kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tubuh / 10 Manfaat Minyak Cendana Mustika Ratu untuk Tubuh

10 Manfaat Minyak Cendana Mustika Ratu untuk Tubuh

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 10 November 2020

Selain mengeluarkan produk minyak zaitun yang cukup disambut baik oleh masyarakat Indonesia, brand yang mengusung kecantikan ala nenek moyang Indonesia, yaitu Mustika Ratu, juga mengeluarkan produk minyak cendana. Produk ini merupakan minyak pijat dengan aroma khas serta kandungan minyak kayu cendana (sandalwood oil) dan kayu secang.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cara menggunakan minyak cendana dari Mustika Ratu ini juga relatif mudah. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya sebagai minyak pijat pada tangan, leher, kaki, dan badan sebelum menggunakan lulur.

Selain memiliki fungsi utama sebagai minyak pijat, ternyata Mustika Ratu Minyak Cendana memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit tubuhmu, lho. Ingin tahu apa saja? Simak pemaparan berikut ini.

1. Lebih dari Sekedar Minyak Pijat

manfaat minyak cendana mustika ratu_ minyak pijat (Copy)

* sumber: www.eastsussex-osteopaths.co.uk

Pijat atau massage merupakan kegiatan yang digemari cukup banyak orang. Selain membuat tubuh dan pikiran rileks, kegiatan pijat juga sangat berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit yang mana sangat berguna dalam menyerap nutrisi pada kulitmu.

Mustika Ratu Minyak Cendana dapat membantumu mengencangkan kulit dan mencegah keriput. Otot-otot yang tegang juga dapat dilemaskan dengan pijatan menggunakan minyak ini. Yakin deh, kamu benar-benar akan rileks dan mendapatkan kulit yang kencang bila pijat menggunakan Minyak Cendana dari Mustika Ratu ini.

2. Melembutkan Kulit yang Kering

manfaat minyak cendana mustika ratu_ melembutkan kulit kering (Copy)

* sumber: www.health.harvard.edu

Minyak-minyak alami biasanya sangat berguna untuk meningkatkan kelembaban bila digunakan pada kulit. Tak terkecuali minyak yang diekstraksi dari kayu cendana. Minyak ini akan memberikan kelembaban pada kulit dan menghilangkan kekeringan kulit sehingga kulit akan terasa lebih lembab dan lembut.

Kamu bisa mengaplikasikan minyak ini pada area-area kulit tubuh yang kering seperti tumit kaki, lutut tangan atau kaki. Serta pada bagian kering lainnya dan memijatnya beberapa saat. Cara ini akan efektif mengurangi kekeringan pada kulit tubuhmu.

3. Mengatasi Sunburn

manfaat minyak cendana mustika ratu_ mengatasi sunburn (Copy)

* sumber: mdpremier.com

Terkena sunburn karena terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari? Jangan khawatir, kamu dapat memanfaatkan Mustika Ratu Minyak Cendana untuk mengatasinya. Kulit yang memerah ringan atau bahkan bengkak karena paparan berlebih sinar UV bisa diredakan dengan minyak cendana.

Bila tidak segera ditangani, kulit yang terkena sunburn akan mengalami hiperpigmentasi dan mengantarkan pada noda hitam. Karena itulah, kamu perlu segera meredakan kemerahan akibat sunburn dengan bahan yang tepat.

4. Mencegah Penuaan Kulit

manfaat minyak cendana mustika ratu_ mencegah penuaan kulit (Copy)

* sumber: www.wrinklescenter.com

Karena merupakan bahan alami, minyak cendana juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal pembentukan radikal bebas pada kulit. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kulitmu akan mengalami penuaan dini bila rajin menggunakan Mustika Ratu Minyak Cendana sebagai minyak pijat.

Tak hanya datang dari minyak cendana. Manfaat antioksidan dari produk mustika ratu ini juga diperkuat dengan kandungan kayu secang yang sama-sama tinggi antioksidan. Pokoknya, produk ini cukup powerful dalam mengatasi sekaligus penuaan dini pada kulit seperti kulit kendur, keriput, dan garis-garis halus.

5. Mengatasi Jerawat

manfaat minyak cendana mustika ratu_ mencegah jerawat (Copy)

* sumber: hudabeauty.com

Meski tidak digunakan pada wajah, Mustika Ratu Minyak Cendana dapat kamu manfaatkan sebagai penghilang jerawat di badan. Minyak kayu cendana yang bersifat antimikroba, anti-inflamasi, dan anti-proliferasi menjadikannya cukup powerful dalam mengatasi jerawat tanpa menyebabkan inflamasi pada kulit tubuh.

Bahkan minyak cendana juga berperan sebagai antiseptic yang dapat mencegah jerawat meradang dan menjadi infeksi. Niscaya jerawat pada tubuh akan hilang tanpa bekas bila kamu menggunakan minyak ini secara konsisten.

6. Mengurangi Noda HItam

manfaat minyak cendana mustika ratu_ mengurangi noda hitam (Copy)

* sumber: medimetry.com

Selain bekas jerawat, noda-noda hitam lain juga dapat direduksi oleh minyak cendana. Kandungan utama dalam minyak cendana alami yaitu alpha-bisabolol dapat menghambat pembentukan enzim tirosinase.

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar nama enzim satu ini. Benar, enzim tironase berperan dalam pembentukan pigmen warna kulit (melanin). Noda hitam sendiri merupakan keadaan dimana kulit menghasilkan terlalu banyak melamin pada area tertentu. Sehingga area tersebut menjadi lebih gelap.

Untuk menghentikannya terntu saja kamu harus menghentikan pembentukan melanin terlebih dahulu. Nah, inilah peran alpha-bisabolol dari minyak cendana.

7. Mengurangi Mata Panda

manfaat minyak cendana mustika ratu_ mengurangi mata panda (Copy)

* sumber: www.powerofpositivity.com

Sama halnya dengan mengurangi noda hitam, bila kamu mencoba memijat area mata dengan sedikit minyak cendana, tampilan mata pandamu akan berkurang. Minyak cendana juga dapat mencegah terjadinya kerutan pada area mata.

Kamu hanya perlu mengaplikasikan sedikit saja minyak cendana pada area mata sebelum mencuci wajah. Pijatlah area tersebut perlahan-lahan sebentar saja. Bila kamu setidaknya melakukan ini dua kali seminggu, kamu akan merasakan perubahan pada mata pandamu.

8. Mengatasi Masalah Kulit Lain

manfaat minyak cendana mustika ratu_ eksim (Copy)

* sumber: www.stylecraze.com

Tak hanya berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan kulit normal. Beberapa penelitian bahkan membuktikan kemampuan minyak cendana dalam menyembuhkan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Bukan itu saja, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Biochemistry and Biophysics mengungkap bahwa minyak kayu cendana memiliki potensi dalam melawan kanker kulit melalui kandungan alpha-santalol. Bahan ini disebut dapat mematikan sel-sel kanker kulit.

9. Anti-Inflamasi

cara menghilangkan bekas luka_atasi segera (Copy)

* sumber: www.healthxchange.sg

Sandalwood oil atau minyak cendana juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat ini sangat berpengaruh dalam menjadikan minyak cendana dapat digunakan untuk menyembuhkan luka karena gigitan serangga, jerawat, dan luka kulit lainnya.

Akan tetapi, saat akan menggunakan minyak cendana untuk menyembuhkan luka, kamu tetap perlu mencuci luka tersebut terlebih dahulu menggunakan air mengalir. Barulah kamu dapat menggunakan minyak cendana untuk mengobati lukamu.

Selain menyembuhkan luka, menggunakan minyak cendana pada area luka yang telah mengering juga dapat menghilangkan bekas luka serta mengembalikan struktur kulit ke bentuk semula. Kamu hanya perlu memijat luka tersebut perlahan menggunakan minyak cendana secukupnya. Bila konsisten, bekas luka akan benar-benar lenyap.

10. Menenangkan Pikiran

 

Portrait of young female enjoying the procedure of facial massage

* sumber: www.sbsforesight.com

Pernahkah kamu menggunakan essential oil untuk menenangkan pikiran? Bila iya, kamu mungkin harus mencoba pijat dengan menggunakan Mustika Ratu Minyak Cendana. Perpaduan aroma yang khas dari kayu cendana dan kayu secang dalam formulasi produk ini menghasilkan wangi aromaterapi yang juga dapat membantu menenangkan pikiranmu. Bukan hanya kulit saja yang rileks, pikiranmu juga akan rileks saat melakukan ritual pijat menggunakan produk ini.

Itulah 10 manfaat yang bisa kamu rasakan dari penggunaan Mustika Ratu Minyak Cendana. Kamu tidak perlu terlalu sering melakukan ritual pijat menggunakan produk ini. Cukup gunakan dua kali tiap minggu dengan rutin. Kamu akan merasakan beberapa bahkan semua manfaat di atas.

Perlu diingat juga, produk minyak cendana dari Mustika Ratu ini diutamakan digunakan pada area kulit tubuh, ya. Bukan area wajah. Akan tetapi bila kamu tidak menemukan keluhan apapun ketika mengaplikasikannya pada wajah, kamu tetap bisa menggunakannya. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram