Penting! Ketahuilah Manfaat Krim Malam untuk Wajah Ini

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Pernahkah terbesit di benak Anda, kalau krim malam itu cuma trik produsen kecantikan saja untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting? Well, mungkin saja itu benar. Tapi, tunggu sampai Anda tahu manfaat yang sesungguhnya dari krim malam.

Jika Anda biasa langsung tidur tanpa merawat wajah dulu, minimal dengan menggunakan krim malam, maka Anda telah melakukan kesalahan. Meskipun terdengar sepele, krim malam memiliki segudang manfaat yang mungkin tak pernah terbesit di benak Anda. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat krim malam? Kamini akan mengupasnya sekarang juga.

1. Memasok Kelembaban

wajah lembab

* sumber: www.stylecraze.com

Sama fungsinya dengan pelembab dan day cream, night cream juga akan membantu menginfuskan hidrasi ke kulit Anda. Jika begitu, kulit Anda pun akan jadi lebih lembab setiap kali Anda memakai night cream. Apalagi jika Anda memiliki beberapa spot, atau mungkin semua daerah di wajah Anda, yang kering. Night cream akan sangat membantu sekali membuat kulit Anda jadi tidak kering lagi.

Lalu, bedanya apa night cream dengan day cream? Sebenarnya sama-sama aja, kalau Anda tidak memiliki masalah menggunakan day cream pada saat malam hari pun ya tidak apa-apa, gunakan saja. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan deep moisture, Anda mungkin akan membutuhkan night cream.

Soalnya, night cream mengandung emolien yang lebih tinggi dari pada day cream. Fungsi emolien adalah sebagai penenang dan pelembut. Kulit Anda yang super kering, kasar, bahkan menyerpih pun dapat disembuhkan berkat kandungan emolien yang bisa Anda temukan pada night cream. Cara kerja emolien adalah mengisi sel-sel lapisan kulit teratas yang terbuka akibat dehidrasi.

2. Meningkatkan Kolagen

Kolagen kulit wajah keriput

* sumber: www.nutraingredients.com

Anda mungkin sering mendengar tentang kolagen, tapi apakah sebenarnya kolagen itu? Jadi, kolagen merupakan protein berserat tak larut yang jumlahnya ada sangat banyak di dalam tubuh kita. Anda pikir kolagen ada di kulit saja? Bukan, kolagen merupakan pondasi utama kulit, urat, tulang, dan ligamen (penghubung antar tulang). Kolagen juga ada di bagian tubuh lainnya seperti pembuluh darah, gigi, dan kornea mata.

Semakin menua kita, maka kandungan kolagen dalam tubuh akan menipis. Ketika itu terjadi, maka kulit akan terlihat kusam, kering, muncul garis halus serta flek hitam. Dengan rutin menggunakan night cream, apalagi yang kandungan kolagennya tinggi, dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan. Walaupun Anda masih muda dan merasa belum butuh night cream, tidak ada salahnya menggunakannya dari sekarang untuk mempertahankan elastisitas kulit.

3. Melembutkan Kulit

Kulit lembut pelembab

Anda mungkin tidak tahu, tapi gaya hidup Anda sehari-hari dapat membuat kulit jadi kering. Sebut saja mandi air hangat, udara dingin, udara panas, dan kurang minum air putih. Nah, untuk menjaga kelembaban kulit, gunakan night cream setiap hari sebelum, tidur, ya. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, night cream pasti dapat membuat kulit Anda jadi lebih lembut dan kenyal, seperti kulit sewaktu masih muda.

4. Menenangkan Kulit

Menenangkan Kulit iritasi

* sumber: skinsensenatural.com

Wajah Anda iritasi? Jangan panik, karena itu adalah hal yang umum terjadi. Kulit merupakan organ yang paling mudah berganti-ganti kondisi. Kadang dia bagus, bersih, sehat, dan cantik, lalu kadang dia kering, kusam, bahkan hingga iritasi. Menyebalkan, memang, ketika kulit jadi kemerahan, gatal, dan perih. Apalagi kalau Anda jarang mengalami iritasi kulit. Tapi, jangan sampai Anda stres, ya, soalnya stres dapat memperburuk keadaan kulit iritasi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan kulit iritasi. Jika iritasi kulit Anda disebabkan oleh sesuatu yang serius, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Akan tetapi, jika iritasi yang Anda alami ringan seperti terbakar matahari, atau kering akibat cuaca, gunakan saja night cream setiap malamnya.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah kulit wajah

* sumber: www.spabusiness.com

Darah membawa oksigen serta nutrisi yang diperlukan sel-sel kulit untuk meregenerasi. Otomatis, jika peredaran darah Anda lancar maka kulit Anda pun akan jadi lebih sehat, dong? Gejala yang paling umum ketika kulit tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup adalah berjerawat, kulit kering, dan warna kulit tidak rata (muncul flek hitam). Salah satu cara untuk membuat sirkulasi darah di daerah kulit wajah jadi lebih lancar adalah dengan memakai krim malam.

6. Anti-aging

aging skin kulit keriput

* sumber: www.everydayhealth.com

Anda pasti sering dengar frasa anti-aging di banyak produk skin care. Tapi, sebenarnya apakah itu? Produk anti-aging biasanya dilengkapi dengan retinol, asam glikolat, asam salisilat dan retinil asetat yang merupakan bahan-bahan pemicu regenerasi kulit. Sehingga kulit lama Anda dapat berganti jadi kulit yang baru dengan lebih cepat. Jika regenerasi kulit Anda baik, maka masalah penuaan kulit seperti garis halus, kerutan, bintik hitam dan kulit kendor dapat dihindari.

Akan tetapi, kandungan-kandungan anti-aging tadi ternyata dapat membuat kulit jadi sensitif. Dan, sensitifitas kulit dapat meningkat ketika terkena sinar matahari. Untuk itu, ketika Anda menggunakan produk skincare anti-aging, Anda harus menghindari sinar UV sebisa mungkin. Jadi, produk yang paling aman untuk digunakan adalah night cream, bukan? Di mana waktu pemakaiannya adalah malam hari jadi Anda tidak perlu repot-repot menghindari sinar matahari setelah memakainya. Hihi.

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Deterioration damage skin kulit rusak

* sumber: www.youtube.com

Ternyata kulit bisa mengalami pengrusakan yang terjadi pada malam hari. Anda mungkin sudah tahu kalau pada malam hari kulit akan meregenerasi dirinya sendiri. Akan tetapi, kulit juga dapat mengalami kerusakaan saat malam hari. Seperti ketika Anda tidur menghadap satu sisi dalam waktu yang lama, kulit Anda jadi tertekan sarung bantal atau sprei, sehingga kulit pun kekurangan ruang untuk bernapas.

Sarung bantal dan sprei juga menyimpan banyak kotoran, sebut saja keringat, sel kulit mati, sisa kosmetik jika Anda tidak membersihkannya sebelum pergi tidur, kuman, bahkan hewan kecil seperti tungau! Bayangkan kulit wajah Anda menempel pada kotoran-kotoran tersebut selama berjam-jam Anda tidur! Wajar saja kalau Anda terbangun dengan kulit yang rusak, kan?

Cara mencegah kerusakan kulit adalah menjaga kasur Anda tetap bersih adalah dengan menghapus makeup + mencuci muka terlebih dahulu sebelum pergi tidur, mandi setelah beraktivitas, sering membersihkan sprei pakai sapu lidi atau vacuum cleaner (penghisap debu) dan rajin mengganti sprei. Dan, tentunya lapisi kulit Anda dengan night cream, karena krim ini akan membentuk lapisan pelindung agar kotoran tidak transfer dari sprei ke wajah Anda.

8. Mengontrol Minyak Berlebih

Minyak kulit wajah oily skin

* sumber: www.foreo.com

Siapa yang kulitnya berminyak, mudah berjerawat serta iritasi? Jenis kulit seperti ini cukup merepotkan karena membutuhkan perawatan ekstra hati-hati. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu seperti menggunakan night cream. Pilihlah krim yang mengandung retinol dan asam salisilat karena kandungan tersebut dapat membantu mengontrol kadar sebum.

Tahukah Anda, kedua bahan tersebut bisa jadi non-aktif ketika terkena sinar matahari, loh. Maka itu, sangat masuk akal menggunakan krim yang mengandung retinol dan asam salisilat pada malam hari, kan? Pilihlah night cream yang berlabelkan non-comedogenic, oil-free dan ringan supaya tidak menutup pori-pori kulit wajah Anda.

9. Mengisi Kembali Nutrisi yang Hilang

Nutrisi kulit wajah

* sumber: www.nuxe.com

Sebenarnya kulit dapat mengisi ulang nutrisi dan meregenerasi dirinya sendiri. Akan tetapi night cream dapat membantu kulit Anda agar bisa jadi lebih baik lagi. Kulit mengisi ulang minyak alami dan nutrisi setiap malam. Tapi, untuk dapat mengisi ulang, tentu pasokan minyak alami dan nutrisinya harus cukup, bukan?

Kandungan minyak alami dan nutrisi dalam tubuh setiap orang akan berbeda tergantung cuaca tempat tinggal, makanan dan minuman yang dikonsumsi, jenis kulit dan masih banyak lagi faktor lainnya. Di sinilah tugas krim malam dimulai, yaitu untuk mengisi bagian nutrisi yang kosong yang mungkin hilang dari dalam tubuh Anda.

10. Kulit Segar

Kulit Segar fresh skin

*

Siapa yang tidak mau bangun tidur dengan kulit yang plump, lembut dan bercahaya? Anda bisa mendapatkannya dengan menambahkan krim malam. Kegunaan krim malam adalah selain untuk melembabkan tapi juga mencerahkan kulit Anda. Tak sampai di situ saja. Krim malam akan membuat kulit Anda siap untuk diberi skincare dan kosmetik rutin Anda. Kulit wajah Anda juga bakal lebih siap ketika "dihajar" sinar matahari dan polusi yang bakal Anda hadapi pada siang harinya.

Krim malam diisi dengan nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan kulit, sehingga kulit bisa mengisi ulang nutrisi dengan lebih mudah. Rasakan sendiri perbedaannya pada kulit yang rajin menggunakan krim malam dan yang tidak, pasti lebih sehat dan cantik yang sering pakai krim malam.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram