendaraan, dan residu kosmetik yang sering kita gunakan. Untuk mendapatkan kulit sehat dan bebas kerusakan, lakukan perawatan kulit dengan produk kecantikan yang mengandung Centella asiatica dengan rutin.

6. Mengurangi Peradangan Kulit

manfaat-centella-asiatica-8_

Berdasarkan hasil penelitian laboratorium, disebutkan bahwa Centella asiatica mampu meringankan gejala peradangan pada penyakit psoriasis, scleroderma dan dermatitis serta eksim atopik. Zat saponin yang terkandung di dalam tanaman inilah yang berperan untuk menghambat sel-sel yang memicu timbulnya peradangan kulit serta memberikan perlindungan bagi kulit.

7. Menyamarkan Bekas Luka yang Menonjol dan Jerawat

manfaat-centella-asiatica-9_

Masalah kulit lainnya yang sering jadi PR untuk diatasi adalah bekas luka yang terlihat tebal dan menonjol. Meskipun sudah pulih namun bekas luka yang tertinggal mengganggu keindahan kulit. Bekas luka seperti jerawat pun cukup mengurangi rasa percaya diri.

Kandungan dalam ekstrak daun Centella asiatica mampu mengatasi masalah ini. Noda hitam yang membandel juga teratasi dengan rutin menggunakan produk kecantikan berbahan tanaman ini atau dengan mengoleskan minyak esensialnya secara rutin.

8. Mencegah dan Mengobati Jerawat

manfaat-centella-asiatica-10_

Menggunakan serum atau obat jerawat yang mengandung ekstrak Centella asiatica merupakan salah satu cara yang ampuh untuk atasi jerawat pada wajah. Kandungan di dalam tanaman ini mampu menghalau pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga kulit tidak mudah berjerawat.

Selain itu, bekas jerawat dapat diatasi oleh daun ini sebab di dalamnya mengandung zat yang mampu meningkatkan produksi kolagen yang membantu pembentukan hiperpigmentasi dan membuat kulit bersih tanpa terlihat noda hitam bekas jerawat. 

9. Meningkatkan Kualitas Kulit

manfaat-centella-asiatica-11_

Daun centella asiatica mengandung banyak asam amino, beta karoten, fitonutrien dan asam lemak yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi peradangan. Selain itu, kandungan ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Manfaat ini secara tidak langsung mengarah pada regenerasi kulit. Itu artinya dengan mengkonsumsi daun Centella asiatica dan mengaplikasikan produk perawatan wajah yang mengandung ekstrak tanaman ini, kualitas kulit akan lebih meningkat.

Efek yang bisa didapatkan saat kualitas kulit meningkat adalah pertumbuhan rambut dan kuku terjaga dengan baik, tubuh menjadi lebih sehat dan kulit terlihat lebih segar dan tidak mudah timbul jerawat. Kulit yang sensitif pun bisa lebih tenang dengan menggunakan kandungan ini.

Nah, itulah 9 manfaat daun Centella asiatica yang bagus untuk kulit. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai masker, diekstraksi sebagai produk pelembap atau serum dan produk kecantikan lainnya. Pada dasarnya tanaman kaya manfaat ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit, namun tetap harus diperhatikan dosis dan intensitas penggunaannya.

Perhatikan kandungan produk kecantikan yang bisa digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung ekstrak tanaman ini untuk menghindari efek buruk pada kulit. Kamu tertarik menggunakannya? Kamini juga punya rekomendasi serum yang mengandung Centella Asiatica lho!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram