Ingin Mencoba Masker Rambut? Ini 7 Manfaat yang Kamu Dapat!

Sekarang ini, beraneka ragam sediaan rambut banyak tersedia dengan ragam tujuan juga seperti untuk merawat rambut, sebagai antiketombe, meluruskan dan mengeriting rambut, hingga memberi warna pada rambut. Salah satunya adalah masker rambut atau hair mask, yang biasa digunakan sebagai perawatan rambut.

Masker rambut (hair mask) merupakan perawatan dengan menambah nutrisi pada rambut dan kulit kepala, pengondisian dalam yang membantu menyembuhkan rambut yang rusak. Mengandung bahan-bahan yang kaya manfaat seperti minyak alami dan lemak dalam konsentrasi yang lebih berat dibandingkan kondisioner normal.

Perawatan seperti masker rambut ini sebenarnya cukup kamu lakukan satu kali seminggu atau minimal dua kali dalam sebulan, tak perlu sesering penggunaan sampo atau kondisioner. Lalu, apa saja manfaat yang didapat dari masker rambut ini? Berikut rangkuman dari Kamini untuk kecantikan rambutmu.

1. Memelihara Kelembaban Rambut

Memelihara Kelembaban Rambut

* sumber: www.headcurve.com

Mafaat pertama adalah memelihara dan mempertahankan kelembaban rambut. Ini bertujuan supaya rambut tidak kering juga kasar. Jika nutrisi rambutmu tercukupi dan kelembabannya terjaga, rambut pasti akan terasa lembut. Rambut yang lembut dan halus adalah dambaan semua wanita.

Poin penting lainnya dengan memelihara kelembaban rambut adalah rambut akan mudah diatur. Jika kamu memiliki masalah rambut dengan tekstur kasar, ada baiknya kamu mencoba menggunakan masker rambut. Dengan begitu rambut tak akan terasa kusut lagi.

Umumnya produk masker rambut mengandung moisturizer agent yang memberikan kelembaban rambut maksimal. Jika kamu tinggal di tempat yang lebih dingin, cobalah gunakan hair mask dengan minyak kelapa atau susu sebagai bahan utama yang memberikan mineral, elektrolit, dan vitamin yang rambut butuhkan.

2. Mengatasi Kerontokan Rambut

Mengatasi Kerontokan Rambut

* sumber: isalon.vn

Ini salah satu yang buat risih, apalagi jika sedang diluar rumah saat berenang misalnya. Tahukah kamu apa artinya jika rambutmu rontok? Kerontokan rambut dapat terjadi karena folikel rambut kekurangan nutrisi.

Nutrisi yang dinilai kurang itulah yang menyebabkan rambut lebih mudah patah dan rontok. Biasanya rambut rontok memerlukan perawatan menyeluruh, masker rambut bisa kamu coba untuk memberikan nutrisi pada folikel rambut dan menjadikan rambut lebih kuat dan tebal.

3. Membantu Merawat Kerusakan Rambut

Membantu Merawat Kerusakan Rambut

* sumber: www.femina.in

Beraktivitas diluar rumah memang sudah menjadi keseharian, seringkali kita mengesampingkan efek polusi yang dapat mengakibatkan kerusakan rambut. Terlalu banyak terpapar sinar UV dan polusi radikal bebas membuat rambut kurang sehat.

Diantaranya adalah rambut akan terlihat kering, kusam, hingga bercabang, yang nantinya akan berakibat pada rambut patah dan rontok. Karena itulah, rambut harus ternutrisi dengan baik.

Hair mask juga bisa kamu gunakan dalam kasus ini, rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya dapat diminimalisir dengan penggunaan hair mask secara rutin.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Rambut

Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Rambut

* sumber: www.enfemenino.com

Batang rambut yang berkilau, lembut, dan tidak rapuh bisa terlihat dari luarnya, itulah yang menjadi ciri rambut sehat. Menggunakan masker rambut setidaknya sekali dalam seminggu akan membuat rambut ternutrisi.

Rambut halus berkilau tanpa berminyak atau berisiko menimbulkan ketombe menunjukkan kualitas rambut sehat. Masker rambut dengan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak alpukat, minyak argan, shea, dan lainnya, akan membuat rambut sehat berkilau.

Kualitas rambut yang baik bisa membuat tampilan lebih percaya diri. Yakinlah tak akan ada lagi rambut yang terjerat saat menyisir rambut. Karena itulah nutrisi rambut sangat diperlukan.

5. Relaksasi

Relaksasi

* sumber: www.retrostudiobar.com

Relaksasi biasa dipilih sebagai salah satu cara untuk mengatasi stress. Melakukan masker rambut juga bisa menjadi relaksasi, terutama untuk rambut dan kepala. Perawatan rambut seperti ini juga termasuk salah satu kegiatan merawat diri.

Menggunakan masker rambut dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Selanjutnya pijat lembut rambut dan kulit kepala. Memijat kepala bisa membuat relaksasi kamu semakin terasa.

Tubuh akan lebih tenang dan bisa mengontrol hormone stress ketika santai dan rilex. Selain bisa melakukannya di rumah, jika kamu punya waktu luang mungkin kamu bisa mencoba melakukan perawatan ini di salon favoritmu.

6. Perawatan Rambut Berwarna

Perawatan Rambut Berwarna

* sumber: beautyinsider.sg

Tak hanya sinar UV dan polusi udara, pewarnaan rambut juga bisa menyebabkan rambut kamu kering. Selain itu, penipisan rambut juga bisa terjadi jika kamu tidak merawatnya dengan tepat. Mewarnai rambut memang bisa membuat tampilan terasa baru dan segar.

Namun, efek seperti rambut kering dan penipisan rambut dapat terjadi karena hal itu merupakan efek samping produk berbasis kimia yang digunakan pada rambut. Masker rambut adalah pilihan tepat untuk memulihkan kesehatan rambut setelah melakukan pewarnaan rambut yang intens.

Relaksasi juga bermanfaat merelaksasikan otot-otot yang tegang setelah kamu memiliki aktivitas padat yang melelahkan.

7. Perawatan Hair Styling

Masker Rambut

* sumber: www.bustle.com

Tak sedikit dari kaum wanita dan pria yang melakukan hair styling atau penataan rambut. Beberapa orang melakukan hair styling saat akan pergi ke pesta, pertemuan atau jamuan penting, atau dalam keseharian yang dianggap penting, baik acara formal maupun non-formal.

Kerusakan rambut dapat juga terjadi akibat seringnya menerapkan panas terus-menerus tanpa perlindungan. Diantaranya seperti blow dryer, pelurus rambut, dan pengeriting rambut yang dapat melemahkan kutikula rambut, akibatnya rambut mudah patah. Awal kerusakannya adalah rambut keriting.

Ini karena rambut mulai kehilangan kelembaban alaminya. Solusi yang baik untuk memperbaiki dan memperkuat helai rambut adalah dengan penggunaan masker rambut secara berkala. Kamu bisa mencoba masker rambut dengan berbahan asam amino nabati, untuk membantu merawat rambut yang rusak.

Kamu mencari cara sederhana dan murah untuk memanjakan rambut? Sekarang ini banyka sekali produk masker rambut yang bisa kamu beli dan aplikasikan sendiri di rumah. Cara ini juga bisa menghemat waktu dan biaya sekaligus. Namun tak ada salahnya jika sesekali mencoba perawatan di salon lho.

Meluangkan sedikit waktu dalam sehari untuk menggunakan masker rambut yang bermanfaat memberikan nutrisi dan kelembaban untuk kesehatan rambut bukanlah ide yang buruk. Memiliki rambut yang sehat dan indah tetaplah harus dijaga dan dirawat dengan baik agar tidak menyesal nantinya.

Sudah tahu kan apa saja manfaatnya? Kamu tak perlu ragu lagi untuk melakukan perawatan rambut dengan hair mask. Jika kamu memiliki tanggapan atau pertanyaan seputar artikel kali ini, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Kunjungi pula artikel cara memakai masker rambut sendiri berikut, yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram