Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2018

Daun kelor atau moringa leaves merupakan daun yang berasal dari pohon kelor. Pohon ini tumbuh tinggi dan berdaun lebat, tapi batangnya tidak terlalu besar. Makanya, banyak orang, khususnya yang tinggal di pulau Jawa, menanam pohon ini di depan atau pekarangan rumah mereka. Alasannya bukan hanya karena pohon kelor sangat rindang, tapi karena daunnya dapat digunakan untuk obat-obatan dan masakan.

Daun kelor memiliki bentuk bulat cenderung oval, mirip seperti telur. Lalu, di setiap cabang daunnya tidak hanya terdiri dari satu daun saja. Tapi, daun kelor memiliki susunan majemuk. Tekstur daunnya halus dan lembut. Makanya banyak orang yang menjadikan daun kelor sebagai bahan tambahan sup atau telur dadar. Tapi, apakah Anda tahu, kalau daun kelor bagus untuk kecantikan rambut juga?

Daun ini mengandung minyak atsiri, alkaloid, klorofil, vitamin C, dan masih banyak lagi. Karena memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh manusia, wajar jika daun kelor dijuluki tanaman 1001 manfaat. Berikut adalah list manfaat daun kelor untuk rambut:

Manfaat Daun Kelor Untuk Rambut

1. Memberikan Gizi

Manfaat Daun Kelor Untuk Rambut

* sumber: www.e-dermatology.gr

Rambut yang kekurangan asupan gizi akan memiliki beberapa masalah. Contohnya adalah ujung rambut bercabang, rambut pecah-pecah, ketombe, hingga kerontokan. Rambut memerlukan beberapa nutrisi sebagai pembentuk keratin, agar rambut senantiasa sehat dan kuat. Nah, kebetulan, daun kelor mengandung vitamin, asam amino, dan mineral yang berperan penting dalam pembentukan keratin rambut.

2. Meningkatkan Struktur Sel Rambut

Meningkatkan Struktur Sel Rambut

* sumber: www.peoples.bm

Manfaat daun kelor untuk rambut yang kedua adalah untuk meningkatkan kekuatan pada sel rambut. Anda pasti sering mendengar keluhan tentang rambut rapuh, ujung rambut bercabang, dan rambut pecah-pecah? Semua itu terjadi karena sel rambut kurang kuat atau rusak karena polusi atau styling. Dengan rutin menggunakan daun kelor, sel rambut Anda akan kembali kuat.

3. Sebagai Antioksidan

Sebagai Antioksidan

* sumber: www.balancemebeautiful.com

Tidak hanya tubuh yang memerlukan antioksidan, rambut kita juga membutuhkannya, loh! Kotoran seperti debu, polusi knalpot kendaraan, dan jenis kotoran lainnya dapat menempel dengan mudah pada rambut Anda. Jadi, sebaiknya Anda memberikan lapisan perlindungan lebih pada rambut Anda dengan memanfaatkan daun kelor.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tahukah Anda kalau rambut mendapatkan nutrisi melalui sirkulasi darah? Itulah alasan kenapa banyak produk di pasaran yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, seperti alat pijat kepala dan sisir getar.

Lalu, jangan lupakan proses creambath yang selalu memberikan pijatan khusus pada kepala dan leher Anda. Pijatan itu bertujuan untuk melancarkan proses peredaran darah hingga rambut Anda.

Tapi, kalau Anda tidak punya waktu untuk nyalon, atau tidak mau mengeluarkan budget lebih untuk membeli produk pelancar darah, Anda bisa menggunakan daun kelor saja.

5. Mempercepat Pertumbuhan

Mempercepat Pertumbuhan

Ada yang ingin rambutnya cepat panjang? Pakai saja daun kelor! Daun ini mengandung vitamin A yang tinggi dalam bentuk betakaroten, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecantikan rambut. Vitamin A juga berperan penting dalam perkembangan sel dan jaringan dalam rambut, sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Daun kelor juga mengandung zinc (seng) yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dan, jangan lupakan juga kandungan vitamin E di dalam daun kelor yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Semua kandungan daun kelor ini bersatu padu menghasilkan vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut Anda.

6. Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan Ketombe

* sumber: www.worldtechnaq.com

Manfaat daun kelor untuk rambut yang selanjutnya adalah untuk membabat habis ketombe. Tapi, kali ini daun kelornya harus sudah berupa minyak terlebih dahulu. Minyak kelor dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut. Pijat rambut Anda menggunakan minyak kelor secara rutin untuk mengurangi ketombe, rambut pecah-pecah dan rambut rontok.

Cara Memanfaatkan Daun Kelor

Cara Memanfaatkan Daun Kelor

Di atas tadi merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun kelor untuk rambut Anda. Tapi, bagaimanakah cara menggunakannya? Mudah saja. Pertama, Anda bisa langsung mengonsumsi daun kelor sebagai lalapan, disop, dibuat gorengan, atau minum serbuk daun kelor yang telah berbentuk kapsul.

Kedua, daun kelor dijadikan sebagai minuman herbal. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan sekitar 10 lembar daun kelor, lalu rebus daun kelor dengan 3 gelas air. Rebus daun kelor hingga jadi 1 gelas air saja. Tunggu air rebusan tadi menjadi dingin, baru minum dua kali sehari (pagi dan sore).

Ketiga, Anda bisa menjadikan daun kelor seperti pasta/masker, lalu balurkan pada rambut Anda. Cara membuatnya, haluskan daun kelor menggunakan blender, lalu beri sedikit air. Setelah itu, balurkan pada rambut Anda, dan diamkan selama 15 – 30 menit. Lalu, keramas seperti biasa.

Nah, itu dia beberapa manfaat daun kelor untuk rambut dan cara menggunakannya dari Kamini. Sekarang ini barang-barang di pasaran semuanya menggunakan bahan kimia, sehingga lama kelamaan akan jadi kurang baik untuk rambut kita. Alangkah lebih baik jika kita masih peduli pada rambut sendiri dan lingkungan sekitar dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dari alam. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .