Kamini.id / Tips Kecantikan / Selain untuk Aromatherapy, Ini 5 Manfaat Lain Essential Oil

Selain untuk Aromatherapy, Ini 5 Manfaat Lain Essential Oil

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Selama hampir ribuan tahun manusia memanfaatkan berbagai tumbuhan dan tanaman obat untuk kesehatan dan lainnya. Salah satunya adalah penggunaan essential oil. Melakukan relaksasi dengan wewangian dari tumbuhan tentunya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Ada banyak jenis essential oil yang beredar dan semuanya dapat kita pakai sebagai cara untuk berelaksasi, perawatan tubuh bahkan pencegah dan pereda sakit. Sudah terdapat banyak penelitian tentang essential oil ini sebagai bagian dari terapi atau proses penyembuhan. Khususnya pada tahun 2007 dan 2009 terhadap pasien pascaoperasi dan para wanita hamil jelang melahirkan.

Essential oil ini sebenarnya merupakan konsentrat minyak yang memiliki aroma kuat. Aroma ini tentunya diperoleh dari ekstraksi atau pengambilan esensi dari tumbuhan. Ekstraksi ini artinya kita mendapatkan kandungan inti dari tetumbuhan itu untuk kesehatan dan lingkungan kita. Untuk mengetahui manfaat essential oil lebih lanjut, simak ulasan dari Kamini.

5 Manfaat Essential Oil

1. Merawat Kulit

Manfaat Essential Oil

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Penggunaan essential oil dalam kosmetik atau perawatan wajah sudah biasa dilakukan. Tapi agar dapat mendapatkan manfaatnya secara langsung, essential oil dapat dipakai setiap hari. Beberapa jenis essential oil, seperti tea tree, grapefruit, jahe, frankincense dan rose memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

Essential oil ini dapat mengatasi peradangan, mencerahkan kulit bahkan mengurangi selulit. Selain itu, essential oil banyak mengandung zat anti-bakteri dan anti-jamur. Penggunaan di kulit secara langsung biasanya dilakukan dengan mencampurnya dengan beberapa jenis minyak pelarut.

Konsentrat essential oil ini mampu menembus dan diserap oleh sel-sel dalam tubuh kita secara maksimal. Oleh karena itu, kulit kita bisa menjadi lebih sehat, cerah dan glowing.

2. Merelaksasi Tubuh

Merelaksasi Tubuh

* sumber: www.aspcapro.org

Relaksasi dengan essential oil, tubuh terasa ringan dan mood kembali baik biasanya kita dapati setelah perawatan di salon dan spa. Pijatan dan refleksi di seluruh tubuh dengan aromaterapi mengisi ruangan membuat kita tanpa sadar tertidur. Pengalaman ini dapat dinikmati siapapun di rumah sendiri dengan menggunakan essential oil.

Cara menikmati relaksasi dengan essential oil adalah melalui pijatan atau diffuser aromaterapi. Kombinasi keduanya bisa membuat tubuh kita sangat rileks setelah seharian atau sepanjang minggu sibuk dengan berbagai aktivitas.

Relaksasi melalui pijatan biasanya dengan mencampurkan essential oil dengan minyak pelarut. Pijatan di kaki akan lebih efektif karena minyak dapat diserap baik. Begitu juga ketika dihirup, efek relaksasi dari lavender, chamomile, rose, bergamot dan eucalyptus dapat terasa secara langsung.

Relaksasi ini bisa terjadi karena darah mengikat essential oil yang diserap tubuh. Sirkulasi darah pun jadi lebih lancar. Itu sebabnya pegal di bagian-bagian tubuh dan otot berkurang, kualitas tidur menjadi lebih baik, sakit kepala dan tegang di bagian leher dapat berkurang.

Ada baiknya melakukan perawatan seperti ini menjelang kita tidur, sehingga tubuh bisa merasakan manfaatnya tanpa ada gangguan. Terlebih lagi kita akan benar-benar merasa rileks dan tenang.

3. Membantu Menyeimbangkan Hormon

Membantu Menyeimbangkan Hormon

* sumber: mental-health-matters.com

Hormon dalam tubuh kita dapat berubah disebabkan oleh banyak hal. Misalnya gaya hidup dan kondisi lingkungan sekitar, keduanya dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang. Hormon ini adalah zat kimiawi yang diproduksi dalam endokrin dan sangat penting bagi tubuh kita. Itu sebabnya ketika terjadi perubahan hormon, tubuh kita akan segera memberikan tanda.

Meski ketidakseimbangan hormon dapat terjadi pada semua orang, masalah ini banyak dialami oleh perempuan. Tingkat hormon estrogen dan progesteron bagi perempuan sangat penting dalam siklus mensturasi setiap bulannya.

Gangguan pada salah satu hormon itu dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada perempuan. Efeknya adalah siklus haid yang terganggu, bahkan kesulitan dalam mempertahankan kehamilan. Dengan menggunakan essential oil seperti bergamot, chamomile, clary sage, geranium, jahe, lavender dan thyme, ketidakseimbangan hormon dapat diatasi secara alamiah.

Cara penggunaannya serupa dengan relaksasi tubuh, dapat digunakan dalam pijatan atau diffuser. Cara lainnya adalah dengan berendam dalam bak mandi yang sudah diisi dengan air hangat juga beberapa tetes essential oil tadi.

4. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

* sumber: www.alinaislam.com

Seringkali masalah kesehatan kita disebabkan oleh terganggunya pencernaan. Dengan menjaga pola makan yang sehat, saluran pencernaan kita pun akan terjaga. Tapi dengan padatnya aktivitas sehari-hari, kita jarang memerhatikan asupan makanan. Akhirnya metabolisme tubuh kita terganggu.

Selain mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan serat, menggunakan essential oil untuk membantu pencernaan juga dapat membantu. Selama ribuan tahun manusia sudah memanfaatkan tumbuhan seperti peppermint, cardamom, grapefruit, dan jahe untuk mengatasi masalah kesehatannya.

Gangguan pencernaan seperti sembelit, kembung, mual dan sebah dapat diatasi dengan mengoleskan essential oil di bagian perut. Jahe dan peppermint adalah dua essential oil yang bisa dilarutkan dan diminum. Meski begitu penggunaan dengan cara diminum sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu.

5. Mencegah Gejala Flu dan Pilek

Mencegah Gejala Flu dan Pilek

* sumber: www.healthy-holistic-living.com

Pancaroba seperti sekarang ini memang membuat kondisi tubuh kita tidak selalu fit. Batuk, sakit kepala, demam, pegal linu dan bersin-bersin adalah gejala yang sering dialami. Beberapa dari kita memilih untuk beristirahat dan mengonsumsi makanan sehat, beberapa lagi memilih untuk meminum obat dan beristirahat, sebagian lagi memilih olahraga dan beristirahat.

Apapun pilihan kita, tentunya kita ingin sehat ya? Itu sebabnya essential oil dapat menjadi salah satu pilihan untuk mencegah dan mengatasi gejala pilek dan flu.

Karena pilek dan flu ini disebarkan melalui udara, penggunaan essential oil dengan diffuser sangat dianjurkan. Kelembaban udara di ruangan menjadi terjaga dan kualitas udara menjadi lebih baik. Tapi beberapa cara yang bisa dilakukan selain itu adalah dengan pijatan, berendam, kompres, dan menghisap uap.

Nah, berminat untuk membeli essential oil dengan merk atau aroma yang Anda inginkan? Cek Bukalapak untuk membeli essential oil dengan klik di link ini.

Beberapa jenis essential oil sangat efektif mencegah dan mengatasi gejala ini. Frankincense, oregano, eucalyptus, lemon, serai, peppermint juga kayu manis adalah beberapa di antaranya. Aroma yang kuat dari lemon, serai, eucalyptus dan peppermint yang dilarutkan di air panas atau difusser dapat dengan segera melegakan saluran pernafasan.

Selain essential oil, ada juga minyak lainnya yang tak kalah bermanfaat, yakni minyak kelapa murni atau yang dikenal sebagai VCO. Baca seputar manfaatnya dalam artikel manfaat minyak kelapa murni untuk kecantikan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar